--> 12 Olympians 'Penunggu' Gunung Olympus - Rovylicious
w9vb7L0M7j9qO5VekXjh9f4upwh86ATk0lG5dKZM

12 Olympians 'Penunggu' Gunung Olympus

*copas = cantumkan sumber .
if u don't want someone to copy your content ,
so don't copy others and make it yours .
show your respect*
12 Olympians
lavanguardia.com
Umumnya, 12 Olympians itu 12 Dewa Yunani yang tinggalnya di Gunung Olympus dan satu sama lain ada hubungannya sama dewa tertinggi yaitu Zeus. Untuk asal mulanya mitologi ini, awalnya dari kepercayaan Yunani.

Menurut kepercayaan mereka, dulu alam semesta ini kosong, disebutnya Khaos. Dari Khaos inilah muncul banyak dewa tua yg disebut Titan, dipimpin sama Kronos dengan Rea sebagai istrinya, dan anak keenam mereka namanya Zeus.

Kayak saudara lainnya, Zeus juga harus dijadikan tumbal untuk Kronos. Karena gak tega, Zeus disembunyikan sama Hera (kakak perempuan + istri Zeus) di suatu tempat. Zeus selamat, dan suatu ketika dia ngasih sebuah ramuan ke Kronos.

Ramuan ini ternyata bikin Kronos muntah, trus semua saudara-saudara Zeus ini keluar dari mulut Kronos dan bersatu untuk perang ngelawan para Titan (penguasa dunia sebelum 12 Olympians) sampai akhirnya menang. Titan ini anak dari Uranus Dewa Langit & Gaia Dewi Bumi yaitu: Okeanos, Hiperion, Koios, Kronos, Krios, Mnemosine, Tethis, Theia, Foibe, Rea, Iapetos, sama Themis.

Akhirnya mereka ini (Zeus dan saudara-saudaranya) jadi penguasa seluruh alam semesta, dan Gunung Olympus jadi tempat tinggalnya. Sebenernya nih, Olympians itu gak cuma 12. Ada yg 'serah jabatan', ada yg menolak jadi Olympians, dan alasan-alasan lainnya. Tapi daftar dibawah ini nih yg bener-bener fix 12 Olympians euy!

1. Zeus

dewa zeus
allgamers.com
Pemimpin atau raja dari semua dewa di mitologi Yunani, disebut sebagai "Ayah para Dewa dan manusia" dalam Theogonia karya Hesiodos. Zeus juga Dewa Langit & Petir, makanya biasanya seniman menggambarkan Zeus ini pegang petir.

Zeus anak paling muda dari semua saudaranya, trus dia nikah sama saudaranya sendiri yaitu Hera (Dewi Pernikahan). Trus Hera melahirkan Athena, Apollo, Artemis, Hermes, Ares, Hebe, Hephaestus, Persephone, Dionysus, Perseus, Heracles, Helene, Minos, dan Mousai.

2. Hera

dewi hera
greekgoddesses.fandom.com
Kalau Zeus raja para dewa, kalau Hera itu bisa dibilang ratunya semua dewa. Ya wajar sih, dia istrinya Zeus, jadi ibaratnya ya ibu negara gitu lah. Dia ini Dewi Pernikahan, selalu digambarkan sebagai dewi yang penuh dengan keagungan.

Biasa disebut juga sebagai lambang kesetiaan, tapi Hera penuh sama rasa dendam dan pencemburu. Dia pernah murka sama Pelias yg ngelakuin pembunuhan di Kuil Hera, sama Paris yg milih Aphrodite sebagai Dewi Tercantik.

3. Poseidon

dewa poseidon
pluggedin.com
Dewa Laut, gempa bumi, dan bapak dari bangsa kuda. Dia punya senjata Trisula yang dibuat sama para Kiklops semasa Titanomakhia, yang biasanya bikin banjir sama gempa bumi.

Poseidon juga pelindung banyak kota di Yunani terutama untuk teritori laut, tapi dia gagal untuk dapatkan Kota Athena. Biasa disebut "Pengguncang Bumi" dan "Pembawa Badai", Poseidon biasanya digambarkan sama laki-laki dewasa brewokan dengan badan kuat yang pegang trisula.

