--> 13 Jenis Logical Fallacy Alias Sesat Pikir di Sekitar Kita - Rovylicious
w9vb7L0M7j9qO5VekXjh9f4upwh86ATk0lG5dKZM

13 Jenis Logical Fallacy Alias Sesat Pikir di Sekitar Kita

Jenis Logical Fallacy
Image: psychologytoday.com
Pernah gak sih lagi debat atau adu argumen ama orang, trus jawabannya membagongkan dan bikin kita ngebatin "Apa sih njir" atau "hah" gitu? Bisa jadi, lawan bicara kamu itu ngomongnya lagi pake Logical Fallacy, makanya bikin kita emosi.

Logical Fallacy itu sendiri artinya mereka yang nalarnya sesat dan logikanya rak masoook. Menurut mereka apa yang mereka omongin itu bener dan gak salah, tapi sebenernya kalo dinalarin ya itutuh gak jelas bahkan bikin keluar konteks.

Logical Fallacy itu banyak jenisnya, sesuai sama jenis sesat pikir apa yang dilontarkan. Intinya semuanya itu ya gak logis, salah arah, dan cenderung menyesatkan.

1. Ad Hominem

Jenis Logical Fallacy
Image: onmanorama.com
Ad Hominem ini nyerangnya bukan bales argumen atau pendapat seseorang, tapi malah nyerang si orang yang ngomong itu. Jadi kayak "Lu gak usah sok tau atau ikut campur" gitu lah.

Contoh: A, baru nonton The Batman trus bilang filmnya agak monoton. B yang fans DC langsung jawab, "Lu bilang gitu emang bisa bikin film? Lu fans Marvel pasti ya?".

2. Slippery Slope

Jenis Logical Fallacy
Image: herb.co
Orang yang narik kesimpulan dari sebuah kejadian yang terjadi secara beruntun, dan mikir besok-besok bakal ada kejadian yang sama. Padahal ini pemikirannya gak valid, cuma cocoklogi aja biasanya.

Contoh: A ngerasa tiap jalan sama B, A ini sial mulu.. Jatoh lah, uang hilang lah, dll. Besok-besoknya si A ini jadi menghindar dan gak mau bareng si B lagi.

3. Red Herring

Jenis Logical Fallacy
Image: express.co.uk
Ini kayak lagi bahas topik apa gitu, dijawabnya gak sesuai topik yang dibahas alias keluar dari konteks perdebatan/obrolan. Seringnya juga tuh Red Herring ini kayak ditanya apa jawabnya apa.

Contoh: Si A nyuruh B nonton anime Attack on Titan karena seru. Si B jawab "Ngapain sih lu nonton gituan, kan Jepang pernah jajah negara kita".

4. Strawman

Jenis Logical Fallacy
Image: hackspirit.com
Ini jenis Logical Fallacy yang cukup berbahaya, soalnya bisa memelintir opini orang lain. Strawman selalu punya cara untuk bikin argumennya bener, dan argumen yang lain salah.

Contoh: A pacaran sama B. Si A labrak mantan pacar B karena curiga B ini selingkuh sama mantannya, padahal gak ada bukti. B protes, bilang harusnya omongin baik-baik dulu. Si A jawab, "Oh jadi aku yang salah? Kamu pasti ngebela dia ya emang, soalnya dia kan mantan kamu".

5. Burden of Proof

Jenis Logical Fallacy
Image: seekingintegrity.com
Ini cukup kampret. Karena orang gini punya sebuah opini, disuruh buktiin opininya gak bisa, tapi malah nyuruh orang lain yang buktiin. Dia yang bikin opini baru, dia yang nyuruh orang lain buktiin.

Contoh: Si A percaya bumi itu bulat. Si B percaya bumi itu datar. Si A nyuruh B buktiin bahwa bumi itu datar, tapi B malah jawab balik, "Coba dah lu aja yang buktiin kalo bumi itu bulat".

6. False Dilemma

Jenis Logical Fallacy
Image: pixabay
Dalam suatu kondisi mikirnya cuma ada satu-satunya pilihan, padahal ada banyak pilihan lainnya. Biasa False Dilemma ini adanya di orang-orang yang suka ngejudge kayak "Tu orang begitu, pasti dia blablabla"

Contoh: A ini cewe yang sering pulang malem. Si B nilai A ini pasti cewe gak bener. Padahal banyak kemungkinan, salah satunya karena A itu cewe yang jadwal kerjanya emang sering kebagian shift pulang malam.

