w9vb7L0M7j9qO5VekXjh9f4upwh86ATk0lG5dKZM

Facebook Terkunci di Autentikasi 2 Faktor? Gini Cara Atasinnya!

Facebook
Facebook - Image: AFP/James Sullivan
Yak to the point aja karena ini akan sedikit panjang. Jadi sekitar tanggal 18 Juni 2020 kemaren, Facebook gue tuh terkunci di autentikasi 2 faktor / verifikasi 2 langkah. FYI, ini tuh kayak metode untuk konfirmasi identitas dengan dua faktor berbeda yaitu "Sesuatu yang kamu tahu" dan "Sesuatu yang kamu miliki". Simplenya, tiap mau login sebuah akun (di platform manapun) dan kamu udah aktifkan autentikasi 2 faktor, pasti bakal diminta masukin kode gitu deh.

Kodenya ini sendiri bakal dikirim lewat SMS ke nomer yang tertaut sama akun tersebut. Nah, ini nih masalahnya, banyak yang gak aware disini. Termasuk kejadian di gue nih. Facebook pribadi gue itu ternyata udah gue aktifkan autentikasi 2 faktor, dan nomor hp yang tertaut sama akun itutuh sudah hilang, dan gak sempet gue update dengan nomor baru.

Akhirnya nih bencana bener, pas 18 Juni kemaren mau login di hp (gak sengaja akun udah logout di semua device), pas mau login disuruh masukin generator code yang dikirim via SMS. Disitu gue baru ngeh, ini kode dikirim kemana yak? Cek email pun gak ada. Dan disitulah akhirnya nyadar, kalau ini kodenya dikirim ke nomor yang baru aja beberapa bulan lalu hilang. BOOOM!

Sebenernya ada beberapa cara ngebuka ini tanpa dikirim kode ke SMS. Setau gue tuh bisa pake alat autentifikasi kayak apps Google Authenticator, sama confirm dari FB yang masih login di salah satu device. Jadi misal mau login di hp, diminta kode, bisa aja buka FB yg masih login di laptop, trus di kolom notif nanti diklik accept gitu, jadi bisa deh login di hp. Nah masalahnya, gue tuh sebelumnya lagi 'bersih-bersih' nih dengan logout dari semua device. Pake Google Authenticator pun enggak. Satu-satunya, ya dapetin SMS di nomor yang sudah hilang itu.

Gue panik, tapi berusaha untuk tenang biar bisa berpikir jernih. Awalnya gue nanya tuh sama CS dari provider kartu gue yang hilang itu, via email. Jadi gue tau itu nomor sudah mati bulan Mei kemarin, soalnya ya gue cuekin aja dan gak niat buat diurus lagi. Gue cuma nanya possibility apakah itu nomor bisa diaktifkan lagi dan gue dapat nomornya, soalnya butuh kode OTP dari Facebook. Dan ternyata udah gak bisa. Klik gambar untuk lebih jelasnya ya.

customer service XL
Nanya ke customer service XL
Karena cara ini udah gak mungkin lagi, akhirnya gue googling tuh sama nonton-nonton tutorial di Youtube juga. Video yang membuat gue terbantu banget tuh dan mendapat pencerahan dari Melodi Romanza ini: Cara Mengatasi Kode Fb Tidak Masuk Sms Karena Terkunci Autentikasi Dua Faktor. Gue ikutin deh step by stepnya dengan nama lengkap akunnya, nama operator dari nomor yang tertaut sama akun (nomor gue yang hilang itu), pilih masalah yang ditemui yaitu "Tidak dapat mengakses nomor telepon ini sama sekali", isi deskripsi (ceritain permasalahannya), trus upload deh file berupa tanda pengenal (gue uploadnya KTP), abis tuh kirim.

