--> Tanda-tanda Dan Bagaimana Mengatasi Depresi - Rovylicious
w9vb7L0M7j9qO5VekXjh9f4upwh86ATk0lG5dKZM

Tanda-tanda Dan Bagaimana Mengatasi Depresi

*copas = cantumkan sumber .
if u don't want someone to copy your content ,
so don't copy others and make it yours .
show your respect*
Depresi
gq-magazine.co.uk

Depresi itu berbahaya. Karena depresi, gak sedikit orang yg memilih untuk mengakhiri hidupnya karena ngerasa udah cape. Depresi ini juga gak sedikit diderita sama orang-orang terkenal lho. Ambil contoh aja kayak Miley Cyrus, Britney Spears, Amanda Bynes, dll. Mereka bisa survive, tapi beda sama Heath Ledger yg perankan Joker di The Dark Knight, kabar yg beredar dia depresi sebelum tewas.

Tekanan dunia entertainment dan juga komentar negatif netizen biasa jadi pemicu mereka ini jadi depresi, sampai mengakhiri hidup. Terakhir, ada Sulli ex F(x) yg bunuh diri karena depresi gak kuat sama komentar-komentar jahat haters. Bukan cuma mereka, tapi orang-orang biasa juga rentan kena depresi.

Pernah kan denger anak sekolah depresi karena dituntut nilai yg tinggi sama orang tuanya sampe akhirnya bunuh diri, dibully sama temen-temen sekolah jadi depresi, sampai bunuh diri juga. Jadi depresi itu emang gak bisa diremehkan, karena bisa menimpa siapapun dan dimanapun, gak memandang usia. Bahkan kamu juga bisa depresi, tapi kuat untuk survive.

Jangan pernah bilang "Gue sering depresi tapi tanggepin nyantai aja, jadi lu jangan lebay deh kalo depresi dikit doang," jangan. Kondisi mental tiap orang itu beda-beda, kekuatan kamu untuk survive disaat depresi itu gak bisa jadi standarisasi untuk kekuatan mental orang lain juga.

Trus, kalau kamu atau orang terdekatmu depresi, apa sih yang harus dilakukan? Nah, sebelum menanggulanginya mungkin lebih enak untuk mengenali tanda-tandanya dulu. Seenggaknya, ada 5 tanda kalau seseorang itu lagi depresi.

Depresi
businessinsider.com

1. Gampang Marah
Gak bisa 'dicolek' dikit, udah ngegas. Tapi jangan judge terlalu cepet, jangan bilang kalau dia itu orang gak asik. Gampang marah bisa jadi emang sifat alami dia, atau bisa juga jadi tanda kalau dia lagi depresi.

Persoalan kecil aja bisa jadi emosi dia meledak-ledak, jadi serba salah ngobrol atau becanda sama orang kayak gini emang. Biasanya dia kayak gitu karena udah terlalu frustasi sama semua masalah, jadi lebih sensitif gitu deh.

2. Jadi Anti Sosial
Orang dengan depresi itu kemungkinan besarnya jadi ansos, trus insecure sama lingkungan sosialnya. Minat untuk ngelakuin kegiatan diluar atau aktivitas apapun itu udah males, gak ada semangatnya sama sekali. Lebih nyamannya ya ngurung diri di kamar aja.

Agak mirip-mirip sama orang introvert sih emang, tapi orang introvert itu masih bisa berbaur di aktivitas diluar. Sedangkan mereka yg ansos karena depresi ini bener-bener menutup diri dari dunia luar karena takut muncul masalah baru, wong masalah yg udah ada aja terlalu banyak.

3. Sering Sedih
Sedih itu wajar, terutama misalnya kalau habis ditinggal pergi sama orang atau hewan kesayangan. Biasanya kesedihan macam gini perlahan bisa hilang kalau diisi dengan hiburan kayak hangout ma temen-temen, liburan ke luar kota, dan masih banyak lagi cara lainnya.

Tapi, sedihnya orang depresi itu beda. Semua yg dilakukan itu gak membuat lebih baik, bahkan hal-hal yg sebelumnya disukai udah gak tertarik lagi untuk ngelakuinnya dan mencoba untuk berhenti. Misalnya biasa hobi ngerawat ikan-ikan di aquarium, karena depresi ini udah gak niat lagi sampe ikan-ikannya pada mati.

