--> Tips Bermain Rules of Survival Dan Berbagai Ulasan Lainnya - Rovylicious
w9vb7L0M7j9qO5VekXjh9f4upwh86ATk0lG5dKZM

Tips Bermain Rules of Survival Dan Berbagai Ulasan Lainnya

*copas = cantumkan sumber .
if u don't want someone to copy your content ,



so don't copy others and make it yours .
show your respect*


Rules of Surival

Sebenernya sebelum NetEase bikin game ini, Tencent (perusahaan teknologi China pemilik Heroes Evolved, Mobile Legends, Candy Crush sampai League of Legends) di tahun lalu itu udah punya wacana untuk bikin game baru dengan type Battle Royale semacam PlayerUnknown's Battlegrounds (PUBG). Tapi ternyata rival mereka yaitu NetEase ini yg malah bikin Battle Royale duluan, yaitu Rules of Survival di awal-awal November 2017 kemarin.

Rules of Survival pertama kali ada di iOS, trus akhirnya mendarat juga di Android selang beberapa minggu kemudian. Permainan ini sistemnya gak sulit, kamu bakal jadi salah seorang (kalo main solo) di dalam pesawat yg isinya ada 120 orang. Sampai batas map yg ditentukan, kamu bebas mau terjun payung di wilayah mana aja. Sehabis mendarat, secepat mungkin cari senjata & armor untuk bertempur ama pemain lain yg 119 orang lainnya di pesawat tadi itu. Jadi intinya ya bertahan hidup aja di pulau itu dengan 'rules' ngebunuh atau dibunuh, simple as that.

Gimana kalo pemain satu dengan yg lain gak ketemu-ketemu apalagi kalau di map sisa 2 orang? Disini ada 'Safe Zone' yg refresh tiap berapa menit sekali, semua pemain harus menuju safe zone itu supaya gak kena radiasi (Blue Zone). Jadi mau gak mau, semua akan bertemu pada waktunya karena semua bakal menyelamatkan diri menuju safe zone.

Jujur, awalnya agak kurang sreg ama game ini. Bukannya apa-apa, aing agak kurang greget kalo main tembak-tembakan di mobile, susah kontrolnya! Wkwk.. Tapi karena temen-temen pada ngajak main, yaudah ikutan main deh untuk ngeramein aja (gak niat jadi GG, intinya mau ngeramein aja & biar gak dimusuhin). Pas udah nyoba sendiri, pertama kali yg gue liat grafik dari game ini sendiri dibuatnya gak main-main, gak sembarangan. Rules of Survival punya kualitas 3D yg gak bisa diremehkan. Kesulitan ya paling ada di kontrol sih, untuk yg gak terbiasa main tembak-tembakan (atau FPS) di mobile, ini lumayan sulit tapi cukup menantang.

Disini mainnya bisa Solo, Duo, ama Squad (max 5 orang CMIW). Kalo main tim, banyakin kerjasama & jangan maruk buat ambil semua senjata / armor / medikit, bagi-bagi ke temen yg lebih butuh. Selain kerjasama taktik juga penting sih entah main Solo atau Squad, soalnya selain ada banyak musuh itu Safe Zone juga terus mengecil. Pilihan ada di pemain, mau bertahan atau menyerang.


Item Dan Equipment Rules Of Survival

Rules of Survival
pict: play.google.com
Kebanyakan pemain itu terjebak nostalgia dalam milih-milih loot sampai akhirnya kena blue zone (radiasi), darah sisa 50% panik trus buru-buru ke safe zone dan apesnya gak ada kendaraan. Udah nyampe safe zone darah sisa 20%, lagi isi darah "JEDDER!!" kena one hit ama musuh. Itulah pentingnya ambil equip & item itu jangan kelamaan / sibuk ambilin semua sampe akhirnya bag full & bingung mau drop apa, padahal blue zone udah jalan. Kalo blue zone wave pertama damage gak begitu sakit, tapi kalo wave selanjutnya sih udah gak bisa di kompromi damage radiasinya bang! Penting banget pokoknya ambil barang seperlunya, dan bisa berfikir cepat mana yg dibutuhkan mana yg enggak biar bag gak full.