Untuk bagaimana step by step ajukan permohonannya, tonton video dari Melodi Romanza itu aja ya, kepanjangan kalo gue tulis disini juga. Btw gue sendiri nunggunya ini sampe ada respon pertama kali dari pihak FB sekitar 2 hari kemudian gitu deh, tepatnya di tanggal 20 Juni 2020. Dan mayan sedih, soalnya permintaan pertama gue itu ditolak :( Ini isi email penolakannya:

Autentifikasi 2 faktor ditolak
Autentikasi 2 faktor ditolak
Gue gak ngerti ini kenapa bisa ditolak, dan waktu itu kecurigaan cuma satu: Nama akun FB dan nama gue di identitas diri itu beda. Nama gue di identitas diri (asli) itu Rofi, sedangkan di FB itu Rovy. Wah, udah pusing nih. Saking hopeless-nya, sampe mau nyewa hacker buat ngebobol ni akun FB gue wakakakakakakak.. Tapi sehabis dapat penolakan itu gue ajukan request lagi, ngirim identitas diri dll lagi tuh kayak awal. Yang beda tuh di kolom deskripsi aja, gue improve dikit dengan nambahin sekaligus jelasin soal perbedaan nama di FB sama nama di identitas diri.

Sembari nunggu, gue googling tuh hacker yang bisa bobol FB. Ini tuh sebenernya agak not recommended ya. Kenapa gitu, soalnya banyak yang minta bayaran di awal dan ngeliat testi-testi di forum / socmed tuh bilang jasa-jasa hack FB gini tuh kebanyakan penipuan sebenernya. Kalo emang bener jago, beneran hacker, bayaran gak di awal tapi di akhir pas ada hasil kerjanya. Toh misal klien nipu dengan gak bayar, ya mereka bisa hack balik lagi akunnya, jadi klien mau gak mau kudu bayar kan. Dan ini masuk logika sih.

Jasa hack facebook
Jasa hack facebook
Ada beberapa 'hacker' yang gue hubungin, dan rata-rata harganya mereka itu 300k - 350k dan semuanya gak ada yang mau transfer lewat ATM, tapi via pulsa + dibayar di awal. Ini andaikan nipu, mungkin enak kaburnya kali yah kalo via pulsa, karena identitas nomor hp bisa dipalsukan. Beda sama ATM Bank, identitas diri lebih detail dan lebih gampang dilacak (IMO). Gue agak skeptis aja ini soalnya autentikasi 2 faktor itu diciptakan untuk anti-hack, sedangkan banyak hacker yang ngaku bisa. Entah ilmu gue yang kayak gini terlalu cetek, atau emang mereka ini nipu. Ada yang bisa berpendapat?

Akhirnya gue melupakan option minta tolong jasa hacker ini deh. Sempet kepikiran juga bikin sayembara trus lempar ke IG sama Twitter, yg bisa balikin gue kasih 1juta bayar di belakang :( Sehabis itu, gue juga sempet nanya ke beberapa temen dan mereka juga nyerah, termasuk juga sampe ke suami temen nih yang kerjanya berkutat sama dunia IT, iseng nanya siapa tau bisa. Semua tapi bener-bener stuck di sebatas ajukan permohonan pokoknya, yang udah gue lakuin juga. Tapi mereka semua ini membantu banget, dapat banyak pencerahan-pencerahan juga.

Oke kembali ke FB, ini setelah penolakan di awal itu gue kembali ajukan permohonan, dan ini gak makan waktu lama sih karena besoknya (21 Juni 2020) udah ada respon di email. Respon kedua ini, lagi-lagi kayak tertolak secara halus gitu deh, dan disuruh lagi untuk kirim tanda pengenal diri. Gue udah reply email itu dengan kirim beberapa identitas diri, tapi ternyata no respon juga.