4. Susah Tidur
Karena susah tidur ini, ujung-ujungnya jadi pengidap Insomnia. Biasanya pas mau tidur, adaa aja yg dipikirin dan sibuk cari tau gimana caranya keluar dari masalah yg bikin depresi itu. Tiap mau tidur pokoknya gelisah, dan susah mau tidur cepet. Parahnya, harus sampe ketergantungan sama obat-obat yg bisa bikin tidur.

Karena susah tidur sampe Insomnia ini, jadi bikin kurang tidur yg berimbas lagi ke sulit fokus atau konsentrasi. Ini ya karena proses kognitif udah terganggu. Ujung-ujungnya, kalau sudah kurang tidur ini bikin sakit kepala yg cukup berbahaya untuk kesehatan. Jadi kalau ada orang terdekat yg keliatan kurang tidur, kalo gak karena kerja lembur ya berarti dia itu depresi atau lagi ada yg dipikirin lah pokoknya.

5. Niat Nyakitin Diri / Bunuh Diri
Kalo sudah depresi, biasanya nyari cara bagaimana supaya bisa keluar dari masalah yg bikin depresinya. Tapi, biasanya kalo udah depresi itu bikin sulit untuk mikir positif atau yg jernih. Akhirnya, banyak deh pikiran-pikiran negatif menghantui yg berujung pada membahayakan diri sendiri.

Paling ringan, ya melampiaskan diri ke alkohol atau obat-obatan. Katanya sih dengan konsumsi yg kayak gini bisa bikin rileks, dan bisa melupakan semua masalah walau sebenernya cuma sesaat doang. Paling parahnya, ya berujung ke bunuh diri. Karena orang dengan depresi menganggap bunuh diri bisa bikin mereka bebas dari semua masalah hidup.

_____

Itu 5 tanda-tanda kalau kamu atau orang lain itu sedang mengalami depresi. Jadi kalau kamu ada ngerasa satu atau beberapa tanda diatas, mungkin kamu harus tanya kembali deh ke diri sendiri, beneran depresi gak? Terlebih lagi kalau emang lagi ada masalah yg bikin mumet, dan merasakan tanda-tanda diatas, kemungkinan ya emang depresi.

Nah kalau sudah terlanjur depresi apalagi kalau ternyata udah lama mengalami depresi ini, apa sih yg harus dilakukan? Sebenarnya banyak, tapi kemungkinan 5 hal utama ini bisa membantu.

Depresi
healthline.com
1. Bangun Lebih Awal
Salah satu psikolog yg juga pendiri platform kesehatan mental 'Therapy for Black Girls' nih, Joy Harden Bradford, pernah menyatakan bahwa 1 jam bangun lebih awal dari jam biasa bangun pagi itu baik untuk kesehatan mental. Jadi misal biasa bangun jam 8 nih, ya biasakan untuk bangun jam 7.

Hal ini dilakukan supaya waktu 1 jam itu bisa dimanfaatkan untuk menenangkan diri dan mempersiapkan diri lebih lama sebelum menjalani aktivitas. Ya mungkin bisa jadi waktu merenung untuk gak ngelakuin kesalahan di hari kemarin, bisa nyatet di hp job to do atau aktivitas di hari itu apa aja, dan masih banyak lagi. Intinya ini tuh 1 jam leyeh-leyeh gitu lah di kasur.

2. Sugesti Positif Diri Sendiri
Ini lebih kayak menyemangati diri sendiri. Jangan remehkan kekuatan sugesti, karena sugesti itu cukup kuat lho impactnya ke diri sendiri. Bahkan, sugesti itu juga bisa ditanamkan ke orang lain. Biasanya sugesti positif ini bisa membuat tubuh dan pikiran seseorang jadi lebih tenang.

Dengan sugesti positif ini ada kemungkinan kamu bisa meredam 3 hormon yg berkaitan langsung sama depresi yg diderita yaitu Hormon Adrenalin, Hormon Norepinephrine, sama Hormon Kortisol. Dalam beberapa kasus, 3 hormon ini bermanfaat. Tapi kalau kebanyakan, gak baik untuk kesehatan.

