--> Buat Apa Sih Sholat? - Rovylicious
w9vb7L0M7j9qO5VekXjh9f4upwh86ATk0lG5dKZM

Buat Apa Sih Sholat?

*copas = cantumkan sumber .
if u don't want someone to copy your content ,


so don't copy others and make it yours .
show your respect*

Sholat

Boni ,"ayah , buat apa sih sholat ?"
Ayah ,"udah , kamu masih kecil jangan tanya macem-macem .. kafir loh nanti !"
Boni ,"....."

mungkin si ayah bilang gitu karena dia juga gak tau sholat itu buat apa :| payah .
sampai akhirnya 15 tahun kemudian , Boni sudah dewasa .. pas lagi nyantai depan rumah , kebetulan temannya , Maya , lewat depan rumah Boni .

Maya ,"woy bon ! ini kan mau solat jum'at , setiap lelaki Muslim diwajibkan solat jum'at ! kok kamu masih nyantai ?"

Boni ,"males ah , buat apa coba sholat .."

Maya ,"buset , jawaban lo kok gitu bon ?"

Boni ,"gue , sholat kalo butuh doang . gak solat kalo gak merasa butuh . sholat itu harus merupakan kebutuhan , bukan kewajiban dong .. Tuhan gak butuh solat kita , yang butuh itu kita ! sekarang gue lagi gak butuh sholat , jadi buat apa gue sholat ?"

Maya ,"itu betul , memang kita harus punya sense 'butuh' terhadap sholat . tapi , menurut gue , kita tetep 'wajib' sholat , meskipun kita sedang tidak 'butuh' .."

Boni ,"buat apa ? menurut gue , disitulah letak gak gunanya sholat . lebih cuih lagi , kalo orang sholat buat ngejar 'gelar' , gue paling gak suka !"

Maya ,"maksud lo ?"

Boni ,"ya itu , jenis-jenis manusia yang sholatnya buat pamer , kalo dia itu paling soleh .. menurut gue sih , kalo dia sholat seribu rokaat juga , kalo abis sholat dia korup , dia membunuh , dia menjelekkan orang , menggunjing , tetep aja dia tu lebih buruk dibanding orang yang gak sholat tapi berbuat baik sama orang lain .."

Maya ,"lo bener di satu sisi .. orang yang menzalimi orang lain , meski sholat , tetep lebih buruk dibanding yang gak sholat tapi berbuat baik .."

Boni ,"tuh , bener kan gue .."

Maya ,"tapi di sisi lain , lo juga salah tau .. menurut gue nih , sholat tetep wajib .."

Boni ,"salah gimana ? ah paling lu mau ngeluarin ayat-ayat lagi , bosen gue .."

Maya ,"oke , kita pake akal dan logika aja kalo lo bosen ama ayat . sekarang gue mau nanya , gaji lo di kerjaan berapa bon ?"

Boni ,"yaa .. sekitar 3jt-an lah perbulan .."

Maya ,"lo kerja berapa jam sehari tuh , buat 3jt itu ? 8 jam sehari ada gak?"

Boni ,"ya iya lah , lebih kali .."

Maya ,"selain itu , gue yakin kalo lo dapet segitu , karena skill dan gelar lo kan ? gak cuma karena kerjaan lo . yang jelas , pengorbanan lo untuk dapet gaji segitu , lebih banyak dari sekedar kerja 8 jam sehari . bener gak ?"

Boni ,"bener banget .. tapi segitu juga udah untung . gue suka dapet bonus , jadi gue yah , berterimakasih banget dah sama bos gue .. dia care banget sih sama kita-kita .."

Maya ,"nah bon , ngomong-ngomong lo pernah denger ada jual beli ginjal gak buat transplantasi ? biasa orang yang ada kebutuhan kepepet gitu kan ada aja yang jual organ tubuh , ginjal contohnya .."

Boni ,"oh iya dong .. gila , satu ginjal bisa seharga satu milyar kali ! gue sih gak bakal jual .. gila aja .."

Maya ,"nah lo dikasih semilyar , kok gak mau berterimakasih sama sekali ?"

Boni ,"hah ? gue gak ngerti .. dikasih semilyar gimana ?"

Maya ,"tuh , mata lo .. harganya berapa ? ok , ginjal satu milyar kan ? oh ya , belom ntu kuping , mulut , muka , jantung , tangan , kaki , hati , otak ..semua jatuhnya berapa ya ? trilyunan tuh ? tapi semuanya dikasih GRATIS sama yang Diatas .."

Boni ,"........."

