--> [Movie Review] The King's Man (2021) - Rovylicious
w9vb7L0M7j9qO5VekXjh9f4upwh86ATk0lG5dKZM

[Movie Review] The King's Man (2021)

review The King's Man
Image: indianexpress.com
Sekitar tahun 2019 Matthew Vaughn selaku sutradara umumkan bakal garap prekuel Kingsman, gw amat sangat excited banget! Soalnya franchise satu ini gw bener-bener ngikutin dari Kingsman: The Secret Service (2014) sampai Kingsman: The Golden Circle (2017). Dan prekuelnya sendiri gak kebayang bakal gimana.

Harusnya sih film ini tuh tayang 2020 bulan Februari, kayaknya karena pandemi ya diundur deh. Jadi September 2020 kalo gak salah, tapi karena Covid-19 masih tinggi diundur lagi ke Februari 2021. Sampai deh akhirnya jadi tayang di Desember 2021. Alhamdulilah yah masih dikasih umur buat bisa nonton.

Di The King's Man (2021) ini jangan harap ada Eggsy atau Harry, karena ya namanya juga prekuel. Alur ceritanya jauuuuh ke belakang, di era sebelum terbentuknya organisasi Kingsman. Jadi di film ini dikasih tau deh, apa motif utama terbentuknya si Kingsman itu sendiri dan siapa-siapa aja pendirinya.

Sinopsis The King's Man

review The King's Man
Image: indianexpress.com
The King's Man yang merupakan cikal bakal dari organisasi Kingsman ini menceritakan tentang Oxford (Ralph Fiennes), yang selalu menjaga anaknya yaitu Conrad (Harris Dickinson) dengan baik, karena gak mau kehilangan Conrad seperti dia kehilangan istrinya di saat Conrad masih kecil.

Tapi Conrad ini punya jiwa bela negara yang cukup tinggi, ambisius dan berani ngelakuin apapun demi nama negara. Karena hal ini deh Oxford beberapa kali berbeda pendapat sama Conrad dan berdebat.
review The King's Man
Image: cgmagonline.com
Di sisi lain ada sosok yang dijuluki dengan nama 'Gembala', yang mau terciptanya perang antar negara. Dia bikin berbagai konflik dengan ngirim penyusup ke masing-masing negara, contohnya kayak Grigori Rasputin (Rhys Ifans) yang 'menggerogoti' kekaisaran Rusia dari dalam.

Nah, inilah salah satu tugas dari Oxford dkk untuk secepatnya menghentikan peperangan sebelum jatuh korban jiwa lebih banyak. Selain bareng Conrad, Oxford juga dibantu sama Polly (Gema Arterton) dan Shola (Djimon Hounsou) yang penampilan mereka semua disini keren banget.

Review The King's Man

review The King's Man
Image: indiewire.com
Rotten Tomatoes ngasih nilai film ini cukup rendah, wajar karena mereka para kritikus. Tapi untuk orang awam, ini super keren sih. IMO, ini prekuel yang bagus banget untuk sebuah franchise. Timeline cerita di tahun 1900-an, sebelum adanya organisasi Kingsman.

Menurut gw ya salah satu unsur yang bikin film ini seru tuh alurnya tentang Perang Dunia I, dan cukup detail banget, bahkan ada scene Butterfly Effect-nya kematian dari Franz Ferdinand yang jadi pemicu tercetusnya Perang Dunia I.

Trus banyak juga karakter-karakter ikonik dihadirin disini. Kayak Rasputin, Lenin, Mata Hari, Kitchener, dll. Dan penggambaran Perang Dunia I serta karakter-karakter ini lumayan akurat sih sama sejarah aslinya, tapi ada juga bumbu-bumbu lainnya.

Terutama soal Rasputin tuh lumayan akurat sama aslinya, kayak gimana toxicnya dia untuk keluarga Czar Nicholas II dan gimana usaha-usaha untuk ngebunuh dia mulai dari diracunin sampai ditembak, beneran tergambar di The King's Man ini secara singkat dan padat.
review The King's Man
Image: cinemablend.com
Cuma emang diakui sih 'khas' dari Kingsman dari saga yang udah ada, gak tersaji disini. Jadi ya kayak nonton film spy yang berdiri sendiri, bahkan hampir lupa ini tuh film dari universe Kingsman lho haha.. Fight ala Kingsman yg slow-fast motion juga sayang banget gak ada, walau yaa untungnya sedikit terobati sama fight scene dari Oxford, Conrad dan Shola waktu lawan Rasputin dengan fight balletnya. Ini salah satu fight scene yang keren banget sih. EPIC.

Trus juga nih alur cerita gak sekuat Kingsman 1 & 2, disini terlalu fokus sama kisah Perang Dunia I ya makanya agak lumayan berat sih ceritanya (tapi jahitannya tetep rapi). Berbagai jokes khas ala Kingsman pun gak ada, efek darah terlalu low budget, latar belakang villain kurang greget tapi plot twistnya ya oke lhaa unpredictable.


Cukup enjoy aja sih sama filmnya, apalagi yang udah nonton Kingsman 1 & 2 wajib nonton prekuelnya ini. Untuk yang belum nonton, kalo mau urut secara timeline bisa nonton The King's Man (2021) ini duluan baru Kingsman 1 (2014) & Kingsman 2 (2017). Jadi untuk nonton yang terbaru ini, gak perlu nonton yg 1 & 2 dulu kok.

Trus di The King's Man ini ada 1 credit scene lho ternyata, banyak penonton yang dah keluar bioskop, untungnya gw masih stay karena lagi buka hp bentar haha.. Di credit scene ini ada tokoh ikonik si pemicu Perang Dunia II! Pas ni orang nongol, langsung merinding dan ngarep banget prekuelnya ini ada lanjutannya lagi biar bisa dikulik lebih dalam lagi juga tentang awal mula Kingsman.

Okelah kesimpulannya jangan hiraukan kekurangan-kekurangannya, nonton sebagai orang awam aja. Karena mata bakal dimanjain sama visual dan scoring yang super keren sekaligus belajar sejarah. Overall, worth to watch!

Related Posts

Related Posts

Post a Comment