--> 7 Tipe Tulisan Yang Biasa Dibaca Banyak Orang - Rovylicious
w9vb7L0M7j9qO5VekXjh9f4upwh86ATk0lG5dKZM

7 Tipe Tulisan Yang Biasa Dibaca Banyak Orang

*copas = cantumkan sumber .
if u don't want someone to copy your content ,


so don't copy others and make it yours .
show your respect*
Jenis Tulisan
sydneycommunitycollege.edu.au
Sebenernya kalau ngomongin tipe tulisan, secara garis besarnya tuh cuma kebagi 2 yaitu Fiksi & Nonfiksi. Fiksi ini isinya tentang rekaan, khayalan, gak berdasarkan fakta, dan mengandalkan imajinasi. Contoh tulisan fiksi sendiri biasanya ada di novel atau cerpen (tapi gak semua novel dan cerpen fiksi ya). Sedangkan tulisan nonfiksi biasanya lebih berisi tulisan yang informatif dan lebih jurnalistik ya kayak tulisan berita, artikel, dll.

Kalau berdasarkan tujuan nih, tipe tulisan itu ada kebagi lagi jadi 4 yaitu:
  1. Eksposisi (Expository Writing): Tujuannya menginformasikan/menjelaskan sesuatu ke pembaca, biasanya didukung sama data-data yg kuat. Contoh: Berita di media, resep masakan, makalah, skripsi, dll.
  2. Persuasif (Persuasive Writing): Isinya pendapat dari penulis, kayak opini gitu. Jadi isi tulisannya ya murni pandangan pribadi dari penulis tentang mengomentari sesuatu. Contoh: Review film, tanggapan tentang suatu topik yang lagi viral, dll.
  3. Naratif (Narrative Writing): Isinya tulisan tentang kejadian fiktif/nonfiktif. Ya kebanyakan jenis ini tuh story telling, penulis bercerita ke pembaca tentang sebuah cerita dengan susunan awal, tengah, akhir. Contoh: Novel, cerpen, puisi, dll.
  4. Deskriptif (Descriptive Writing): Ini kayak Naratif, tapi isinya lebih detail lagi (bener-bener menggambarkan hal tersebut). Contoh: Naskah drama, jurnal, dll.
Itu tipe tulisan secara garis besarnya dan tujuannya. Kalau diturunkan lagi nih (mungkin nyerempet ke tema & konsep ya), apa aja sih yang biasanya paling banyak dibaca orang? Ini dari pengalaman gue sendiri yang nulis (ngeliat dari tulisan yg paling ramein trafik), dan pengalaman sebagai pembaca juga (asyik untuk baca tulisan tersebut). Bisa jadi, 7 tipe ini bisa jadi patokan kalian untuk mulai nulis ya.

1. History

tipe tulisan
theteachersdigest.com
Yup, siapa bilang bahas history itu gak akan laku? Malah kayak gini peminatnya banyak banget. Bahasnya ya mulai dari kejadian atau peristiwa yang pernah terjadi di masa lampau di seluruh dunia. Dan biasa rame banget kalau yang dibahas itu juga unik. Misal nih ada artikel "Daftar 45 Presiden Amerika Serikat" sama "10 Dosa Thomas Alfa Edison Kepada Nikola Tesla", lebih tertarik baca yang mana? Pasti sebagian besar mau baca yg kedua, karena itu lebih unik dan bikin penasaran.

2. Viral

tipe tulisan
sajiansedap.grid.id
Ini gak kalah ramenya. Biasa ada suatu berita yang lagi viral, udah pasti orang-orang nyari berita itu apalagi kalau masih banyak yg gak ngerti itu sebenernya kenapa bisa viral. Contohnya nih kayak yg viral belakangan ini yaitu (sorry) 'Ikan Asin'. Pasti banyak yg gak ngerti, "ini kenapa dah kok berita banyak tentang ikan asin?", akhirnya googling deh dan nemu berita-berita tentang itu. Biasanya yg paling gercep nulis berita viral ini ya media-media online kayak INDOZONE.ID ini misalnya, dan di-share lagi ke platform-platform lainnya. Dan tentang ikan asin ini sendiri gak harus membahas kasus tersebut juga lho, bisa juga diolah ke point of view lain kayak contoh artikelnya dibawah ini.

3. Horror & Konspirasi

tipe tulisan
bbc.co.uk
Konten tulisan yang berbau tentang horror atau konspirasi juga banyak peminatnya, sampe-sampe biasa konten ini tuh di cross ke versi Youtube kayak misalnya punya Ewing HD atau Nessie Judge. Orang-orang tuh suka sama yg berbau horror walaupun takut, karena bikin penasaran. Apalagi kalau horror nya itu ada diselipin sama bumbu-bumbu konspirasi gitu lah, itu bakal pecah banget. Ditambah lagi sama tipikal orang-orang Indonesia yg demen banget sama yg berbau konspirasi ya, dan ujung-ujungnya cocoklogi hahaha.. Horror disini juga gak melulu ngebahas tentang kuntilanak, pocong, bloody marry, dll. Intinya hal-hal yang bikin merinding dan mikir keras gitu lah.

