--> DOTA 2!! Yok, Kenalan ama Hero & Sejarahnya (INT) - Rovylicious
w9vb7L0M7j9qO5VekXjh9f4upwh86ATk0lG5dKZM

DOTA 2!! Yok, Kenalan ama Hero & Sejarahnya (INT)

*copas = cantumkan sumber .
if u don't want someone to copy your content ,


so don't copy others and make it yours .
show your respect*



Part 1 (Hero STR) ~> CLICK ME!
Part 2 (Hero AGI) ~> CLICK ME!
==========
kemaren udah gue bahas tuntas tentang hero AGI , nah sekarang hero INT (Intelligence) nih . hero" INT ini , master"-nya spell & ability .. mereka punya Mana (MP) & Regen Mana yg lebih tinggi daripada hero" dari STR atau AGI . tapi rata" hero" INT ini rapuh , gampang dibunuh .. kebalikannya , mereka juga gampang ngebunuh (terutama untuk hero" physical attack) .. kebanyakan dari mereka ini jadi support , tapi ada juga yg jadi ganker (tukang bokong alias serangan mendadak dari belakang) , pusher , bahkan killer juga . ok ini dia hero"-nya ..

-ATTENTION-
Ini semua cerita gue ambil dari cerita Warcraft ya, karena
cerita di Warcraft & DOTA 2 itu sebagian besar beda banget.
Mungkin disini yang cukup kalian kenali hero-hero dan skillnya
dulu aja, untuk cerita mereka yg lebih banyak bisa browsing lagi ya.
Thank you untuk semua masukan, kedepannya gue bakal masukin juga
sedikit demi sedikit cerita untuk DOTA 2-nya. Jangan lupa bookmark ya!

welcome to our magician!

Ancient Apparation
(Kaldr)

Sejarah: tokoh fiksi , manusia yg terbuat dari dinginnya es ..
History in Game: gak ada pembahasan spesifik .
Kemampuan Khusus: ngelempar es yg meledak , sejauh apapun ..
DOTA: [Scourge] hero ini Mana-nya banyak , tapi semua Mana itu di pakein khusus fokus ke support aja , karna dia ini emang hero support .. dia nge support pake ama stun , slow , resistance reducer , ama bonus damage untuk beberapa hit (cocok untuk DPS carry yg sangar di late) . nah dia paling bisa ngekill kalo udah pake ulti .. karna ulti-nya itu berefek global (1 map bisa di lempar ulti) , dia punya tanggung jawab untuk ulti musuh yg kabur trus darahnya tinggal dikit , instant kill deh . di war bagus juga , kalo musuh dipukul mundur , sekarat semua , yaudah tinggal Kaldr yg finishing . gue pernah pake ini , pas musuh pada sekarat semua abis war , gue ulti agak kedepan (arah musuh lari) . yaudah pas banget , musuh" itu masuk kedalam kubahnya , triple kill wakakakak ..
Voice: "one day , ice will cover these lands , and it will be as if this war never happened<~ klik untuk play , open link in new tab aja jadi gak bolak balik .

Bane Elemental
(Atropos)

Sejarah: Atropos , nama salah 1 Dewi Takdir didalam mitologi Yunani . mereka yg nentuin takdir hidup & mati manusia dari lahir , sampai mati .. Klotho , yg menentukan kapan manusia lahir . Lakhesis , yg nentuin sampai berapa umur orang itu . dan terakhir Athropos , yg mutus benang kehidupan (penentu kematian) .
History in Game: gak ada pembahasan spesifik ..
Kemampuan Khusus: bisa bikin kepala musuh tumbuh semacam jamur (bahasanya temen") , efeknya bikin yg kena itu jadi gak bisa gerak / tidur ..
DOTA: [Scourge] ini hero INT yg bahaya nih , dia punya 2 skill disable yg casting range / jarak penggunaan spell-nya bisa dibilang jauh .. dia tapi gak cocok untuk by 1 , cocoknya rame" .. makanya di war ada di barisan belakang , trus pertama Nightmare (yg jamur itu) Initiator musuh , jadi temen" bisa fokus attack yg lainnya dulu (Initiator / pembuka war "ditahan") . hero asik nih , favorit gue juga .. tapi ngeselin kalo jadi musuh , lewat doang di nina bobo-in , pas dah bangun di keroyok .
Voice: "I dreamt a field of war .. and woke to find myself upon it"

Batrider
(Jinzakk)

Sejarah: tokoh fiksi , cuma kayak troll gitu yg naik kelelawar modif-an .
History in Game: sama kayak diatas" , gak ada pembahasan spesifik tentang awal mulanya ni hero gabung Scourge (biasa yg gak ada ceritanya itu berarti cuma hero" rekrut-an sih) ..
Kemampuan Khusus: ngiket musuh , trus diseret (nyulik) .
DOTA: [Scourge] bah , ini hero yg ngeselin banget . dia ini hero support & "anti carry" .. carry makin hari makin menjadi jadi emang , nah dia ini diciptakan untuk jadi penyeimbang . Jinzakk ini support disabler , dia punya stun jarak jauh , slow yg bisa di stack , trus juga punya skill firefly yg bisa bikin terbang ngelewatin apapun (pohon , tebing , dll , mirip kayak Spectre) , trus ada api"-nya gitu yg damage-nya lumayan sakit .. dan yg paling sensasional , ni punya skill Flamming Laso , durasinya 4 detik sambil bisa narik musuh .. ini bahaya banget apalagi di war , hero yg dianggap bahaya itu tiba" diculik , dibawa ke deket temen"-nya , yaudah di keroyok ..
Voice: "it's not the bat you gotta worry about , she eats fruit"

Chen
(Holy Knight)

Sejarah: tokoh fiksi, kalo di DOTA Warcraft , Chen ini dari bangsa Troll ..
History in Game: gak ada pembahasan spesifik .. yg jelas dia emang udah dari dulu jadi pasukan di Sentinel . dia pembawa keadilan , kekuatannya berasal dari Tuhan , bahkan semua ras jadi pengikut dia . semua yg jadi pengikutnya , dia janjikan keselamatan & keadilan sampai kapanpun (tapi dia gak ngaku" nabi baru loh , trus kemampuannya emang sesuai ama yg dia omongin wakakakak) .
Kemampuan Khusus: heal global untuk semua teman" dimanapun mereka .
DOTA: [Sentinel] hero support yg enak dimainin nih , trus dia bisa punya banyak pasukan yg dia ambil dari hutan" .. intinya pake hero ini : sabar , soalnya emang butuh farming .. tapi farming-nya juga enak , soalnya dibantu 3 pasukan yg udah di dominate (pake skill ke 3) .. heal-nya juga asik , heal global .. semua temen" ampe ke creep nambah semua HP , dikasih Aghanim cooldown-nya jadi 30 detik doang .
Voice: "you can learn faith at the end of a sword"

Crystal Maiden
(Rylai Crestfall)

Sejarah: tokoh fiksi , manusia yg punya ilmu sihir .
History in Game: dia ini saudara dari Lina (Inverse Slayer) , tapi Lina belajar sihir api , kalo dia ini es . dulu dia ama Lina berjuang bareng Pangeran Arthas (Abaddon) untuk ngebasmi zommbie" buatan Kel'thuzad . tapi akhirnya dia ama Lina memisahkan diri dari Arthas gara" ada perbedaan pendapat . Arthas jadi Abaddon , dan Rylai ama Lina gabung ke Sentinel untuk mempraktekkan seni sihir yg mereka kuasain ke Scourge ..
Kemampuan Khusus: bisa bikin hujan es .
DOTA: [Sentinel] ini hero support & ganker yg profesional ! untuk ganker (ngebokong) dia punya 2 modal spell utama yaitu slow ama disable .. trus yg gak kalah asiknya , dia punya skill Regen MP global (satu"-nya di DOTA) .. skill ultimate-nya juga mematikan banget , Freezing Field , bikin hujan es .. asik banget kalo di war , BKB ~> dagger ~> ulti .. pokoknya kalo Rylai jadi musuh , bunuh aja terus .. jangan sampe BKB-nya jadi . tapi ya itu , semua ada kekurangan & kelebihan .. ni HP ama armor-nya rapuh banget kayak kapas kena aer ..
Voice: "when Hell freezes over , I'll start calling it Heaven"

Dark Seer
(Ish'kafel)

Sejarah: tokoh fiksi , gak tau juga ini makhluk apaan ..
History in Game: gak ada penjelasan spesifik , rekrut-an kayaknya ..
Kemampuan Khusus: bisa lari kenceng .
DOTA: [Scourge] butuh hero yg bisa bikin lari kenceng ? atau yg bisa "bentengin" markas ? nah ini jagonya .. dia ini juga anti chaser (pengejar) , anti pusher juga . pokoknya kalo pick hero ini , WAJIB agresif (tapi jangan ngerusuh ampe ngerugiin tim) .. kalo cenderung pasif alias maju mundur cantik , gak akan bersenang senang deh pake hero ini .
Voice: "If your enemy is equal, prepare for him. If greater, elude him. If weaker, crush him"


Dark Willow
(Mireska Sunbreeze)

