--> Panduan Memilih Job Dalam Ragnarok M: Eternal Love - Rovylicious
w9vb7L0M7j9qO5VekXjh9f4upwh86ATk0lG5dKZM

Panduan Memilih Job Dalam Ragnarok M: Eternal Love

*copas = cantumkan sumber .
if u don't want someone to copy your content ,



so don't copy others and make it yours .
show your respect*


Ragnarok M: Eternal Love
bluestacks.com
Sudah pada main Ragnarok M: Eternal Love belum nih? Inget banget dulu main game ini di PC sama temen-temen warnet, tapi gue gak terlalu lama main soalnya udah terpikat sama Warcraft & RF Online, dan sekarang kembali main yg Ragnarok M ini bareng ama temen-temen warnet dulu juga hahaha.. Pas Ragnarok M ini udah mau keluar di mobile cukup gak sabar nunggu sih, sampe ikutan pre-registrasi juga waktu itu.

Tapi sayang pas mau download hape gue teriak, gak muat. Ini game total makan tempat 5gb kurang gitu, ya mau gak mau main di Leapdroid lah (emulator). Tapi untuk grafik gak 100% sama kayak yg di PC ya, yg di mobile ini lebih ciamik tanpa melupakan citarasa klasik yg ada di Ragnarok itu sendiri. Beberapa unsur juga detail banget loh, kayak rumput & airnya. pokoknya main yg di mobile ini jadi berasa nostalgia, kayak main game-game RPG sekitar 10an tahun lalu, tapi tetep asik untuk di mainin di masa sekarang. Keliatan banget dah umur lu ndro! Hahahaha..

Trus gue yakin, gak semua pemain Ragnarok M: Eternal Love ini dari orang-orang tua yg dulu dah main di PC wkwkwkwk 😂 Pasti ada pemain-pemain baru toh, yg besar kemungkinan bakal bingung sama job, hero, quest, craft, dll-nya. Berhubung gue gak begitu lama main game ini, untuk seluk beluk di dalemnya gak begitu tau ya bro. Tau sih sebenernya, tapi daripada kebanyakan salah sampe akhirnya tersesat mending lu pada berguru sama mastah langsung aja lewat forum-forum atau kalo mau gampang gabung di aplikasi LINE - Line Square (search aja Ragnarok M), gue biasa nanya-nanya disana atau gak grup guild di WA. Kalo gue disini cukup ngasih panduan buat milih job, wicis ini step awal kalian buat main.

Kalo misal ada yg nanya, "job apa yg terbaik/paling bagus?", di semua game job apapun pasti bagus sih tergantung pilot/pemainnya aja. Intinya sesuaikan job sama playstyle, yg bener-bener suka tuh apa. Semua job itu juga punya kekurangan & kelebihan tersendiri kok. Untuk job di game ini ada 5 tahapan yaitu: Novice -> Job 1 -> Job 2 -> Transcendent Job -> Job 3. Tapi kayaknya di mobile ini belum ada update deh untuk Job 3, gitu juga ama Expanded Class: Taekwon Kid, Ninja, Gunslinger, Super Novice, sama Doram: Summoner.

1. Novice
Ragnarok M: Eternal Love
ragnarok.wikia.com
Ini bisa dibilang job pertama semua insan, udah dikasih skill offensif & defensif juga. Nah, dari Novice ini sebenernya bisa ubah job lagi jadi Super Novice (expanded class), tapi kayaknya update-an ini untuk di mobile ini gak bakal cepet deh. Jadi gak usah ditungguin haha.. Job ini cukup spesial, bisa pelajari semua skill dari dari semua job pertama lho. Jadi ya skill bisa kreasi sendiri, suka-suka aja. Kekurangannya, HP & SP lebih sedikit dibandingkan job-job lainnya 😅

2. Swordsman
Ragnarok M: Eternal Love
ragnarok.wikia.com
Dari semua job, ini job yg punya HP sama deff paling tinggi. Wajar, soalnya job tanker ada disini. Job ini bisa pake senjata belati (dagger), pedang yg pake 2 tangan (Two Handed Sword), pedang 1 tangan (One Handed Sword), tombak (spear/lance), sama tombak yg besar trus dipegang pake 2 tangan (Two Handed Spear). Build Swordsman ini kebanyakan orang dibikin 2, tank sama Hybrid. Kalo tank main di status AGI - VIT, kalo hybrid atau attacker main di STR - AGI - DEX - LUK. Swordsman ini punya ASPD (attack speed) yg rendah, makanya biasa dibikin juga build hybrid itu. Trus ada juga yg main STR - AGI, pokoknya sesuaikan sendiri lah enaknya mau yg mana 😝

Job 2:

