--> Tas Siaga Bencana, Ini Barang Yang Wajib Ada di Dalamnya! - Rovylicious
w9vb7L0M7j9qO5VekXjh9f4upwh86ATk0lG5dKZM

Tas Siaga Bencana, Ini Barang Yang Wajib Ada di Dalamnya!

Tas Siaga Bencana
Image: jurnas.com
Tas Siaga Bencana. Ini sebenernya tas biasa aja, tapi isinya yang dikhususkan kamu bawa saat keadaan darurat. Tas kayak gini ada karena mengingat bencana itu bisa terjadi kapan dan dimana aja, gak bisa diprediksi kapan datangnya.

Mau itu bencana alam kayak gempa, banjir, longsor, atau bencana non-alam kayak kebakaran di pemukiman rumah itu bisa terjadi kapan aja dan kalau datangnya dadakan kita kan gak bisa nih bawain semua barang-barang, untuk itulah ada Tas Siaga Bencana.

Jadi intinya Tas Siaga Bencana itu isinya barang-barang urgent dan prioritas yang memang wajib kamu bawa saat kena bencana. Ini ibaratnya barang-barang terpenting yang bisa kamu bawa dengan cepat, barang-barang diluar tas ini mau gak mau ya diikhlaskan aja karena nyawa kamu lebih penting.

Jadi apa aja sih yang wajib dimasukin di dalamnya? Tas Siaga Bencana, Ini Barang Yang Wajib Ada di Dalamnya!

1. Pakaian Ganti & Jaket

Tas Siaga Bencana
Image: 99designs.com
Misal ada bencana banjir, kemungkinan baju kamu bakal basah yang kalau dipakai kelamaan bisa-bisa masuk angin. Udah di pengungsian, masuk angin pula. Jadi wajib ada baju ganti di Tas Siaga Bencana, kayak kaos dan celana pendek aja minimal 2 lembar, daleman juga. Sama jaket, takutnya dingin gitu pas malam.

2. Perlengkapan Mandi

Tas Siaga Bencana
Image: health.clevelandclinic.org
Minimal ada sabun deh, selain buat mandi bisa buat cuci-cuci tangan juga. Jangan lupa gosok gigi sama odol juga. Sabun sama gosok gigi dan odol wajib pokoknya, kayak sabun cuci muka dll itu optional aja karena gak terlalu urgent. Ohya jangan lupa handuk, karena gak mungkin kan lap badan abis mandi pake kaos.

3. Kotak P3K

Tas Siaga Bencana
Image: grainger.com
Mungkin pas bencananya lagi berlangsung, ada kamu atau orang terdekat luka-luka. Kotak P3K inilah penyelamatnya yang isinya minimal ada obat merah, alkohol, perban, kapas, hansaplast, dll. Pokoknya yang standar aja isinya, yang kira-kira bakal dibutuhkan di pasca bencana.

4. Dokumen Penting

Tas Siaga Bencana
Image: danianepg.medium.com
Dokumen penting ini banyak. Ada Kartu Keluarga, Surat Tanah, Ijazah, Sertifikat ini itu, dan masih banyak lagi. Pokoknya yang termasuk dokumen penting dalam bentuk hardcopy, masukin aja dalam kelompok dokumen penting di Tas Siaga Bencana ini ya dan jangan lupa dilapisin plastik biar aman dari air.

5. Buku Tabungan

Tas Siaga Bencana
Image: lifepal.co.id
Ini gak kalah penting, karena kalau kartu ATM atau uang cash gak sempet terselamatkan seenggaknya buku tabungan masih ada. Jadi bisa ambil dalam jumlah besar juga, misalkan ada kebutuhan penting gitu pasca bencana. Makanya saran sih di rumah jangan kebanyakan uang cash, seperlunya aja. Masukin dalam plastik juga nih, biar aman dari air.