3. Perbanyak Olahraga
Wah ini salah satu kegiatan yg menurut gue pribadi, amat sangat membantu. Kalau mau sendirian aja, gak mau interaksi ke orang banyak, mending olahraga. Gue kadang disaat ya stress, depresi, lagi down banget, sehabis olahraga biasa jadi berasa lebih fresh dan kuat. Jangan lupa, sugesti positif juga ke diri. Keringat yg keluar itu ibarat racun-racun depresi gitu lah, seneng ngebuangnya.

Sambil olahraga ini bisa dengerin musik yg nge-beat juga, biar lebih rileks. Olahraganya ya gak usah olahraga yg berat banget, mungkin bisa jogging sore gitu lah. Atau kalo mau yg sedikit berat, ya silahkan untuk nge-gym. Entah kenapa habis olahraga itu biasa pikiran jadi jernih, dan bisa menata satu persatu cara penyelesaian masalah yg bikin depresi atau stress ringan.

4. Sering-sering Sharing
Kalo tiap depresi mulai keliatan trus harus pergi ke terapis atau dokter, pastinya bakal agak ribet. Mungkin bisa coba yg ringan-ringan dulu aja, dengan ngobrol atau sharing ke orang terdekat yg kamu percayakan. Ini bisa teman, keluarga, atau pasangan. Tapi paling enak sih keluarga, wicis lebih tau kebiasaan kamu karena mungkin satu rumah atau kamu tumbuh dewasa ya di lingkungan keluarga.

Kalau ke temen juga gak dilarang. Tapi kalo bisa ke temen yg bisa dibilang temen-temen positif, biar kamu bisa ketularan energi positif juga dari mereka. Bukannya ama temen-temen yg malah ngajak gak bener kayak minum-minum atau narkoba, itu bukan membantu tapi malah bikin kamu masuk ke jurang yg lebih dalam.

5. Kenali Diri Kamu
Kalo gak mau sharing ke siapapun itu juga gak dilarang, karena terkadang orang-orang yg depresi juga punya statement, "I'm fine, gue gak akan ngelakuin hal bodoh, cuma mau sendiri dulu aja," gitu. Jadi ya silahkan kalo mau sendiri, sambil intropeksi diri. Kuncinya itu ya sebenernya di point ini sih, kenali diri kamu.

Karena cuma diri kamu yg tau persis, apa sih yg bisa bikin bangkit lagi? Apa sih yg bisa bikin semangat lagi? Gitu lho. Jadi gak ada salahnya belajar untuk mengenali diri sendiri, biar pas udah mulai depresi gini udah tau gimana cara menanggulanginya. Satu hal juga yg jangan pernah kamu lewatkan, perbanyak ibadah ya! Mungkin dengan komunikasi dari hati ke Tuhan, bisa bikin kamu lebih tenang.

_____

Itu misalnya kamu yg lagi depresi. Tapi gimana kalo orang lain? Apa yg harus dilakuin? Jangan salah nge-treat ya, karena orang depresi itu cukup rentan. Depresi itu gangguan kejiwaan yg bakal sembuh perlahan tapi lewat penanganan yg tepat (terapi/obat-obatan). Salah satu penunjangnya, ya orang-orang sekitarnya termasuk kamu. Apa yg harus dilakukan?

Depresi
thereseborchard.com
1. Jadi Pendengar, Bukan Penasihat
Kebanyakan, orang-orang yg punya depresi tuh cuma pengen didengar aja. Bukan dinasehatin, apalagi dikritik "Ngapain sih lu ampe gini, lebay deh," duh jangan. Mereka itu cuma mau mencurahkan isi hati, biar beban makin ringan. Kalau dinasehatin, seolah-olah mereka itu berbuat suatu kesalahan.

Jadilah pendengar yg baik, tunjukkan empati. Kalau gak diminta kasih masukan atau nasehat, jangan coba-coba kasih. Gak penting. Mungkin boleh kasih sedikit nasehat untuk terus semangat, itupun alangkah baiknya pas di akhir obrolan saat mereka sudah puas omongin semuanya.