== Item ==

1. Sports Drink - Ini item yg bisa nambah movement speed & health (secara regen) selama 2 menit, lumayan berguna dipake kalau udah kepepet lagi di blue zone & mau lari menuju safe zone.

2. Kit - Item yg amat sangat penting, untuk nambah darah / HP. Disini kit terbagi 3 dari yg paling kecil Bandage (nambah sedikit HP), Med Kit (setengah HP), ama First Aid (full HP).

== Equipment ==

1. Bag - Berfungsi untuk bawa barang bawaan, soalnya kalo gak ada bag itu item/equip apapun yg bisa kita ambil terbatas. Bag sendiri terbagi 3 level, makin besar level makin besar juga kapasitas barang yg bisa dibawa.

2. Armor - Sama kayak tas, armor juga bisa nambah kapasitas barang yg dibawa. Tapi fungsi utama armor untuk nambah defense, dan terbagi dari 3 level juga.

3. Helmet - Terbagi dalam 3 level, helm untuk nambah defense & memperkecil kemungkinan kena Headshoot.

4. Ammo - Peluru alias amunisi buat senjata. Ammo ada 5 macam yaitu untuk Handgun / Pistol (warna merah), SMG / Sub Machine Gun (biru), SR / Sniper Rifle (hijau tua), Rifle (hijau), Shotgun (cream).

5. Range Weapon.

  • Handgun - Ada 2 Handgun disini yaitu G18C ama Desert Eagle (yg punya damage lebih bagus). Untuk serangan jauh Handgun gak guna, tapi di awal-awal mendarat Handgun cukup membantu lho.
  • Shotgun (SG) - Senjata paling mematikan di jarak dekat. Ada 3 jenis SG yaitu M1887 SG (2 peluru), M870 SG (5 peluru pake kokang), ama AA12 SG (5 peluru tanpa kokang).
  • Sub Machine Gun (SMG) - Paling cepet keluarkan peluru & dalam jumlah banyak, paling efektif untuk jarak dekat & menengah, kalo untuk jarak jauh gak begitu greget. Ada 3 SMG yaitu MP7 (peluru dikit - jarak tembak dekat), PP19 (jarang tembak sedang & lumayan jauh - kurang stabil untuk jarak jauh), Thompson (jarak tembak jauh & stabil - paling baik untuk SMG).
  • Rifle -  Senjata mematikan & terfavorit ini unggul di jarak dekat, sedang, jauh. Ada 4 macam Rifle yaitu M14EBR (dulu dari air drop aja tapi sekarang dah ada di bangunan juga - damage mematikan - akurasi & stabilitas tinggi), M4A1 (stabil tapi gak begitu mematikan - 4 slot aksesoris tambahan), AR15 (akurasi tajam - damage mematikan - 3 slot aksesoris tambahan), AKM (Rifle paling mematikan - akurasi kurang stabil - terbaik di jarak dekat & menengah).
  • Sniper Rifle (SR) - Senjata mematikan jarak jauh, terbaik kalau pake scope 8x. Ada 4 SR yaitu Barret (dari air drop - SR dengan damage & akurasi terbaik), AS VAL (dari air drop - akurasi & stabilitas tinggi - cukup mematikan), AWM (scope bawaan 4x - damage mematikan tapi sekali tembak keluar mode scoop), SVD (damage di bawah AWM - kapasitas peluru banyak - sekali tembak gak keluar dari mode scoop).
  • Light Machine Gun (LMG) - Senjata dari air drop yang cukup mematikan, kapasitas ammo besar (sekitar 100) & punya damage serta fire rate yg tinggi. Untuk Ammo, LMG pake Ammo Rifle.

6. Melee Weapon.

  • Fists - Pukulan pakai tangan, damage terendah.
  • Frying Pan - Panci, damage sedang.
  • Crowbar - Linggis, damage melee paling besar.
  • Rubber Chicken - Ayam batangan gitu, damage lumayan gede & uniknya ini satu-satunya melee weapon yg nambah movement speed waktu lari (dalam posisi dipegang ya).
7. Throwable Weapon.