Sejarah: Dark Willow itu nama villain di serial televisi Vampire Slayer. Tapi bukan peri, kalo Mireska Sunbreeze ini peri. Peri itu sendiri berasal dari bahasa Persia: Pari, yaitu malaikat yang jatuh. Dalam bahasa Inggris awalnya nama fairy berasal dari kata elvish sejak sebelum tahun 1000 M yg berarti bangsa peri. Dalam cerita-cerita rakyat mahluk gaib ini adalah ras yang sakti.
History in Game: Mireska Sunbreeze itu salah satu peri yang licik, dia terlahir di Revtel, sebuah negara dimana kebohongan & pembunuhan itu hal yg wajar. Mireska sepanjang hidupnya jadi peri penjaga raja pedagang, sebelum akhirnya dia merasa bosan & memberontak. Mireska membakar rumahnya, trus dia pergi mengembara bareng wisp peliharaan dia, Jex.
Kemampuan Khusus: Dia bisa disabler & memulangkan paksa musuh menuju ke fountain.
DOTA: Ini salah satu support berbahaya, karena dia punya skill 1 yg ciptain labirin semak belukar buat ngiket musuh. Skill 2 juga bahaya pas lagi war, ada jeda 4 detik setelah di cast, si target & yg deket ama dia (dalem lingkaran) semua bakal kena stun. Tapi sayang ulti-nya gak WOW banget, cuma mirip ama skill 3 Lone Druid. Ekspektasi sih kirain ulti-nya bakal stun global gitu trus dia bisa muncul dimana aja (kombinasi ulti Silencer & Spectre) hahaha.. But overall make hero ini enak, jadiin pure support aja udah jadi kebanggan tim banget.
Voice: "Let's have some fun, shall we?"

Dazzle
(Shadow Priest)

Sejarah: tokoh fiksi . dia ini Shaman , Shaman itu ahli sihir / nujum ..
History in Game: gak ada penjelasan spesifik tentang awal mula dia gabung Scourge , emang orang lama . yg jelas dia ini ahli sihir dari Realm Nothl , bisa menyembuhkan bisa mematikan . trus gue pernah baca dulu , Dazzle ini yg nolong (nyembuhin) Huskar waktu hampir mati di perang .. pas udah sadar , Huskar diajak masuk ke Scourge (untuk balas jasa) , tapi Huskar berontak .. sempet berantem juga nih dia berdua .
Kemampuan Khusus: bisa nyembuhin temen yg sekarat , trus bikin gak bisa mati untuk beberapa waktu .
DOTA: [Scourge] Dazzle itu babysitter , hero support - caster .. sebagai caster , di termasuk spammer yg punya 4 spell yg bisa di spam . nah yg uniknya biasa hero" INT spell-nya ngehasilin magical damage , tapi kalo dia ini 3 spell-nya phsical damage .. trus dia juga punya heal yg seger banget , ama ulti-nya bener" ngerugiin musuh . main area , kalo pas war itu ulti dilempar , tiap detik armor musuh minus 1 , temen" plus 1 .. jadi mau musuh sekeras apapun kalo udah kena ulti-nya bakal selembek creep .. support yg bener" ajib ini , ditambah lagi punya slow - disable .
Voice: "where my shadow falls , there falls my foe"

Death Prophet
(Krobelus)

Sejarah: Krobelus itu salah satu karakter di game Summoner 2 . trus Krobelus ini makhluk yg namanya Banshee .. Banshee itu dari Mitologi Irlandia , biasanya dikenal sebagai roh wanita .. mereka juga diyakinin sebagai malaikat kematian dari dunia lain . menurut cerita , Banshee itu bagian dari penyembahan berhala agama Celtic kuno dimana mereka ini dianggap sebagai bawahan Tuhan .. trus berdasarkan legenda juga , Banshee suka keluyuran diluar rumah" orang trus nangis meraung raung gitu kalo orang yg didalam rumah itu bakal ada yg meninggal ..
History in Game: gak ada penjelasannya , emang orang lama di Scourge ..
Kemampuan Khusus: bisa manggil banyak roh" yg terbang keliling di sekitar badannya , yg bisa menghasilkan damage buat musuh yg mendekat .
DOTA: [Scourge] gue suka ama suara ni hero , woles . dia biasa nyapa "HAAAAAY ...." tapi nada suaranya beraaaaat banget wakakakak .. dia ini nuker area + pusher yg serem banget , top 10 hero yg sering di banned juga kalo di kompetisi internasional hahaha .. maininnya gak sulit" banget sih , tapi kalo untuk pemula jangan pick pas di match yg serius .. soalnya perlu belajar lebih lagi untuk combo" spell-nya . dia ini yg penting build-nya jadi yg ngebantu dia sebagai caster aktif aja , ama yg bikin badannya gak lembek .. trus butuh pemain yg agresif juga , soalnya Exorcism-nya haus banget untuk ngerobohin tower" musuh ..
Voice: "what I've seen goes far beyond death"

Disruptor
(Stormcrafter)

Sejarah: Thrall ini bukan Troll , tapi dia dari bangsa Orc .. Orc itu makhluk legendaris yg udah banyak di cerita" rakyat di seluruh dunia , digambarkan mereka itu badannya tinggi besar kayak manusia , tapi kadang" kayak raksasa juga .. kulit mereka warna hijau (di DOTA Warcraft Thrall ini warna ijo) , mukanya biasa kayak babi , kera , atau monster yg ada taring panjangnya . mereka ini dikenal ganas & jahat , musuh Elf & manusia .
History in Game: dibesarkan manusia sebagai budak , sampai akhirnya dia melarikan & ketemu sama Grom Hellscream , dari situ dia akhirnya tau kalo dia berasal dari klan Frostwolf . dia berkelana ke desa leluhurnya itu , disanalah dia berlatih ilmu sihir dari penyihir" Orc .. sampai akhirnya dia jadi penguasa petir , dan gabung ke Scourge untuk balas dendam ke manusia" yg udah jadikan Orc sebagai budak .
Kemampuan Khusus: pengendali petir & waktu , bisa bikin dinding listrik berupa lingkaran untuk ngurung musuh didalamnya .
DOTA: [Sentinel] hero favorit gue nih , amat sangat suka make ini . sumpah asik banget ngesupport tim selama war .. bisa ngurung musuh , bisa ngedeteksi musuh yg invisible , silence + DPS area yg mematikan , ama skill yg bisa ngembaliin target ke 4 detik sebelumnya (work banget untuk musuh yg mau kabur) . jadi kalo lagi war gue biasa cari gerombolan musuh terbanyak , langsung kinetic field (kurung) ~> Discord (item veil discord) ~> static storm (ulti) .. pokoknya abis deh itu musuh di keroyok temen" wakakak .. pake hero ini menantang , jangan pasif . kalo berani pake hero ini , kalian mesti berani jadi LEADER tim . kapan mau kasih kinetic , kapan mau nge-glimpse (kembaliin musuh) , dsb .. sering" juga ngasih signal di map kapan mau push kapan mau bokong . tapi inget walaupun jadi leader jangan ngambil tindakan sendiri , temen yg jadi mesin ATM (kebanyakan dibunuh) lebih dihargain daripada dia yg "bersolo karier" , terlebih lebih ini support yg amat sangat berpengaruh di war .. belajar memimpin dari hero ini , walau kunci penting di tim tapi seru kok :D
Voice: "by stormcraft , I shall lay my enemies low"

Enchantress
(Aiushtha)

Sejarah: Aiushtha ini makhluk Dryad . Dryad itu , roh pohon perempuan di Mitologi Yunani .. menurut legenda mereka awet muda & umurnya panjang soalnya mereka pake ramuan perawatan alam .. Enchantress itu juga ada artinya , artinya perapal mantra perempuan & ahli sihir .. btw Aiushtha ini badannya kancil , gak tau Dryad itu emang setengah kancil apa enggak .
History in Game: walau semua Dryad itu anaknya Cenarius , tapi Aiushtha ini yg paling disayang .
Kemampuan Khusus: bisa heal , pelempar tombak yg handal & jauh .
DOTA: [Sentinel] ini hero yg ngeselin banget kalo jadi musuh , susah di kill :| dia bisa heal , trus kalo dia udah ngejar semakin jauh kita lari semakin sakit damage-nya , mana punya efek slow juga .. dia ini support - healer , punya potensi damage yg pedih juga karna pure damage ulti-nya (Impetus) . slow-nya juga ngebantu banget untuk nge-gank (ngebokong) .. 