Maya ,"bon , sekali lagi nih , menurut gue , sholat tetep wajib , karna itu salah satu cara kita untuk berterimakasih sama Yang ngasih badan kita , rejeki kita , keberuntungan kita .. yah , segalanya yang udah Dia kasih dah ... kita rela bekerja 8 jam sehari untuk mendapatkan 3 juta rupiah . kita sangat berterimakasih sama orang yang ngasih kita tambahan bonus sekedar seratus-dua ratus ribu .. tapi kita kadang lupa berterimakasih sama 'Dia' yang ngasih kita mata , mulut , tangan , kaki , ginjal , yang harganya jauh lebih mahal kalo kita jual .. well , bahkan bisa dibilang gak ternilai harganya . cuma orang kepepet berat atau orang bodoh yang mau jual badan dia sendiri .. memang idealnya , orang sholat tuh terhindar dari perbuatan buruk . toh sholat kan aslinya mencegah perbuatan buruk , dan membuat kita terbiasa melakukan perbuatan baik . tapi itu kalau dia menghayati makna sholat sebagai sarana mengingat Tuhan , bukan sekedar menggugurkan kewajiban ... di situasi ideal ini , selepas sholat , orang jadi mengingat kembali , betapa banyak yang Allah berikan dan lakukan demi kebaikan kita .. coba aja telaah arti bacaan sholat dan arti gerakan sholat . so pasti lo temukan deh , banyak bacaan sholat maknanya kearah ini . karena dia ngeh bahwa Allah selalu melihat , dan telah banyak berbuat untuk dia , dia bakal berfikir 1000 kali untuk berbuat hal yang gak Allah sukai .. yah kalo sholatnya sekedar nyari gelar seperti yg lu bilang sih, memang gak bakal ada manfaatnya . tapi lo cerdas bon , makanya lo gak mau sholat sekedar menggugurkan kewajiban .. karena itu , lo pasti ngerti bahwa sholat tetep wajib , meski kita lagi gak butuh sholat . kita wajib sholat , untuk berterimakasih sama yang telah ngasih kita segalanya ... lo gak bakal gampang cari 3 juta perbulan kalau lo gak punya ginjal atau mata .. jadi terimakasih pertama kali sama yang ngasih itu semua .."

Boni ,"may , seandainya dulu ayah gue ngejawab pertanyaan gue kayak lo , gue mungkin gak bakal terlalu anti sholat ya .."

Maya ,"lah emang ayah lo dulu ngejawab apaan ????"

Boni ,"udahlah , gak usah dibahas .."

*boni masuk ke dalam rumah*

Maya ,"eh bon kemana ? lo gak suka ya ama penjelasan gue tadi .."

Boni ,"enggak may ! gue mau siap-siap sholat jum'at dulu .. makasih ya may .."

Maya ,"Alhamdulilah .."

gue suka sama ilustrasi cerita ini .. soalnya sebenernya inti dan garis besar cerita ini gak membahas Islam , tapi IBADAH , dan ibadah ada di semua agama .. jadi , cerita ini bisa dibaca ama non-Muslim juga .. inti cerita ini juga bagus , jangan pernah berhenti mencari jawaban tentang sesuatu yang kita gak ngerti tentang Tuhan atau agama . banyak loh orang kecewa terhadap agama (apapun) , kemudian jadi atheis , atau punya sekte sendiri , cuma karena pertanyaan dia yang membuat penasaran soal Agama itu gak terjawab ..

sering" berdiskusi sama teman" kalau misal pertanyaan itu gak terjawab di lingkungan keluarga .. kalau gak terjawab juga , lebih bagus lagi samperin tempat ibadah trus tanya langsung ke ulama" atau petinggi agama lainnya . ingat , jangan puas cuma dengan satu jawaban . jadilah pencari Tuhan yang sebenar-benarnya , jangan ngaku pencari kebenaran kalo gak pernah mencari.

buat para orang tua , jangan sampai menghardik anak kalau gak tau apa jawaban dari pertanyaan si anak (kayak ilustrasi ayah boni di atas) .. mendingan bilang terus terang aja ,''ayah/ibu gak tau jawabannya , nanti kita cari sama-sama ya..'' .

semoga bermanfaat~

"setiap kita sholat ..
bayangkan didepanmu adalah ka'bah ,
di kananmu adalah surga ,
di kirimu adalah neraka ,
di belakangmu adalah malaikat pencabut nyawa .
sholat-lah sebaik-baiknya sholat ,
sebagaimana ini adalah sholatmu yang terakhir kali .."
Related Posts

Related Posts

1 comment