--> Sejarah Masuknya 6 Agama di Indonesia - Rovylicious
w9vb7L0M7j9qO5VekXjh9f4upwh86ATk0lG5dKZM

Sejarah Masuknya 6 Agama di Indonesia

*copas = cantumkan sumber .
if u don't want someone to copy your content ,


so don't copy others and make it yours .
show your respect*


Agama di Indonesia punya peranan penting di kehidupan masyarakat . itu juga dinyatakan dalam ideologi bangsa kita , Pancasila , yaitu "Ketuhanan Yang Maha Esa" .. beberapa Agama di Indonesa punya pengaruh secara kolektif untuk politik , ekonomi , dan juga budaya .. dan untuk Pemerintah kita , secara resmi mengakui 6 Agama di Indonesia . yaitu Islam , Kristen Protestan , Kristen Katolik , Hindu , Budha , dan terakhir Kong Hu Cu . dari hasil sensus tahun 2010 , 87,18% dari 237.641.326 penduduk Indonesia itu pemeluk Islam , 6,96% Protestan , 2,9% Katolik , 1,69% Hindu , 0,72% Budha , 0,05% Kong Hu Cu , dan 0,13% agama lainnya .. di UUD 1945 , dinyatakan bahwa "tiap-tiap penduduk diberikan kebebasan untuk memilih dan mempraktikkan kepercayaannya" dan juga "menjamin semuanya akan kebebasan untuk menyembah , menurut agama atau kepercayaannya."

nah , disini gue mau nulis kembali tentang penyebaran 6 agama resmi di Indonesia , yg gue rangkum semua dari google & wikipedia secara lengkap . cekidot~

-Islam-

pemimpin umat : Kyai , Habib , Syekh , Ulama .
kitab suci : Al-Qur'an .
tempat ibadah : Masjid , Musholla , Langgar .
pelaksanaan ibadah : 5x sehari setiap hari .
Indonesia itu negara dengan penduduk Muslim terbanyak di dunia , 85% dari jumlah penduduknya .. Mayoritas Muslim di Indonesia paling banyak di wilayah barat kayak Jawa & Sumatera .. sedangkan di timur , minoritas . sekitar 98% Muslim di Indonesia penganut aliran Sunni .. sisanya , Syiah (diatas 1%) .

Penyebaran di Nusantara :
diawalin sekitar abad 11 sampai 14 , dimana para pedagang dari Gujarat (India) , Persia & Arab yg tinggal selama berbulan bulan di Nusantara & pelabuhan" .. mereka nunggu angin musim yg baik untuk kembali berlayar kembali ke tempat asalnya . karna mereka lama tinggal gitu , jadilah banyak interaksi / pergaulan antara pedagang ama masyarakat setempat , bahkan raja" sampai bangsawan" .. kesempatan tu yg digunakan pedagang" itu untuk sekalian menyebarkan Agamaa Islam ..

walau Islam di Nusantara memang sudah ada sebelumnya , tapi karna penyebaran itu akhirnya abad ke 16 penganut Islam di Nusantara udah melampaui jumlah penganut Hindu & Budha , sebagai Agama tertua pertama & kedua di Nusantara . tapi untuk Bali tetap pertahankan mayoritas Hindu , sedangkan untuk pulau" di Timur tetap menganut animisme (penyembah benda) sampai akhirnya baru di abad 17 - 18 Kristen masuk Indonesia , baru deh Kristen jadi dominan di daerah Timur .. penyebaran Islam di Nusantara ini jadi meningkat juga karna banyak bangsawan / pemimpin" kerajaan besar yg masuk Islam , jadi ya rakyatnya banyak yg ikut belajar & masuk Islam juga , menyebarlah akhirnya ..