Enigma
(Darchrow)

Sejarah: tokoh fiksi , dia makhluk yg tercipta dari bintang jatuh .. waktu di alam semesta dia ngehisap (makan) semua planet yg dia lewatin .
History in Game: gak ada penjelasan spesifik . yg jelas , dulu dia ini di ceritanya pernah gabung ke Sentinel . tapi gak tau kenapa dia gabung ke Scourge .. katanya sih , waktu di Sentinel dia jadi mata" aja ..
Kemampuan Khusus: bisa bikin lubang hitam yg ngehisap musuh" ..
DOTA: [Scourge] salah satu hero paling berbahaya yg pernah diciptain , sekaligus support favorit gue juga nih . intinya pake ini , jangan nafsu kill ! biarin kill serahin ke killer" kalian , pokoknya ini full support aja .. kalopun mau kill juga gak gampang sih , ini emang diciptain untuk jadi disabler - suport aja . item core (utama) Enigma ini udah pasti Dagger . jadi pas di war , dagger ke tengah" musuh ~> black hole . ulti juga gue ambil level 2 ama 3-nya pas di level 15 - 16 .. soalnya ulti black hole itu mau level 2 atau 3 yg ditambah cuma damage , sedangkan durasi sedotannya sama aja : 4 detik .. jadi kalo mau bener" support aja mah gitu Enigma-nya ..
Voice: "chaos hunts the spark of endless suns , whose light will die in my crushing grasp"


Grimstroke

Sejarah: Ngeliat dari penampilannya kayaknya 
History in Game: Dulunya Grim pemuda yg jago sihir untuk ngelindungin rakyatnya, Ashkavor. Suatu ketika pas lagi ritual penting, ada bencana. Ternyata Grim ngelanggar perintah gurunya demi kekuatan dahsyat, dengan campurkan tinta sihir ke ritual dengan ramuan penguat. Imbasnya, sihir yg muncul di diri Grim jadi jahat. Sihir itu justru malah membunuh seluruh rakyat Ashkavor. Klan ini musnah, dan jiwa-jiwa nya terperangkap di tinta yg jadi media sihir Grim.
Kemampuan Khusus: Ngiket 2 musuh yg deketan untuk berbagi debuff.
DOTA: Ini keluar sehabis TI8 kemarin, dia jadi hero INT untuk nuker & offensive support. Skill 1 dia di early game lumayan sakit lho, cukup ganggu banget di lane. Skill 3 bagus banget buat combo sama initiator kayak magnus atau enigma sehabis open war. Ulti nya sih cukup kece ya, nge-bind musuh yg lagi deketan. Jadi misal musuh ada earthshaker sama tiny lagi deketan nih, salah satunya di ulti, trus salah satu dari mereka berdua ini di telekinesis ama rubixk (temen setim), itu mereka berdua jadi kena telekinesis juga haha.. Keren sih untuk combo sama rupture nya bloodseeker ya, paling sering liat combo ama BS nih. Gue paling demen pake hero ini sambil bawa rod of atos, kaya, bloodthorn, trus dagon & ethereal haha.. Tapi jangan lupain beli mata kasian carry nya, jangan sampe map mati lampu!

Invoker
(Arsenal Magus)

Sejarah: tokoh fiksi , kayaknya terinspirasi dari penyihir" gitu .
History in Game: Tambahan dari Alif Nurjaman , thank you gan! jadi Invoker itu dia sebenernya temenan sama skywraith... Dlu tuh penyihir paling bisa 1 sampai 4 spell dan penyihir terbodoh itu ogre magi, coba aja kill invoke pake ogre magi dia bakal ngmng sesuatu. Nah knp dia belajar 10 spell dengan mengorbankan ingatan nya Jadi lupa semua teman-teman nya dan beranggapan klo invoker ini sombong padahal dia ngorbanin daya ingat nya untuk spell tersebut
Kemampuan Khusus: penguasa ilmu sihir terbanyak dari seluruh hero  DOTA .
DOTA: [Scourge] duh , ini Invoker .. hero tersulit yg ada di DOTA menurut gue (dan mayoritas pemain" DOTA) :} kalopun ada yg bilang "gak kok , gue bisa" , pasti dulu awalnya juga ngerasa sulit banget kan :p dia ini hero yg punya spell terbanyak , trus tiap spell punya kelebihan masing" (sesuai situasi kondisi) . nah yg bikin sulit tuh ya ngubah" skill-nya itu , butuh jari secepat flash .. kalo lelet dikit aja , yaudah deh Invoker gagal itu namanya .. gue aja dari zamannya DOTA Warcraft di tahun 2010-an tuh , ampe sekarang , masih gak bisa make Invoker ini (jadi curhat gaes) . dia ini punya 3 Orb , namanya Quas , Wex , Exort . nah dari 3 Orb itulah kalo di kombinasi" menghasilkan spell" yg macam" juga (total ada 10 spell) . hero yg berbahaya di early game , sangat berbahaya di mid , dan amat sangat berbahaya di late .. pemula jangan coba" pick hero ini di permainan yg serius ama temen" (online) , kalo belajar lawan pemain komputer (BOT) aja .. terkadang ada yg "maksa" banget make Invok supaya dibilang ngeri , pas dah maen ternyata emang jago . jago pake 1 spell (doang) . pas spell-nya itu udah bisa di counter musuh , yaudah deh di "wkwk"-in aja kali ya .. yah itulah Invoker , gak bisa ngomong banyak lagi , karna gue-pun gak bisa make wakakak ..
Voice: "I am a beacon of knowledge blazing out across a black sea of ignorance"

Jakiro
(Twin Head Dragon)

Sejarah: tokoh fiksi . tapi kalo di mitologi dunia , banyak makhluk" naga yg kepalanya lebih dari 1 .. contohnya Hydra , naga yg punya 9 kepala .. mungkin Jakiro ini terinspirasi dari naga" kayak gitu .
History in Game: hero yg umurnya udah amat sangat lama , gabung ke Sentinel juga udah lama , trus alasan dia gabung & setia ke Sentinel cuma dia yg tau ..
Kemampuan Khusus: punya ilmu sihir api & es .
DOTA: [Sentinel] Jakiro ini hero support - nukers . dia diciptakan untuk ngehasilin magical damage sebanyak mungkin di sepanjang battle , trus juga nge-support temen"-nya .. titik yg harus dihindarin kalo Jakiro jadi musuh itu bagian depannya . dia punya skill yg nyemburin api (burning) ama es (slow) yg menyebar ke arah depan , stun-nya rata memanjang ke arah depan , trus ulti-nya juga yg kayak pagar api itu rata kedepan juga .. hero support favorit gue juga nih , gak terlalu bergantung ama item .. paling yg core gue biasa mekansm , urn , ama travel boots .. sisanya untuk mid - late paling discord , shiva , ama schyte ..
Voice: "two sides of the same coin"

Keeper of The Light
(Ezalor)

Sejarah: tokoh fiksi .
History in Game: dulu sebelum peperangan antara Sentinel - Scourge , dia ini emang pejuang perang & dianggap mentor yg kuat . tapi karna pengkhianatannya waktu "Perang Majus" , dia dihukum & dibuang ke alam roh untuk selama lamanya . nah , ngeliat kekuatannya yg luar biasa , Sentinel nawarin kerjasama ke Ezalor untuk kembali ke alam nyata tapi ikut perang untuk ngelawan Scourge . akhirnya mereka deal , Ezalor teken kontrak & jadi salah satu Support terbaik di Sentinel .
Kemampuan Khusus: manipulasi cahaya & MP (Mana Potion) .
DOTA: [Sentinel] ini hero support yg keren , "Guardian Team" , makanya sering banget di banned di kompetisi" Internasional haha . dia punya kuasa untuk kontrol lane , push , ama defense .. dia juga bisa ngisi MP temen , bener" berpengaruh itu untuk kinerja ganker di mid game .. trus kalo ada temen yg udah sekarat banget , butuh pertolongan , dia bisa "manggil" temennya itu , pindah tempat jadi disamping dia ..
Voice: "they say twas I who carried the first light into the universe . they might be right , I can't quite recall"

Leshrac
(Tormented Soul)

Sejarah: tokoh fiksi . Leshrac itu nama karakter di permainan kartu magic (Magic : The Gathering) .. dia digambarkan raja setan dari zaman es .. trus ada juga sih makhluk mitologi yg namanya Leshy , tapi itu makhluk yg tinggal di hutan , bukan di es ..
History in Game: gak ada pembahasan yg spesifik ..
Kemampuan Khusus: bisa bikin badannya bercahaya , kalo dideketin bakal ngasih damage .
DOTA: [Scourge] ini hero heavy nuke , sakit banget untuk hero" yg Meele (jarak deket) .. dia punya banyak skill pertahanan yg sekaligus bisa juga untuk nyerang .. coba aja deh deketin , bakal dibikin tersiksa ama pulse nova + diabolic addict haha .. ini hero cocok untuk yg suka ngelempar" spell ama yg nyiksa musuh .. intinya banyakin MP aja . abis beli sepatu langsung Bloodstone trus Octarine aja , atau sebelum Octarine eul aja dulu untuk ngebantu ulti-nya yg channeling kayak Lina ..
Voice: "Imbalance demands it"

Lich
(Ethreain)

Sejarah: tokoh fiksi .
History in Game: nah ini Lich .. kalo di DOTA Warcraft sih namanya Kel'thuzad , kalo di DOTA 2 jadi Ethreain .. sebenernya Ethreain ini udah mati , tapi dia dibangkitkan lagi ama "Lich King" untuk jadi bodyguard khususnya .. namanya juga jadi dibuat sama gitu .
Kemampuan Khusus: penguasa es .
DOTA: [Scourge] hero favorit kedua setelah Lion haha . ini hero yg bener" elit , elite nukers ! untuk early game (menit" awal baru main) , itu emang fase" yg sulit untuk hero" mele / carry .. faktornya bisa jadi ya karna HP masih kecil , armor , blom punya semua skill ama item .. tapi sebenernya , kendala utama itu karna adanya hero" kayak Lich ini , hero yg suka nyicil ! spell nuke-nya sakit & amat sangat aktif .. siapapun yg 1 lane ama Lich ini , dijamin deh HP gak akan pernah hijau , dibikin kuning terus (kalo Lich-nya emang agresif & jago) .. trus dia jadi support juga untuk tim . yg greget itu ulti-nya , bikin kayak es mantul" ke musuh yg damage-nya amat sangat sakit :(
Voice: "and so the dead , will bury the dead"

