--> Semakin Dewasa Waktu Semakin Cepat? Ini 7 Biang Keroknya! - Rovylicious
w9vb7L0M7j9qO5VekXjh9f4upwh86ATk0lG5dKZM

Semakin Dewasa Waktu Semakin Cepat? Ini 7 Biang Keroknya!

waktu semakin cepat
Image: nationalpost.com
Pernah ngerasa gak sih, semakin dewasa ini jadi berasa waktu semakin cepat? Dulu waktu masih bocah, denger "10 tahun lagi" itu rasanya kayak super lama banget, nunggu waktu liburan aja lama banget kan. Tapi pas udah dewasa, denger "10 tahun yg lalu" jadi langsung auto-kaget "Hah, sudah 10 tahun ya? Perasaan kayak baru kemaren", bahkan 20 tahun lalu itu dah kayak biasa aja.

Jadi, momen 10 atau 20 tahun lalu itu kayak masih segar di ingatan seolah-olah baru terjadi 1 tahun atau bahkan 1 bulan lalu. Menurut gue pribadi (karena ngerasain hal ini), ada beberapa faktor atau 'biang kerok' sih yg menyebabkan kenapa semakin dewasa waktu itu jadi semakin cepat. Mungkin ada beberapa dari kalian yg ngerasain juga, sini kita tos!

1. Pengen cepetan weekend

weekend
Image: chegg.com
Ini sempet terjadi di gue nih, waktu semakin cepat terutama pas dulu udah memasuki masa-masa kerja. Kalo dah Senin itu, rasanya lemes banget haha.. Soalnya ngerasa gak adil aja, jarak Minggu ke Senin cuma 1 hari tapi jarak Senin ke Minggu 6 hari. Jadi deh, berdoa "Plis cepetan weekend plis" dan sugesti diri "Weekend dah deket kok", tiap hari kayak gitu sampe akhirnya masuk weekend. Dan karena tiap hari kayak gitu, datang dan perginya waktu jadi cepet banget.

Dan beberapa tahun belakangan ini gue baru berfikir, bahwa itu gak baik. Itu sama aja gue gak menghargai hari Senin sampe Jumat, wicis itu sama-sama hari yg diciptakan dengan baik. Toh mau sugesti diri "Plis cepetan weekend plis", rotasi Bumi masih tetep 24 jam. Tydaq ada riwayatnya 1jt orang di Bumi sugesti diri kayak gitu, lalu rotasi Bumi menjadi semakin cepat.

Jadi kuncinya gimana? Enjoy every single day, whatever you do. Nikmati aja setiap harinya. Bangun tiap pagi wajib semangat dan senyum, olahraga, ramah ke semua orang, ngerasa bahagia karena di tempat kerja bakal ketemu orang-orang yg asyik, dan masih banyak lagi hal-hal kecil lainnya yg bikin kamu bahagia untuk ngejalanin tiap harinya. Hargai setiap momen, make everyday a great day! Fak lah weekend.

2. Pengen cepet gajian

gajian
Image: moneyunder30.com
Mungkin kalo anak sekolahan, ada kali ya yg dapet duit jajan tiap akhir pekan. Kalo yg udah kerja, ya gajian. Jadi intinya, waktu itu cepet banget karena yg satu nunggu jajan di akhir pekan yg satunya lagi nunggu gajian menjelang akhir bulan. Jadi jangan nanya lagi dalem hati "Kok waktu berasa cepet banget ya".

Ini juga ada sedikit kaitannya sama point nomer 1, salah satu sugesti diri yg secara gak langsung bisa dibilang menjalani tiap harinya tuh gak tulus, karena fokusnya udah ke duit jajan / gajian itu. Tapi jujur ini emang agak sulit sih, gue aja ampe sekarang kalo keuangan dah sekarat ya berdoa "Cepet gajian plis, sisa 28 hari lagi ya". Dan ajaibnya kayak tau-tau udah gajian aja, padahal kayaknya baru aja kemaren berdoanya hahaha.. Ada yg gini juga gak?

3. Terlalu sibuk dengan gadget

gadget
Image: hipwee.com
Ini pait banget. Nunggu Senin ke Minggu 6 hari, giliran Minggu dah dateng eh seharian sibuk ma gadget. Tau-tau udah Senin aja!!1! Kadang pengen nangis sambil ngebisikin Bumi "Punten A', pelan-pelan aja atuh rotasinya". Siapa nih yg kayak gini? Weekend-nya habis sama gadget. Ya main medsos lah, atau gak nge-game seharian. Tapi ya gak salah sih, untuk sebagian orang ini namanya 'me time' yg berkualitas.

Toh dari gadget juga pasti banyak kok hal-hal berfaedah yg didapatkan kayak berbagai informasi update dari seluruh dunia di Instagram @indozone.id, nge-blog, chit chat ngalor ngidul di grup alumni sekolah/kuliah, bahkan ngurusin kerjaan. Tapi ya itu, biasanya kegiatan-kegiatan ini beneran bikin weekend gak berasa banget.

Ini pasti sering deh kamu alamin, rencana mau scroll-scroll IG bentar doang nih ya, tau-tau karena keasikan jadi lupa waktu dan ternyata udah berjam-jam ngescroll-nya :( Atau maen game nih mau segame doang abis tuh udah, 'segame doang' nih ternyata cuma wacana, nyatanya main teroooos :( Apalagi kalo didukung sama WiFi, beuh mantap!

4. Terlalu asyik dengan real life

happy life
Image: mystudentvoices.com
Pernah gak sih, quality time sama orang-orang terdekat dan waktu kayak gak berasa banget? Padahal jalan-jalannya pagi, tau-tau dah mau malem aja. Ini tandanya berarti kamu bener-bener sudah enjoy banget sama real life itu, sama waktu-waktu berkualitas dengan orang terdekat.