  • Stun Grenade (tactical) - Kayak Flashbang, hilangkan penglihatan yg kena selama 7 detik.
  • Smoke Grenade (tactical) - Bom asap, berguna untuk kabur / sembunyi.
  • Grenade (explosive) - Bom granat yg bisa kasih efek instan kill & knockdown.
  • Molotov (explosive) - Ngebakar arah yg dilempar dengan radius besar selama beberapa detik.
  • Exploding Chicken - Kayak bom granat, tapi ini ada efek nge-throw musuh juga. Campuran tactical & explosive sepertinya.
8. Aksesoris Tambahan.

Ini aksesoris tambahan yg bisa ngebuat senjata makin maksimal fungsinya, tapi gak semua senjata bisa dikasih aksesoris contohnya kayak Handgun ama LMG. Aksesoris ini ada 5 yaitu Scope, Muzzle, Grip, Magazine, ama Stock.

  • Scope - Scope ngebantu dalam ngebidik musuh yg lebih terarah & lebih baik, terutama untuk musuh yg ada di jarak lumayan jauh. Scope sendiri ada 5 jenis yaitu Holo Sight & Red Dot Sight (untuk bidik jarang sedang), 2x Scope (lumayan jauh), 4x Scope (jauh), 8x Scope (sangat jauh).
  • Muzzle - Ini moncong dari senjata, fungsinya macem-macem. Tipe utama Muzzle ada 5 jenis yaitu SG Choke (supaya tembakan Shotgun lebih terarah & nambah akurasi), Flash Hider (redam cahaya yg keluar dari tembakan kita), Smoke Hider (hilangkan asap dari senjata sehabis kita nembak), Compensator (tambah akurasi supaya lebih stabil & akurat), ama Silencer (tambah akurasi & redam suara tembakan, jadi gak terdeteksi di map).
  • Grip - Ini fungsinya supaya senjata jadi lebih stabil. Ada 2 jenis nih, Foregrip (untuk SMG - kurangin gerakan vertikal & horizontal) ama Triangle Grip (untuk Rifle - cuma sedikit kurangin gerakan vertikal & horizontal).
  • Magazine - Magazine ini berhubungan ama Ammo, fungsinya juga macem-macem. Terdiri dari 3 jenis yaitu EX-Mag (nambah tampungan peluru dalam 1 senjata), QD-Mag (percepat reload), EX-QD-Mag (fungsi gabungan dari yg EX ama QD). Magazine cuma untuk Rifle, SMG, ama SR, gak tersedia untuk SG ama Handgun.
  • Stock - Ini item sebagai pelengkap juga, tapi rata-rata fungsinya sama kayak Grip & Magazine gitu deh. Stock sendiri ada 3 yaitu SG Bullet Loop (percepat reload SG), M4 Stock (untuk M4A1 - stabilkan horizontal & vertikal dari hentakan), ama SR Check Pad (percepat reload SR - kurangin hentakan vertikal waktu nembak).
9. Vehicles.

  • Bicycle (Sepeda, 2 kursi) - Kendaraan paling lambat di darat, gak ada perlindungan tapi gak menimbulkan suara (gak ada jejak kendaraan di navigasi mata angin).
  • Motorcycle (Motor, 2 kursi) - Kendaraan di darat tercepat, tapi perlindungan cuma dikit.
  • Sports Car (Mobil Sport, 5 kursi) - Mobil yg warna biru ini mobil tercepat & punya NOS, perlindungan saat ditembak lumayan besar.
  • Three-Wheeler (Bajaj, 11 kursi) - Kendaraan yg unik dimana penumpang gak keliatan dari luar jadi bisa dipakai untuk tempat ngumpet.
  • Jeep (Mobil Jeep, 5 kursi) - Mobil Jeep warna kuning, jalannya lelet tapi untuk soal perlindungan ini sangat maksimal, bisa dibilang tanker-nya vehicle. Dan ada NOS juga kok.
  • Hovercraft (Kapal Bantalan Udara, 5 kursi) - Satu-satunya kendaraan di laut yg bisa juga dibawa ke darat, perlindungan gak begitu besar tapi jarang kena tembak juga sih kalo mainnya di laut terus.
  • Speed Boat (Perahu Motor, 5 kursi) - Kendaraan dari laut yg gak bisa dibawa ke darat, perlindungan kurang lebih deh ama Hovercraft.