6. Peluit

Tas Siaga Bencana
Image: antaranews.com
Harus punya peluit yang mudah didengar banyak orang. Ini diperlukan kalau keadaan darurat. Misalkan nih banjir bandang, kamu nyangkut di pohon dan orang-orang gak bisa nyelamtin karena gak tau disitu ada kamu. Itulah gunanya peluit, tiup kenceng-kenceng biar tim evakuasi tau keberadaan kamu.

7. Buku & Pulpen

Tas Siaga Bencana
Image: unsplash.com
Ini juga cukup berguna, misal kamu mau ninggalin sebuah catatan di suatu tempat gitu atau ninggalin pesan apapun lah pokoknya. Bisa juga untuk nyatet hal-hal penting kayak nomor telfon misalnya, andaikan hp kamu ketinggalan / batrenya sudah habis.

8. Botol Isi Minuman

Tas Siaga Bencana
Image: usatoday.com
Ini botol diisi minuman, taroh juga ya di dalam Tas Siaga Bencana. Isinya air mineral aja biar tahan lama, dan kalau bisa sih tiap sebulan sekali diganti aja airnya biar tetep fresh terus. Ini berguna misal pasca bencana kekurangan air minum, jangan sampai dehidrasi aja pokoknya dan jangan minum dari sumber air yang kotor.

9. Makanan Tahan Lama

Tas Siaga Bencana
Image: katadata.co.id
Makanan tahan lama ini kayak sarden, mie instan, kornet, biskuit, dll. Dan kalau bisa sebulan sekali juga diganti aja, soalnya pasti kan ada masa kadaluarsanya. Makanan-makanan kayak gini berguna pastinya di pasca bencana, biar gak kelaperan. Soalnya takutnya minimarket/tempat makan terdampak bencananya juga.

10. Uang Cash

Tas Siaga Bencana
Image: wandernesia.com
Ini uang cash untuk jaga-jaga aja, bisa bawa 100k - 300k deh. Mana tau pasca bencana ada sesuatu hal yang diperlukan dengan mengeluarkan uang, jadi bisa pake uang cash yang sudah kamu simpan di Tas Siaga Bencana ini. Jangan lupa ya masukin dalam plastik biar aman dari air.

11. Senter

Tas Siaga Bencana
Image: gearjunkie.com
Kalau pasca bencana itu kemungkinan besar listrik juga kena gangguan, bahkan bisa sampe berhari-hari tanpa ada listrik. Ini gunanya senter, bisa dipake untuk sesuatu yang penting dah butuh penerangan gitu, gak usah untuk dinyalain semalaman juga. Pakai pas urgent aja pokoknya.

12. Power Bank

Tas Siaga Bencana
Image: commons.wikimedia.org
Sama kayak diatas, pasca bencana listrik biasanya kena dampaknya juga. Terutama kalau kamu yang bisa selamatkan hp, ada baiknya wajib ada power bank juga. Ini untuk jaga-jaga pas hp batrenya low dan aliran listrik gak ada, atau belum nemu colokan buat ngecharge hp gitu.

______________________________

Itu dia barang-barang yang wajib ada di dalam Tas Siaga Bencana. Di awal tahun 2021 kemarin bencana alam dimana-mana, gue pun tersadar bahwa Tas Siaga Bencana ini penting. Jadi beberapa minggu lalu, gue punya Tas Siaga Bencana dan 12 barang diatas ini yang gue masukin ke dalamnya hehe..

Sebenernya ya optimis aja gak akan ada apa-apa, tapi ya namanya manusia kan harus bisa juga untuk selalu prepare dengan segala kemungkinan terburuk. Apalagi ya itu, namanya bencana gak bisa diprediksi juga, tugas kita ya selalu waspada aja dan bikin persiapan salah satunya dengan Tas Siaga Bencana ini.

Bagikan info ini juga ke keluarga dan orang-orang terdekat kamu ya!
Related Posts

Related Posts

Post a Comment