Autentifikasi 2 faktor facebook
Respon kedua pihak Facebook
Pas udah di titik ini gue dah mayan hopeless, kayak mau relain tapi gak rela juga soalnya banyak hal penting di dalam FB ini euy, kayak treasure. Udah mulai uring-uringan, bangun pagi kayak gak semangat kalo langsung mikirin FB juga hahahaha.. Nah dari penolakan halus di respon kedua ini, gue kembali tetep submit-submit permohonan gitu dengan ajukan identitas diri. Nah gue juga ada ngirim permohonan ke beberapa email di: disabled@facebook.com, appeals@facebook.com, info@facebook.com sama noreply@facebookmail.com. Ini saran-saran orang di forum-forum sih, tapi gak recommended karena hasilnya nihil.

Disini gue dah gak terlalu browsing-browsing berbagai tips lagi atau nonton-nonton tutorial di Youtube, cape dan banyak waktu terbuang :( Lebih kayak pasrah aja udah, tapi tiap hari selalu ajukan permohonan gitu sehari 2x dari laptop ama hp. Ini soalnya 2 device yang biasa gue login akun itu, biar pihak FB juga ngeliat IP Adress-nya dan percaya kalau itu akun gue gitu lah. Ngirim permohonan 2x sehari dan tiap hari ini sebenernya gak disarankan orang-orang soalnya kayak malah nge-spam, tapi gue bodoamat aja lah udah merasa nothing to lose wakakakakakak.

Oh iya gue juga ada laporan ke sini nih btw: https://web.facebook.com/help/contact/357439354283890?show_form=login_password_bug&_rdc=1&_rdr, laporan di link ini gue sehari sekali. Jadi disitu langsung tulis deskripsi permasalahan dan bisa masukkan beberapa file gitu deh. Gue sendiri masukkan identitas diri berupa KTP, sama capture-an berupa bukti bahwa akun itu masih jadi option login di apps FB gue di hp. Ini sebagai ngasih bukti kuat aja sih, bahwa akun itu emang akun gue, ada bekas loginnya.

Login Facebook
Login Facebook
Nah sampai akhirnya nih, ada kabar baik! Tanggal 1 Juli menjelang jam 12 malam, pas lagi main Mobile Legends, ada email masuk dari FB dan itu ngasih tau kalo akun gue bisa dibuka lagi yeaay! Hahahaha gila ini seneng banget ampe mau nangid.. Jadi dari mereka ngasih link gitu deh, kita klik untuk menuju ke akun kita itu. Beginilah emailnya:

Link ke Facebook
Respon untuk unlock
Gue langsung buka laptop, dan ikutin deh step by step yang dikasih. Bener-bener simple, tapi untuk dapetinnya kembali butuh perjuangan. Ini komplain dari tanggal 18 Juni, dan baru bisa 1 Juli. Tapi ini emang wajar, soalnya dah ada notif dari FB sendiri bahwa selama pandemi Covid-19 ini mereka slow respon gitu. Mungkin andai normal, persoalan gue gini bisa dalam hitungan hari kali ya. Oh iya untuk next gue klik link paling atas yang dia kasih, trus langsung menuju ke halaman gini:

Autentikasi 2 Faktor
Autentikasi 2 Faktor
Disitu gue langsung 'Nonaktifkan' autentikasi 2 faktor-nya, abis tuh update nomor hp deh. Dan beberapa keamanan lainnya juga dah gue update, soalnya emang lumayan banyak ketinggalan sih soal update-update dari FB ini. Nah mungkin salah satu pertanyaan nih, pas ngajukan permohonan ke FB itu di kolom deskripsi diisi apa sih? Kalo dari gue pribadi tuh kayak ngasih beberapa penjelasan aja, dan bener-bener sebuah permohonan yang amat sangat dengan menyertakan beberapa bukti. Ini rangkaian kata-katanya, mungkin buat kamu yang punya case kayak gini bisa pake aja nih template kata-katanya untuk di deskripsi ya, gue pake Bahasa Inggris biar seenggaknya mereka cepet nanggepin. Cekidot:

=====

Hello, I'm ... (nama kamu) from Indonesia, and here's my facebook account: https://www.facebook.com/... (link facebook kamu) .