Tips Bermain Rules of Survival

Rules of Survival
pict: play.google.com
Bukan cuma game ini, dalam tiap game tuh ada orang yg 'bisa main' ama 'jago main'.. Bisa main nih, pegang AKM bisa aja mokad lawan yg pake Handgun. Jago main, ya orang yg pake Handgun itu. Faktor hoki juga berpengaruh, tapi cuma beberapa persen sisanya skill. Skill ini diimbangi ama pengetahuan yg luas untuk game tersebut mulai dari mekanisme bermain, senjata apa untuk kondisi apa, dan yg gak kalah penting main lewat berbagai tips yg ada. Kalo udah kenal secara intens dengan game tersebut, banyak dipelajari soal mekanisme & tips, itu yg namanya hoki gak bakal ada, yg ada pure skill & udah bisa dibilang jago mainnya.

Ini ada beberapa tips pribadi dari gue sendiri nih, pengalaman dari selama ini main. Ya gak jago-jago amat, tapi sehari bareng squad tetap (temen) dapet lah minimal Chicken Dinner alias rank 1. Dan tips ini kayaknya untuk pemain lama atau pemain PUBG dkk udah cukup familiar deh, jadi ini kayaknya lebih khusus buat yg baru mau main / pemain baru dari Rules of Survival atau game type Battle Royale lainnya.

1. Usahakan Cepat Mendarat.
Ini salah satu awal yg penting, intinya lebih cepat mendarat ya lebih cepat juga ambil senjata & armor, giliran ada yg telat mendaratnya tinggal tembakin. Semua emang bakal kebagian loot sih kalo udah mendarat, tapi ya tetep aja chance dapet loot lebih banyak & lebih baik itu besar dibandingkan ama yg telat mendaratnya. Trik biar mendarat cepet ini sih tiap orang beda-beda, intinya itu angka di itungan Km bikin mentok ke yg paling tinggi. Kalo tujuan masih agak jauh jangan dibikin mentok, dibikin ngambang dikit biar mendaratnya jauh juga (tapi bisa dipastikan mendaratnya bakal telat).

2. Kuasai Map.
Gak perlu di kuasai banget sih, seenggaknya dipelajari aja. Semua area itu kan biasa ada yg loot-nya jelek-jelek tuh, next time hindari aja tempat itu kalo ampe berkali-kali dapet loot yg jelek mulu. Trus itu biasa ada rumah (putih-putih di map) ya dijarah aja isinya trus tau kapan waktu yg tepat buat move ke titik selanjutnya, kapan harus muter jalan, lewat mana yg tercepat, dll.

3. Perkirakan Safe Zone.
Ini sebenernya pengetahuan yg udah agak basi, tapi yg jelas baiknya 1 menit blue zone mau jalan mending langsung lari menuju ke safe zone (kalo lumayan jauh). Gak lucu kan udah dapet item & equip mantep endes cucok meong, eh matinya kena blue zone.

4. Selalu Cari Tempat Berlindung.
Harus selalu aware ama lingkungan sekitar, kalo ragu untuk rush mending ngumpet-ngumpet dulu aja alias ngendok. Tempat berlindung itu ada dimana aja, bisa di dalam rumah atau kalo berani ya tengkurep aja di bukit & dalem rerumputan. Dimana aja boleh, yg penting jangan terlalu vulgar / gampang diliat musuh. Liat-liat juga di belakang (kalo main solo), nanti fokus di depan malah dibokong deh. Tempat teraman sih buat 'ngendok' di dalem rumah yak, masuk aja ke dalam kamar trus siapin Shotgun isi 5 peluru (recommended) buat siapa aja yg buka pintu langsung tembak aja endasnya. Trus buat yg mau agak nge-troll atau bisa dibilang ngendok next level, ngumpet aja dalam bajaj tapi jadi penumpang. Itu dari luar gak akan ada yg tau ada orang di dalem bajaj (kecuali kalo bajaj di tembakin, harus keluar sebelum meledak!). Paling enak ngumpet dalam bajaj kalo ama 1 squad trus pegang Shotgun semua, ada yg mendekat langsung keluar dan "SURPRISE MADAFAKA!!"

