--> 7 Gangguan Jiwa Dari Social Media, Kamu Idap Salah Satunya? - Rovylicious
w9vb7L0M7j9qO5VekXjh9f4upwh86ATk0lG5dKZM

7 Gangguan Jiwa Dari Social Media, Kamu Idap Salah Satunya?

*copas = cantumkan sumber .
if u don't want someone to copy your content ,
so don't copy others and make it yours .
show your respect*
freedomandsafety.com
Di era digital saat ini kayaknya gak mungkin gak ada yg main social media deh, terutama untuk kawula muda dari generasi Milenial & Gen-Z. Ada yg make social media untuk asik-asikan, berburu hastag #OpenBO, untuk jualan dengan buka olshop, atau interaksi sama orang-orang baru.

Sayangnya, gak sedikit juga efek negatif yg didapat dari bermain social media. Ini biasa menimpa mereka yg gak bijak make social media, terlalu men-dewa-kan social media. Social media nomor satu, sholat nomor sekian!! Haduh mau jadi apa kamusi bengzed kalo gini terus.

Nah, imbas dari gak bijak make social media ini bukan cuma menghasilkan hal-hal negatif pada umumnya guys. Percaya gak, seenggaknya ada sekitar 7 GANGGUAN JIWA yg bisa didapatkan dari main social media? Nah, gangguan jiwa ini sendiri 'didapatkan' pastinya secara gak sadar sih, IMO ya.

Nah FYI, sebenernya gangguan-gangguan jiwa ini sudah ada terlebih dahulu kok, jadi bukan 'tercipta' lewat social media ya. Tapi bisa dibilang karena social media, kemungkinan secara gak sadar semakin banyak deh orang yg ngalamin gangguan-gangguan jiwa ini. Sampai sini ngerti ya kutil anoa?

Yaudah sampai sini aja formalitas bridging-nya, ini 7 Gangguan Jiwa Dari Social Media.

1. Internet Asperger Syndrome

Internet Asperger Syndrome
http://theregister.co.uk/
Singkatnya, Internet Asperger Syndrome itu gangguan kejiwaan yg bisa merubah sikap seseorang antara dunia maya sama dunia nyata, kayak hilangnya aturan sosial dan empati. Kalo 'Asperger Syndrome' itu masih ada hubungannya sama autisme, bedanya 'Internet Asperger Syndrome' ini asalnya bukan dari lahir tapi dari internet/social media.

Orang yg mengidap Internet Asperger Syndrome ini kalo dah main internet/social media dah kayak berasa di dunia tuh dia doang yg hidup sendirian! Dan seringnya merugikan orang lain. Contohnya nih dititipin emak angkat jemuran kalo hujan, tapi karena dah keasikan di social media, cuek aja tuh trus pas hujan jemuran jadi basah. Ini ngerugiin, tinggal dikutuk jadi tai kering aja nih sama emak.

Orang dengan Internet Asperger Syndrome ini juga agak freak dengan social media, bikin orang yg ngeliat itu "IUUWH". Entah itu spamming dalam bentuk apapun, nyari sensasi dengan hal-hal bodoh, dan hal-hal lainnya yg membuat orang lain annoying dengan kelakuannya.

Bukan cuma di social media sih, Internet Asperger Syndrome ini juga bisa lho diidap sama gamers. Yang biasanya di real life kalem, selow, tapi pas kalah main game langsung ngamuk dan ngata-ngatain orang bahkan paling parah tuh ada yg sampe ancurin kibord dan banting mouse. Pengidapnya pokoknya asik di dunia mayanya sendiri, tanpa mikirin sekitar dunia nyatanya. Punya temen kayak gini?

2. Fear of Missing Out

Fear of Missing Out
gadacts.com
Fear of Missing Out ini salah satu bentuk gangguan kejiwaan yang menimpa seseorang yg udah addict sama social media juga, dimana mereka harus alias wajib banget untuk ngikutin semua trend yang ada di social media.

Ini biasanya yang doyan ngelakuin challenge viral nih kayak In My Feelings/Kiki Challenge, Falling Stars Challenge, Momo Challenge, dan masih banyak lagi. Bahkan banyak challenge lainnya yang berbahaya, tapi tetep dilakuin salah satunya kayak The Cinnamon Challenge.

