--> 10 Reminder yang Bikin Hidup Jauh Lebih Baik, Nomor 8 Bikin Mata Terbelalak! - Rovylicious
w9vb7L0M7j9qO5VekXjh9f4upwh86ATk0lG5dKZM

10 Reminder yang Bikin Hidup Jauh Lebih Baik, Nomor 8 Bikin Mata Terbelalak!

meme hidup
Image: twitter.com/convomf
Mau hidup jauh lebih baik? Sama, saya juga. Ini kayaknya impian semua orang, dan sebenernya pilar utama dalam mendapatkannya ya harus punya reminder. Reminder ini sendiri bermacam ragam layaknya rempah-rempah Indonesia seperti cengkeh, jahe, daun bawang, kayu manis, bawang putih, bawang merah, lada, paprika bubuk, kemiri, kencur, lada, ketumbar, jintan putih, daun salam, bunga lawang, kalabet, kapulaga, lengkuas, kunyit, adas manis, dan serai.

Tapi artikel ini tidak membahas rempah-rempah, nanti aja kalo ini rame lanjut part 2. Aku akan membahas 10 reminder ini tadi, yg sebenernya udah diterapkan oleh diri sendiri secara perlahan-lahan. Jadi ini base on true story ges, sudah tervalidasi.

Aku sebenarnya masih mau basa basi di bridging tapi bingung nulisnya apa, jadi yaudah tebak-tebakan aja ya. Ikan, apa bahasa inggrisnya ikan sapu-sapu? Nah, jawabannya ada di akhir tulisan. Jangan langsung scroll paling bawah buat liat jawabannya, baca dulu lah njir plis aku nulisnya capek.

Yaudah ini 2.000+ orang dah gak sabar, langsung aja ini dia 10 Reminder yang Bikin Hidup Jauh Lebih Baik, Nomor 8 Bikin Mata Terbelalak! Read in peace!

1. Masa Lalu Gak Akan Bisa Diubah dan Kembali

meme mesin waktu
Image: 1cak.com
"Masa lalu biarlah masa lalu.. Jangan kau ungkit jangan ingatkan aku" - Inul Daratista ♫~

Punya masa lalu yg sampe sekarang masih disesali? Pengen balik ke masa-masa itu dan perbaiki semuanya? Stop. Kamu kebanyakan ngeliat mesin waktunya Doraemon. Kamu harus bijak menyikapi masa lalu, karena ya emang sejauh apapun kamu melangkah dan pergi si masa lalu ini gak akan bisa sepenuhnya hilang dari kehidupan kamu.

Akupun pernah begitu, fellas. Kadang aku kangen dengan Ahmad Dhani sebelum ikut politik. Masa lalu terus menghantui, tapi impactnya malah ngehambat perjalanan aku untuk masa depan. Jadi perubahan satu ini emang harus dimulai dari diri sendiri sih, percayalah.

Beberapa hal yang bisa kamu lakuin, ya nerima apa yg udah terjadi aja. Ambil hikmah dari semua yg terjadi, trus jadikan pembelajaran untuk masa depan. Harus selalu ingat bahwa kamu gak bisa kembali ke masa lalu untuk mengubahnya. Tapi, kamu bisa menetapkan sikap terbaik untuk menghadapinya. Anjay.

2. Kamu Gak Diwajibkan Untuk Bahagiakan Semua Orang

meme badut
Image: memecomic.id
Pernah gak sih, kamu sampe lupa untuk ngebahagiain diri karena prioritasin kebahagiaan orang lain? Kurang-kurangin ya, stop ngebadut. Bikin orang lain bahagia karena kamu itu amat sangat baik, tapi jangan sampai kebahagiaan diri kamu sendiri jadi gak ada. Kalo dianalogikan, intinya kamu kayak lilin yg ngasih cahaya terang di sekitar tapi membakar diri kamu sendiri. Kamu jadi lilin, aku yg jaga, temen kamu yg nusuk dari belakang yg jadi babinya.

Back to topic, bahagiakan orang lain ini sendiri banyak bentuknya. Bisa kayak nurut sama semua omongan orang lain, ajakan, perintah bahkan bantuan materi. Ya kurang lebih sindrom people pleaser lah. Gak dosa lho kalo kamu bilang "enggak", itu gak salah sama sekali kalo emang memungkinkan kamu gak bisa atau gak mau. Tapi kalo emang harus dikerjakan, yaudah mau gak mau "Well noted buk 🙏" aja.