kerajaan yg dominan itu termasuk Kesultanan Mataram (di Jawa Tengah sekarang) , juga Kesultanan Ternate & Tidore di Kep.Maluku di Timur . di akhir abad 13 , Islam udah berdiri di Sumatera Utara . di abad 14 , Islam di Nusantara juga menyebar ke Timur Laut : Malaya , Brunei , Filipina Selatan .. abad 15 , di Malaka & wilayah lain dari Semenanjung Malaya (sekarang Malaysia) .

jadi , apa Islam tersebar di Nusantara cuma karna pedagang Muslim & juga di adopsi pemimpin kerajaan" ? gak , Islam juga disebarkan dalam banyak cara .. selain perdagangan , Islam juga disebarkan lewat perkawinan . lah , kok bisa ? hahaha .. jadi , diantara beberapa pedagang itu banyak yg gak balik ke tempat asalnya , soalnya ya mungkin cinlok ama gadis" setempat .. akhirnya mereka nikah . karna pernikahan itu , makanya banyak keluarga raja / bangsawan untuk masuk Islam , akhirnya diikutin rakyatnya .. trus , pedagan" Islam itu tinggal di Nusantara ..

sampe sekarang , beberapa daerah di Indonesia ada namanya "kampung pekojan" , kampung tempat tinggalnya pedagang Gujarat (India) .. Koja artinya pedagang Gujarat . selain perdagangan & perkawinan penyebaran Islam di Nusantara juga karna Dakwah .. ya , Dakwah , ini cara penyebaran Islam nabi Muhammad SAW di Timur Tengah . untuk Nusantara sendiri , banyak juru" dakwah di kalangan masyarakat yg menyebarkan Islam di lingkungannya .. ada Dato'ri Bandang yg menyebarkan Islam di Gowa (Sul-Sel) , Tua Tanggang Parang di Kutai (Kal-Tim) , untuk pulau Jawa & yg paling dikenal itu ada 9 Wali / Wali Songo yg nyebarkan Islam disana .. yaitu :

  1. Sunan Gresik (Maulana Malik Ibrahim)
  2. Sunan Ampel (Raden Rahmat)
  3. Sunan Bonang (Makdum Ibrahim)
  4. Sunan Giri (Raden Paku)
  5. Sunan Drajat (Syarifudin)
  6. Sunan Kalijaga (Jaka Sahid)
  7. Sunan Kudus (Jafar Sodiq)
  8. Sunan Muria (Raden Umar Said)
  9. Sunan Gunung Jati (Faletehan)
dari 9 wali itu orang Indonesia asli , kecuali Sunan Gresik . selain cuma mendakwah , mereka juga punya peranan penting di kalangan masyarakat . yaitu penyebar Agama Islam , pendukung kerajaan" Islam , penasihat raja" Islam , dan juga pengembang kebudayaan daerah yg udah di sesuaikan ama budaya Islam . karena peran" itulah , Wali Songo ini dikenal , bahkan udah jadi pelajaran Sejarah waktu SD kan ..

selain ama dakwah , Islam juga disebarkan lewat ulama" yg bikin pondok pesantren .. lulusan pesantren itu ada yg jadi ulama juga , bikin pesantren juga , dst .. trus yg terakhir Islam juga disebarkan lewat kebudayaan . contohnya aja lewat pertunjukan wayang kulit yg tokoh"-nya itu diganti ama tokoh" pejuang Islam (sunan kalijaga jago maen wayang) , gamelan Sekaten yg dimainkan waktu Maulid Nabi Muhammad SAW , seni ukir , seni sastra .. bahkan ampe ke seni bangunan . coba liat masjid" kuno di Indonesia , misalnya ya masjid kuno di Kudus , gapuranya mirip Candi Bentar .. masjid Sunan Kalijaga di Demak , atapnya bertingkat tingkat mirip pura Hindu .

itu tempat ibadah Islam , tapi dibikin mirip bangunan Hindu . penyebar Islam zaman dulu memang menyesuaikan bangunan" Islam ama bangunan Hindu .. apa tujuannya ? supaya rakyat yg dulu banyak penganut Hindu di Jawa , gak ngalamin perubahan secara mendadak .. jadi kalo ada orang Hindu yg masuk Islam & beribadah di Masjid itu , seolah olah masuk ke pura ..

