--> 15 Soft Skill Dunia Kerja di Era Industri 4.0 Yang Harus Dikuasai - Rovylicious
w9vb7L0M7j9qO5VekXjh9f4upwh86ATk0lG5dKZM

15 Soft Skill Dunia Kerja di Era Industri 4.0 Yang Harus Dikuasai

Soft Skill Dunia Kerja
Image: elearningindustry.com
Kita sudah masuk Industri 4.0, berbagai lini bisnis berubah drastis dan orang-orang di dalamnya juga harus ikut perkembangan ini termasuk dalam hal keterampilan. Jadi kalo kamu kerja, jangan jadi pekerja yang biasa-biasa aja. Persaingan di dunia kerja semakin ketat, kamu harus punya sebuah value yang jadi alasan kenapa kamu harus dipertahankan.

Untuk itulah pentingnya sebuah Soft Skill, karena di dunia kerja Industri 4.0 itu ya emang dituntut untuk selalu belajar dan menjadi lebih baik. Kerasnya persaingan, ya cuma orang-orang yang punya value yang pastinya bisa bertahan. Value itulah yang bisa kamu dapatkan dari Soft Skill ini.

Sebelumnya harus tau dulu, apa itu Soft Skill. Kalau Hard Skill itu sesuatu yang bisa diukur, diuji, dan dievaluasi. Contohnya nih kamu jago coding, design grafis, nulis, microsoft office, dll. Nah itu termasuk Hard Skill, bisa dipelajari semua orang karena pasti dipelajarin di sekolah/kuliah atau tempat kursus.

Kalau Soft Skill, itu lebih ke kepribadian. Ini kemampuan kamu berkomunikasi secara personal ke semua orang, semakin bagus Soft Skill kamu semakin mudah kamu berinteraksi atau beradaptasi di lingkungan kerja atau dimanapun itu.

Intinya Soft Skill itu harus balance sama Hard Skill. Kalau kamu jago banget di Hard Skill tapi Soft Skill kamu kurang misalnya attitude yang kurang baik di lingkungan kerja, itu bisa jadi kamu tetep dibuang atau dimusuhin, sayang Hard Skill nya.

Oke kalau sudah tau soal Soft Skill gak usah berlama-lama lagi deh. Dirangkum dari pengalaman pribadi selama ini di dunia kerja, ini 15 Soft Skill Dunia Kerja di Era Industri 4.0 Yang Harus Dikuasai.

1. Komunikasi Yang Baik

Soft Skill Dunia Kerja
Image: tuw.edu
Ini kayaknya wajib banget, karena kelancaran pekerjaan setiap harinya itu gak terlepas dari yang namanya komunikasi. Di pekerjaan mungkin ya banyak divisi atau orang-orangnya, yang mana disini kamu dituntut untuk bisa berkomunikasi dengan mereka biar lancar dalam berkoordinasi dan berkolaborasi.

Soft Skill yang satu ini bisa kamu asah dengan cara jadi pendengar yang baik dan memahami orang lain. Mungkin ya emang ada moment ngeselin dimana temen kerja itu maunya didenger/dipahamin doang, tapi dia gak ngelakuin hal yang sama ke kamu. Tapi ya gpp, kamu jangan ikut-ikutan gak punya value kayak dia. Komunikasi yang baik juga berlaku untuk ke atasan ya.

2. Jago Memecahkan Masalah

Soft Skill Dunia Kerja
Image: tansbrain.com
Seiring perkembangan zaman, makin hari tuh permasalahan dan tantangan di tiap perusahaan makin banyak. Dan permasalahan serta tantangan ini gak cuma menimpa manajemen lho, tapi divisi para pekerjanya juga bisa kena dampaknya. Disinilah kamu harus bisa jadi seorang problem solver di divisi kamu, biar masalahnya gak semakin besar dan lama.

Kamu harus punya solusi dari setiap masalah, ini salah satu Soft Skill dunia kerja yang penting banget. Karena berbagai kerumitan di pekerjaan itu juga pasti sering menimpa (jobdesk) kamu, jadi kamu harus jeli liat akar permasalahan trus kreatif nyari solusi. Ini salah satu sifat dasar kepemimpinan juga lho.