Please, I need the generator code but the number that I used on my account has been lost, I can't access this number anymore and I've activated 2 factor authentication. Here's my number: +62 ... (masukkan nomor kamu yang mati/hilang itu). I have submitted a request to https://www.facebook.com/help/contact/... (link pengajuan permohonannya, ini optional aja), but it has been denied for twice and I don't know why.

Would you help me to solve this problem via my facebook account email? At ... (email facebook kamu dan wajib masih aktif), or my active phone number is +62 ... (nomor hp kamu yang lagi aktif). For your information, my account name is '...' (nama kamu di FB), and my real name is '...' (nama asli kamu, kalimat ini diisi kalau nama kamu di identitas diri dan nama di FB beda ya). I also attached my identity card below. And this is my last password: ... (masukkan pasword FB kamu, tapi 3 digit terakhir sensor aja pakai simbol bintang, jangan kasih liat full).

And now I'm using the same device that I used to access my '...' (nama FB kamu) account, so maybe you can see the IP Address. My birthday ... (tanggal, bulan, tahun lahir kamu) and the photo on my identity is the same as in my Facebook account (sertakan kalimat ini kalau foto identitas diri kamu sama kayak foto profil FB kamu itu. Kalau beda, hapus kalimat ini). Last, this is my friend if you want to make sure that I am the owner of this '...' (nama FB  kamu) account: https://www.facebook.com/... (masukkan link FB salah satu teman yang paling sering komunikasi sama kamu di FB, kalau sibling alias ada hubungan itu lebih bagus lagi).

I hope I can get some help, please. Thanks, have a great day!

=====

Beberapa point yang penting untuk diperhatikan dari permohonan diatas tuh:
  1. Pakai bahasa yang sopan, jelas, to the point.
  2. Email FB kamu wajib masih aktif dan kamu punya aksesnya ya
  3. Nama gue di FB sama nama di identitas diri (nama asli) tuh beda, jadi tenang aja, gak usah takut gak bisa balik. Yang penting dikasih tau aja ke mereka kalau nama yang kamu pake di FB dan nama asli beda.
  4. Pastikan kamu ajukan permohonan ini di device yang biasa kamu login akun FB kamu itu, biar IP Adress yang mereka liat juga sama dan lebih mudah ditindak kayak gini.
  5. Gue ajukan identitas diri itu KTP, dan fotoin KTP-nya kudu jelas ya jangan buram. Intinya mereka mudah kenalin identitas diri itu dari tanggal lahir, foto, sama nama. Jadi make sure tanggal lahir kamu di identitas diri sama di FB itu sama, dan lebih bagus lagi kalo foto profil FB kamu itu foto muka kamu sendiri (jadi bisa dibandingkan sama foto di identitas diri).
Ya jadi itu deh ya pengalaman selama kurang lebih 2 minggu gue dibuat galau sama autentikasi 2 faktor ini hahahaha.. Jadi pelajaran nih, biar lebih aware lagi. Sehabis kejadian ini gue langsung buru-buru cek keamanan semua akun socmed gue. Amannya tuh aman dari orang-orang gabut iseng yang random mau ngehack, dan aman dengan gak ngeribetin diri sendiri juga kayak case gini.

Semoga cerita ini bisa sedikit membantu kamu yang punya masalah sama kayak gini, kalau mau ada tanya-tanya bisa lewat email rovygrey@yahoo.com atau gak di kolom komentar postingan ini ya, siapa tau ada sesuatu yang bisa gue bantuin. Gue mau bantuin dan mau share cerita ini soalnya gue kemaren ngerasa sendiri gimana galaunya sebuah akun FB dengan berbagai kepentingan di dalamnya gak bisa diakses sama sekali karena autentikasi 2 faktor hahahaha..

Oke deh thank you, have a nice day!
Related Posts

Related Posts

Post a Comment