w9vb7L0M7j9qO5VekXjh9f4upwh86ATk0lG5dKZM

[Movie Review] Mirage (2018)

sinopsis Mirage (2018)
Image: heavenofhorror.com
Mirage ini film Spanyol yang gue tonton beberapa hari lalu di Netflix. Sebenernya ini dateng dari rekomendasi orang juga sih di TikTok, alhasil masukin lah ke dalam watchlist.

Sutradara film ini sendiri tuh sama kayak film The Invisible Guest (Contratiempo) sama The Body (El Cuerpo). Nah, kalau Mirage ini bahasa Spanyol filmnya tuh Durante la Tormenta.

Film ini diperankan sama Adriana Ugarte, Javier Gutierrez, Chino Darin dan Alvaro Morte. Untuk rating di IMDb lumayan nih, 7,4/10. Rotten Tomatoes juga gak begitu buruk, 75%.

Kata orang-orang, nih film sulit banget dicerna. Itulah yang membuat gue sendiri tertantang, seberapa sulitnya sih film ini hahaha..

Sinopsis Mirage (2018)

sinopsis Mirage (2018)
Image: IMDb.com
Nyeritain tentang anak laki-laki yang umurnya 12 tahun, bernama Nico. Di tanggal 9 November 1989 atau di hari yang sama dengan runtuhnya Tembok Berlin, Nico ini ngerekam diri dia pake video recorder pas main gitar. Di malam yang sama dengan badai petir selama 72 jam.

Nah, di saat itu juga Nico ini denger keributan di rumah tetangganya, pasutri yang lagi berantem. Dia ini nyamperin, dan ternyata oh ternyata si istri dibunuh ama suaminya. Suami pergokin ada Nico, Nico ketakutan trus lari keluar. Gak disangka, Nico malah ketabrak mobil pas lari itu dan dia meninggal dunia.

Sampai akhirnya timeline beralih ke 20 tahun kemudian, 9 November 2014. Vera, seorang perawat yang punya suami namanya David dan anak Gloria, pindah ke rumah baru di pinggir kota.

Ternyata, ini rumahnya Nico dulu. Di dalam rumah itu ada TV punya Nico dulu dan juga video recordernya plus kaset perekam. Pas Vera nyalain TV nya, keanehan dimulai. Vera bisa komunikasi sama Nico di tahun 1989, lewat TV itu.

Singkat cerita, Vera 'masuk' ke wormhole yang bikin dia terhubung ke ruang yang sama dengan waktu & universe beda. Vera di tahun 2014, dan dia terlibat di kehidupan Nico di timeline tahun 1989.

Review Mirage (2018)

sinopsis Mirage (2018)
Image: forohistorico.coit.es
Oriol Paulo kalo bikin film sinting emang. Selain The Invisible Guest / The Body, Mirage (La Tormenta) ini film Paulo yang amat sangat njlimet nan kompleks ceritanya tapi terbayar klimaks di endingnya.

Nico harusnya meninggal di tahun 1989 itu, tapi karena Vera ada di masa depan dia tau apa yang akan terjadi sama Nico. Akhirnya dia 'menyelamatkan' hidup Nico, tapi inilah yang bikin ribet karena malah nyiptain butterfly effect paradox yg arti simplenya perubahan kecil dengan efek besar di kemudiam hari. Dan bener, timeline hidup Vera sama Nico ini jadi super duper kompleks.

Film ini agak sulit dibedain mana dunia realita mana pararel, gue pun beberapa kali ngulang ke beberapa menit sebelumnya karena gak mudeng, padahal gak lagi ngantuk. Alur ceritanya bener-bener brilian, plot twistnya gak ketebak, berhasil ngacak-ngacak logika dan sukses juga bikin penonton cape mikir.

Mirage cocok buat yang suka teka teki dan kerumitan, kalo nonton jangan gak fokus atau skip karena tiap detail itu penting! Untuk akting semua pemain di film ini bagus banget, apalagi si Vera itu emosi dia dapet banget. Scoring juga sangat membantu tiap scene biar lebih dapet feelnya, kece.

Overall salah satu film sci fi romance terbaik yg pernah ada nih, bisa nonton di Netflix ya. Highly recommended!

sinopsis Mirage (2018)
Image: asiabluray.com
Related Posts
Newest Older

Related Posts

Post a Comment