Kesimpulan :
Islam disebarkan di Nusantara dengan cara perdagangan , perkawinan , dakwah , pendidikan pesantren , dan juga kesenian yg disesuaikan ama keadaan . dan yg paling penting disebarkan tanpa kekerasan , sama kayak nabi Muhammad yg menyebarkan Islam di dunia .. dan rakyat kita waktu itu nerima dengan baik banget Islam karna cara penyebarannya yg baik .. jadi kalo sekarang di Indonesia / dunia ada orang Islam yg teriak" lantang membela Tuhannya sambil ngelakuin kekerasan , itu Islam yg gak punya iman .. kalo Islam disebarkan dengan cara kekerasan , mungkin nabi Muhammad udah diusir dari Arab , mungkin Wali Songo diusir dari Jawa dan pedagang" Islam yg mampir ke Nusantara itu ditendang ke negeri asalnya ..

-Kristen Katolik & Protestan-

pemimpin umat : Pendeta (Protestan) , Romo - Uskup - Paus (Katolik) .
kitab suci : Alkitab .
tempat ibadah : Gereja .
pelaksanaan ibadah : Minggu , Sabtu untuk Adventist (Protestan) , Sabtu & Minggu untuk Katolik .

nah ini mungkin banyak yg bingung , terutama untuk yg penganut Non-Kristen .. apa sih bedanya Katolik & Protestan ? Kristen itu di definisikan sebagai Agama yg dibawa Yesus Kristus / Nabi Isa (di Islam) . nah , Agama Kristen ini dulu pecah jadi 3 aliran (gereja) karna perbedaan pendapat pengikutnya . ya jadilah ampe sekarang 3 aliran itu : Kristen Ortodoks ( tulisan gue juga ~> Kristen Ortodoks ) yg pusatnya ada di daerah Timur Tengah , Kristen Katolik , dan Kristen Protestan .. jadi semua itu Kristen kok , ngerayain natal & juga ibadahnya di gereja .. cuma beda aliran , sama kayak di Islam ada Sunni ada Syiah , dst .

untuk alasan perpecahan , setau gue Kristen Ortodoks ada karna pengikutnya gak percaya kalo Yesus Kristus itu terdiri dari 3 pribadi (Bapa , Putra & Roh Kudus) , mereka percaya kalo Yesus Kristus (Tuhan) itu Esa .. kalo perpecahan jadi Katolik & Protestan , itu abad pertengahan di Eropa .. di zaman itu Paus Leo X mau bangun gereja terbesar & terindah di dunia yg disebut Basilika St. Petrus di Vatikan (ampe sekarang masih ada) . nah untuk cukupin dana pembangunan itu , Paus Leo ngelakuin hal" yg seharusnya gak pantas dilakuin , yaitu ngejual surat pengakuan dosa . karna itu , petinggi Kristen lainnya yaitu (pendeta) Martin Luther yg akhirnya memutuskan untuk memisahkan diri dari gereja Katolik . karna memprotes gereja Katolik , jadi pengikut Martin Luther disebut "Protestan" (diambil dari kalimat Protest?) .

untuk perbedaan Katolik - Protestan cukup banyak .. diantara lain Katolik mengakui Paus (pemimpin tertinggi Katolik) , Protestan enggak .. Katolik di Alkitab punya 12 kitab tambahan yg dinamakan Deutro Kanonika , sedangkan di Protestan enggak karna mereka gak percaya ama wilayah Purgatory (api penyucian antara surga & neraka) .. pemuka agama Katolik gak boleh nikah , Protestan boleh .. ibadah Katolik namanya Misa , kalo Protestan Kebaktian ..