3. Inisiatif Yang Tinggi

Soft Skill Dunia Kerja
Image: macmillandictionaryblog.com
Inisiatif nih kadang diabaikan karena dianggap gak penting, padahal ini karakter dasar yang oke banget kalau punya dan dikembangkan. Orang yang punya inisiatif tuh pasti selalu semangat, menunjukkan kepedulian dan kebijaksanaan juga untuk perusahaan.

Sebisanya kamu harus bisa terbiasa berpikir sendiri trus take action tanpa nunggu dikasih perintah, karena dengan inisiatif ini muncul flexibilitas dan keberanian untuk dorong tim di divisi kamu untuk lebih inovatif dan kompetitif.

4. Berpikir Kritis

Soft Skill Dunia Kerja
Image: entrepreneur.com
Berpikir kritis kamu harus punya, soalnya dengan berpikir kritis ini bisa memunculkan berbagai ide dan inovasi. Dengan berpikir kritis kamu juga bisa jadi lebih rasional, yang pastinya bakal membantu banget misal ada problem gitu di kerjaan.

Berpikir kritis ini bisa dilatih dengan cara diskusi, sama orang terdekat atau temen-temen kantor. Diskusinya ya ringan aja, mungkin diskusi soal hot issue yang lagi rame dibahas di sosmed atau gak diskusi tentang film-film dengan alur cerita mind blowing gitu deh.

5. Berpikir Kreatif

Soft Skill Dunia Kerja
Image: addicted2success.com
Ini masih ada sedikit irisannya juga sama nomor 2 yaitu jago memecahkan masalah. Perusahaan terutama HRD kadang seneng sama orang kreatif gini, soalnya orang kreatif tuh biasanya paling gampang cari solusi untuk pecahin sebuah masalah. Orang kreatif dianggap lebih terbuka sama ide-ide baru trus berani ambil resiko.

Jadi kembali lagi ya, kita sudah masuk di era Industri 4.0 yang mana selain berpikir kritis kita juga dituntut untuk bisa berpikir kreatif. Apalagi kalo kamu kerja di industri kreatif, wah Soft Skill yang satu ini sih udah harga mati.

6. Kecerdasan Emosional Yang Baik

Soft Skill Dunia Kerja
Image: bandt.com.au
Kalo zaman dulu tuh mungkin bodo amat ya, kalo orang bisa kerja dan ngerti teknisnya yaudah bisa dipekerjakan. Nah tapi sekarang, sudah banyak perusahaan yang nyari kandidat yang punya kecerdasan emosional yang baik juga. Makanya sering kan ada tes psikologi dan semacamnya gitu.

Kecerdasan emosional nih kemampuan kamu untuk kontrol emosi kayak marah, seneng, sedih, dll di situasi yang tepat. Misal nih kerjaan kamu dikritik, pasti kesel atau marah karena dah lakuin yang terbaik. Cuma kalo punya kecerdasan emosional, emosi ini bisa ditahan dan jadiin kritikan sebagai masukan.

7. Manajemen Waktu

Soft Skill Dunia Kerja
Image: richtopia.com
THIS! Ini amat sangat wajib. Percayalah, kalau manajemen waktu kamu berantakan itu impactnya bener-bener ke mental, trust me. Ini gak boleh dilewatkan, karena manajemen waktu yang baik itu bikin pekerjaan kamu tertata dengan rapi dan selesai dengan baik.

Punya manajemen waktu ini juga menunjukkan kalau kamu itu orangnya bertanggung jawab dan punya disiplin yang tinggi. Kerjaan juga bisa kelar lebih cepat karena jam istirahat dan kerja itu bisa diatur sedemikian rupa. Manajemen waktu juga ngurangin tingkat stress. Kalau gak, kamu dijamin bakal bingung, pusing, keteteran, panik, dll.

