--> 10 Alasan Kuat Kenapa Startup Bisa Jadi Pelarian Pertama Fresh Graduate! - Rovylicious
w9vb7L0M7j9qO5VekXjh9f4upwh86ATk0lG5dKZM

10 Alasan Kuat Kenapa Startup Bisa Jadi Pelarian Pertama Fresh Graduate!

Startup
Image: personal asset
Kita sekarang sudah hidup di era dimana perusahaan startup sudah ada dimana-mana, mulai dari kota-kota besar sampai pelosok. Indonesia sendiri salah satu dari 10 negara dengan jumlah startup terbanyak di tahun 2022 lho, catatan survey Startup Ranking kurang lebih ada 2.300++ startup di Indonesia yang menjadikannya sebagai negara urutan kelima dengan jumlah startup terbanyak di dunia!

Industri startup yang ada di Indonesia sendiri beragam. Mulai dari industri games, media, properti, kesehatan, pendidikan, e-commerce, akomodasi, pertanian, transportasi, SaaS (Software as a Service), dan masih banyak lagi. Nah, ngeliat dunia startup seluas ini, sepertinya bisa jadi alasan deh buat para fresh graduate untuk yaa sekedar 'nyicip' punya pengalaman di dunia startup.

Selain itu, ada sekitar 10 Alasan Kuat Kenapa Startup Bisa Jadi Pelarian Pertama Fresh Graduate! Cekidot~

1. Jam kerja fleksibel

Startup
Image: techinasia.com
Kalau masih fresh graduate tuh biasanya gak bisa langsung dibikin kaget dengan jam kerja yang sudah ditetapkan dari jam segini sampai jam segitu. Nah kalau di startup kebanyakan, jam kerja itu fleksibel yang penting di kantor ya 8 atau 9 jam aja. Bahkan tempat juga fleksibel, bisa kerja dari rumah (WFH) atau cafe misal suasana kantor sudah cukup membosankan haha..

2. Gak dianggap anak bawang

Startup
Image: forbes.com
Ini gak semua ya, kadang di perusahaan formal tuh anak fresh graduate dianggep anak bawang banget. Kalau di startup, kedudukan sebagai fresh graduate gak akan bikin kamu lebih rendah dari karyawan lain yang lebih berpengalaman. Setiap ide dan kontribusi dibutuhkan, didengerin, dan dipertimbangkan. Bahkan dituntut untuk ikut ritme kerja cepat juga, gak diabaikan.

3. Image yang keren!

Startup
Image: startups.com
Kalau kerja di startup tuh keliatan muda banget, keren! Persepsi kayak gini lah yang kebangun di sosial media, perhatiin aja banyak konten di Tiktok atau IG gitu yang ngasih liat daily activity di startup dengan ngasih liat serunya kerja di sana. Karyawan-karyawannya keliatan stylish, dinamis dan kreatif.

4. Punya inovator sejati

Startup
Image: digest.myhq.in
Di startup itu kamu bisa dengan mudah ketemu sosok inovator di dalamnya kayak founder si startup tersebut yang bikin bisnisnya bener-bener dari nol. Sudah pasti dia punya mental dan profesionalitas yang beda sama orang-orang yang gak pernah nyoba untuk bikin bisnis. Orang-orang kayak gini banyakin kamu ajak ngobrol, biar bisa berguru banyak hal di dunia bisnis.

5. Vibes kerjanya asik

Startup
Image: marker.medium.com
Startup itu semakin kecil skalanya, semakin berasa kekeluargaannya. Karyawannya baru 5 orang gitu misal, itu dah berasa keluarga sendiri. Tapi kalo orang-orangnya dah banyak, biasa drama gak bisa terhindarkan sih haha.. Trus vibes kantor juga dibuat nyaman dengan design yang unik dan gak ngebosenin, termasuk berbagai fasilitas kayak ruang bermain atau tempat nyantai.

6. Tempat untuk berkembang dan belajar

Startup
Image: bbva.com
Sebagai first jobber yang baru masuk dunia kerja, kamu masih butuh banyak belajar dan harus berkembang. Dan startup bisa jadi tempat yang tepat untuk kedua hal ini. Lingkungan kerjanya dinamis dan terus berkembang, startup juga biasanya bantu karyawannya ningkatin berbagai skill dan keterampilan dengan sejumlah pelatihan.

7. Kesempatan kerjanya luas

Startup
Image: forbes.com
Sebagai perusahaan yang masih baru dan terus berkembang, kebanyakan startup terus nyari tenaga kerja untuk bisa ngisi kantornya. Proses rekrutmen juga biasanya gak ribet, lebih fleksibel. Sampai sekarang loker untuk bidang startup banyak banget termasuk untuk anak magang atau fresh graduate, bahkan startup nganggep anak magang dan fresh graduate tuh 'aset' karena banyak ide fresh trus semangat belajar yang tinggi!

8. Lingkungan yang gak kaku

Startup
Image: linkedin.com
Di startup tuh lingkungannya bener-bener informal, seenggaknya ya gak sekaku di perusahaan besar non startup. Startup mengedepankan lingkungan yang nyaman dan santai, pakaian bebas yang penting rapi dan sesuai tempat, dll. Dengan begini transisi zaman pas masih kuliah ke dunia kerja itu bisa lebih smooth, karena dunia perkuliahan kan ya sesantai itu juga.

9. Banyak insight dari karyawan lain

Startup
Image: eu-startups.com
Karyawan di dunia startup itu ya seharusnya emang asik-asik banget, terutama yang anak-anak muda juga. Nah dari mereka inilah kamu bisa dapat banyak insight karena banyak rekan-rekan kerja yang seumuran, open minded, berwawasan, punya semangat tinggi dan juga ide-ide baru yang cemerlang. Dari mereka ini pokoknya kamu bisa dapat banyak ilmu dan insight deh.

10. Gajinya kompetitif

Startup
Image: startupsavant.com
Nah kalau ini gak boleh terlupakan sih hahaha.. Gaji itu salah satu alasan yang populer kenapa fresh graduate mau kerja di dunia startup. Penawaran gaji di dunia startup tuh biasanya cenderung lebih tinggi dibanding entry level di perusahaan lain yang bukan startup.

==========


Sedikit disclaimer, apa yang tertulis di atas mungkin gak sepenuhnya bener. Bisa jadi ada startup yang gak sesuai sama point 5 misal, atau ternyata ada perusahaan bukan startup tapi termasuk di point 8. Jadi tulisan ini cenderung general aja sih, yang sering ditemui sama temen-temen yang kerja di startup dan gw sendiri yang sekarang juga sedang bergelut di startup.

Untuk para fresh graduate kalau punya skill yang mumpuni untuk bergelut di dunia startup juga gak ada salahnya nyobain lho mumpung masih muda dan masih fase-fase banyakin belajar dan pengalaman aja. Salary nomor 2 dulu deh! Haha..

Selamat mencoba~
Related Posts

Related Posts

Post a Comment