penyebaran Kristen di Indonesia pada dasarnya dibedakan jadi 2 , yaitu penyebaran Katolik & Protestan . penyebaran Katolik dilakukan rohaniawan yaitu pastur & biarawan , kalo penyebaran Protestan dari pendeta .. persebaran agama Kristen di Indonesia waktu masa" pendudukan bangsa" Eropa emang lebih menonjol , dbanding penyebaran agama Islam  / agama lainnya . walaupun begitu , dari pihak penjajah sendiri gak mengekang / melarang adanya Islam & agama lainnya yg lagi tumbuh berkembang .. sudah ada orang yg agamanya Kristen sebelum kehadiran orang" Eropa / penjajah di kepulauan Indonesia .

di abad ke 7 , sudah ditemukan orang yg beragama Katolik di Barus & Sibolga . nah baru pas kedatangan orang" barat itu , Kristen semakin menyebar .. puncaknya waktu tahun 1534 , ada peristiwa pemandian penduduk Halmahera , yg dipercaya sebagai awal mula peng-Kristenan di kepulauan Indonesia .

Penyebaran Katolik di Nusantara :
     -Pendudukan Portugis & Spanyol-
penyebaran Katolik & Protestan di Nusantara gak lepas dari campur tangan bangsa" Eropa yg sempat menduduki Indonesia (bukan penjajah , tapi pedagang rempah") . ini untuk Katolik , awalnya dari pendudukan Portugis & Spanyol , Kristenisasi dimulai .. armada Portugis yg pertama dateng itu dipimpin Alfonso D' Albuqerque & nyampe di Maluku , trus ngelakuin pendekatan" ke masyarakat setempat . di perjalanannya , ikut juga rohaniawan" Katolik yg nyebarkan Katolik disana .. itu awal mula penyebarannya . perkembangan Katolik mengalami kemajuan yg pesat , semenjak rohaniawan Spanyol Fransiscus Xaverius , pendiri Ordo Jesuit bareng Ignatius Loyola ngelakuin kegiatan keagaam di tengah" masyarakat Ambon , Ternate , dan Morotai antara tahun 1546 - 1547 ..

waktu era Xaverius , peng Kristen-an itu berlangsung damai & penuh cinta kasih .. Xaverius juga banyak bangun sekolah & rumah sakit di beberapa daerah . dan itu bukan cuma untuk penganut Katolik , tapi untuk semua Agama .. menurut laporan waktu itu ada 10.000 orang yg udah masuk Katolik di tahun 1560 di Maluku terutama daerah Ambon . jumlah itu meningkat jadi 25.000 di tahun 1590 . karna berkembang pesat , kegiatan itu menyebar sampai ke Nusa Tenggara & Sulawesi Utara , bahkan sampai ke Jawa .. akhirnya para pengikut dari Ordo Fransiskan juga ngelakuin Kristenisasi sampai ke Jawa Timur .. daerah sasaran yg cukup banyak respon di Blambangan & Panarukan antara tahun 1585 - 1589 ..

tapi gak gampang , soalnya waktu itu juga di pulau Jawa lagi berkembang"-nya Islam .. jadi Islamisasi ama Kristenisasi ini saling berbenturan .. hahaha .. masuk abad 16 , Portugis & Spanyol mulai perluas pengaruhnya sampe di Manado & kawasan Minahasa , sampe ke Flores & Timor .. jadi intinya Portugis & Spanyol ini yg berperan besar banget untuk penyebaran Kristen Katolik . tapi , semua berubah semenjak VOC menyerang ..