Bukan cuma quality time sama mereka, me time juga kadang bikin waktu gak berasa. Kayak nulis, nge-design, berkutat sama plan bisnis, dll. Kalau dah fokus banget ngelakuin ini semua, waktu bener-bener kayak gak berasa banget cuy. Contohnya kayak gue nulis ini aja nih, mulai di pagi Minggu dan sampe bener-bener kelar udah menjelang malem aja, dan besok udah masuk hari Senin.

5. Fokus tiap harinya sudah ke pekerjaan

working
Image: hcamag.com
Biasanya nih, kalau udah terlalu sibuk banget sama pekerjaan atau rutinitas harian bisa jadi salah satu faktor kenapa waktu itu kayak cepet banget. Gue aja kalo kerjaan dah terlalu padat, yaudah deh isolasi diri dari komunikasi sekitar trus fokus dulu. Eh tau-tau, dah sore aja. Mungkin ada lagi kerjaan dateng dengan deadline di malem itu juga, yaudah lanjut deh dan tau-tau udah malem aja. Adzan Maghrib dikira Adzan Ashar.

Tapi ini ya baik aja, jangan cuma demi supaya waktu gak berlalu cepat harus mengorbankan pekerjaan. Kewajiban utama harus dieksekusi, urusan waktu jadi cepet atau enggak mah ya gak usah dipikirin, sebenernya itu hal yg gak terlalu penting.

6. Sudah terbiasa sama lingkungan

informasi
Image: vzd.gov.lv
Ini hubungannya sama daya ingat, tentang gimana otak mengolah informasi yg diterima. Dulu waktu kita kecil, hidup tuh indah banget, menarik dan penuh dengan pengalaman baru. Kita kayak haus dengan berbagai informasi dan hal-hal baru, gak bisa diprediksi dan bebas mau ngapain aja. Ini waktu dulu masih kecil.

Nah pas udah dewasa, hidup yg kita jalanin ini udah kayak bisa ditebak arahnya kita mau kemana, kayak gak menawarkan pengalaman baru lagi. Sehari-hari cuma kayak ngejalanin rutinitas seperti biasa. Pokoknya udah terpikirkan di kita ya kita kuliah, kerja, mapan, bangun rumah tangga, bahagiakan keluarga, pensiun, udah deh.

Bodo amat selama proses diatas tuh kita explore apa aja, intinya timelinenya seperti itu, udah tau gimana endingnya. Selain itu, berbagai info juga udah gak bikin kaget lagi soalnya dah belajar banyak. Misalnya, kita dah tau nih kalau mendung itu berarti mau hujan. Kira-kira kayak gitu.

Pas kita masih kecil dan kita nerima stimuli (informasi) dengan mempelajari hal-hal baru, otak jadi berproses lebih keras untuk bisa paham trus nyimpen ke dalam ingatan, nah ini makan waktu dan tenaga, makanya kayak seolah-olah waktu lebih lama karena banyak nerima stimuli baru. Sedangkan pas udah dewasa, kita udah jarang nerima stimuli, makanya waktu jadi kayak cepet berlalu.

7. Jam biologis tubuh kita berubah

body
Image: tes.com
Kita tuh punya sistem sendiri biar semua fungsi tubuh berjalan dengan baik, bahkan gak perlu dikendalikan. Misalnya kayak gimana kita nafas, detaknya jantung, aliran darah, sistem kerja ginjal, dsb. Semua sistem ini diatur sama jam biologis, pusat kendalinya di otak tepatnya di saraf suprachiasmatic (SCN).

Nah, di jam biologis anak-anak, ada lebih banyak aktivitas fisik yg ada selama waktu-waktu tertentu. Banyak riset yang membuktikan di waktu 1 menit misal, anak-anak jumlah detak jantung sama tarikan nafasnya lebih banyak dibandingkan orang dewasa. Jadi semakin berumur, aktivitas fisik dalam rentang 1 menit ini juga jadi berkurang. Soalnya, jam biologis orang dewasa itu lebih santuy.

Jadi misalnya dalam semenit pas kita kecil detak jantung itu 150 kali, sedangkan pas dewasa 75 kali, setengahnya. Itu artinya, kita dewasa ini butuh waktu 2 menit biar jumlah detak jantungnya sama kayak waktu masih kecil dulu. Jadi, walau waktu dah jalan 2 menit, otak kita masih ngira itu 1 menit karena dulu waktu kecil cuma butuh waktu semenit untuk bisa 150 kali detakan jantung. Inilah kenapa kita ngerasa waktu jadi cepet berlalu.

____________________

Itu sih menurut gue 7 biang kerok kenapa waktu semakin cepat terutama di saat kita yg udah dewasa gini. Bayangin nih, di 2020 nih aja gak berasa banget kan udah masuk bulan ke 9 nih, perasaan kayak baru-baru aja rayain tahun baru? Udah ngelakuin hal apa aja selama 2020 di tengah pandemi Covid-19 ini? Hahahaha..

Ya sebenernya gak perlu ada yg disesalin sih dengan waktu yg berasa cepet ini, gak perlu sampe overthinking dan sedih juga. Paling penting jadi bahan untuk ngepush kita aja biar jadi pribadi yg semakin baik, soalnya waktu itu salah satu hal yg gak bisa kita ulang dalam hidup.

Dan paling penting mulai take action deh dalam mengejar impian, bukan waktunya lagi semua ide dsb cuma sebatas wacana doang. Kalau bukan sekarang, when again?

waktu
Image: quotefancy.com
Related Posts

Related Posts

Post a Comment