7. Argumentum ad Passiones

Jenis Logical Fallacy
Image: evanmarckatz.com
Ini Logical Fallacy yang memanipulasi perasaan. Pokoknya apa yang didengar berdasarkan kondisi nyata itu gak dipercaya, lebih percaya sama perasaannya.

Contoh: A ini trader kaya raya yang sering berbagi ke orang kurang mampu. Dia terjerat kasus, bukti sangat kuat, dipenjara. Si B ini fansnya, dan gak percaya bahwa A ini orang jahat karena selama ini selalu berbuat baik.

8. Ad Populum

Jenis Logical Fallacy
Image: nakedsecurity.sophos.com
Ini sebuah kesimpulan bahwa apa yang dipercayai banyak orang, ya berarti itu bener. Semakin banyak orang percaya, semakin kuat juga hal itu dianggap bener.

Contoh: Katanya si A ini bisa nyembuhin orang cuma dengan cium mata si orang sakit. Tapi banyak yang percaya, padahal ini gak ada bukti medisnya sama sekali. Lanjut deh mulut ke mulut, semua jadi berbondong-bondong ke praktek pengobatan A.

9. Hasty Generalization

Jenis Logical Fallacy
Image: videohive.net
Ini juga narik kesimpulan dengan menggeneralisir. Padahal kesimpulan yang diambil itu cuma dengan skala yang kecil banget, gak kuat, dan gak bisa langsung dibuat kesimpulan gitu aja tanpa diliat seluruh faktanya.

Contoh: Si A ini pacarnya si B. Si A selingkuh nih sama cewe lain, ketahuan deh sama si B. Baru diselingkuhin sekali dalam hidup, langsung tuh bikin kesimpulan, "Semua cowo sama aja!".

10. Appeal to Belief

Jenis Logical Fallacy
Image: insightsforprofessionals.com
Ngasih argumen berdasarkan "kepercayaan", biasanya kepercayaan turun temurun (Kayak pamali gitu deh). Dan ini ya gak ada landasan rasionalnya sebenernya, sifatnya juga subjektif.

Contoh: A sama B lagi ngobrol tentang si C yang meninggal mendadak pas lagi duduk depan pintu pas maghrib. A yang lebih rasional yakin C itu kena serangan jantung, tapi B yang Appeal to Belief ini yakinnya si C kena sial karena duduk depan pintu pas maghrib.

11. Argumentum ad Verecundiam

Jenis Logical Fallacy
Image: iedunote.com
Percaya sebuah opini atau argumen berdasarkan orang yang ngomong. Kalo orang itu berpower, jabatan tinggi, ilmunya bagus, dianggap selalu valid semua argumennya tanpa nyari tau lebih dalam.

Contoh: Si A ini karyawan, dan B adalah bosnya. Apapun perkataan bosnya dianggep A selalu valid, benar, dipercaya, dan gak perlu ada lagi yang didebatkan. Ya karena yang ngomong itu bos.

12. Whataboutism

Jenis Logical Fallacy
Image: spunout.ie
Ini Logical Fallacy lainnya yang mana satu pihak ngebelokin kritik/tuduhan pihak lain dengan ngangkat isu yang setara dengan isu yang dituduhkan ke dirinya.

Contoh: Si A ini perokok, si B enggak. Suatu hari si B nasehatin A buat berenti ngerokok karena gak sehat. Tapi si A malah jawab, "Oke rokok gak menyehatkan, trus gimana sama gula? Gula juga gak menyehatkan, lu konsumsi gula pasti kan".

13. Post Hoc Ergo Propter Hoc

Jenis Logical Fallacy
Image: academiamag.com
Ini bisa dibilang kayak salah ngambil kesimpulan dari sebuah sebab akibat. Intinya kayak ada kasus 1 ngikut kasus 2, langsung deh dibikin kesimpulan tanpa bukti yang valid dan kuat.

Contoh: Di sebuah kolam renang udah sering berulang kali ada anak tenggelam sampai meninggal. Si A dan masyarakat sekitar narik kesimpulan bahwa kolam renang itu emang angker dan ada penunggunya. Padahal mungkin ada faktor lain.

---------------

Sebenernya Logical Fallacy itu banyak banget, bahkan penulis yang namanya Bo Bennett tuh punya buku yang ngejelasin 300 jenis Logical Fallacy! Bayangin tuh, 300 kesesatan berfikir di dunia ini hahaha.. Cuma 13 ini aja puyeng kan.


Sering nemuin Logical Fallacy yang mana nih?
Related Posts

Related Posts

Post a Comment