8. Etos Kerja Yang Baik

Soft Skill Dunia Kerja
Image: jojonomic.com
Etos kerja juga jangan diabaikan di dunia kerja ya termasuk di Industri 4.0 sekarang. Soft Skill satu ini penting, biar keliatan nih totalitas kepribadian kamu pas ngerjain jobdesk sendiri atau hubungan sama temen-temen kerja dan atasan. Sama kayak Soft Skill lain, etos kerja ini juga menguntungkan kamu.

Kamu jadi keliatan sebagai pribadi yang punya orientasi kedepan, tanggung jawab, disiplin waktu, dan persaingan yang sehat. Perusahaan suka sama orang yang punya etos kerja yang baik gini, karena gini tuh tipe pekerja yang ideal banget. Tapi ingat, etos kerja yang baik harusnya kamu dapat feedback yang baik juga (apresiasi). Kalo enggak, takutnya cuma dimanfaatin perusahaan hahaha..

9. Punya Sifat Kepemimpinan

Soft Skill Dunia Kerja
Image: phrenimos.com
Gak semua orang mungkin ya mau jadi pemimpin, salah satu faktornya paling karena gak pede aja. Tapi percayalah, di dunia kerja seenggaknya kamu punya Soft Skill satu ini. Kunci utama tuh pertama harus yakin dan berani dulu.

Kalo kerja kamu pastinya mau ada jenjang karier kan? Untuk itulah dibutuhkan kepemimpinan ini. Mungkin untuk dapat jabatan yang lebih tinggi kamu diuji sama manajemen pimpin meeting, presentasi, handle sebuah project, dll. Disini kamu ya harus siap terima semua tantangan itu, karena itu akan jadi nilai plus di mata perusahaan.

10. Melek Digital

Soft Skill Dunia Kerja
Image: thewowstyle.com
Ini sebenernya bukan sebuah keharusan, tapi mau gak mau enak gak enak kamu dituntut untuk bisa ikutin perkembangan zaman, kalo gak ya ketinggalan dan digantikan orang lain. Namanya juga sudah masuk Industri 4.0, apa-apa kebanyakan jadi serba digital. Untuk itulah kamu harus melek digital juga.

Kamu bisa dapat nilai plus dari perusahaan kalau semisal bisa Photoshop, CorelDraw, editing video/foto, Microsoft Office, dll. Gak semua harus dikuasai kok, seenggaknya ada lah buat pegangan, yang lain bisa belajar otodidak aja. Kalo bisa juga aktif di social media, portal berita, forum, dll gitu biar gak terlalu kudet juga sama perkembangan diluar.

11. Public Speaking

Soft Skill Dunia Kerja
Image: ultimagz.com
Gue mengakui bahwa ini Soft Skill yang agak sulit haha.. Public Speaking itu kemampuan kamu berbicara di depan umum, untuk orang-orang kantor atau publik. Gak semua orang mampu untuk public speaking di depan umum ini, cenderung takut dan gak berani mulai.

Public Speaking ini bisa berguna untuk kamu pimpin meeting, seminar, atau acara-acara besar gitu. Soft Skill satu ini emang keliatan menakutkan, tapi satu-satunya cara untuk bisa kuasain ya harus ngelakuin sesering mungkin sampai akhirnya terbiasa.

12. Networking Yang Luas

Soft Skill Dunia Kerja
Image: nexushub.com.au
Di Industri 4.0 ini kayaknya Soft Skill wajib. Ini intinya nambahin relasi yang seminat sama kamu, atau di bidang yang sama. Karena semakin banyak relasi atau networking yang kamu punya, semakin besar juga kemampuan kamu untuk bisa berkembang. Bakal dapat banyak ilmu-ilmu baru juga.

Perluas networking ini gampang banget, kamu bisa ikut seminar atau gak gabung aja di forum atau grup yang membahas bidang dari minat kamu itu, pasti bakal ketemu lah orang-orang baru. Jangan pilih-pilih juga dalam bergaul, siapa tau orang yang kamu underestimate gitu ngasih networking yang baik untuk kamu.

13. Mampu Berkolaborasi

Soft Skill Dunia Kerja
Image: panelhar.xyz
Banyak lho orang yang kerja sendiri lancar, tapi kesulitan pas harus kerja sama atau kolaborasi. Disinilah Soft Skill ini penting, kamu harus terus asah. Berkompetisi (secara sehat) itu penting, tapi berkolaborasi gak kalah pentingnya. Apalagi di dunia profesional, susah kayaknya sukses tanpa sumbangsih orang lain.

