--> Sejarah Titan dan 9 Titan Shifter di Anime Attack on Titan - Rovylicious
w9vb7L0M7j9qO5VekXjh9f4upwh86ATk0lG5dKZM

Sejarah Titan dan 9 Titan Shifter di Anime Attack on Titan

9 Titan Shifter Attack on Titan
Image: vocal.media
Attack on Titan sekarang lagi running Season 4 alias final seasonnya nih, mulai 10 Desember 2020 kemarin untuk episode pertamanya. Gue jarang-jarang nonton anime apalagi baca manga, tapi Alhamdulilah yah Attack on Titan ini anime/manga-nya cukup worth it jadi gak nyesel hahahaha.. Seriusan dah bahkan terakhir nonton anime apaan lupa, antara One Punch Man atau gak Sword Art Online (SAO) dah.

Oke kembali ke Attack on Titan, jadi gue tertarik bahas titan-titan keren yang ada di anime ini terutama Titan Shifter. Jadi jenis titannya sejauh ini ada 3 (CMIIW) yang pertama Mindless Titan, ini titan-titan gumoy yang gak ada akalnya sama sekali, taunya cuma makan manusia doang. Kedua ada Abnormal Titan, kayak Mindless Titan juga tapi tingkahnya aneh dan makan manusia bukan tujuannya, seringnya rusuh doang. Terakhir Titan Shifter, ini 9 titan yang punya kemampuan khusus.

Seperti yang ada di judul, gue khusus mau bahas 9 Titan Shifter yang punya kemampuan khusus masing-masing beserta orang-orang yang 'punya' titan itu. Tapi sebelumnya, alangkah baiknya nih tau dulu gimana asal muasal adanya titan di Attack on Titan ini. Ohya, tulisan ini mengandung spoiler, untuk yang gak suka spoiler mending jangan terusin baca ya.

9 Titan Shifter
Image: mindless titan, abnormal titan, titan shifter
Sejarah Titan ini ada dari 2.000 tahun yang lalu, 'diciptakan' sama anak cewe yang hidupnya tersiksa namanya Ymir Fritz (bukan Ymir temennya Eren ya), dia ini leluhur bangsa Eldia. FYI Eldia ini bangsanya Eren, emang punya genetik titan, dan nama tempatnya Pulau Paradis (yang dikelilingin tembok itu). Suatu hari di hutan, Ymir dapat kekuatan Titan. Versi Bangsa Marley, Ymir dapat kekuatan itu dari perjanjian sama Iblis, sedangkan versi Bangsa Eldia si Ymir ini dapatnya dari anugerah Tuhan. Jadi propaganda gitu lah. Jadilah Ymir ini titan pertama, disebut The Founding Titan.

Dia ini budak dari Raja Fritz, trus dijadikan istri juga ama si raja tapi tetep diperbudak. Punya 3 anak yang akhirnya jadi nama tembok di Pulau Paradis yaitu Maria, Rose, Sina. Setelah Ymir bisa jadi titan kerajaan jadi makin kuat, dan Raja Fritz pakai kesempatan itu untuk modernisasi dan memperluas kerajaannya. Setelah 13 tahun nerima kekuatan untuk jadi titan, Ymir akhirnya meninggal. FYI, yang punya Titan Shifter tuh emang bakal meninggal 13 tahun setelah nerima kekuatan titan.

Karena gak mau kehilangan kekuatan titan itu di dekatnya, Raja Fritz yang haus kekuasaan ini dengan teganya maksa ketiga anaknya buat makan daging Ymir. Dia gak mau 'senjata'nya hilang. Pepatah ada yang bilang, kalau mau sekuat singa ya makan daging singa. Mau kayak serigala ya makan daging serigala. Mungkin yang terbesit di otak si raja waktu itu ya begini konsepnya. Dan ini efektif, hasilnya 9 Titan Shifter dari Ymir diturunkan ke ketiga anaknya!

9 Titan Shifter
Image: chrisekai.com
Jadi 9 Titan Shifter ini ada: Founding Titan, Attack Titan, Armored Titan, Colossal Titan, Beast Titan, Female Titan, Cart Titan, Jaw Titan sama War Hammer Titan. Titan-titan ini tapi dijadikan Raja Fritz untuk serang bangsa lain, terutama Bangsa Marley. Tapi setelah perang saudara besar 'Great Titan War', Kerajaan Eldia kalah yang akhirnya Bangsa Marley ambil alih 7 Titan Shifter. Dua titan yang lolos dari Bangsa Marley ini Founding Titan sama Attack Titan.