Kalo istilah dari Senegal, Kamu harus bisa belajar jadi pribadi yg 'sak karepe dewe'. Selama gak merugikan khalayak ramai, boleh banget bertindak atas dasar kemauan sendiri. Ikutin kata hati, bersandar di diri kamu sendiri, jadi orang yg independen dan merdeka. Tetapkan prioritas diri, jangan bikin waktu dan tenaga kamu terbuang sia-sia cuma untuk selalu mementingkan kebahagiaan orang lain.

3. Kamu Gak Harus Menang di Semua Hal

meme judi
Image: twitter.com/txtdrjudii
Aku inget banget dengan quotes "Kita hidup dituntut untuk mencoba, bukan untuk sempurna". Ini pengalaman pribadi aku sendiri, yg mana aku berfikir harus bisa dan menang di segala hal. Sangat ambis untuk mengejar sesuatu. Tapi pas udah mendekati klimaks, aku gagal dan ngerasa kalah. Padahal, hidup itu bukan perkara menang atau kalah kok. Chelsea Islan, maaf aku harus ngalah dengan Rob Clinton yg jadi suami kamu sekarang ya.

Gitu juga dengan berbagai skill. Aku mau banget bisa di skill A, skill B, skill C dan seterusnya. Tapi ternyata kalo disikat semua, cape juga ya. Disitu langsung sadar, "Rovy, kamu gak harus menang di semua hal lho, ganteng aja udah cukup". Gitu juga dengan kamu. Mungkin kamu banyak plan, mimpi, impian, coba semua. Tapi ingat, kamu gak harus menang di semuanya. Issoke!

Terus mencoba dan gagal itu normal, yg gak normal kalo kamu terobsesi untuk menang dan gak bisa melepaskan diri dari label kalah. Apalagi kalo sampai iri dengan pencapaian orang lain. Tanamkan mindset yg satu ini di diri kamu, dijamin hidup kamu bakal lebih tenang.

4. Perjalanan Hidup Tiap Orang Berbeda

meme qasidah
Image: Facebook/Qasidah Memes
Ini mungkin kamu sudah sering denger, tapi bakal aku tekankan lagi. Yup, zona waktu tiap manusia itu beda-beda. Gitu juga dengan takdirnya. Ada yg umur 20 dah nikah dan punya anak, ada yg umur 30 udah nikah tapi dah 10 tahun belum punya anak, ada yg umur 40 belum nikah, ada yg umur 35 belum punya apa-apa di hidupnya, ada yg umur 27 dah sukses banget, aku yg dah kepala 3 dimana temen-temen sibuk gendong anak dan aku masih sibuk rebahan, dll.

Intinya hidup itu adalah perjalanan. Kamu jangan anggep hidup itu sebuah pertandingan. Cuma kalo soal dapat pasangan yg cocok atau sudah mapan di usia yg lebih muda, ya bagus banget. Tapi kalo enggak, yaudah gpp dong. Apapun keputusan hidup kamu, boleh banget. Yang gak boleh itu terlalu sering bandingin hidup kamu sama orang lain.

Dan juga kalo hidup kamu gak sesuai sama yg kamu inginkan atau rencanakan, seenggaknya kamu sudah mencoba. Hidup itu emang naik turun kok, cara jalaninnya kalo pas lagi di bawah ya banyak belajar dan saat di atas ya nikmatin. Jadi intinya, zona waktu tiap manusia itu berbeda. Just do your best!

5. Overthinking Bikin Kamu Menderita!

meme overthinking
Image: Instagram/moodreceh.id
Pernah gak, kamu mikirin berbagai hal buruk yg padahal belum tentu bener kejadian? Mikirinnya sampe lama banget, bahkan bikin terpuruk dan gak fokus mau ngapa-ngapain. Misal nih, kamu terlalu mikirin gimana jadinya kalo Dajjal turun trus bagi-bagi Melon. Ini berarti kamu orangnya overthinking. Aku juga dulu kayak gini, dan bikin hidup gak nyaman. Pas udah mulai dikurangin, ternyata lebih enak dan jalanin hari ke hari juga lebih semangat.