  1. Knight : Ini salah satu job lanjutan dari Swordsman, punya defense & HP yg tinggi. Knight bisa naik Peco Peco untuk jadi mount, trus bisa sambil hit juga dari mount yg dia pake. Senjata andalan Knight pedang sama tombak, sesuaikan aja ama build stat. Kalo mau attack speed (STR - AGI) pake pedang, kalo mau agak nge-tank (STR - VIT) ya pake tombak. Intinya sesuaikan sama kebutuhan & keinginan aja lah.
  2. Crusader : Ini lanjutan dari Swordsman juga, tapi buildnya fokus di light sama shield defense. Jadi bisa dibilang ini pure tanker, lebih tank daripada knight. Tapi attack dari crusader juga gak bisa dianggap remeh, lumayan greget juga. Tipe crusader ini sendiri bisa dibagi lagi jadi 3 tipe (menurut build) yaitu sword - shield (STR - VIT yg bener-bener defense), lance (STR - AGI untuk nyari attack speed), sama Grand Cross (VIT - INT - STR yg pake light magic).

3. Archer
Ragnarok M: Eternal Love
ragnarok.wikia.com
Job awal yg punya DPS (damage per second) terbaik, trus anak panahnya bisa dikasih berbagai elemen gitu. Physical attack sama attack speed archer juga salah satu yg terbaik, tapi sayang dia punya HP yg sedikit soalnya fokus pake DEX di build stat. Skill andalan dari Archer itu Double strafe, trus nanti bisa jadi Hunter atau Bard (char cowo)/Dancer (char cewe). Nanti di Hunter bisa nyewa Falcon, semacam temen hidup gitulah selama berkelana yg bisa bantu nyumbangin damage juga 😚

Job 2:

  1. Hunter : Ini job sejuta umat dari archer, paling jadi favorit soalnya emang punya damage yg gak main-main & mainnya juga dari jarak jauh. Trus ditambah lagi ada falcon yg nemenin dia. Hunter ada 3 tipe yg bisa dipilih. Yang pertama & yg paling banyak itu AGI - DEX - INT, yg fokus sama attack speed. Trus AGI - DEX - LUK, untuk memperbesar chance falcon untuk attack. Trus tipe terakhir INT - DEX, ini tipe trap pake Landmine sama Claymore.
  2. Bard/Dancer : Job lanjutan dari archer, tapi mereka berdua ini identik sama "seni musik". Kalo archer laki-laki jadinya Bard, kalo perempuan jadi Dancer. Bard punya kekuatan untuk 'nyanyi' yg punya pengaruh sama HP musuh, senjatanya alat musik. Kalo dancer punya kekuatan untuk 'menari' yg pengaruhnya ke SP musuh, senjatanya cambuk. Dua job ini bagus kalo duet, mereka kayak Avenger. Kalo dah duet, itu efek yg dihasilkan ke target lebih maksimal. Job ini tapi masih belum ada di Ragnarok M: Eternal Love ya, sabar aja tunggu updatenya.

4. Thief
Ragnarok M: Eternal Love
ragnarok.wikia.com
Ini Assassin-nya RO, hero yg punya flee (hindaran) terbaik. Flee disini maksudnya jadi hit dari monster dll bisa ada kemungkinan miss gitu deh. Kalo di DOTA nih, ibaratnya kayak skill 3 (blur) Phantom Assassin, itu salah satu contoh flee. Skill andalan dari hero ini pasif, yaitu Double Attack yg bisa langsung 2x attack ke target. Senjata yg udah pasti wajib dipake ya Dagger, bisa sih pake One Handed Sword tapi bikin skill-nya yg Double Attack jadi gak guna alias mubazir 😁 Untuk build stat, yg umum sih STR - AGI, atau bisa STR - AGI - DEX. Di sesuaikan aja nanti sama job tingkatan selanjutnya enaknya apa.

Job 2:

  1. Assassin : Kalo mau bunuh monster dengan cepat, jago di serangan racun, lincah, disarankan ambil job Assassin dari thief ini. Ada 2 tipe assassin yg bisa di build, yaitu pake Dual Dagger (STR - AGI - DEX) untuk fokus sama serangan skill, dengan skill andalan Sonic Blow. Yang tipe kedua, pake senjata Katar (STR - AGI - LUK) untuk nyari critical yg ngerobek defense musuh.
  2. Rogue : Job ini fokus sama penguasaan panah & pisau. Untuk tipe juga kebagi 2, ada yg pake pisau untuk sembunyi trus tiba-tiba serang musuh dari belakang, trus bisa curi barang dari targetnya juga. Tipe kedua, ada rogue yg pake panah untuk nyerang dari jauh.

5. Acolyte
Ragnarok M: Eternal Love
ragnarok.wikia.com
Job support ada disini, one and only. Senjata mereka Gada atau Rod (tongkat sihir). Dalam job ini punya banyak skill buff yg menguntungkan party yg udah pasti ada Heal (sembuhin HP), Increase Agility (ningkatin agi & mov. speed), Bless (ningkatin str - dex - int), dll. Untuk build biasa insan Acolyte bikin jadi 2 tipe yaitu tipe hard support sama tipe battle, tapi biasa yg laris manis dicari dalam party yg hard support 👊 Gak mesti sih, tapi kebanyakan party mau yg pasti-pasti aja, nyari yg support-nya greget. Nah, kalo mau jadi yg hard support nanti ambil job lanjutan Priest, kalo yg tipe battle ambil Monk. Monk ini job cukup terkenal trus gak sedikit juga kok dicari party, ada beberapa skill dia yg bener-bener dibutuhkan.