Penyebaran Protestan di Nusantara :
     -Pendudukan Belanda & Inggris-
nah , kalo ini udah masuk ke masa" penjajahan . pasti tau dong ya ama VOC ? jadi , selama masa VOC , banyak penyebar & penganut agama Katolik Roma yg ditangkap .. kenapa ? karna , Belanda sendiri tuh basis-nya Protestan .. dan penganut Katolik  di Nusantara waktu itu dianggep kaki tangan Portugis - Spanyol , musuh politik & ekonomi VOC .. karna alasan itu , VOC terapkan kebijakan yg ngebatasin & ngelarang penyebaran agama Katolik . bahkan kayak di Sangir , Talaud , sampe Minahasa , penduduknya menganut agama Islam karna gak dibolehin beragama Katolik ama orang" Protestan itu .. yg paling berdampak itu umat Katolik di Sulawesi Utara, Flores & Timor ..

sekarang , di Sulawesi Utara mayoritas-nya Protestan .. tapi di Flores & NTT masih bertahan dengan mayoritas Katolik .. nah , deskriminasi untuk umat Katolik ini akhirnya berakhir waktu Perancis berhasil mengalahkan Belanda di era Perang Napoleon . di tahun 1806 , Louis Bonaparte , adik kandung Napoleon I yg penganut Katolik diangkat jadi Raja Belanda . atas perintahnya , Katolik dibiarkan bebas berkembang di Hindia Belanda (Indonesia) . akhirnya , Katolik mulai berkembang kembali , terutama di Jawa Tengah waktu Frans Van Lith tinggal di Muntilan ditahun 1896 & menyebarkan iman Katolik ke rakyat setempat .. dan akhirnya Katolik mulai berkembang lagi . tapi menurut data sampe 2006 , di Indonesia penganut Katolik 3% dibandingkan Protestan yg 6% sekian ..

Kesimpulan :
Spanyol & Portugis untuk berdagang rempah" yg berjasa untuk penyebaran Katolik di Indonesia , Belanda & Inggris di era penjajahan untuk Protestan .. well , walaupun cara penyebarannya beda & beberapa pandangan dari pengikutnya berbeda satu sama lain juga , intinya sih keduanya ini tetep sama" Kristen .. Katolik & Protestan mengajarkan untuk melayani Tuhan & berbuat baik untuk sesama . bahkan itu juga kan inti dari semua agama ..

-Hindu-

pemimpin umat : Selinggih , Pedanda , Pandita .
kitab suci : Weda .
tempat ibadah : Pura .
pelaksanaan ibadah : 3x sehari .

menurut catatan sejarah , masuknya Hindu ke Nusantara diperkirakan sekitar awal abad ke-IV . ini ditandain ama berdirinya kerajaan Kutai & Tarumanegara yg bercorak Hindu .. adanya Hindu di Nusantara juga menandakan berakhirnya zaman prasejarah di Nusantara . ciri" peralihan zaman pra sejarah ditandain ama dikenalnya tulisan .. itu dibuktikan dari beberapa prasasti yg ditemukan yg berasal dari Kerajaan Tarumanegara , pake bahasan Pallawa (tulisan asli India) .. ini membuktikan bahwa , agama Hindu masuk ke Nusantara & mengakhiri masa prasejarah Nusantara , masuk ke masa sejarah ..

Penyebaran Hindu di Nusantara :
gak bisa dipastikan gimana asal muasal masuknya Hindu di Nusantara .. tapi , ada beberapa teori yg bilang kayak gini:

          1. Teori Brahmana

dikemukakan Van Leur . beliau berpendapat bahwa Hindu dibawa para Brahmana / para pendeta ke Indonesia .. itu dikarenakan karna para Brahmana-lah yg mengetahui soal kitab Weda .

          2. Teori Ksatria

dikemukakan Majundar , Moekrji & Nehru . mereka berpendapat bahwa Hindu dibawa prajurit India yg mau menaklukkan Nusantara & menyebarkan agama Hindu .. tapi karna ngeliat eksistensi kerajaan di Indonesia , gak ada satupun kerajaan yg dibawah kekuasaan India , walau pengaruh India untuk kerajaan Hindu di Indonesia kuat banget ..