Kalo kamu keseringan overthinking, kamu harus sadarin deh bahwa overthinking tuh cuma habisin waktu dan energi aja. Bikin kamu ragu-ragu dalam mengambil keputusan, bikin 'analysis paralysis' juga alias gak ada take action sama sekali karena sibuk dan kelamaan mikir.

Jangan pernah overthinking karena takut gagal, kesalahan di masa lalu, takut nyoba hal baru, cemburu yg berlebihan, worry soal karier, ekspektasi keluarga dan orang sekitar, atau gosip tentang diri kamu. Ini hidup kamu, jalanin dengan baik. Jangan sampai overthinking bikin kamu gagal untuk wujudkan impian. Stop overthinking and do something!

6. Temukan Kebahagiaan di Dalam Diri

meme bahagia
Image: 1cak.com
Aku dulu pernah baca sebuah quotes, "Kebahagaiaan itu diciptakan, bukan dicari". Dan kalo dipikir-pikir ini bener juga. Mau dicari sejauh apapun, sebenernya kebahagiaan itu ada kalo diciptakan sama kita sendiri, sekecil apapun itu. Kebahagiaan itu sifatnya subjektif, jadi maknanya di tiap orang beda-beda juga.

Kalo kata Dalai Lama, kunci kebahagiaan itu ada dalam diri sendiri, termasuk sikap dan reaksi yg diambil dan terapkan dalam kehidupan. Karena kalo manusia punya kemampuan untuk bikin penderitaan, manusia juga punya kapasitas untuk menghasilkan kebahagiaannya sendiri.

Kamu bisa bahagia dengan berbagai cara. Turunkan ekspektasi dalam hidup, banyak sosialisasi, hindari overthinking, jangan sesali masa lalu, jadi diri kamu sendiri, jadi orang yg positif. Makanya, kalo ada orang yg menurut kamu dia itu 'alay' atau 'jamet' ya biarin aja, mereka lagi mencoba menciptakan kebahagiaannya sendiri kok, selama itu gak merugikan kamu. Tapi Dijah Yellow emang agak aneh sih.

7. Berbuat Kebaikan Itu Gratis!

kakek sugiono
Image: pulsk.com
Kalo kamu ngerasa gak nemuin orang baik, jadi salah satunya aja. Kalo kamu gak bisa berbuat baik, jangan berbuat jahat. Semua kebaikan yg bisa dilakukan di dunia ini tuh rata-rata gratis. Misal kayak bantu lansia nyebrang, nyelametin anak kucing yg dibuang, jadi relawan di lokasi bencana, cerita nabi ke orang di pesawat, bersih-bersih halaman rumah cendana, bahkan sesimple jadi tempat cerita temen kamu yg lagi galau dan depresi.

Tapi kalo kamu berbuat kebaikan, jangan berharap kamu bakal dapat kebaikan juga ya. Gak semua kebaikan yg kamu lakukan itu bakal terbalas dengan baik juga, tapi tetap aja berbuat baik. Percaya deh, setiap kebaikan yg kamu lakukan itu bakal dibalas sama Tuhan dengan hal-hal yg gak pernah kamu sangka.

Jadi orang yg bisa berbuat kebaikan itu enak, hidup berasa adem. Kebahagiaan juga jadi tercipta di diri sendiri. Pernah kan, udah bantu orang lain trus ngerasa bahagia? Nah, itu hormon Oksitosin emang lagi bekerja. Berbuat baik itu juga kadang cape. Tapi inget, capenya itu sementara aja, bakal ilang, tapi pahala kebaikannya abadi kok.

8. Normal Sekali Untuk Let Go dan Move On

meme move on
Image: twitter.com/grienthi
Kamu harus bisa melepaskan apa yg memang harus dilepaskan. Karena kalo dilanjutkan, bakal cape sendiri. Huhuhuhu *nangis di pundak Gal Gadot. Lepaskan apa yg emang gak bisa digenggam lagi, karena bisa ngerusak benih bahagia di dalam diri kamu. Ini berlaku dalam berbagai lini, entah itu asmara atau karier misalnya.