Raja Fritz melarikan diri ya ke Pulau Paradis itu, dan dia bangun 3 lapis tembok besar yang terbuat dari titan, dan ketiga tembok ini namanya sesuai 3 nama anaknya yaitu Maria, Rose, Sina. Raja Fritz ngancem ke bangsa lain kalau berani ganggu dia dan tempat itu, dia bakal bangunkan jutaan titan di dinding itu dan ngehabisin peradaban manusia. Ohya titan di dinding itu jenis titan lain lagi, namanya Wall Titan, mereka bisa 'bangun' atas perintah The Founding Titan.

9 Titan Shifter
Image: greenscene.co.id
Itu juga sebabnya Bangsa Marley (Titan Colossal & Armored Titan) hancurin tembok Maria itu di gerbangnya, bukan di dindingnya, soalnya dindingnya itu semua terbuat dari titan. Bangsa Marley ini mau Bangsa Eldia lenyap, karena Bangsa Eldia punya genetik untuk bisa jadi titan dan emang kebencian turun temurun juga dari Bangsa Marley ke Bangsa Eldia, makanya Pulau Paradis selalu diserang titan. Selain itu, Bangsa Marley juga mau ngerebut 2 titan lainnya termasuk Titan Coordinat yang ada di dalam badan Eren, titan yang bisa kendalikan semua titan di dunia.

Oke itu dia sejarah singkat titan di Attack on Titan ini ya, kalau mau lebih jelasnya langsung nonton/baca manga-nya aja. Tanpa bahas lebih panjang lagi soal sejarahnya, ini dia 9 Titan Shifter beserta kemampuan khususnya dan orang-orangnya yang punya titan tersebut.

1. Ymir Fritz - Founding Titan

9 Titan Shifter
Image: reddit & pinterest - Ymir Fritz | Founding Titan
Yang pertama ini ada Founding Titan, ini titan paling vital diantara semua titan yang pernah ada. Soalnya, Founding Titan itu kekuatannya untuk ciptakan sekaligus mengontrol titan biasa, bisa juga manipulasi ingatan orang lain. Tapi, kekuatan full dari Founding Titan itu bisa didapatkan kalau keturunan asli dari keluarga kerajaan.

Saking vital dan pentingnya, titan ini disebut sama Bangsa Marley sebagai Titan Coordinat. Titan ini pertama kali yang dipunyain sama Ymir Fritz, trus lanjut ke tangan keluarga Reiss yaitu sama Frieda Reiss. Trus bokapnya Eren, Grisha Yeager, berhasil bunuh Frieda Reiss ini dan nyuri wujud Founding Titan, baru terakhir deh diturunkan lagi ke Eren. Tapi karena Eren bukan keluarga kerajaan, dia gak bisa akses semua kekuatan Founding Titan.

2. Eren Yeager - Attack Titan

9 Titan Shifter
Image: zerochan.net & anime.everyeye.it - Eren Yeager | Attack Titan
Ini Titan Shifter yang pertama kali dikenalkan di Attack on Titan, yaitu waktu Eren jadi titan ini. Sesuai namanya, titan ini punya fisik dan skill yang kuat untuk bertarung, perutnya juga roti sobek aw aw aw. Yang punya titan ini pertama kali Eren Kruger, dia itu mata-mata dari Eldian yang nyamar jadi perwira di Marley. Trus Kruger ngasih kekuatan titan dia ini ke Grisha, trus minta Grisha ke Pulau Paradis untuk nyari pasukan buat bebasin Eldian dari Marley. Grisha makan Krueger, tapi itu juga kemauan Krueger. Akhirnya Grisha punya Attack Titan.

Di Pulau Paradis Grisha nikah sama Carla trus kasih nama anaknya Eren Yeager, nama depannya sama kayak nama yang ngasih dia Attack Titan. Pas Eren masih kecil, Grisha suntikkan serum titan ke Eren trus ngebiarin Eren makan dia, biar kekuatan Attack Titan si Grisha terwariskan ke Eren. Attack Titan ini bisa akses memori masa lalu dan masa depan penggunanya, dan sebenernya Attack Titan Eren ini punya kekuatan coordinator tapi belum dikembangkan secara maksimal.