          3. Teori Waisya

 dikemukakan Krom . menurut Krom , Hindu masuk ke Indonesia dibawa pedagang atau golongan (kasta) Waisya .. buktinya banyak pedagang India yg berdagang di Indonesia trus mereka menyebarkan Hindu di Indonesia .. teori ini memang kuat , soalnya sejak zaman dulu bangsa" di Nusantara emang dikenal sebagai pedagang & pelaut ulung , jadi interaksi pedagang di Nusantara dengan pedagang dari India itu ya memungkinkan ..

          4. Teori Sudra

teori ini mengatakan , Hindu dibawa ama para budak atau golongan Sudra .. mereka nyebarkan agama Hindu karna mau ngubah nasib mereka . golongan Sudra ini golongan terbawah dalam strata kasta Hindu , menyebarkan ke Indonesia untuk hidup yg lebih baik .. tapi teori ini gak begitu kuat , soalnya secara rasional masyarakat Nusantara susah nerima ajaran dari budak ..

          5. Teori Arus Balik

teori ini berpendapat kalau bangsa Nusantara belajar Hindu di India , trus sebarkan kembali ke Indonesia .. teori ini kuat , tapi menurut catatan sejarah , orang" di Nusantara baru belajar Hindu ke India (pusat agama Hindu) pas udah beberapa kerajaan di Nusantara menganut Hindu .. ini dibuktikan dari sejarah kerajaan Sriwijaya , yg ngirim beberapa orang untuk belajar Hindu ke India ..

Kesimpulan :
masih simpang siur soal masuknya Hindu di Indonesia , tapi yg jelas pengaruh Hindu di Nusantara waktu masa lampau itu kuat banget .. Hindu masuk Nusantara bersamaan waktunya ama kedatangan Budha , yg kemudian menghasilkan sejumlah kerajaan Hindu-Budha kayak Kutai , Mataram , sampai kerajaan terkuat di Nusantara masa lampau , Majapahit ..

Candi Prambanan juga kuil Hindu yg dibangun semasa kerajaan Majapahit , semasa Dinasti Sanjaya. Kerajaan ini hidup sampai abad ke 16 M , waktu Kerajaan Islam mulai berkembang . periode ini , dikenal sebagai periode Hindu-Indonesia , bertahan selama 16 abad penuh . sensus tahun 2006 , penduduk Hindu di Indonesia ada 6,5 juta penganut atau sekitar 1,8% dari penduduk Indonesia .

-Budha-

pemimpin umat : Bhiksu , Pandita , Bhante .
kitab suci : Tripitaka .
tempat ibadah : Vihara .
pelaksanaan ibadah : Minggu & setiap tanggal 1 , 8 , 15 dan 23 penanggalan Chandra Sengkala .

Penyebaran Budha di Nusantara :
sekitar tahun 423 Masehi , Bhiksu Gunawarman datang ke negeri Cho-Po (Jawa) untuk menyebarluaskan ajaran Budha .. ternyata beliau dapet perlindungan dari penguasa setempat , jadi misi-nya untuk sebarluaskan Budha itu berjalan lancar .. semua ini dicatat dalam buku Gunawarman , dan kalo di dasarkan ke buku itu , maka kemungkinan besar beliau itu perintis pengembangan Budha di Nusantara waktu itu ..

berdasarkan catatan dari kerajaan Tang di Tiongkok , di sekitar pertengahan abad 7 di Jawa Tengah ada kerajaan yg menganut agama Budha namanya Kaling , kalo di Tiongkok namanya Ho Ling . kerajaan ini aman & damai walau dipimpin wanita tegas yg namanya Ratu Sima .. nah , Kaling ini jadi pusat ilmu pengetahuan agama Budha , gak sedikit orang Tionghoa dari dataran Cina datang kesana untuk belajar Budha , walau di zaman dinasti Tang Budha udah jadi agama resmi di Cina . dan juga sama kayak penyebaran agama lainnya , banyak juga pedagang dari Cina yg ikut menyebarkan pengaruh Budha di Nusantara ..