Karena ya apa yg sudah datang dalam hidup kamu itu emang bisa pergi kok, dan yg sudah pergi pun mungkin bisa kembali. Intinya, hatimu berhak untuk tentram. Kalo sudah let go, kamu harus move on. Melanjutkan hidup. Tanpa bayang-bayang masa lalu, dan harus bisa hidup di masa sekarang untuk menata masa depan lebih baik.

Jadi jangan pernah takut untuk let go dan move on kalo emang terpaksa untuk ngelakuin ini, biar kamu bisa bahagia. Melepaskan itu bukan suatu akhir, tapi awal dari suatu kehidupan baru.

9. Mindset Kamu yang Nentuin Jalan Hidupmu

meme otak
Image: 1cak.com
Menurutku, mindset itu salah satu kunci kamu dan kita semua punya hidup jauh lebih baik atau malah jadi buruk. Kalo kamu mau hidup lebih baik, ya sering-sering aja tanamkan mindset positif di diri kamu. Mindset positif itu kamu harus yakin bahwa kamu itu orang yg bahagia, baik, sehat, berharga, dicintai, dll.

Kalo kamu dah mau nyerah, ubah mindset jadi positif. Misal kayak "Duh gue nyerah deh" jadi "Oke gue bakal temuin solusinya". Atau "Kayaknya gue gak bisa sesukses dia" jadi "Tiap orang punya jalan sukses masing-masing". Gak ada yg bisa hancurin besi kecuali karatnya sendiri. Gitu juga sama kamu, gak ada yg bisa hancurin kamu kecuali mindset kamu sendiri.

Mungkin ada yg belum denger sama istilah 'Law of Attraction' atau hukum ketertarikan. Intinya, mindset atau pola pikir kamu itu sebuah magnet. Kalo kamu mikirin kebaikan, kamu bakal narik kebaikan. Mikirin keburukan, kamu bakal narik keburukan. Mikirin Pevita Pearce / Chris Evans, kamu harus menarik diri. Intinya apapun yg dominan di pikiran kamu, itu yg bakal ketarik di hidup kamu.

10. Jangan Pernah Taruh Ekspektasi Terlalu Tinggi

meme ekspektasi
Image: Instagram/sejiwatinja_
Ini berlaku dalam semua hal. Entah itu untuk pekerjaan, orang, atau apapun itu. Contohnya nih lagi ngebet banget suka sama orang, tapi cinta kamu gak terbalas dan kamu sakit hati sampai benci banget sama orang itu. Kamu harus sadar, dia gak salah. Dia gak nyakitin kamu. Yang salah itu kamu, kamu terluka sama harapan dan ekspektasi kamu sendiri anjir.

Gitu juga sama kerjaan, misal kamu sudah bekerja dengan baik tapi gak ada apresiasi apa-apa. Solusinya ada 2, resign atau syukuri aja. Misal casenya kamu syukuri, yaudah gpp namanya juga pilihan hidup, yg penting turunin ekspektasi sama tuh kantor. Percayalah, misal kerja kamu effortnya setara gaji 10juta tapi gaji kamu cuma 4juta, 6juta yg 'tak kasat mata' itu bakal dibalas Tuhan lewat kesehatan, kebahagiaan, dan berbagai bentuk lainnya.

Cuma kalo case dalam mengejar mimpi atau impian kamu naruh ekspektasi tinggi ya gpp sih, biar gairahnya juga tinggi. Tapi harus ingat resikonya ya, semakin tinggi itu sakitnya juga semakin dalem. Jadi, pilih dengan bijak dan siapin mental.

====

Nah gimana tulisannya, biasa saja bukan? Yaudah sih. Yang penting ambil hikmahnya dan buang yg buruknya ya. Semoga reminder-reminder ini bisa kamu terapkan juga di hidup, dan silahkan bikin reminder lainnya yg sekiranya emang kamu butuhin banget! Kalo perlu print di kertas dan tempel di kamar, biar tiap bangun pagi selalu inget sama reminder hidup kamu.

Nah, penasaran kan apa bahasa inggrisnya ikan sapu-sapu? Jadi bahasa inggris ikan sapu-sapu adalah cleaning serfish HAHAHAHA lucu banget bengek hyung. Iya. Hmmm..

Yaudah terima kasih kamu sudah tersesat disini, sampai jumpa~

meme saiful jamil
Related Posts
Newest Older

Related Posts

Post a Comment