--> 7 Jenis Sushi Yang Populer di Indonesia - Rovylicious
w9vb7L0M7j9qO5VekXjh9f4upwh86ATk0lG5dKZM

7 Jenis Sushi Yang Populer di Indonesia

*copas = cantumkan sumber .
if u don't want someone to copy your content ,
so don't copy others and make it yours .
show your respect*
Jenis Sushi
michiesushi.com
Jenis sushi itu ada banyak gais, terutama di negara asalnya yaitu Jepang. Saking banyaknya ini, gak semua jenis sushi bisa masuk ke semua negara di dunia. Mungkin ya mau menyesuaikan juga sama lidah atau selera orang-orang di negara tersebut kali ya.

Nah untuk di Indonesia sendiri, seenggaknya ada 7 jenis sushi yang populer dan gampang ditemuin di sebagian besar resto sushi disini.

1. Inarizushi

Inarizushi
Inarizushi (rotinrice.com)
Ini bentuknya juga unik, tapi kayaknya gak begitu familyar deh sama orang yg gak terlalu suka makan sushi. Jadi bentuknya ini kayak sebuah kantong, yg mana bagian luarnya itu terbuat dari Aburage (tahu goreng) tipis yg dimasak pake soyu sama gula.

Abis itu, di dalemnya diisi deh sama shari ama neta. Citarasa dari sushi ini manis, di luarnya krenyes tapi dalemnya lembut. Untuk isinya biasa ada neta Tobiko (telur ikan), ini enak euy. Tapi paling lumrah sih biasanya tanpa neta ya, jadi dalemnya shari doang. Btw nama Inarizushi ini berasal dari nama dewa kepercayaan Shinto, Dewa Inari. Asalnya sushi ini sendiri dari Kuil Toyokawa Inari di kota Toyokawa, Prefektur Aichi.

2. Oshizushi

Oshizushi
Oshizushi (gmispace.com)
Ini yg bikin spesial dari cara bikinnya, kalau dari rasa sih ya standar aja mirip kayak Nigirizushi dll. Yang bikin beda dari cara buatnya, pake alat cetakan kayu yang namanya Oshibako.

Jadi pake alat ini nasi dicetak, press, supaya lebih padat abis tuh dipotong-potong jadi persegi empat. Abis tuh diatasnya ditaruh neta deh.

3. Sashimi

Sashimi
Sashimi (favy-jp.com)
Ini termasuk sushi juga sebenernya, tapi punya konsep yg sedikit berbeda dari sushi pada umumnya. Kalau sushi itu potongan shari sama neta, kalau sashimi itu cuma potongan neta seafood kayak salmon, tuna, jellyfish, dll. Dan semua mentah, trus disajikan tanpa shari.

Kalau sashimi yg terkenal di Indonesia sendiri tuh yg salmon sama tuna, trus bumbunya soyu sama wasabi. Kadang ada juga disediakan parutan lobak putih sama acar jahe, tujuannya untuk netralisir lidah. Gue sendiri sashimi paling suka yg tuna, lebih cocok di lidah daripada yg salmon hahaha..

4. Nigirizushi

Nigirizushi
Nigirizushi (cookingwithdog.com)
Buat yg gak makan sushi sekalipun, pasti sudah familyar banget sama bentuk sushi yg ini. Ini namanya Nigirizushi yg biasanya lauk diatasnya itu ada salmon, tuna, udang, tamago (telur dadar), atau gurita.

Cara buatnya itu Shari (nasi yg dicampur sama cuka) ditekan sampai bentuknya lonjong dan agak pipih, baru deh diatasnya dikasih Neta (lauk). Untuk Nigirizushi, gue pribadi suka yg salmon sama tamago.

5. Norimaki

Norimaki
Norimaki (localparent.ca)
Selain Nigirizushi, ada lagi nih bentuk sushi yg cukup familyar untuk orang-orang Indonesia, yaitu Norimaki. Untuk yg gak suka makan sushi, ngeliat bentuknya aja udah tau kalau ini salah satu abgian dari jenis sushi. Norimaki dibentuknya pakai alat Makisu (kayak semacam alas bambu), dilipat + press sampai bentuknya panjang & padat, habis tuh dipotong jadi 6 sampai 8 bagian.

Di Indonesia sendiri fusion dari Norimaki ini cukup banyak. Gue paling suka California Roll yg dalemnya biasa perpaduan crab stick, telur, kyuri (timun hijau), sama potongan alpukat.

6. Gunkanmaki

Gunkanmaki (flickr.com/Tano Sushi)
Gunkan itu artinya 'Kapal Perang', soalnya bentuknya kayak kapal. Bentuknya lumayan unik dan biasanya isian lauk dari Gunkanmaki ini agak tumpeh-tumpeh, soalnya lauknya ditaruh gitu aja diatas shari yg udah dilapisin sama Nori (rumput laut) yg dibentuk kayak mangkok.

Biasanya lauk dari Gunkanmaki ini telur ikan atau makanan laut. Kalau mau cobain Gunkanmaki, recommended Kani Maki yg pake crab stick sama saus mayonnaise!

7. Temakizushi

Temakizushi
Temakizushi (ohsushi.es)
Ini bentuknya dah pasti familyar dong untuk pecinta sushi. Dengan bentuk yg mirip cone eskrim ini, metode makannya juga jadi beda, gak bisa sekali hap hahaha. Tapi tergantung, sekarang udah ada kok Temaki mini gitu untuk sekali hap.

Jadi bentuk dari Temakizushi ini kerucut, di luarnya dilapisin sama nori. Dalemnya sendiri ada shari sama neta berupa sayuran, seafood, atau tobiko. Di bahasa Kanji sendiri, Temaki itu artinya 'digulung dengan tangan'.

__________________________________________________

Itu dia 7 Jenis Sushi Yang Populer di Indonesia.
Dari 7 sushi diatas, favorit kalian yg mana nih?
Related Posts

Related Posts

Post a Comment