Kesimpulan :
Budha agama paling tua kedua di Indonesia .. adanya sekitar abad ke 4 Masehi . sejarah Budha di Indonesia ini berhubungan erat ama sejarah Hindu , soalnya kerajaan Budha juga dibangun waktu periode yg sama , kayak kerajaan Sriwijaya dan Mataram .. waktu kejatuhan presiden Soekarno tahun 60-an , di Pancasila ditekankan lagi pengakuan akan satu Tuhan (Monoteisme) . sebagai hasilnya , pendiri Perbuddhi (Persatuan Buddha Indonesia) , Bhikku Ashin Jinarakkhita , mengusulkan bahwa ada satu dewata tertinggi , Sang Hyang Adi Buddha ..

itu didukung ama sejarah di belakang versi Budha Indonesia di masa lampau menurut teks Jawa kuno & bentuk candi Borobudur .. sensus nasional tahun 2000 , kurang lebih 2% dari total penduduk Indonesia penganut Budha , itu sekitar 4 juta orang . tapi jumlah ini mungkin terlalu tinggi , soalnya dulu Konghucu & Taoisme belum dianggap agama resmi , jadi sensus untuk penganut Konghucu itu dianggap penganut Budha ..

-Konghucu-

pemimpin umat : Xueshi , Wenshi , Jiaosheng .
kitab suci : Sishu , Wujing , Xiao Jing .
tempat ibadah : Klenteng , Kong Miao , Wen Miao , Litang .
pelaksanaan ibadah : tanggal 1 & 15 Yinli / Imlek , Minggu .

ini agama yg penuh perjuangan panjang untuk diakuin resmi di Indonesia . dulu sebelum dianggap resmi , penganut Konghucu dianggap Budha ..

Penyebaran Konghucu di Nusantara :
agama ini asalnya dari Cina , dibawa ama pedagang" Tionghoa & juga imigran .. diperkirakan sekitar abad ke 3 Masehi , orang Tionghoa pertama datang ke kepulauan Nusantara .. tapi di waktu itu Konghucu belum disebarkan , makanya Budha yg pertama masuk di abad 4 Masehi lebih duluan diakui agama daripada Konghucu . berbeda ama agama lain , Konghucu lebih menitik beratkan ke kepercayaan & praktek yg individual , lepas daripada kode etik ngelakuinnya , bukannya suatu agama masyarakat yg terorganisir dengan baik , atau jalan hidup atau pergerakan sosial .. di era 1900-an , Konghucu baru mulai berkembang di Indonesia .. pemeluk Konghucu ngebentuk organisasi yg disebut Tiong Hoa Hwee Koan (THHK) di Batavia (Jakarta) .

abis kemerdekaan RI tahun 1945 , umat Konghucu di Indonesia keikut ama beberapa huru hara politis & udah digunakan untuk beberapa kepentingan politis .. tahun 1965 , Soekarno keluarkan Keppres No. 1/Pn.Ps/1965 , dimana agama resmi di Indonesia jadi 6 termasuk Konghucu , karna di awal tahun 1961 , Asosiasi Khung Chiao Hui Indonesia (PKTHI) , organisasi Konghucu , mengumumkan bahwa aliran Konghucu itu suatu agama & Confusius nabi-nya . tahun 1967 , Soekarno digantikan Soeharto , tandaain era Orde Baru .. dibawah pemerintahan Soeharto , ditahun 1978 Menteri Dalam Negeri keluarkan keputusan bahwa cuma ada 5 agama resmi di Indonesia , gak termasuk Konghucu .. di tangga; 27 Januari 1979 , di pertemuan kabinet , diputuskan juga Konghucu bukan agama .