5. Berburu Walking Supply / NPC!
Ada Drop Supply (air drop) ada Walking Supply, kalo Drop Supply kan yg kado gede turun dari terjun payung tuh nah kalo Walking Supply ini NPC/Bot dari developer yg ikutan juga di pesawat kita. Ini salah satu cara percepat matching, jadi misal ada 120 pemain gitu di 1 match, itu bisa ada 3 gitu deh pemain Bot nya. NPC ini gak akan ngelawan kalo ditembak, biasa gak pake armor & helm trus jalan-jalan entah kemana atau merayap gak jelas gitu wkwkwkwk.. Nah trus kan Blue Zone wave pertama jalan setelah 4 menit, semakin lama ketemu NPC ini semakin bagus, misal Blue Zone jalan 1 menit lagi trus ketemu NPC, itu barang drop dari NPC ini bagus-bagus. Kenapa? Soalnya pas mendarat, NPC ini nge-loot juga. Tapi gak usah diburu juga sih, cuma kalo ketemu player dengan ciri-ciri NPC gini gak usah takut walau dia pegang senjata jadi langsung tembak aja (tetap jaga jarak, takutnya itu malah ada yg nyamar jadi NPC).

6. Buka Pintu Jangan Langsung Masuk.
Ini moment terbangke, nemu rumah gede buka pintu langsung masuk eh jedderrr ada yg ngendok dari samping. Setiap rumah belum tentu aman, bisa aja posisi kamu udah dipantau ama musuh di dalam rumah itu, tinggal dia sleding aja tuh.

7. Tutup Pintu Setelah Keluar / Masuk Rumah!
Ini salah satu cara untuk menghilangkan jejak. Kadang nih kalo ketemu rumah, pintu pada kebuka, yaudah waspada deh trus jalan jinjit soalnya siapa tau ada yg lagi ngendok dalem rumah itu. Gue pernah nemu gitu, udah waspada & jalan jinjit karena pintu kebuka semua, dan bener aja ada yg ngendok di dalem & dia gak tau gue lempar granat (laras senjatanya keluar nembus dinding). Jadi mau masuk atau keluar pintunya tutup aja, kalo keluar juga tutup itung-itung buang waktu musuh masuk kedalam rumah lagi karena dia liat pintu ketutup, padahal mah udah habis dijarah semua.

8. Mainkan Brightness.
Ini untuk di HP, kalo dapet map yg berkabut atau malam gitu Brightness bikin full aja biar lebih jelas, jangan disetting auto.

9. Range Senjata.
Ini pentingnya pelajari tentang scope & range dari senjata yg dipegang. Jangan musuh jauh gitu, malah nembakin pake Shotgun. Sebenernya kalau ada musuh yg cukup jauh, sekalipun pake scope 8x tapi gak pake senjata Sniper itu senjata yg dipegang gak akan maksimal. Untuk yg musuh sangat jauh, itu senjata paling maksimal ya Sniper. Sniper pake scope 8x trus Muzzle Silencer, itu bakal jadi combo mematikan banget.

10. Keep Moving!
Kalo udah ngendok, jangan terjebak di ruang nostalgia. Keasikan ngendok malah lupa itu Blue Zone udah jalan & Safe Zone masih jauh. Ngendok boleh, tapi kalo Safe Zone mayan jauh ya terus bergerak aja. Intinya sama kayak pelajari map, harus bisa ukur situasi.

11. Pakai Headphones / Speaker.
Ini salah satu tips penting, kamu kudu redam suara dari luar & konsen ke game untuk dengar suara langkah kaki. Emang sih kalo ada langkah kaki itu muncul di navigasi mata angin, tapi kalo yg jongkok gitu gak akan ada tandanya, tandanya ya cuma denger lewat audio aja soalnya masih ada suara langkah kaki kecil.

12. Laras Senjata Jangan Keluar Dinding.
Kadang ada yg ngendok nih, tapi laras senjata atau kakinya keluar gitu (nembus dinding). Itu mah enak banget di bully, tinggal lempar granat aja. Ini hal kecil yg sebenernya penting banget, dan kadang terlupakan ama para pemain karna saking asiknya ngendok.