Ini semata-mata dilakuin ya karena itu, Fear of Missing Out. Mereka gak mau dibilang kudet, makanya terus ngikutin dan ngelakuin hal-hal yang lagi viral. Kalo gak ngikutin, anehnya kecemasan bakal melanda.

Tapi jujur gue juga merasa sedikit ngalamin Fear of Missing Out ini sih. Tapi lebih ke galau kalo gak ngikutin informasi update harian. Sehari gak buka berita di media online aja tuh dah kayak ngerasa ketinggalan berita 5 tahun hahaha..

Intinya sih Fear of Missing Out ini ada positif dan negatifnya, yang penting jangan terlalu berlebihan aja salah satunya kayak ngelakuin challenge berbahaya gitu. Trus kalo cemas juga gak usah berlebihan, karena cemas itu bisa menjurus ke depresi.

Kalo udah depresi, yaudah deh hormon-hormon penting di tubuh kayak serotonin sama adrenalin keganggu. Gak nafsu makan, susah tidur, kepala suka pening, mood juga jadi naik turun. Jadi lu harus bisa kontrol Fear of Missing Out ini dengan baik deh, jangan ampe berlebihan.

3. Voyeurism

Voyeurism
newsgram.com
Familiar? Yak, kalo di porn web ini salah satu genre juga nih. Arti luasnya, Voyeurism itu gairah yang didapatkan seseorang dari ngintip. Kalo udah ngintip orang lain, si pengintip ini dapet kepuasan seksual. Yang diintip pun ya mungkin orang yang lagi mandi, buka baju, dan aktivitas-aktivitas lainnya yang merangsang seksualnya si pengintip ini.

Kalau di social media, Voyeurism ini erat kaitannya sama aktivitas 'nge-stalk'. Jutaan orang bahkan gak sadar nih, bahwa aktivitas nge-stalk ini sebenernya gangguan jiwa ringan, ya dari Voyeurism itu.

Tiap hari rasanya gak afdol gitu jalanin hari tanpa ngintip akun social media mantan misalnya. Ya tapi semoga cuma mengobati rasa penasaran aja ya, bukan ngeliat akun mantan untuk dapetin kepuasan seksual. Kalau intip-intip akun mantan atau akun orang lain untuk dapetin kepuasan seksual ini, fix antum Voyeurism!

4. Narcissistic Personality Disorder (NPD)

Narcissistic Personality Disorder (NPD)
psychcentral.com
Mirip sama Low Forum Frustration Tolerance, intinya selalu mau jadi pusat perhatian, terlalu kagum berlebihan sama dirinya dan apa yang dia punya, dan nganggep orang lain itu gak sebaik dirinya. Bahasa ringannya, NPD tuh orang yg narsis akut. Narsis ini ya gitu deh, nganggep dirinya itu sangat penting dan harus banget dikagumi semua orang. Orang kayak gini biasanya pede abis.

Tapi sayangnya karena rasa percaya diri dia yg besar ini, malah mengabaikan orang lain. Misalnya punya body goals banget, ngeliat orang yang bodynya gak kayak dia langsung bilang, "Ih gede banget badannya, harusnya diet nih biar bisa kayak gue," gitu misalnya.

Egois banget kan, ya itulah NPD. Ada beberapa tanda juga dari orang dengan NPD ini, baik di dunia nyata ataupun di social media. Tanda-tanda itu kayak selalu nguasain obrolan. Misal lagi bahas apa gitu di tongkrongan, selalu aja dia ini jadiin dirinya sendiri sebagai objek cerita.

Beda cerita ya kayak misal ada temen yang minta, "Eh ceritain dong liburan lu di Maldives kemaren," ini beda cerita. Ada tanda lainnya nih kayak ngerasa gak pernah salah, suka pamer kemewahan, gak nerima kritik, dan selalu berfikir dirinya spesial / dibutuhkan lingkungan.

"Orang-orang ini tidak khawatir dan juga tak memiliki pandangan lain atas apa yang mereka lakukan. Artinya, mereka tidak merasakan rasa bersalah atau penyesalan terhadap yang mereka lakukan. Di balik kekuatan, kesombongan mereka dari luar, seringkali ada pribadi yang rapuh dan tidak bisa menerima kritik atau penilaian," kata Psikoterapis asal Miami, Whitney Hawkins.

5. Addiction

Addiction
semanticscholar.org
Asalnya dari bahasa inggris yang artinya kecanduan, ketagihan. Apapun yang berlebihan itu gak baik, kecuali isi dompet. Kalo udah berlebihan, ya jatuhnya jadi addiction ini.