Lina
(Inverse Slayer)

Sejarah: tokoh fiksi , tapi Lina ini karakter penyihir di anime "Slayers" ..
History in Game: saudara dari Crystal Maiden si penyihir es , sehabis pemberontakan Prince Arthas Lina juga gabung ke Sentinel sebagai penyihir api .
Kemampuan Khusus: penguasa sihir api .
DOTA: [Sentinel] salah satu nukers terbaik di DOTA , ini ratu-nya nukers pokoknya . caster offensive yg dimainkan agresif di early - mid , trus di late perannya jadi support war . semua hero takluk kok ama nukers di early , gak ada yg gak bisa dibunuh .. makanya , di early - mid mainin Lina secara amat sangat agresif & safe , bikin jangan sampe late game .. hero asik ini , punya stun ama ulti-nya Laguna Blade itu , siapa yg gak tau haha ..
Voice: "fire makes a fine servant , but a harsh mistress"

Lion
(Demon Witch)

Sejarah: tokoh fiksi .
History in Game: seorang penyihir tua yg ketahuan belajar ilmu setan . akhirnya dia dihukum mati ama "Dewan Dalaran" . untuk nyelamatin dirinya dari kematian , dia jual dirinya ke "Archimonde" .. dan akhirnya dia gabung ke Scourge untuk balas dendam ke orang" yg udah mau ngehukum dia itu .
Kemampuan Khusus: penyihir yg bisa keluarin duri" dari tanah , kutuk musuh jadi hewan , nyedot MP sama "sentuhan jari"-nya yg mematikan .
DOTA: [Scourge] THIS !!! one of my amazing favorite heroes .. Lion hero "terbaik" yg bisa gue mainin :p di DOTA itu minimal kita punya 1 hero yg bener" mainnya di luar kepala , udah hafal mati , pokoknya bisa dibilang hero soulmate hahaha .. nah kalo gue Lion ini .. sisanya paling Clinkz , Lich , ama Disruptor .dia ini disabler , apapun build-nya pasti jadi disabler tim . dia bisa juga ganker , roaming , ngebokong carry musuh juga , karna kunci keberhasilan ngebokong tim ada di hero yg satu ini . Lion ini juga nuker yg amat sangat berbahaya & mematikan , siapa yg gak tau ama ulti Death Finger-nya ? the best nuke ever! hahaha .. trus juga ampe late pokoknya jadiin Lion ini disabler sejati , beli Schyte kalo bisa , yg bisa ngutuk jadi hewan juga . jadi punya 1 stun + 2 kutukan , bener" jadi kunci kemenangan tim .
Voice: "all hell's broken loose , and I hold the pieces"

Nature Prophet
(Furion)

Sejarah: tokoh fiksi . kalo di mitologi" dunia banyak sih makhluk" legenda penjaga hutan , Fuion ini gak tau termasuk yg mana / mungkin terinspirasi dari semuanya . btw Furion itu nama tokoh di seri "Riddick" .. ada ras manusia yg namanya Furion , trus Riddick mau jadi ras itu ..
History in Game: pemimpin dari semua Night Elf . selama bumi gak pernah aman , Furion gak akan pernah istirahat . kemarahan alam kekuatannya , pohon" bisa hidup dengan perintahnya . gak heran Sentinel minta bantuan untuk menaklukkan Scourge ..
Kemampuan Khusus: bisa hidupkan pohon & pindah tempat kemanapun dia mau (nge-portal) .
DOTA: [Sentinel] Furion ini hero support , yg dilengkapin ama skill nge-push yg baik banget .. tapi dia ini gak punya skill nuke , jadi bisa dibilang dia cukup "bersahabat" di early game haha .. untungnya aja dia punya skill creeping juga , jadi item dia cepet jadinya .. kadang ada juga sih yg build Furion jadi kayak carry , beli item" DPS .. gak masalah sih , soalnya dia juga didukung ama skill ultimate-nya , salah satu ulti terbaik di DOTA .
Voice: "I woke within the seed and saw my destiny , and many were its branches"

Necrophos
(Rotund'jere)

Sejarah: tokoh fiksi . kayaknya terinspirasi ama Grim Reaper , tapi ini dibikin agak lebih elegan & berwibawa ..
History in Game: dari info Antonio Hermawan (thank you!) Necro ini guru dari Terrorblade, dia ngajarin Terrorblade nguasain ilmu ilusi & Sunder (skill 2 ama SS). trus Terrorblade belajar sama Pit Lord untuk bisa Metamorfosis (skill 3).
Kemampuan Khusus: bisa "nyabut" nyawa dengan instan ..
DOTA: [Scourge] salah satu hero favorit nih . gue suka ama skill Heartstopper Aura-nya yg bikin musuh" di deket area-nya jadi berkurang terus darahnya (tapi ngeselin kalo jadi musuh apalagi musuh lane di early) . trus gak lupa ama skill ulti-nya Reaper Schyte , salah satu ulti bertarget paling mematikan di DOTA haha .. pake Necro ini di early - mid sih sama aja kayak carry" lain , fokus creeping aja di lane , push / deff , jadi gak usah ikutan ngebokong sana sini , tapi muncul pas war .. bedanya , hero" carry creeping untuk item DPS mereka di late , kalo Necro creeping supaya di late item" utama untuk support udah siap .. pokoknya kalo carry - support itu di mid - late udah jadi , udah lumayan tenang deh .. apalagi kalo musuh juga support - carry-nya jadi , beuh itu yg baru namanya game , HAVE FUN ! hahaha ..
Voice: "behold the Pope of pestilence"

Ogre Magi
(Aggron Stonebreaker)

Sejarah: Ogre itu makhluk mitologi yg digambarkan sebagai raksasa , trus jahat . di dongeng" atau cerita" gitu Ogre biasanya badannya gede , kepalanya besar , jenggotan , suka ganggu manusia .. nah tapi kalo Ogre Magi ini baik kayaknya , mereka pasukan di Sentinel .
History in Game: gak ada penjelasan spesifik awal gabungnya , tapi dia ini ksatria dari Stoneblade Ogres , Aggron yg terkuat & terpintar dari bangsanya . oleh karena itu dia hero yg sangat berharga untuk Sentinel ..
Kemampuan Khusus: bisa ngelempar botol berkali kali (multicast) yg bikin stun .. bisa bikin badannya temen gede juga .
DOTA: [Sentinel] hero nukers support , spell caster yg punya banyak spell . awalnya sih spel"-nya itu biasa" aja , tapi kalo udah punya ulti yg efeknya kayak Aghanim , dia bakal jadi monster yg mematikan banget di early - mid game .. berguna juga nih di war ama bokongan , dia bisa bikin "carry muda" jadi berbahaya bahkan sebelum late game .
Voice: "once is not enough!" "it's just as high as we can count"

Oracle
(Nerif)

Sejarah: tokoh fiksi .
History in Game: ini hero baru di DOTA 2 , update-nya Januari 2015 kemaren . dia ini peramal dari masa depan .. trus Mortred (Phantom Assassin) dikirim ke tempatnya (dia yg nyuruh) .. intinya pokoknya Mortred itu disuruh Oracle untuk ngebunuh musuh" Oracle ini di masa lalu (dendam lama) .. trus Mortred dikasih senjata Arcana yg bikin dia lebih mudah untuk ngehabisin list" orang yg mesti dibunuh itu . nah di DOTA 2 sendiri , event ini namanya Foreseer's Contract , jadi Mortred ada kostum baru namanya Manifold Paradox (Arcana) , trus dikasih list gitu hero" yg mesti dia bunuh (khusus Mortred yg punya Arcana itu) .. misalnya Pudge vs Phantom Assassin . kalo Pudge yg berhasil FIRST KILL trus terakhir tim-nya yg menang , itu 1 tim dapet item" rare / arcana set .. jadi disini intinya Mortred (Phantom Assassin) itu pembunuh bayarannya Oracle ini . ada komiknya nih , waktu itu Valve ngeluarin teaser-nya ~> Foreseer's Contract
Kemampuan Khusus: "menentukan" takdir teman & musuh ..
DOTA: [Scourge] agak sulit pake hero ini , bener" butuh kalkulasi waktu yg pas untuk ngeluarin skil"-nya .. skill"-nya bisa menguntungkan , bisa juga jadi bencana untuk tim . jadi dia punya skill Fortune's End yg sifatnya channeling gitu 3 detik , trus ngeluarin orb" yg nyerang musuh yg ditarget . mirip ama stun , tapi lebih ke Dismember-nya Pudge gitu .. nah trus dia punya Fate's Edict Skill , ini bikin temen / musuh gak bisa nyerang tapi mereka dapet 100% magic resistance .. skill ke 3-nya , untuk heal ke temen / musuh , tapi pertama dia kayak ngasih damage dulu baru regen-nya lebih besar daripada HP sebelum di heal (ati" makein ini ke temen , salah" malah bikin bencana wakakak) .. trus ulti-nya False Promise , bisa nunda semua damage , heal & regeneration yg masuk sampe efek ulti-nya selesai . nah selama durasi , heal & regeneration jadi 2x lipat (tapi ini masih ditunda) .. pas efek skill selesai , kalo heal kalah banyak ama damage yg diterima , yaudah mati .. jadi ini bener" skill gambling banget hahaha .. tapi kalo dah ngerti ama semua skill-nya asik aja kok makenya , cobain aja . cuma sayangnya itu ulti gak bisa untuk semua tim , cuma ke 1 orang (gue biasa ulti-in carry) .
Voice: "I have an end in mind for you"