13. Prioritas Loot.
Untuk masalah ini sebisanya dapetin bag yg level 3 supaya muat bawa beberapa perlengkapan. Sekalipun bag udah level 3, prioritaskan loot yg emang penting / kudu dibawa. Jangan kebanyakan Ammo, kasih space buat yg lain. Standar sih dari pribadi nih kalo Ammo Rifle & SMG biasa bawa 300, SG 100, SR 120-an, Handgun 30. Untuk bomb prioritas yg damage aja kayak granat atau molotov, selebihnya ya masing-masing 1 smoke & flashbang (stun grenade). Trus banyakin kit, itu bandage yg kecil-kecil bawain aja maks 20 & Medkit apalagi First Aid wajib bawa (kalo ada temen yg lebih membutuhkan, kasih ke mereka).

14. Main Sabar.
Kalo ada musuh lewat itu jangan langsung tembak, misalnya liat dulu sekeliling dia ada bangunan yg bisa bikin dia menyelamatkan diri gak? Kalo gak ada, tembak aja. Kalo ada, kamu nembak itu malah ngasih kode buat musuh-musuh lainnya di daerah situ buat nyerang & ketahui keberadaan kamu. Musuh yg kamu target, malah selamat. Jadi musuh yg kamu liat & langung tembak itu belum tentu 100% pasti mati, belajar situasi aja. Trus banyak hal-hal lain yg dituntut untuk sabar, ya salah satunya bisa ngendok dulu aja walau pasti bosen banget, tapi seenggaknya biarin aja itu musuh-musuh diluar pada perang. Kamu keluar seperti inspektur vijay disaat mereka udah dikit, udah lelah, dan kehabisan Kit hahaha..

15. Jangan Malas Untuk Merayap (Z) & Jongkok (C).
Kadang ada yg ngeliat rumah langsung nafsu banget, lari cepet ke rumah itu tanpa dia tahu kalau langkah kaki dia itu udah keliatan di navigasi mata angin & musuh mulai waspada. Sukur kalau rumah itu kosong, kalau ada musuh? Musuh pasti langsung ngendok & bisa-bisa ngebokong kamu. Jadi kalau ada nemu rumah usahakan selalu jongkok ya, jangan lari. Dan kalau safe zone udah mengecil, 90% movement usahakan selalu jongkok / merayap aja. Tapi kalau merayap & mau nembak jangan di semak belukar / rerumputan, itu musuh di sekitar gak akan keliatan ama aim kita.

16. Jangan Cepat Tergoda Air Drop.
Percayalah, persentase kematianmu lebih besar kalau tergoda air drop. Untuk lari ke air drop bagusnya di 2 waktu nih, di waktu air drop itu pertama kali turun atau udah lama turunnya (yg cahaya merah ke langit udah ilang tapi resiko ya udah diambil orang isinya). Biasa kalo waktu turunnya air drop itu udah lumayan lama tapi cahaya merah masih ada, itu dari berbagai penjuru mata angin udah pada ngintai pake scoop 8x wakakakakakak.. Jadi jangan cepat tergoda kalo di perjalanan ketemu air drop, pelajari keadaan sekitar dulu. Atau kalo emang udah nafsu banget, lempar smoke grenade dulu ke air drop itu trus loot deh tapi yg fast hand jangan ampe smoke grenade itu habis efeknya.

17. Perhatikan Menu Setting.
Yang diperhatikan disini ya atur-atur aja tuh di setting kan ada pengaturan tentang sensitivity, camera, trus beberapa hotkey dll itu diganti-ganti aja sampe nemu mana yg enaq siapa tau cocok. Tapi kalo di bawaan dari pertama main udah enak, yaudah gak perlu di utak atik.

18. Jaga Jarak Dengan Teman Squad.
Jangan terlalu jauh jangan juga terlalu dekat apalagi mepet. Yang penting masih bisa saling ngeliat satu sama lain aja, soalnya kalau terlalu jauh salah satu ada knock down bakal susah nyelamtinnya, sempet metong yg knock down disamperin musuh. Kalau terlalu dekat, bakal jadi mangsa empuk musuh apalagi kalau udah pake scoop 4x atau 8x. Terlebih lagi kalau saling mepet, itu peluru nyasar aja pasti bakal kena. Kalau pada gak mepet, musuh juga pasti bingung mau aim yg mana.