3. Reiner Braun - Armored Titan

9 Titan Shifter
Image: imdb.com & attack-vampire.fandom.com - Reiner Braun | Armored Titan
Ini nih, titan yang jadi awal dari semua malapetaka. Armored Titan ini yang ngejebol Dinding Maria dan tempat tinggal Eren yakni Shiganshina sampai hancur, termasuk emaknya Eren sampai harus meregang nyawa juga karena serangan ini. Ini salah satu titan terbaik yang dipunyain sama Bangsa Marley, dan yang punya titan ini sampai sekarang masih Reiner Braun. Falco sama Gabi rencananya jadi ahli waris Armored Titan, tapi akhirnya Falco jadi Jaw Titan.

Untuk segi fisiknya, Armored Titan ini kuat banget karena tubuhnya dilapisin sama baja. Bahkan pedang 3D Manuver aja gak bisa nembus kulitnya Armored Titan ini. Jangankan nembus, ngelukain aja gak bisa. Btw waktu Reiner sama Bertholdt ungkapin jati diri mereka, cukup plot twist banget ya. Gak ketebak kalau mereka berdua itu Armored Titan sama Colossal Titan, memorable and epic scene!

4. Bertholdt Hoover - Colossal Titan

9 Titan Shifter
Image: aminoapps.com & wallpapersden.com - Bertholdt Hoover | Colossal Titan
Ini partnernya Armored Titan waktu nyerang Dinding Maria di season awal. Colossal Titan ini juga kayaknya titan paling ikonik ya di Attack on Titan, bisa dibilang maskot juga, wajar sih soalnya Colossal Titan ini yang jadi posternya Attack on Titan di season 1 itu. Untuk ukuran tubuhnya, Colossal Titan ini ngelebihin tinggi dinding, padahal Dinding Maria aja dah 50 meter, berarti Colossal Titan ini masih diatasnya lagi.

Colossal Titan punya kekuatan untuk keluarin uap panas dari badannya, kalau ada orang yang deketin pasti bakal kepanasan. Tapi kelemahannya, titan ini gak cocok untuk pertempuran jangka panjang. Titan ini dipunyain sama temennya Reiner, Bertholdt Hoover. Nah pas misi perebutan kembali Shiganshina, Armin korbankan nyawanya untuk ngalahin Colossal Titan. Armin sekarat, tapi Levi suntikkan serum titan ke Armin dan ngebiarin Armin makan Bertholdt. Dan yes, Colossal Titan jatuh ke tangan Armin.

5. Zeke Yeager - Beast Titan

9 Titan Shifter
Image: zerochan.net & attackontitan.fandom.com - Zeke Yeager | Beast Titan
Kalau titan lainnya bentuknya lebih kayak manusia, kalau Beast Titan miripnya sama kera raksasa. Bukan cuma badannya yang nyeremin, Beast Titan jadi makin serem dan aneh karena bisa bicara. Titan ini sendiri dipunyain sama Zeke Yeager, kakak tirinya Eren, lebih tepatnya saudara dari emak yang beda. Zeke ini keturunan keluarga Fritz, jadi dia bisa pakai kekuatan coordinator (tapi terbatas) untuk mimpin para titan yang disuntikkan serum ke tubuhnya.

Yang punya Beast Titan sebelum Zeke gak bisa pakai kekuatan coordinator, soalnya gak ada hubungan darah sama keluarga Fritz. Beast Titan ini udah banyak ngebunuh anggota Pasukan Pengintai, dan dia ini juga yang ngebunuh Komandan Pasukan Pengintai yaitu Erwin Smith. Beast Titan nyaris mati sama Levi, waktu itu Levi dah ngamok karena Erwin dan temen-temennya modar. Tapi Zeke ditolong sama Cart Titan untuk kabur.

6. Annie Leonhart - Female Titan

9 Titan Shifter
Image: giantbomb.com & youtube/George Damian - Annie Leonhart | Female Titan
Titan biasanya gak ada detail jenis kelaminnya, Bahkan Cart Titan punya Pieck aja gak keliatan kayak perempuan. Tapi beda sama ini, kalau Female Titan ini bener-bener punya karakteristik seksual yang jelas. Female Titan ini punya Annie Leonhart, yang ternyata impostor juga nih bareng Reiner sama Bertholdt. Mereka bertiga ini yang kerja sama untuk hancurin Shiganshina, tempat tinggal Eren.

Untuk fighting, Female Titan ini luar biasa jago banget. Mulai dari Eren, Mikasa sampai Levi dibuat kewalahan. Trus sama kayak Founding Titan dan Beast Titan, Female Titan juga punya kekuatan untuk kontrol Titan biasa. Titan ini kalah sama Attack Titan-nya Eren, itupun sampe kudu masuk ke mode rage dulu. Sayangnya Annie langsung tertutup sama kristal, jadi walau dah ditangkep masih gak bisa langsung diintrogasi.

