--> [Movie Review] M3GAN (2023) - Rovylicious
w9vb7L0M7j9qO5VekXjh9f4upwh86ATk0lG5dKZM

[Movie Review] M3GAN (2023)

review film M3GAN
Image: thegatorseye.com
Kemarin baru aja nonton film keren ini, M3GAN! Jadi M3GAN itu film pada dasarnya film horor - sci fi dengan konsep boneka robot yang awalnya menjadi sahabat tapi berakhir jadi malapetaka. M3GAN sendiri sebenernya singkatan nama robotnya, Model 3 Generative Android.

Sosok M3GAN itu gak full CGI, mostly diperankan sama anak kecil yaitu Amie Donald. Nah untuk voiceover diisi sama Jenna Davis. Trus tokoh lainnya itu ada Gemma (Allison Williams), Cady (Violet McGraw), David (Ronny Chieng), dan masih banyak lagi.

FYI film yang diproduseri James Wan ini rilis 4 Januari 2023 lalu, dan per 11 Januari keuntungannya sampai 48 juta dollar atau setara dengan 743 milliar rupiah lebih! Padahal kalo gak salah inget, biaya produksi film ini cuma 12 juta dollar lho. Kalo ada James Wan racikannya emang dah pasti greget.

SINOPSIS FILM M3GAN

review film M3GAN
Image: latimes.com
Film ini menceritakan tentang Gemma, ahli robot jenius yang kerja di sebuah perusahaan permainan berbasis robot. Nah, David itu bosnya. Karena kompetitor sudah ada inovasi baru, Gemma dituntut sama David untuk bikin improvsisasi lagi di mainan robotnya.

Tapi ternyata Gemma ini bukannya improve mainan yang sudah ada, dia lebih milih untuk kembangkan sebuah boneka robot yang dikasih nama M3GAN. M3GAN ini diaplikasikan dengan artificial intelligence, super cerdas dan bisa mengidentifikasi serta memproses hal apapun di kehidupan manusia secara mandiri.
review film M3GAN
Image: today.com
M3GAN diprogram untuk bisa jadi sahabat setiap anak kecil, jadi teman curhat dan bisa meringankan tugas orang tua. Awalnya project M3GAN ini mau dihentikan sama Gemma, tapi dilanjutkan setelah dia dapat hak asuh keponakannya yaitu Cady yang baru aja kehilangan kedua orang tuanya.

Gemma emang ngerasa gak mahir untuk bisa jadi orang tua Cady, makanya dia bener-bener serius kembangkan M3GAN untuk bisa jadi temen semua anak-anak yang kesepian atau butuh kasih sayang seperti orang tua termasuk Cady itu.
review film M3GAN
Image: gamerant.com
Prototype M3GAN ini sukses besar, perusahaan Gemma juga suka banget. Tapi lama kelamaan ada yang aneh nih. M3GAN berubah jadi overprotektif sama Cady, gak segan-segan juga hilangin nyawa siapapun yang rese ke Cady. M3GAN juga banyak proses data soal manusia tanpa izin. Alhasil muncullah banyak kekacauan karena M3GAN dinilai sudah lost control.

Disini perasaan Gemma berkecamuk. Haruskah pertahankan M3GAN demi kesuksesan dia di perusahaanya, atau tetap dilanjutkan tapi bisa berbahaya bagi sekitar termasuk Cady?

REVIEW FILM M3GAN

review film M3GAN
Image: yahoo.com
Sumpah sih gak nyangka M3GAN ini sebagus itu! Awalnya kita sebagai penonton dibikin gemes dan suka banget sama M3GAN karena dia sedetail itu bisa jagain dan ngurusin Cady, udah kayak orangtua sendiri. Kita juga bisa liat nih metafora M3GAN dari yang awalnya benda mati, jadi sahabat, sampai jadi bencana.

Jujurly untuk 30 menit pertama film ini agak ngebosenin, wajar sih karena masih build up cerita dan pengenalan sama sosok Gemma plus bangkitin emosional penonton atas kehilangan Cady terhadap kedua orang tuanya. Tapi selebihnya terutama pas sosok M3GAN muncul, ini percikan konflik mulai bertebaran.

Ada beberapa kekurangan juga sebenernya dari segi visual sih, salah satunya pas scene M3GAN dalam bentuk boneka sama dah dalam bentuk anak kecil itu agak sedikit beda. M3GAN yang boneka beneran itu kakinya terlalu kurus, sedangkan yang diperankan anak kecil gak sekurus itu.
review film M3GAN
Image: emprireonline.com
Ada juga scene yang diluar nalar seperti adanya benda-benda tajam/berbahaya di tempat yang gak semestinya. Tapi kekurangan-kekurangan yang ada di film ini secara keseluruhan gak gengges sih, masih bisa dinikmati dan mungkin konsepnya emang nyeleneh aja biar makin unik.

Untuk ukuran film horor, M3GAN masih terbilang gak banyak jumpscare juga. Tapi untuk gore cukup greget nih, walau ya gak eksplisit banget. Jadi ya kesimpulannya M3GAN emang cocok untuk penikmat jalan cerita, bukan horornya.

Soal akting sih cukup tertarik sama yang jadi Cady, scene stealer sangat! Akting dia seneng, sedih sampai marah itu feelnya dapet banget. Yang bener-bener keren pas dia tantrum, ini gile keren bener. Cikal bakal pemenang Oscar di masa depan ini mah!
review film M3GAN
Image: thestoriest.com
Selain itu udah pasti si M3GAN itu sendiri. Kesadisan yang dia lakuin kadang emang bisa sedikit diwajarin, karena dia jadi 'eror' setelah memproses dan mengetahui kejahatan umat manusia di dunia. That's why M3GAN itu villain yang likeable juga sih. Apalagi dia lakuin itu semua demi lindungi tuannya, Cady.

Trus banyak scene-scene random yang bikin ketawa juga di film ini, begitu juga sama scene-scene ikonik termasuk dance M3GAN yang cukup bikin terngiang banget di kepala hahaha..

Overall M3GAN wajib nonton deh, highly recommended. Teror dan horor film ini disajikan lewat cara eksentrik, M3GAN itu badass banget! Banyak iconic scene, dan ini salah satu film terbaik di dekade ini.

Rating gue pribadi untuk film ini adalah 9,10~


Related Posts

Related Posts

Post a Comment