19. Trik Minimalisir Recoil/Hentakan Senjata.
Coba deh aim ke satu titik, trus tembak (tap fire/klik kiri tahan untuk PC). Ada beberapa peluru yg nyasar atau offside dari titik yg ditarget? Nah itu recoil, efek dari hentakan senjata. Jadi sebenernya senjata itu mau dikasih aksesoris apapun masih tetep kok gak stabil-stabil banget, seenggaknya aksesoris itu buat minimalisir aja. Ada satu trik lagi supaya recoil ini gak parah banget, yaitu klik lepas klik lepas. Jadi kalau main di PC nih, pake mouse, itu pas nembak (klik kiri) jangan ditahan klik kirinya, sambil di lepas trus tembak lagi, lepas lagi. Ini trik sebenernya udah familiar banget untuk para pemain FPS terutama Counter Strike ama Point Blank kan hahaha.. Gitu juga ama yg main di smartphone, tap lepas tap lepas, kalau di tap terus itu senjata bakal liar dan peluru kebanyakan nyasar semua. Bisa juga mainkan single/auto target (B) untuk senjata, bedanya auto itu peluru masih beberapa kali nembak setelah klik/tap dilepas, kalau single ya sebaliknya. Kalau di PC ya tergantung enaknya mau single/target, kalau mouse yg klik kiri keras agak sulit pake yg single, makanya main FPS penting juga kalau main di PC mouse yg klik kanan atau kirinya waras tuh.

20. Bawa Senjata Apa Aja?
Disini senjata utama bisa bawa 4 aja yaitu 1 Handgun, 1 Melee weapon, ama 2 Range weapon (anggep aja primary & secondary ya). Nah terpenting diperhatikan yg range weapon nih karena ini senjata paling utama kalo lagi berantem. Sedikit tips dari gue pribadi soal 2 range weapon ini (terutama pemain solo ya), jadikan 1 senjata utama (primary) dan satunya lagi cadangan (secondary). Dan 2 senjata ini bedakan aja dari range & unsur lainnya, jadi misal 1 senjata untuk jarak dekat 1 lagi untuk jarak menengah - jauh. Misal primary bawa Rifle, secondary gak perlu SMG, bawa aja yg instan hit kayak SG (dekat) atau SR (jauh) dan itu lebih baik. Jangan juga pasangkan SG ama SR, gak ada senjata tempur. Minimal bawa 1 Rifle / SMG. Tapi beda cerita kalo main Squad ya, kalo emang udah ada yg tugas/posisi wajib selalu main SR yaudah secondary nya sah-sah aja SG, yg penting temen-temen di squad udah pada banyak yg bawa senjata tempur kayak AKM atau MP7. Untuk solo, yg mantep dari gue pribadi sih bawaannya Rifle AKM atau lebih baik kalo ada M14EBR dengan aksesoris yg udah lengkap (300 peluru), SR AWM (100 peluru), Handgun Desert Eagle (50 peluru), Crowbar, 2 bom explosive, masing-masing 1 smoke & stun grenade. Tapi ini kembali ke playstyle ya, tiap game itu mau barang gimana tapi kalo playstyle jokinya emang ber-skill, bukan cuma bisa main, pasti dijamin jago deh. Jadi soal bawaan senjata ini up to you, atur aja enaknya bawa apaan karna tiap orang emang beda-beda.

21. Bagusnya Turun/Mendarat Dimana?
Ini gue kasih pemetaan mendarat terbaik dimana untuk yg lumayan safe & loot juga bagus. Tapi disini gue tekankan ini gak ada ketetapannya ya, bisa aja yg biasa guenya bagus tapi pas ada yg nyoba dapetnya zonk, dan itu sangat mungkin.