Kamu gak akan selalu keliatan keren dengan kerja sendiri kok, malah kalo bisa bekerja sama itu poin plus. Justru kebanyakan yang bekerja sama itu yang kariernya greget. Liat Youtube, Google, Microsoft, Apple, dll, perusahaan-perusahaan ini gak dibangun dengan 1 orang doang.

14. Bisa Beradaptasi

Soft Skill Dunia Kerja
Image: sevima.com
Adaptasi itu penting terutama untuk fresh graduate, kamu yang baru memasuki dunia kerja. Dunia kerja itu gak sama kayak sekolah atau kuliah, banyak dinamikanya. Jadi Soft Skill adaptasi ini bisa kamu andalkan, harus diasah dengan sabar dan teliti. Di awal mungkin jobdesk kamu terasa sulit, tapi adaptasi aja pelan-pelan pasti nanti bisa.

Gitu juga sama lingkungan, kamu wajib bisa adaptasi sama orang-orang kantor. Harus pinter tau kepribadian mereka pada gimana, biar kamu gak keliatan orang yang sok asik. Jangan diem mulu karena takut atau minder sebagai anak baru, justru sering-sering aja berbaur kayak ikut makan bareng gitu misalnya.

15. Kejujuran

Soft Skill Dunia Kerja
Image: entrepreneur.com
Ini yang terakhir bukan berarti yang paling gak penting, justru point terakhir ini ibaratnya kunci utama di segala kesuksesan. KEJUJURAN. Jadi 14 Soft Skill diatas walaupun kamu punya semua, tapi sering ngelakuin kebohongan, itu sama aja boong.

Selalu jujur mau di hal besar atau hal kecil, karena kalo berani bohong di hal kecil kamu pasti gak segan-segan ngelakuin kebohongan yang besar. Dari kejujuran ini terbangunlah kepercayaan perusahaan ke kamu. Kalo sering bohong jangankan karier cemerlang, kepercayaan perusahaan aja gak akan kamu dapatkan.

______________________________

Soft Skill Dunia Kerja
Image: djarumbeasiswaplus.org
Okee itu dia 15 Soft Skill Dunia Kerja di Era Industri 4.0 Yang Harus Dikuasai. Semua Soft Skill ini sebenernya gak dituntut harus dikuasain sih, tapi kalo bisa mah ya pelan-pelan dipelajari dan dikuasai aja biar jadi pegangan yang bagus banget di dunia kerja. Karena Soft Skill ini bisa dibilang penunjang Hard Skill juga.

Gue juga gak semua 15 Soft Skill ini kuasain, misalnya kayak Public Speaking gitu gue lemah, lebih condong ke Soft Skill lainnya. Tapi misal kepepet banget dipaksa untuk Public Speaking, ya mau gak mau ambil aja. Tapi kalo ditawarin atau jadi relawan sebagai Public Speaking, gue kayaknya lebih milih untuk merekomendasikan nama temen yang lain deh yang lebih jago hahaha..

Sebenernya juga Soft Skill itu bukan cuma 15 ini lho, kalo digali lagi bakal lebih amat sangat banyak. Ada juga kayak Soft Skill rasa ingin tau yang tinggi, inovatif, jago analisis, pengambilan keputusan, dll. Tapi seenggaknya, kemungkinan 15 Soft Skill ini yang bisa jadi pegangan kamu secara basic di dunia kerja, di manapun itu.

Bahkan nih ya, sebenernya Soft Skill kayak gini tuh kalo kamu sudah terbiasa terapkan, bakal kebawa ke kehidupan sehari-hari jadi gak cuma untuk urusan kerja aja. Contohnya manajemen waktu, skill itu bisa kamu gunakan kapanpun dan dimanapun kok.

Oke deh semoga bermanfaat, jangan lupa share artikel ini ke orang-orang terdekat kamu ya. Thank you!
Related Posts

Related Posts

Post a Comment