Outworld Devourer
(Harbinger)

Sejarah: tokoh fiksi . btw , ulti Harbringer yg Sanity's Eclipe itu kartu Legendary Creature dari permainan Magic : The Gathering . fungsi kartu itu sama kayak fungsi ulti Harbringer , ngehabisin HP & MP .
History in Game: gak ada penjelasan spesifik ..
Kemampuan Khusus: bisa nyuri MP musuh .
DOTA: [Scourge] di DOTA itu berlaku hukum rimba , yg terkuat yg menang . tapi gak untuk Harbringer .. bagi dia , kemenangan itu juga bisa berpihak untuk mereka yg CERDAS . Harbringer ini salah satunya , dia punya potensi INT yg luar biasa .. dia bergantung banget ama INT , makanya build-nya dia ini cukup item apapun yg nambah banyak INT . semakin banyak INT-nya , semakin pedih serangannya .. makanya dia ini dibilang hero yg cerdas .. cerdas , licik , dan mematikan ! hero yg punya INT buruk jangan coba" hadapan ama dia ini haha .. trus kayak yg kita tau , penyumbang damage terbesar di late game itu ya hero" tipe DPS - physical yg punya attack speed & damage yg baik , tapi Harbringer ini ngasih liat ke semuanya kalo INT juga bisa jadi penyumbang damage terbesar di late game . bukan karna attack damage , bukan critical , atau lifesteal , tapi karna INTELLIGENCE-lah yg bikin Harbringer sebagai carry di late game ..
Voice: "their sanity I'll shatter , their dreams of conquest I'll destroy"

Puck
(Fairy Dragon)

Sejarah: Puck itu makhluk mitologi berupa peri yg dipercaya sebagai roh alam / roh darat . trus di karya Shakespeare "A Midsummer Night's Dream" juga ada karakter peri yg namanya Puck ..
History in Game: untuk nyari pasukan" terkuat , orang" dari Sentinel pergi ke segala penjuru negeri untuk nyari mereka" yg terkuat dari bangsa-nya . sampailah di negeri mistis Fairy Dragon .. setelah cerita panjang lebar ke ratu peri dari Agrace , ratu mengutus Puck , bodyguard-nya , untuk terjun ke medan perang bersama Sentinel ..
Kemampuan Khusus: bisa ngilang sana sini pake mini teleport .
DOTA: [Sentinel] hero mid favorit gue nih .. ini walaupun imut , tapi bener" bahaya !! dia ini full support , tapi jadi nuker + ganker utama di early - mid game , tapi jadi Initiator (pembuka war) di late game .. dia punya skill ngeblock spell yg ajib , mampu nge-block serangan apapun yg menuju ke dia .. dia juga punya skill teleport jarak dekat , yg bikin susah banget untuk ditangkap haha .. Puck punya ulti disable area , yg bikin dilema kalo udah kena iket . kalo lepas dari ikatannya , kita bakal stun .. kalo ngelawan , ya dikeroyok ama temen"-nya .. jadi susah banget nentuin pilihan kalo udah kena Dream Coil-nya itu . dia ini juga hero yg termasuk balance , punya pertahanan yg bagus trus punya skill support war yg luar binasa .. gak heran si imut ini jadi hero favorit pemain" terkenal di dunia .
Voice: "I find myself strangely drawn to this odd configuration of activity" (unyu bener suaranya) .

Pugna
(Oblivion)

Sejarah: tokoh fiksi , gak mewakilkan siapapun . tapi "Pugna" itu asalnya dari kata latin yg artinya perang / bertempur ..
History in Game: gak dapet pembahasannya, tolong dibantu yak (yg laen juga ya biar di update terus wkwk).
Kemampuan Khusus: hisap darah musuh dari jarak jauh , darahnya dia yg nambah ..
DOTA: [Scourge] ini hero heavy nuker + support juga .. dia punya ulti Life Drain" yg nyuri HP musuhnya per detik , jadi kayak semacam lifesteal yg emang dibutuhkan banget untuk hero" INT yg HP-nya tipis .. tapi dia ini rapuh , gampang dibunuh . makanya kebanyakan yg make Pugna item-nya di build jadi bener" full support untuk ketahanan ..
Voice: "who needs a blade when you have oblivion ?"

Queen of Pain
(Akasha)

Sejarah: didalam mitologi , Akasha itu vampir pertama di bumi ini . Raja Enkil & Ratu Akasha dari Kemet (sekarang Mesir) sekitar 4000 SM , mereka jadi vampir pertama waktu roh jahat yg namanya Amel bisa masukin badannya Akasha lewat luka , trus mengering sama dagingnya . Akasha akhirnya ngubah Raja Enkil jadi vampir juga , dia minum hampir semua darahnya Raja , trus minumkan juga hampir semua darahnya ke Raja .. nah trus seiring berjalannya waktu , Akasha ini juga kadang dikaitkan ama "Sucubbus" . Sucubbus itu setan yg ngambil bentuk tubuh perempuan cantik yg ngerayu laki" untuk ngelakuin hubungan seksual , tapi akhirnya si Sucubbus itu ngehisap energi laki" itu sampai kritis bahkan meninggal . Sucubbus digambarkan perempuan yg cantik , sayap mirip kelelawar , kadang ada tanduk , ekor , ama taring .
History in Game: dia diciptakan untuk jadi pelayan Lich King selama di peperangan ..
Kemampuan Khusus: teriak kenceng yg bikin musuh bisa mati .
DOTA: [Scourge] ini hero nukers - gankers . kado ada musuh pake ini trus pro , dibikin sakit ati pas di early - mid pokoknya . dia sebenernya rapuh , tapi dia punya skill blink yg mustahil ditangkap , dikejar , apalagi lari dari kejarannya .. trus kalo enaknya pake hero ini , jangan pernah berhenti ngebokong ! kalo kebanyakan di lane untuk creeping , itu ngebuang potensi-nya Akasha banget .. trus juga jangan pake ulti-nya untuk buka war , itu yg cocok untuk ending malah .. jadi disaat musuh" udah sekarat trus mundur , yaudah finishing deh pake blink ~> ulti . tapi ati" kena stun , sekali ketangkep mati nih hero haha ..
Voice: "they say pain is all in the mind , but they're wrong: it's all in my hands"

Rubick
(Grand Magus)

Sejarah: tokoh fiksi .
History in Game: putra dari Aghanim , dia punya kekuatan luar biasa lewat pikiran , makanya Sentinel tertarik untuk bawa dia ngelawan Scourge .
Kemampuan Khusus: mengendalikan apapun lewat kekuatan pikiran .
DOTA: [Sentinel] ini "True Wizard"-nya DOTA .. dia bener" wizard , bisa kendaliin semua spell dari seluruh hero di DOTA (dengan cara dicuri) .. jadi tiap game kalo ada Rubick , adaaaa aja kejutan baru . contohnya kayak Void yg mati dalem Chronosphere (ulti-nya Void sendiri) , atau bisa dapet Rampage gara" nyuri Remote Bomb-nya Techies , ya kerjaannya Rubick ini wakakakakak .. tapi ini gak recommend untuk pemula , soalnya tugas Rubick ini cukup penting .. mesti bisa kendaliin situasi lewat spell" yg dia curi ..tapi walaupun punya kelebihan nyuri" spell itu , Rubick ini ironis-nya termasuk hero yg underrated alias kurang laku .. mungkin karna susah kill itu kali ya haha ..
Voice: "no sorcery lies beyond my grasp"

Shadow Demon
(Eredar)

Sejarah: makhluk "Gnoll" , humanoid antara manusia ama anjing hutan . mereka jahat , keluar di malam hari , trus juga punya ilmu sihir .
History in Game: jauh sebelum perang antara Sentinel - Scourge , setan yg namanya Eredar udah dari jauh hari menyatakan perang untuk semua makhluk hidup di dunia ini . gak ada satupun yg nandingin dia , sampai akhirnya dia di khianatin & dibunuh ama bawahannya sendiri . tapi dia gak sepenuhnya mati , sepotong bayangan samar dari dirinya selamat , selama ribuan tahun akhirnya bayangan itu kembali lagi jadi Eredar tapi dalam wujud makhluk Gnoll . dia kembali bangkit untuk memulai kehancuran dunia bersama Scourge ..
Kemampuan Khusus: lempar" ilmu sihir kayak asap ke musuhnya , kalo udah numpuk dia "ledakin" pake tangannya (bahasa gaulnya: "disantet") .
DOTA: [Scourge] ini hero support , bahaya banget di lane soalnya dia ngelempar lempar stacking nuke Shadow Poison , salah satu nuke yg berbahaya di kalo 1 lane ama dia . tapi sayang banget , dia punya skill" mematikan andaikan hero DPS yg punya .. sayangnya Eredar bukan carry / DPS-er , soalnya damage ama attack speed gak ngedukung .. itu sebabnya lebih baik jadi support . pake Eredar tapi pengen kayak carry ? trust me , jadi DPS bukan prioritas utama Eredar . btw , katanya pemain" DOTA ini hero produk gagal , cuma "hero kontes" :( menurut gue sih gak , biasa aja .. kalo joki-nya yg main jago pasti berguna juga kok .
Voice: "who toys with demons will find himself toyed with"