Di tingkat paling dasar, Addiction ini tujuannya untuk dapetin kebahagiaan. Tapi di tingkat yang udah lanjut, menjurusnya ke negatif. Jadi kalau lu main social media sampai lupa waktu, mengabaikan dunia nyata, itu berarti udah termasuk Addiction ini.

Menurut Ferris, J. R. (1997), Addiction di internet itu dikategorikan sebagai gangguan psikofisiologis. Gangguan psikofisiologis ini meliputi Tolerance, Withdrawal Symptom (tremor, cemas, perubahan mood), Gangguan Afeksi (depresi), dan terganggunya hubungan sosial.

Main social media gak dilarang kok, selama lu bisa kontrol aja, jangan sampe addiction. Harus seimbangkan juga sama kehidupan nyata, harus ingat bahwa kehidupan nyata itu lebih penting daripada dunia maya. Beda cerita kalau kerjan/menghasilkan uangnya di dunia maya ya, ini mungkin bisa dibilang addiction secara positif. Itupun jangan sampe lupakan kehidupan sosial di dunia nyata.

6. Munchausen Syndrom

Munchausen Syndrom
time.com
Pernah gak sih ngeliat status orang yang ngaku kalo dirinya itu bipolar? Semenjak Marshanda marah-marah di video dulu tuh, penyakit bipolar ini makin dikenal. Dan anehnya, ada yg nganggep keren kalau dia bipolar. Karena mungkin ngerasa bakal jadi pusat perhatian, perubahan moodnya dimaklumi, dan alesan-alesan absurd lainnya.

Pas dicek ke psikolog, nothing wrong. Berarti fix, dianya cuma Munchausen Syndrom aja. Cuma ngarang cerita alias halu kalau dia itu menderita ini itu, demi dapat perhatian. Ini tentu aja merugikan, misalnya ada yg orang beneran bipolar, nanti malah dituduh ama orang lain "Halah, ngarang lu ya biar keliatan keren," gitu. Kan kasian.

Contohnya itu bukan cuma di bipolar, ringannya tuh Munchausen Syndrom ini orang yang pura-pura sakit. Sering ditemuin pas upacara sekolah nih. Ada yang sok mual lah, pusing, sampe pura-pura pingsan. Munchausen Syndrom ini gak bisa disembuhkan 100%, tapi bisa dikendalikan sama 'penderitanya'. Selain itu, terapi kognitif sama perilaku dari psikoterapi bisa ngatasin Munchausen Syndrom ini sendiri.

7. Social Climber

Social Climber
malikafavre.com
Sering banget nih ditemuin, Social Climber artinya orang yang selalu pengen keliatan mewah demi menaikkan strata sosialnya di social media. Kadang apapun dilakukan, yang penting temen-temen di social media ngeliat kemewahan dia.

Salah satu contohnya ini nih: Demi Jadi Selebgram, Wanita Ini Rela Terbelit Utang Rp142 Juta , udah parah banget. Semua yang didapatkan cuma semu, habis diliat orang-orang di social media yaudah gitu aja. Pas udah balik ke dunia nyata, utang melilit.

Orang-orang kayak gini punya kelainan sosiologis & psikologis, ngarep hasil instan tanpa mau lewatin proses kerja keras. Penampilan atau barang-barang yang dipunya juga harus paling update, agak Fear of Missing Out juga jatuhnya.

Tapi beda cerita ya misal update hal-hal mewah itu emang ada kepentingannya, misal perihal kerja gitu atau emang seorang entertainer yang memang dituntut harus kayak gitu. Kita juga gak tau, jangan dengan gampang nge-judge.

Seenggaknya, kita yang sobat misquen ini bisa lah jadikan mereka-mereka yang pamer kehidupan mewah ini jadi motivasi, suatu saat bisa gitu juga. Bener gak nih?

______________________________

Kira-kira, itulah 7 Gangguan Jiwa Dari Social Media. Tapi tenang, jangan takut main social media karena adanya gangguan kejiwaan ringan macam gini ya. Yang penting main sewajarnya aja, jangan sampe ngasih dampak negatif untuk diri sendiri apalagi ke orang lain. Jangan aneh-aneh lah pokoknya di social media ya, hidup siskaeee!!
Related Posts

Related Posts

Post a Comment