7. Pieck Finger - Cart Titan

9 Titan Shifter
Image: reddit.com & attackontitan.fandom.com - Pieck Finger | Cart Titan
Cart Titan ini titan yang bentuknya agak aneh. Jalannya merangkak, tapi punya punggung yang kuat. Jadi punggungnya itu dipake untuk bawa barang kayak senjata berat, perlengkapan perang bahkan prajurit-prajurit yang luka. Cart Titan ini sendiri bukan tipe petarung, lebih ke support sih kayaknya. Di perang Marley dia ngebantu dengan bawa senapan mesin di punggungnya, gerakannya lincah dan manuvernya jago.

Titan ini punya kecerdasan diatas rata-rata, ini juga yang diakui sama Erwin Smith waktu misi rebut kembali Dinding Maria. Keliatan sih dari kecerdasan dia nyelametin Zeke pas nyaris mati sama Levi, trus dia ini juga nyelametin Reiner pas nyaris mati sama Hange. Kalau gak ada dia, dua orang itu dah pasti 100% tewas. Nah walau bentuknya jelek, tapi pemiliknya ini cakep. Namanya Pieck Finger, orang Eldia tapi mengabdi untuk militer Marley.

8. Porco Galliard - Jaw Titan

9 Titan Shifter
Image: tumgir.com & aminoapps.com - Porco Galliard | Jaw Titan
Jaw Titan ini yang paling kecil diantara 8 Titan Shifter lainnya, jalan atau larinya selalu merangkak kayak monyet. Walau ukuran badannya gak sebesar Titan Shifter lainnya, tapi Jaw Titan ini punya kekuatan di kecepatan sama kelincahan. Taring sama cakarnya juga tajam, bisa ngerobek manusia atau titan biasa dengan mudah. Untuk pemilik titan ini cukup banyak nih pergantiannya, total sejauh ini ada 4 orang.

Yang pertama itu Marcel Galliard, harusnya dia ini ngerusuh Pulau Paradis juga bareng Annie, Reiner sama Bertholdt, tapi keburu dimakan sama Ymir pas masih jadi titan liar. Yang kedua Ymir, dia ini dijadikan titan karena terlibat sekte di Marley, trus pas makan Marcel dia jadi Jaw Titan (sebelumnya dia Dancing Titan). Yang ketiga adeknya Marcel yaitu Porco Galliard tapi dimakan sama Falco pas dalam bentuk titan liar, dan terakhir ini Falco Grice.

9. Ms. Tybur - War Hammer Titan

9 Titan Shifter
Image: reddit.com & youtube/Shadow Realm - Ms. Tybur | War Hammer Titan
Selain Armored Titan, ini titan yang punya bentuk kece banget nih dan 'classy'. Wajar sih ya, soalnya titan ini dipunyain sama keluarga bangsawan Tybur, dan diturunkan turun temurun di keluarga itu. Bentuk War Hammer Titan ini lapisan tubuhnya dari atas sampe bawah putih, trus kayak pakai helm ksatria gitu, emang ala-ala bangsawan. Kekuatan utama dia ini cukup unik, yaitu nyiptain objek kayak palu sama pasak.

Awalnya pada ngira War Hammer Titan ini yang punya si Willy Tybur, tapi ternyata enggak, Willy Tybur itu cuma menempatkan diri sebagai distraksi (pengalih perhatian). Ternyata, pemilik War Hammer Titan ini saudaranya, Ms. Tybur. Titan ini sendiri sudah disimpan lama sama keluarga Tybur, sampai akhirnya pas War Hammer Titan berantem ama Attack Titan-nya Eren dan kalah, yaudah dimakan sama Eren. Kekuatan War Hammer Titan jadi miliknya Eren juga.

_________________________________

Wokehh itulah dia sejarah singkat asal muasal titan di Attack on Titan, dan daftar 9 Titan Shifter sekaligus pemilik-pemiliknya. Buat yang bingung mau nonton animenya dimana, gue rekomendasiin di IQ.COM (free tapi ada iklannya) sama tentunya di NETFLIX, bayar tapi gak ada iklan. Kalau untuk manga mungkin bisa di BACAKOMIK ya.

Boleh tinggalkan di kolom komentar misal ada kesalahan ataupun info tambahan lainnya neh. Thank you! Nah ini gue kasih salah satu OST yang gue suka dari animenya, ini waktu moment epic Reiner sama Bertholdt berubah jadi titan di depan Eren dkk 👀



Related Posts

Related Posts

Post a Comment