Shadow Shaman
(Rhasta)

Sejarah: sejarah Shadow Shaman ini , diambil dari kepercayaan "Shamanisme" . Shamanisme itu serangkaian kepercayaan tradisional & praktek" yg mirip ama Animisme yg nge-klaim kemampuan untuk diagnosa & menyembuhkan penderitaan manusia plus ama kemampuan untuk sembuhkan penderitaan . mereka juga ahli sihir .. btw , Rhasta ini Shaman dari ras Troll .
History in Game: suatu ketika ada Troll yg profesinya sebagai Witch Doctor , Rhasta , dia waktu itu masih muda tapi udah berpengalaman dalam rahasia sihir Vodoo .. waktu perang Sentinel - Scourge dimulai , Rhasta nawarkan kesetiaannya untuk Sentinel .. dan akhirnya dia jadi bagian Sentinel untuk ngehabisin Scourge sampai akarnya .
Kemampuan Khusus: bisa keluarin banyak ular dari dalam tanah .
DOTA: [Sentinel] ini hero favorit gue juga , soalnya maininnya sama kayak Lion haha .. dia support - disabler , walaupun termasuk pusher yg hebat (siapa yg gak tau ama ulti-nya) , tetep aja di build untuk jadi disabler . trus sama kayak Lion juga , dia ini rapuh .. jadi main safe aja . tapi inget , rapuh bukan berarti lemah bro ..
Voice: "I am the intermediary between life and death"

Silencer
(Nortrom)

Sejarah: tokoh fiksi , gak mewakilkan siapapun .. dia manusia yg pake pakaian ksatria gitu .
History in Game: datang dari komunitas sihir Quel'Thalas , Nortrom salah satu Ksatria Elvel yg paling kuat untuk pertahankan keseimbangan alam . ahli dalam persenjataan Glaive Kuno , dia berjanji untuk ngehancurin Scourge & sihir iblis mereka sampai nafas terakhirnya .
Kemampuan Khusus: "membungkam skill" seluruh musuh di map .
DOTA: [Sentinel] Nortrom hero support . dari namanya aja udah jelas banget , Silencer" . tapi bukan silencer biasa nih .. mau nyari silencer tulen ? ya dia ini , salah satu tukang silence terbaik di DOTA . dia punya kemampuan nge-silence musuh global , artinya di seluruh map kalo dia ngeluarin skill silence , yaudah semua hero dimanapun juga bakal kena silence alias gak bisa pake skill apa" . tapi sayang hero ini gak punya skill nuke , slow , disable , atau skil" INT favorit lainnya .. itu sebabnya Nortrom termasuk hero Minoritas di INT , cuma dianggap sebelah mata haha .. padahal kalo build-nya bener ini bisa berpotensi jadi carry juga loh .. potensi tertinggi bonus damage-nya itu kalo udah megang banyak item INT (bikin kayak build INT-nya Outworld Devourer aja) ..
Voice: "Enemies should be seen and not heard"

Skywrath Mage
(Dragonus)

Sejarah: tokoh fiksi . di DOTA Warcraft dia naik kayak burung gitu , di DOTA 2 lebih gagah lagi , punya sayap sendiri ..
History in Game: gak ada pembahasannya ..
Kemampuan Khusus: bisa manggil cahaya dari langit yg ngeluarin damage .
DOTA: [Sentinel] hero caster , punya potensi mematikan di mid . dia berjaya di mid game pokoknya .. di mid mesti main agresif , soalnya dia punya skill gank mantep , slow yg range-nya jauh .. trus dia jadi serem kalo udah punya ulti-nya , Mystic Flare , apalagi dia memperbesar damage ulti-nya itu pake Amplify-nya sendiri . di mid dia udah jadi killer pake ulti-nya itu , soalnya sakit banget kayak Laguna Blade-nya Luna yg dipakein Aghanmim .. cuma sayang area ulti-nya kecil banget , gak muat 5 hero didalam itu haha .. andaikan area-nya seluas es-nya Shiva Guard , bakal populer nih hero *ngarep :p intinya main ini sih sama aja kayak nuker lainnya , yg perlu dikejar pertama kali itu MP-nya , supaya penggunaan skill-nya aktif terus .. apalagi salah satu skill-nya berdasarkan jumlah INT-nya ..
Voice: "Even on this fallen field, I dedicate my powers to the lofty Skywrath"

Storm Spirit
(Raijin Thunderkeg)

Sejarah: "Raijin" , dewa guntur & kilat didalam mitologi Jepang ..
History in Game: jiwa" Pandaren ada didalam badannya , trus nyiptain energi listrik yg murni . walau jiwa" itu kayak terperangkap , tapi mereka bisa ciptakan kekuatan listrik yg besar .. itu dia Raijin Thunderkeg , seorang "Celestial" yg dipanggil untuk ngebantu Sentinel ..
Kemampuan Khusus: bisa travelling kesana kemari pake kekuatan listrik .
DOTA: [Sentinel] ini "hero tercepat" di DOTA .. sekarang mungkin dia ada didepan mata kita , tapi bbp detik kemudian udah ada ditempat lain wakakakak .. itu ulti-nya , bisa bawa dia kemana aja .. yg ngebatasin skill-nya itu cuma MP .. kalo cooldown mah gak ada (4 detik doang , anggep aja gak ada) . jadi kalo udah mid - late game , udah deh percuma mau ngejar ni hero , gak akan bisaaaa .. kecuali di stun / disable dulu , baru mungkin bisa di keroyokin haha .. gue gak bisa pake hero ini , dulu cuma pake sekali abis tu nyerah .. tiap travelling pas tengah" MP abis , eh nyangkut di batu" :( untung gak ada musuh yg ngeliat .
Voice: "everyone complains about the weather .. well , I'm doing something about it!"

Tinker
(Boush)

Sejarah: tokoh fiksi , tapi gak tau dia ini sebenernya Goblin apa Tinker .. di DOTA Warcraft sih Goblin , di DOTA 2 pake pakaian robot .. kalo Goblin ya kayak Techies , Timbersaw atau Clockwerk itu , trus kalo Tinker itu dari Mitologi Irlandia artinya peri .. biasa nyerupain manusia , tapi kalo misal ada manusia lain yg deketan ama Tinker ini , katanya sih manusia itu bakal kena nasib buruk .
History in Game: gak ada pembahasan spesifik ..
Kemampuan Khusus: bisa datangkan gelombang robot" kecil di tanah ..
DOTA: [Sentinel] ini , hero nukers yg amat sangat bahaya & mematikan di late game , serius deh :| selain itu , jangan pick hero ini kalo jari gak gesit .. hero ini pokoknya nuntut kita untuk pake sebagian besar tombol" di keyboard , trus 6 item-nya rata" item aktif semua .. ulti-nya bagus nih tapi , bisa refresh semua skill + item" .. nah intinya pake ini , jangan pernah ragu untuk refresh 1 skill aja , kalo emang skill itu paling dibutuhkan waktu itu . misalkan ngerefresh March aja waktu push , atau refresh Schyte (item yg harus ada) biar musuhnya gak teleport .. overall ini hero fun sih , pesta laser ama roket dimana mana haha .. tapi gak recommend untuk pemula , kalo pemula disuruh main Tinker bakal nyerah dia main DOTA , soalnya dipikirnya semua hero sesulit ini haha ..
Voice: "victory is 10% inspiration , 90% decapitation!"


Techies
(Squee & Spleen)

Sejarah: tokoh fiksi , mereka berdua ini dari bangsa Goblin sama kayak Timbersaw (STR) , Clockwerk , dll ..
History in Game: mereka goblin Techies yg dilatih ama pendeta Voodo Orchist dari Kalimdor , trus dikirim untuk ngebantu Sentinel. dan tambahan, mereka ini ada 3 loh.. yaitu Squee, Splee, ama Spoon (di dalem tong, kayaknya dia ini perakit bom-nya wkwk). thanks buat Anonymous (di comment) untuk tambahan infonya.
Kemampuan Khusus: sesuai namanya "Techies" , mereka ahli pasang ranjau ditanah .
DOTA: [Sentinel] wah ini hero unik , lain daripada yg lain haha .. trus yg lucu itu skil"-nya , mereka bisa masang ranjau dimana mana .. trus yg parahnya itu ranjaunya gak keliatan (update 7.00 udah bisa kliatan yah?) . jadi lagi asik jalan" , eh tau" ada yg meledak :( itu ranjau biasanya doang , belum lagi kena jebakannya yg bom gentong (ulti) , itu kalo 3 gentong ditaroh sampingan , kita lewat , di detonate semua langsung almarhum wakakakak .. trus detonate-nya bisa dari jarak jauh juga , jadi cuma ngeliat" dari map doang . jago juga nih defense markas , di depan tower terakhir yg deket markas itu dipasang banyak" jebakan .. ada yg deketin , di ledakin semuanya , RAMPAGE !! wakakakak .. trus dia punya skill bunuh diri ngajak" juga , musuh "dipeluk" , yaudah dia ngelakuin bom bunuh diri :( pake skill ini , di awal" game udah bisa nge-kill tuh dia . tapi sayang , HP ama armor-nya buruk banget .. itu sebabnya Techies jangan sering" keliatan di war , masang trap banyak" aja di depan tower" ..
Voice: "measurements made" "bombs built" "powder's dry" "okay , let's blow something up!"