Kesimpulan :
status Konghucu di era orde baru gak jelas .. secara De Facto , Konghucu gak diakuin pemerintah & pengikutnya wajib jadi agama lain (biasanya Kristen / Budha) untuk ngejaga kewarganegaraan mereka .. kalo gak mau ganti agama , mereka dianggap Budha . setelah reformasi tahun '98 , Gus Dur baru jadi presiden yg ke 4 .. nah , ini sebab masyarakat Tionghoa bener" cinta ama sosok Gus Dur .. jadi Gus Dur itu waktu jadi presiden , beliau cabut intruksi presiden No. 14/1967 & keputusan Menteri Dalam Negeri tahun 1978 .

akhirnya Konghucu sejak saat itu dianggap agama & resmi di Indonesia .. kultur Tionghoa & aktifitas" apapun udah diizinkan untuk dipraktekkan .. warga Tionghoa Indonesia & penganut Konghucu dibebaskan untuk ngelaksanain semua tradisi mereka . kayak agama lain yg diakuin secara resmi ama negara , akhirnya Tahun Baru Imlek jadi hari libur keagamaan resmi ..

-Keyakinan Lainnya di Indonesia (gak resmi)-

     Yahudi

ada komunitas kecil Yahudi yg gak diakuin di Jakarta ama Surabaya .. masuknya Yahudi di Indonesia awalnya dibawa Yahudi Belanda untuk dagang rempah .. sekitar tahun 1850-an , sekitar ada 20 keluarga Yahudi dari Belanda & Jerman yg tinggal di Batavia . ada juga yg tinggal di Semarang & Surabaya .. beberapa Yahudi Baghdadi juga tinggal disana . tahun 1945 , ada 2000 Yahudi Belanda di Indonesia . tahun 1957 , dilaporkan masih ada 450 orang Yahudi , terutama Ashkenazim di Jakarta & Sephardim di Surabaya . satu"-nya Sinagoga (tempat ibadah Yahudi) di Indonesia ada di luar kota Manado , yg hadir biasa cuma 10 orang .. untuk sekarang gak tau pasti ada berapa orang Yahudi di Indonesia ..

      Baha'i

nah ini sempet heboh di Internet , katanya ada agama baru di Indonesia & di resmikan ama Menteri Agama .. jadi soal agama ini ada di Indonesia ya emang ada , tapi kalo berita yg jadi agama resmi , itu HOAX , gak bener .. menteri agama udah konfirmasi di media kalo agama resmi di Indonesia tetep 6 .. jadi Baha'i ini asalnya dari Persia (Iran) sekitar abad 19-an .. pendirinya Baha'ullah .. gue gak tau banyak soal agama ini ya , tapi setau gue agama ini tuh menyatukan semua ajaran Islam , Kristen , Hindu , Buddha , dll .. inti utama ajarannya itu untuk persatuan umat seluruh dunia .. keyakinan yg campurkan agama 1 ama lainnya bukan cuma Baha'i kok , di India ada yg namanya agama Sikh , yg nyatuin Islam & Hindu .. soal kapan awal masuknya Baha'i ini ke Indonesia gak diketahuin , tapi menurut penyelidikan penganut paling banyak ada di Samarinda , Kal-tim .

     Kristen Ortodoks

walaupun Kristen Ortodoks udah masuk ke Indonesia lewat kaum Non-Kalsedon di Sumatera waktu abad ke-7 , tapi baru abad ke 20 gereja Ortodoks resmi ada .. ada 2 kelompok Ortodoks di Indonesia , yaitu Gereja Ortodoks Yunani , satunya lagi Gereja Ortodoks Siria yg kiblatnya ke Antiokhia ..

==================

yah itulah informasi yg bisa gue kasih tentang Agama di Indonesia & penyebarannya .. silahkan kalo ada kesalahan kata atau data , bisa kabari di komentar / email. inti dari semua ini Indonesia adalah rumah bagi semua agama ini . jangan ada perpecahan , we are IndONEsia !

Related Posts

Related Posts