Job 2:

  1. Priest : Salah satu job artis nih di RO, selalu dicari di party karena supportnya. Priest ini ada beberapa build/tipe yg cukup complicated, tapi intinya dia tetep seorang support. Tipe pertama INT - VIT - DEX untuk hard support, fokusnya ngasih buff ke temen-temen. Tipe selanjutnya ada INT - DEX, tipe pemburu monster jenis Undead. Trus tipe lainnya STR - AGI yg pake senjata Gada, yaa dibikin attacker juga gitulah.
  2. Monk : Untuk di awal kalo mau jadi Monk agak susah, maen STR - AGI. Pas udah berubah jadi Monk, baru keluar tuh garangnya. Untuk tipe dari Monk ada 2, biasa pada pake tipe combo sama damage instant. Kalo yg combo & att. speed main STR - AGI, kalo mau yg instant hit pake tipe Ashura Strike STR - INT - DEX, tapi skill ini makan seluruh SP.

6. Mage
ragnarok.wikia.com
Ini job penyihir, hard magic. Untuk keluarin skill emang casting gitu sepersekian detik, tapi sekali skill itu keluar mengguncang semesta 😁 Daya hancur skillnya dahcyat (terutama serangan-serangan area), tapi sama kayak archer nih mage punya HP yg kecil. Jadi biasa untuk solo leveling mage agak lebih sulit dibanding job lainnya ya, butuh temen party. Untuk build udah pasti mage INT - DEX aja. INT untuk damage skill, DEX untuk percepat waktu casting skill.

Job 2:

  1. Wizard : Ini job yg penguasaan sihir area cukup kuat, trus penguasa elemen api - angin - es & ada sihir netral juga. Build utama untuk Wizard udah pasti INT - DEX sih, untuk damage skill & percepat casting skill. Tapi jangan heran ya kalo make job ini terus SP amat sangat boros, ya walau bisa ngumpulin duit dengan cepat juga.
  2. Sage : Ini penguasa ilmu sihir yg cenderung untuk support & defensif. Dia juga bisa ngebatalin efek sihir dari musuh berupa dispell. Job ini juga cocok buat ngelawan musuh-musuh naga, soalnya punya skill Dragonology yg emang udah dirancang sebagai job pendukung. Job ini tapi masih belum ada di Ragnarok M: Eternal Love ya, sabar aja tunggu updatenya.

7. Merchant
Ragnarok M: Eternal Love
ragnarok.wikia.com
Kalau ini job 'pengendali uang' di RO 😂 Job ini punya skill pasif yg bisa dapetin zeny (mata uang RO) lebih gampang. Trus bisa beli barang dengan harga murah, dijual lagi dengan harga tinggi. Merchant ini biasa lemah banget kalo di awal, tapi kalo dah ganti job ke job lanjutan udah mulai bisa diperhitungkan. Job lanjutan Merchant ada Alchemist, sama Blacksmith.

Job 2:

  1. Blacksmith : Kalo dari Merchant trus mau jadi tipe fighter, pilih job lanjutan yg ini. Mereka pake kapak sama gada, punya physical attack yg cukup tinggi juga. Ada 3 tipe dari Blacksmith, yg pertama STR - VIT untuk Mobber pake Hammerfall & Cart Attack, tipe yg cukup penting di rift sama endless tower. Tipe kedua STR - AGI untuk single target, bunuh musuh lebih cepet tanpa ngabisin banyak SP. Tipe ketiga AGI - LUK yg fokus dalam pembuatan senjata elemen.
  2. Alchemist : Kalo mau job yg antimainstream, pilih job ini. Dia ini ahli kimia yg ngandelin potion, Homunculus, sama berbagai eksperimen lainnya. Mereka bisa pake kapak & gada juga kayak blacksmith, tapi lebih efisien pake ramuan-ramuan buatan sendiri untuk fight. Ada 2 tipe alchemist, STR - INT untuk bikin potion & bom. Tipe kedua STR - VIT, yg ngandelin pet Homunculus untuk ikut fight.
==============================

Ya itulah dia Job 1 sampe Job 2 di Ragnarok M: Eternal Love. Mohon masukan dsb kalo misal ada yg salah, atau ada yg mau nambahin ya. Trus untuk Transcendent Job sama Job 3 dll gue bahas di lain waktu deh, yg penting kalian yg baru main dah punya sedikit patokan dari job 1 & job 2 maunya jadi apa. Inget, sesuaikan job sama playstyle kalian, yg bener-bener bikin nyaman 😋

Selamat memilih job~ ✌
Related Posts

Related Posts

Post a Comment