Visage
(Necrolic)

Sejarah: tokoh fiksi . ini bentuknya kelelawar dari es gitu ..
History in Game: gak ada penjelasan spesifik ..
Kemampuan Khusus: bisa manggil kelelawar lainnya di pertempuran .
DOTA: [Scourge] ini hero INT , tapi badannya sekeras hero STR trus DPS-nya sesakit hero AGI :| jadi dia gak keliatan kayak hero spell caster , makanya banyak yg bilang ini hero spesial haha .. Grave Chill tuh , skill yg bikin dia keliatan kayak hero AGI , nambah attack speed + movement speed sekaligus juga bikin slow musuh . nah trus skill-nya yg Gravekeeper's Cloack yg ngebuat badannya sekeras hero" STR , ngasih armor + resist yg tebel banget .. kebanyakan pemakai Visage ini nge-build untuk ketahanan , jadi beli item" heal .. alhasil , raja kelelawar ini jadi INT nuker yg bisa nge-tank (tapi jangan jadi full tanker loh) + salah satu penyumbang physical damage terbanyak di war .. ulti-nya juga asik nih , Summon Familiar , bisa manggil temen"-nya gitu yg kelelawar juga .. ngedenger kata "summon" udah pasti dong , bisa skill micro ama macro .. tapi ini gak begitu sulit kok , summon-nya cuma 2 unit .. jadi yaaa masih bisa lah di kendalikan semua . recommend buat pemula" yg mau belajar skill micro - macro (ngendaliin lebih dari 1 unit / hero) .
Voice: "it is one thing to animate a corpse from beneath the ground . it is another to rip a soul from beyond the veil"

Warlock
(Demnok Lannik)

Sejarah: tokoh fiksi , gak mewakilkan siapapun . dia Orc yg berfrofesi sebagai Wizard / penyihir .
History in Game: mantan anggotda dari kelompok "Blacksun" , salah sat udari banyak Orc yg diperbudak ama Iblis jahat . abis penderitaan yg dia alamin bertahun tahun , akhirnya Mannoroth ngebebasin Warlock yg udah belajar ilmu setan ini , karna badannya udah tua & diambang kematian .. untuk memperpanjang umurnya , akhirnya dia bikin perjanjian ama Lich King & akhirnya ikut gabung ke Scourge ..
Kemampuan Khusus: bisa manggil makhluk besar Golem .
DOTA: [Scourge] hero support nih , tapi bukan support biasa .. hero favorit pemain" dunia juga , sering banget ngeliat Warlock ini di turnamen Internasional . hero ini susah di taklukkin di early game , sebaik apapun musuh lane-nya dia bisa nge-heal pake Shadow Word .. skill itu juga bisa untuk nge-heal temen / nyerang musuh , jadi bisa dibilang ini babysitter juga . ada lagi skill ultimate-nya Chaos Offering , manggil Golem raksasa , makhluk Summon yg paling mematikan dari seluruh summoner" yg ada di DOTA .
Voice: "chaos comes at my command"

Windranger
(Lyralei)

Sejarah: tokoh fiksi , dia Elf (ras penguasa dunia tengah yg ada didalam cerita" legenda) .
History in Game: masih inget kan ama Drow Ranger (Traxex) yg dari hero AGI ? nah di cerita Warcraft , Lyralei ini Traxex sebelum dibangkitkan dari kematian .. waktu itu dia dibunuh ama Arthas . bangkit lagi , jadilah Drow Ranger .. namanya ganti" nih , di Warcraft dulu Sylvannas / Alleria , DOTA 2 jadi Lyralei , jadi gak tau sebenernya siapa nama aslinya haha .. btw dia ini Elf pemanah , tinggalnya di dalam hutan .. dia pernah gabung ke Sentinel jadi agen gratisan dalam waktu singkat waktu perang Majus . dia dapat banyak kekuatan dari Dewi Angin ..
Kemampuan Khusus: pemanah yg bisa iket musuh deket pohon .
DOTA: [Sentinel] Robin Hood versi cewe nih haha .. Lyralei ini hero INT yg biasa di build jadi tipe AGI . hero nukers ini emang punya potensi DPS yg ngeri , dia punya Power Shoot yg nyerang siapapun yg di laluin ama panahnya , musuh sekarat yg kabur aja kalo kena anginnya panah ini langsung mokad wakakak .. trus ulti-nya penghncur tower banget , attack speed MAKSIMAL yg bikin anak panahnya terbang secepat kepakan sayap kupu" .. pokoknya kalau di build baik dari awal , dia bakal bener" mendominasi di sepanjang battle ..
Voice: "if at first you don't succeed , stand closer , shoot again"

Winter Wyvern
(Auroth)

Sejarah: tokoh fiksi . dia naga anti-mainstream , mainnya es .
History in Game: gak ada pembahasan yg spesifik ..
Kemampuan Khusus: naga penguasa sihir es .
DOTA: [Scourge] ini hero yg bisa dibilang agak" baru di DOTA 2 , maksudnya dia hero terakhir"-an yg baru di update (sebelum Techies ama Oracle) . gak terlalu sering pake ini , tapi asik + enak makenya .. dia ini hero serba bisa , tergantung siapa" aja musuhnya ama gimana kondisi tim . dia bisa jadi INT yg nyicil + bully musuh , bisa jadi STR untuk memperlambat kematian , bisa juga jadi AGI yg bisa ngebunuh musuh dengan cepat . pokoknya dia bisa di fokuskan ama salah 1 itu , tergantung situasi kondisi dia dibutuhkan jadi apa , semua bakal efektif kok .
Voice: "some breathe fire , I breathe ice"

Witch Doctor
(Zharvakko)

Sejarah: tokoh fiksi , gak mewakilkan siapapun . dia pendeta Vodoo ..
History in Game: orang lama di Scourge . dia suka ngelakuin eksperimen" berbahaya didalam hutan .. tapi kalo eksperimennya udah mulai berbahaya untuk semuanya , mulai gak stabil , King Lich bakal bertindak .
Kemampuan Khusus: bisa nyembuhin temen .
DOTA: [Scourge] ini hero yg dituntut "berani" untuk masuk ke sekumpulan musuh untuk ngelakuin channeling skill haha .. dia bukan Initiator , tapi butuh keberanian kayak Inititator kalo pake hero ini . trus Zharva juga hero yg agak sulit di kuasain loh , gak cocok untuk pemula yg mau belajar main .. hero ini mengajarkan kita betapa berharganya waktu , soalnya "timing" itu penguasaan pertama sebelum make hero ini . dia punya bakat ganking - killing yg berbahaya di early - mid game , trus support - nuke yg dibutuhkan banget di war late game . intinya main ini sabar aja , rajin" nyicil HP musuh , trus kill bukan prioritas utama (walau dia bisa nge-kill) . build jadi nukers (spell caster) - support , supaya dia jadi TRUE WITCH DOCTOR ..
Voice: "malpractice makes perfect"

Zeus
(Lord of Olympia)

Sejarah: Zeus , dewa dari semua dewa . mungkin gak perlu dijelasin lebih lanjut , semua pasti udah tau ama yg namanya Dewa Zeus haha ..
History in Game: sebelum perang dimulai , dia waktu itu masih jadi dewa . tapi akhirnya Zeus nukar keabadiannya untuk turun ke Bumi dengan tujuan memberantas undead Scourge .. tapi waktu jiwa-nya sampai di bumi , kemampuannya gak sedahsyat waktu dia masih jadi dewa .. tapi bukan berarti dia di bumi jadi lemah , dia masih bisa datangkan hujan petir yg bisa membunuh musuh dimanapun .
Kemampuan Khusus: pengontrol petir .
DOTA: [Sentinel] dia ini hero nukers , soalnya dia nyerang pake spell (skill") . dia salah satu nukers terbaik di DOTA .. Zeus ini jadi ancaman banget di early - mid game , animasi skill-nya cepet nyampe ke musuh , jadi combo-nya mematikan .. bahkan di late dia makin serem kalo build-nya bener .
Voice: "immortality was overrated. this is much more interesting"

==============================

oke , akhirnya selesai juga , itu dia 42 hero INT di DOTA 2 .. makasih dah ngikutin dari yg hero" STR kemaren yah . inget , walaupun kalian gila DOTA / game lain jangan sampe mengabaikan real life! kayak yg gue bilang di awal , jadilah gamer yg elegan bro .. harus Bijak Bermain Game Online . kalo misal siang malem DOTA-an mulu tapi bisa jadi kayak Na'vi / EG dll yg orang"-nya jadi milyuner cuma dari DOTA mah gpp , lah ini cuma ngabis"-in duit biling & badan letoy begadang mulu ampe kurang tidur lupa makan, apalagi kalo jomblo kelar idup lo :p

dan mohon banget buat yg mau copy paste semua ini, cantumkan sumber ya! gue dah liat beberapa blog yg copy mentah" tanpa cantumin sumber dan itu mengecewakan bgt .
dan sorry untuk kurang lebihnya tulisan gue ya, kalo ada kesalahan dsb kalian bisa comment aja.. trus kalian jg bisa baca di kolom komentar utk keterangan lebih lanjut untuk beberapa hero.. makasih ya yg udah mau nambahin penjelasannya.
see you & happy gaming~

Related Posts

Related Posts

43 comments

  1. cuma sedikit tambahan saya pernah membaca bahwa viper itu hewan peliharaan pugna dan untuk enigma, keeper of the light, io, sama chaos night itu dijuluki the four fundamentals, sama satu lagi razor sama visage itu penjaga narrow maze

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dikit tambahan aja bro... klo temen" pake silencer awal" fokus aja build itemnya ke int-nya. Nanti jadi raja nge kill bang.. trs klo udh pake aghanaim scepter (sory klo tulisannya salah) global silencenya jg nyedot HP ama MP nya juga loh (klo di dota warcraft, kalo di dota 2 mungkin berubah). Klo udh pake scepter tambah dagon aja biar pny skill nuke..