  • Merah: Loot lumayan bagus, tapi cukup berbahaya (banyak player juga kesitu).
  • Hijau: BIASANYA, setiap kali gue turun di area lingkaran hijau ini loot selalu bagus. Yaa minimal dapet lah M4A1 ama armor / helm level 3. Tapi ini gak selalu bagus ya, makanya gue bilang BIASANYA.
  • Biru: Loot yg bagus ada yg penting rajin menjelajah satu gedung ke gedung lainnya aja. Tapi kalo lagi apes, loot jelek-jelek banget.
  • Putih: Garis Safe Zone. Usahakan, kamu tetap berada di perbatasan garis putih itu aja & jangan langsung nafsu ke tengah. Kalau ke tengah, itu bakal jadi target dari berbagai penjuru. Di perbatasan garis putih, masih leluasa untuk intai pergerakan musuh.

Bisa Main Di Smartphone Dan PC

Rules of Survival
pict: idtechype.com
Dulu awalnya gue main ini di mobile alias smartphone ya, berhubung males banget main tembak-tembakan di mobile yg kontrolnya gak begitu leluasa, akhirnya gue pindah main ke PC. Gimana caranya? Ini dia link-nya: Download Rules of Survival PC dan ini untuk mobile ya, di Play Store: Download Rules of Survival Play Store. Gimana cara login di PC? Ini ada 2 pilihan, login pake akun yg di smartphone atau login via akun Facebook/Google. Kalo mau login pake connect-in akun smartphone ke PC, habis download buat PC itu install blablabla, pas udah masuk dalam menu utama nanti ke pojok kanan bawah liat ada tulisan "PC LOGIN" trus klik, begitu juga di smartphone. Nanti kalo udah sama-sama klik yg PC LOGIN, dari smartphone bakal disuruh scan QR Code yg ada di PC itu.

Kekurangannya login pake cara ini, ya otomatis Rules of Survival di smartphone gak boleh dihapus, soalnya tiap mau login harus wajib scan QR Code itu mulu. Awalnya gue pake cara ini, tapi akhirnya baru-baru ini aja (pertengahan Januari 2018) bisa login pake akun Facebook/Google yaudah gue bikin akun baru login via Facebook, akun di smartphone ama yg login pake scan QR Code itu ditinggalkan padahal pangkatnya udah pada Gold gitu wkwk.. Karena udah bisa login via Facebook ini, yaudah Rules of Survival di smartphone dihapus deh.

Jadi saran aja kalo emang niat main di PC mending login via Facebook, yg di mobile mending apus aja. Kalo disuruh pilih main di mobile atau PC, gue jelas pilih di PC karena udah kebiasaan main FPS di PC semacam Counter Strike zamannya masih LAN tahun 2006-an tuh ampe ke Point Blank, jadi ibaratnya ya udah familiar banget lah kalo kayak ginian di PC (walau tetep gak jago-jago amat). Kontrol movement & aim dari PC itu bisa lebih leluasa, that's why server pemain smartphone ama PC ini dipisah ama develop karna kalau digabung ya keenakan para pemain PC. Dan ini juga gak berat kok di PC, minimal RAM 4GB aja udah lancar mainnya.

==========

Kelebihan game ini ya secara pribadi gue ngerasa user friendly, kalo main di smartphone gak bikin smartphone kita cepet panas, banyak yg main (awal Februari 2018 udah 100 juta download total dari pemain PC, iOS & Android), UI gak ribet, map gak besar gak juga kecil, dan yg terpenting GRATIS (keluarin uang kalau mau beli kostum dll di shop). Kekurangan paling masih ada bug contohnya kayak nyangkut di jendela/dinding, ada player yg dari jauh keliatan ngambang ternyata dia lagi dalem gedung tinggi (pantes ditembakin gak ngefek). Tapi bug gini wajar, yg terpenting tiap ada komplain bug selalu ditanggapi, dan itu beberapa bug yg udah dilaporkan ke forum ternyata bener-bener cepat untuk di fix ama pihak NetEase.

Overall game dengan waktu 20 menitan sekali match ini cukup baik untuk ngusir kebosanan. Dengan grafik yg gak 'bocah', banyak juga player jago yg bener-bener memacu adrenalin dan insting bertahan dari seorang survivor. Berani coba?

*Buat yg main di PC add ya: Ramsez, siapa tau bisa main bareng.
Rules of Survival

Rules of Survival

Sumber Refrensi:
Related Posts

Related Posts

1 comment