4. Milenial

tipe tulisan
pprww.com
Kalau kalian mau nulis dengan menyasar milenial sebagai pembacanya, harus tau dulu tipikal milenial itu kebanyakan kayak apa. Kalau dari pandangan gue pribadi nih ya, sebagai seorang milenial yg suka membaca juga, kalau di tulisan tuh gue cenderung suka dengan hal-hal yang santai tapi asyik untuk dibaca. Contohnya ya kayak tulisan-tulisan tentang sebuah review apapun, hal-hal unik yg terjadi di dalam/luar negeri, yg berhubungan sama meme, life hack, tips & trick yg "gue butuh banget ini!", dll. Kalau misal nulis tentang harga saham Facebook hari ini, harga emas turun berapa persen, kebanyakan milenial kayaknya sulit untuk tertarik (begitupun gue, kecuali kalo bener-bener mau beli saham facebook/emas). Bahkan kayak emak gue aja, bacanya juga bacaan-bacaan milenial kok.

5. Review

tipe tulisan
brilio.net
Kayak yg gue singgung diatas, review ini juga salah satu tulisan yang disukai sama milenial atau bisa dibilang semua umur malah. Review itu sendiri macem-macem. Ada review makanan, sebuah tempat, otomotif, film, gadget, dll. Apalagi kalau review itu dikasih informasi-informasi yang kayak "pembaca gue harus tau ini", itu udah lumayan banget daya tariknya. Tapi kalau review harus jujur dan kalian udah bener-bener paham dengan apa yg kalian review ya! Terutama kalau dah bawa nama produk, kritik boleh tapi jangan sampai menjatuhkan produk tersebut.
Contoh Review: Harga, Daftar, Dan Penjelasan Minuman Starbucks (Sebagai bukti, search 'minuman starbucks', artikel contoh ini di page 1 google. Maap riya, riya adala passion saya).

6. Game

tipe tulisan
taigame.org
Perkembangan game zaman sekarang tuh pesat banget, apalagi game mobile sudah bertebaran dimana-mana. Game konsol pun dibikin ke mobile, bahkan gak sedikit game yg diadaptasi ke film juga. Belum lagi sama turnamen-turnamen eSport-nya, hal-hal gini nih yg bikin perkembangan game makin pesat. Disinilah banyak para gamers yg juga hobi nulis, sering bikin konten-konten tulisan tentang game. Pembahasannya macem-macem mulai dari tips & trick nyari gold/item, bahas berbagai easter egg dalam game tsb, sampai ke informasi/news lainnya. Apalagi kalau bahas game yg lagi booming gitu, wah itu bakal laku keras banget.

7. Listicle

tipe tulisan
arcompany.co
Listicle tuh lebih ke konsep artikel yg kaya akan informasi. Jadi pembaca tuh ya bener-bener tau dan ngerti untuk isi dari keseluruhan artikel tersebut. Licticle itu biasanya isinya ada point-point angkanya ya kayak 7 Game Mobile Rekomendasi Tahun 2019, 5 Tempat Nongkrong Asyik di Jakarta, dll. Listicle ini sekarang banyak banget dipake, terutama untuk konten-konten abadi. Penulisnya juga seneng karena tulisannya padat informasi, pembacanya juga seneng karena nambah wawasan.
Contoh Llisticle: Ya artikel yg lagi kalian baca ini.

_____________________________________________________________

Sebenarnya sih masih banyak lagi ya mungkin tipe tulisan yg dibaca banyak orang tuh. Misalnya kayak opini, tapi masalahnya opini tuh seringnya orang nulis di story Instagram atau sosial media lain gitu lah, jarang banget ada yg nulis dalam bentuk artikel kayaknya haha.. Trus mungkin ada juga kayak tulisan cerpen atau story telling, ini biasa banyak sih dalam bentuk artikel. Cerpen atau story telling itu juga rame sih peminatnya, salah satu yg banyak dibaca orang. Ya kalau semua dimasukin ke listicle atas mungkin bakal banyak banget ya tipe tulisannya, belum lagi tentang gadget atau otomotif hahaha..

Intinya semua tipe tulisan tuh ada pasarannya masing-masing sih. Ya kayak yg suka kulineran pasti sukanya baca review-review food blogger, yg doyan otomotif bacanya tentang otomotif, dst. Jadi gak bisa dipaksakan juga semua orang untuk suka sama semua tipe tulisan. Seenggaknya, 7 point diatas tuh yg paling rame dan banyak dibaca orang. Kalian juga pasti punya dong rekomendasi tipe tulisan lainnya.

Nah, misal diantara kalian ada yg mau mulai nulis nih dan tulisannya pengen dibaca banyak orang, coba deh pilih salah satu dari 7 tipe tulisan diatas. Diluar point diatas juga bisa, yg paling penting tuh sesuai sama keahlian kalian. Jangan ahli bahas soal otomotif tapi nulisnya game demi bisa dibaca orang, yg ada isi tulisannya takut gak sesuai sama kenyataannya dan nulis juga jadi gak dari hati. Tapi kalau menguasai banyak hal, gak ada salahnya untuk coba tulis semuanya kayak yg gue lakuin di blog ini, udah kayak gado-gado hahaha.. Intinya posisikan diri sebagai pembaca ya, jangan penulis. Biar tau konten seperti apa sih yg pembaca paling demen di masa-masa sekarang ini.

Selamat berkarya, thank you sudah mampir!

atta halilintar
arusbawah.id
Related Posts

Related Posts

Post a Comment