4. Ares

dewa ares
vsbattles.fandom.com
Ares ini Dewa Perang, dan FYI namanya sering banget jadi nickname di game online hahaha.. Ares itu punya dua pengawal utama, Fobos sama Deimos. Trus di Mitologi Romawi Ares ini dikenal dengan nama Dewa Mars, yang juga jadi nama planet paling dekat sama Bumi.

Bulan dari Planet Mars namanya juga sesuai sama dua pengawal utama Ares, yaitu Phobos sama Deimos. Ares biasanya digambarkan dengan laki-laki pake baju perang bawa tombang sama perisai. Hewan keramatnya burung hantu, burung hering, sama ular berbisa.

5. Hermes

dewa hermes
superlist.fandom.com
Hermes ini Dewa Pembawa Pesan. Selain itu dia ini juga pelindung perbatasan, penunjuk jalan, pelindung para petualang, gembala, perdagangan, dan lain-lain. Hermes juga punya tugas untuk memandu roh yang mati menuju ke dunia bawah.

Dia ini anak dari Zeus sama Maia, digambarkan sebagai pemuda yang tampan dan juga atletis dengan bawa tongkat Kadukeus, sandal bersayap, sama topi khas para pelancong. Nama brand Hermes udah pasti dong terinspirasi dari nama dewa yang satu ini.

6. Hefaistos / Hephaestus

dewa hefaistos
pinterest.com
Hefaistos ini Dewa Api, tukang kayu, penempa besi, dan juga pengrajin senjata. Dewa yang sering digambarkan pegang kapak atau palu ini disembah hampir di semua pusat industri di Yunani, terutama di Kota Athena.

Dia ini anaknya Hera, trus juga suaminya dari Aphrodite. Hefaistos biasanya dalam berbagai seni digambarkan sebagai laki-laki berjenggot yg pegang paku sama ala-alat pandai besi. Simbolnya sendiri adalah palu, pelengkung, sama besi landasan.

7. Aphrodite

dewi aphrodite
steemit.com
Kalau dia ini istrinya dari Hefaistos, tapi walau dah nikah Aphrodite punya banyak pacar euy. Salah satu pacar dia ini sesama dewa juga, Ares. Entah ini cinlok antar dewa apa gimana, yg jelas Hefaistos itu penyabar banget.

Aphrodite sendiri itu Dewi Cinta, nafsu, kecantikan, bujukan, dan juga kesenangan. Dia biasanya digambarkan sebagai perempuan yg cantik parah, trus selalu ditemenin sama anaknya yaitu Eros (Dewa Asmara). Lambangnya Aphrodite burung dara, apel, sama kulit kerang.

8. Athena

dewi athena
abstract.desktopnexus.com
Athena Dewi Kebijaksanaan, perang, seni, dan juga pendidikan. Dia anaknya Zeus sama Metis, biasanya digambarkan sebagai wanita dewasa yg pakai pakaian perang dengan helm, tombak, sama Perisai Aegis.

Simbolnya Athena ini Aegis, burung hantu, sama pohon zaitun. Biasanya dia ini disebut juga dengan Pallas Athena atau Pallas Athene, dikenal sebagai dewi yg menolong para pahlawan di medan perang. Kuil Parthenon di kota Athena, Yunani, kuil dari Dewi Athena yg paling terkenal.

9. Apollo

dewa apollo
greek-mythology-pantheon.com
Sebagai Dewa Matahari, cahaya, musik, pengobatan, dan juga penyair untuk di mitologi Yunani dan juga Romawi. Apollo ini saudara kembar Artemis, anak dari Zeus sama Leto. Dia ini punya senjata berupa panah, dan biasa anak panahnya digambarkan berapi-api atau bercahaya gitu.

Busurnya terbuat dari emas, trus hewan keramat untuk Apollo ini lumba-lumba sama burung gagak. Dia ini biasanya digambarkan sebagai pemuda ganteng, rambutnya sedikit panjang, trus bawa banyak benda ya kayak panah sampe rangkaian surat.