      Delete
  2. Tambahan Min
    Necropos Itu Guru Terrorblade/ILLidan
    dia ngajarin Terrorblade Nguasain Ilmu illusi/ skill 2 sama SS nya atau Sunder
    Terus Terrorblade Belajar Sama Pit Lord Bisa Metamorfosis / berubah skill 3 nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setau saya terrorblade dipenjara dimana gitu.penjara buat iblis,jadi didalam setiap sel ada cermin yg bikin para tahanan stress,tapi terrorblade ngendaliin bayangan ini dan gara gara cermin ini juga bisa yg jadi gedenya terrorblade min,terrorblade juga iblis yg paling ditakuti diantara iblis lainnya

      Delete
  3. iya bro enigma itu adalah tuhan nya dota 2,paling suka waktu nonton animasi nya yang dia bilang iam the beginning and the end

    ReplyDelete
  4. Setahu saya Wynter wyvern itu Itu dibangkitin sama ll=ich,Terus dia blajar esnya dari lich.Coba lihat dota2 responses Dia ngomong bahasa inggris apatuh sama lich.Sry jadi ga enak

    ReplyDelete
  5. Ultiny warlock bknny chaotic offering ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh iya lupa, rain of chaos itu di warcraft... nuhun~

      Delete
  6. ane sukanya dzzle bro... hard supportnya keliatan

    ReplyDelete
  7. Thanks gan bwat profile nya.ane suka banget ame furion/nature's prophet.

    ReplyDelete
  8. nice story min :)

    ReplyDelete
  9. Hero utama ane winter wyvern,witch doctor,Crystal maiden dan role ane jelas Lane support dan hard support tp ane baru sadarin hero ane intel semua ya ckckck

    ReplyDelete
  10. terrorblade terbang ga sih?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga.. walaupun punya sayap.. klo aslinya mungkin terbang

      Delete
  11. Huskar itu favorite bgt,gakribet dan gakada yg namanya nm (no mana) kalo pake huskar. Kalo udah lv 6 ane udah serasa paling hebat gitu,loncat dan bakar²an wkowkwok. Btw nice artikel dehh��

    ReplyDelete
  12. Ko pit lord gak keluar ya di dota 2?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kluar tuh jdi under lord di dota2

      Delete
  13. min klo pemula pake hero apa ya?

    ReplyDelete
  14. suara naga sirem serem njirr sama suara TA indah banget ya coba dengerin !!!

    ReplyDelete
  15. yang buat blog kocak juga, milih kata-katanya pas, ngakak-ngakak saya bacanya hahahahahaa

    ReplyDelete
  16. alleria windrunner itu saudaranya sylvannas windrunner, jadi orang yg berbeda

    ReplyDelete
  17. Yg kocak witch doctor wakwkakkwakwk.. Eksperimen sampe berbahaya trus baru dibantu lich king

    ReplyDelete
  18. Sekedar nambahin dikit, setauku techies itu ada 3 Squee, Splee, sama Spoon.....Nah yg spoon itu yg ada didalem tong, coba liat noh ada tangan kecil tuh di pict techiesnya, hehe^^

    ReplyDelete
  19. Tambahan buat slark min,dia itu di penjara dulunya di penjara dark reef.penjara itu merupakan penjara paling bengis di seluruh dunia, ga ada yang bisa kabur dari situ. Nah ada 12 orang yang ngerencanain kabur dari situu. Nah si slark denger, dan jadi orang ke 13. Setelah dia pada nyoba kabur ke 12 orang ini mati. Dan slark manfaatin itu buat kabur. Dan akhirnya slark bisa kabur dari dark reef dan ga ketangkep sampe sekarang

    ReplyDelete
  20. kalian kok pada tau asal usuk dota bri? main warcraft lagi atau searching? ini blog yang buat keren. infonya megang buat pecinta gamer dota.

    ReplyDelete
  21. makasih infonya. tertolong sama penasaran asal usuk hero dota. hahahah. ini blog cocok jadi bacaan pecinta game dota2. kalau mau tau info lebih detail nyari di mana bro? main game warcraft atau searching?

    ReplyDelete
  22. kalau gwa sihh sukanya ursa kalau game baru mulai aja sering first blood :D masuk ke markas musuh yang nunggu bounty langsung di serang dehh langsung first blood

    ReplyDelete
  23. Asiik bener gan jelasinya , lanjut dhhhh

    ReplyDelete
  24. Ggwp artikelnya min.
    Enak dibaca karena pake bahasa sendiri dan gak copas dari blog lain. Kadang ngakak juga bacanya wakakakakk. Nice info dah ����

    ReplyDelete
  25. visage tu bukan dari es tapi dari arwah gentayangan

    ReplyDelete
  26. Voice favorit ane itu si PA yang bunyinya gini "im here to blur the line between life and death"

    ReplyDelete
    Replies
    1. P.A mah yg bagus responsenya yg ini "its all coming back into a Focus" sama yg ini "Assasination is nature's way"

      Delete
  27. AdaTambahan min hero kesukaan gw invoker, dia sebener nya temenan sama skywraith... Dlu tuh penyihir paling bisa 1 sampai 4 spell dan penyihir terbodoh itu ogre magi, coba aja kill invoke pake ogre magi dia bakal ngmng sesuatu

    Nah knp dia belajar 10 spell dengan mengorbankan ingatan nya
    Jadi lupa semua teman-teman nya dan beranggapan klo invoker ini sombong padahal dia ngorbanin daya ingat nya untuk spell tersebut

    ReplyDelete
  28. Gue paling suka Tinker soalnya main instant damage terus realm instant damge lagi deh

    ReplyDelete
  29. Gue paling suka pudge ama mirana soal nya heronya pakek insting dan teori :v

    ReplyDelete
  30. Makasih gan gue jadi tau asal usul tinker kapan kapan tambah lagi apa gitu story atau apa kek pokoknya josss...

    ReplyDelete
  31. cuma pendapat sih, kayaknya necropos itu terinspirasi dari guldan di warcraft, kalau di lihat daari skill dan film warcraft sama sama bisa menyerap nyawa untuk menambah nyawa, sama sama megang tongkat, warnanya sama sama hijau, dan liat aja bentuk atau postur tubuhnya mirip wkwkwkw

    ReplyDelete
  32. min setau saya, untuk skywrath mage dia itu punya temen yang sangat deket dia itu anak pertama dari ratu skywarth nah dia ini suka ama si doi dan ingin menjaga dia, tapi karena pembelajarannya jadi terhambat akhirnya dia fokus buat pelajarin sihir-sihir skywrath, tapi selama proses pembelajarannya itu ada insiden terjadi dimana si putri pertama ini di curangi sama adiknya terus dia dipotong sayapnya dan dibuang kebumi (nanti dia jadi vengefull spirit), karena ketidak mampuannya ini dia akhirnya bersumpah untuk mencari cara untuk mengembalikan sosok skywrathnya kembali setelah dia mengetahui kalau wanita yang paling dia cintai itu menjadi vengeful spirit

    nah terus untuk teechies, mereka bertiga itu sangat suka merakit bom dan punya semacam perusahana sendiri ntah namanya teechis.inc apa teechies corp, dan mereka udah lakuin berbagai macam ekspreimen dan penelitian untuk meneliti bom dengan kekuatan yang dahsyat, mereka gak bakal segan ledakin apapun untuk bereksperimen dengna bomnya, suatu ketika bahkan mereka meledakan kantornya sendiri dengan bom yang baru saja mereka temukan ( kemungkinan ini asal muasal skill 1 ) lalu suatu ketika mereka menemukan lagi bom yang lebih kuat berkali-kali lipat dari bom sebelumnya dan kali ini object eksperimen mereka kampung halamannya sendiri, dan al hasil ketika diledakan kampung halamannya alias desa tempat tinggal squee, splee ama spoon ( kemungkinan ini asal muasal skill ultinya ) untuk makhluknya sendiri, squee itu yang nembak pake bazooka, splee yang ngedorong gerobak, spoon yang didalam gentong

    ReplyDelete
  33. Perasaan bukan sama dragonus deh, tapi rubick

    ReplyDelete
  34. Kalau mau tau lich king itu siapa coba main world of warcraft

    ReplyDelete
  35. Bocah 8BIT mana nih kok kaga muncul yak? Wkwkwkwkwkwkw

    ReplyDelete