2. Ajak ke Aktivitas Positif
Orang yg lagi depresi tuh kadang gak mau bersosialisasi atau ketemu sama siapapun. Tapi gak ada salahnya nih kalau kamu lumayan deket dan kamu jadi tempat dia curhat, ajak dia ngelakuin berbagai aktivitas positif di luar. Ya misal olahraga bareng, nonton di bioskop, atau jalan-jalan kemana gitu.

Inget ya, jangan tiba-tiba bawa orang banyak. Ajak berdua aja, atau gak bisa nanya, "Mau berdua aja atau ajak yg lain lagi?", seenggaknya izin dulu. Jangan jadi temen yg toxic juga pokoknya, sekalipun kamu tau kalo dia itu sukanya alkohol dll untuk hilangin depresi, tetep aja harus ajaknya ke aktivitas atau kegiatan yg positif.

3. Jalin Komunikasi Yang Baik
Orang-orang yang lagi depresi biasanya cenderung untuk menghindar atau menutup dirinya dari lingkungan dan orang-orang. Jadi kalau kamu udah merasa ada yg gak beres sama kondisi mental temen, coba deh ajak komunikasi.

Mungkin dia sering bikin status galau di sosial media, ya coba aja tanya di chat secara personal, "Kamu ada masalah? Sini cerita yuk", dll. Jangan tanya di status dia itu, karena udah pasti dia gak akan cerita (malu banyak yg baca). Tapi jangan malah jadi ajang modus cuy.

4. Cari Tau Tentang Depresi
Mungkin kalau kamu sudah ngerasa banyak orang di sekitar yg depresi, bahkan kamu sendiri juga, gak ada salahnya untuk lebih banyak cari tau tentang depresi ini. Bisa dari internet, atau gak temen-temen yg emang cukup concern ngebahas topik depresi.

Jadi biar kedepannya kamu bisa tau nih, gimana sih cara menanggulangi depresi? Gimana sih cara ngehadepin orang yg lagi depresi? Dan lain-lain. Ini amat sangat bermanfaat lho, kamu bisa jadi lebih peka kalau misal di sekitar ada yg lagi depresi karena kamu udah tau bagaimana ciri-cirinya orang yg depresi.

5. Tetap Sabar
Orang dengan depresi tuh pasti bisa sembuh, tapi gak dalam waktu yg singkat. Jadi mungkin kamu ini 'dipercayakan' jadi tempat curhat orang terdekat yg lagi depresi, ya jangan ngerasa terbebani atau "Duh, gue sendiri aja lagi banyak masalah", jangan. Jangan sampe pegangan dia hilang atau pergi. Jangan berpikir, "Ni orang kenapa gak curhat ke Tuhan aja coba," dll.

Sabar, sekalipun kamu juga punya banyak masalah. Gimana kalo akhirnya kamu jadi depresi karena keseringan dicurhatin orang yg lagi depresi? Atau posisinya sering jadi tempat curhat mereka yg lagi depresi, tapi kamu sendiri juga sebenernya lagi depresi? Mungkin satu-satunya cara dari kamu sendiri ya harus ke psikolog, dan ajak juga temen kamu itu. Kebetulan banget kan.

_____

Itu Tanda-tanda Dan Bagaimana Mengatasi Depresi. Sekali lagi, jangan pernah remehkan depresi. Jangan anggap orang-orang yg depresi itu lemah, karena gak semua kekuatan mental orang tuh sama. Judgement-nya ditahan dulu ya. Harus selalu ada untuk mereka yg lagi depresi, apalagi kalau mereka sedang membutuhkan tempat sharing atau aktivitas. Untuk kamu yg juga lagi depresi, jangan pernah putus asa karena kamu gak sendirian ya!

Ada banyak tempat untuk kamu mengadu, selain orang terdekat tentunya. Kamu bisa adukan segala depresi kamu ke email intothelight.email@gmail.com, Komunitas Peduli Skizofrenia Indonesia (KPSI) yg juga menyediakan psikolog klinis gratis di nomor 021-8514389, Indopsycare di admin@indopsycare.com, Yayasan Pulih di pulihcounseling@gmail.com, Save Yourselves di hi@saveyourselves.id, dan masih banyak lagi.

Tetaplah kuat. Stay positive and never give up. There is hope, even when your brain tells you there isn't.
Related Posts

Related Posts

Post a Comment