10. Artemis

dewi artemis
greek-mythology-pantheon.com
Untuk Artemis ini dia Dewi Bulan, pelindung para hewan, dewi untuk kesuburan dan juga kelahiran. Dia ini saudara kembar dari Apollo, dan sama kayak saudaranya ya Artemis ini juga selalu bawa senjata berupa panah sama busurnya.

Tapi selain itu dia juga punya senjata berupa tombak berburu, trus selalu didampingi sama rusa dan juga hewan-hewan lainnya kayak babi hutan sampe beruang. Dalam mitologi Romawi, Artemis ini namanya dikenal sebagai Diana.

11. Demeter

dewi demeter
writerscafe.org
Dewi Pertanian & Kesuburan yang kendalikan kesuburan tanah, musim, gandum, sama panen. Diceritakan, menurut orang dulu nih Demeter itu dewi yang mengajarkan orang-orang dulu untuk bercocok tanam sampai akhirnya ilmu itu masih ada sampai sekarang.

Biasanya, Demeter digambarkan dengan rambut-rambut yang berasal dari bulir gandum dan ini juga jadi salah satu simbol dia, trus juga bermahkota dan bawa gandum sama obor. Demeter ini anak dari Titan Cronos sama saudara perempuan Zeus.

12. Hestia

dewi hestia
busy.org
Hestia ini Dewi Pelindung Rumah dan juga pelindung keluarga. Dia anaknya Titan Cronos sama Titaness Rhea, sekaligus saudara perempuan Zeus juga. Biasanya Hestia digambarkan sebagai perempuan agak paruh baya dengan kepala berkerudung, simbolnya perapian sama ketel.

Tungku perapian itu dikatakan tempat suci untuk Hestia. Trus di mitologi Romawi Hestia ini dikenal dengan nama Vesta, melambangkan tentang perapian juga. Hestia dikenal sama kebaikan dan kerendahan hatinya, bahkan tiap ada pembicaraan para Dewa lainnya dia gak mau ikut campur. Tapi, Hestia salah satu dewi penting di kebudayaan Yunani dan Romawi kuno.

__________________________________________________

Nah, berdasarkan Patheon Yunani nih Dewa Dewi utama Olympus itu ya 12 nama diatas yaitu Zeus, Hera, Poseidon, Ares, Hermes, Hefaistos, Aphrodite, Athena, Apollo, Artemis, Demeter, sama Hestia, dan mereka ini menciptakan Bangsa Amazon. Pastinya udah familiar ya sama cerita ini kalau sudah nonton film Wonder Woman.

Tapi ceritanya gak stop disitu aja. Hestia akhirnya menyerahkan posisi dia ini ke Dionysius yg akhirnya jadi Dewa Anggur (arak), atau bisa disebut juga sebagai Dewa Pesta. Hal ini dilakukan sama Hestia soalnya dia mau hidup sama manusia, jadi dia nolak untuk disebut sebagai bagian dari anggota Olympus. Tapi akhirnya Hestia tetap dihormati sama para Olympians, dan dia jadi penjaga api di Olympus.

Trus untuk Hades, dia ini salah satu dewa utama juga di Yunani. Tapi karena dia tinggal di dunia Bawah Tanah, jadi dia gak termasuk dalam Olympians. Yang bolak balik tuh cuma istrinya, Persefone, 6 bulan sama Hades 6 bulan di Gunung Olympus sama ibunya yaitu Demeter. Ya, Demeter itu mertuanya Hades.

Ada juga nih Helios, dulu dia ini salah satu dari 12 Olympians juga. Tapi gak tau kenapa dia serahkan keanggotaannya ini ke Apollo. Cerita lainnya ada dari Hebe yg pernah punya posisi di Gunung Olympus sebagai pembawa cawan anggur untuk para dewa, tapi dia menyerahkan posisinya ini supaya bisa menikah sama Herakles atau yg dalam mitologi Romawi disebut Herkules.
Related Posts

Related Posts

Post a Comment