--> 13 Ciri-ciri Toxic People, Ngeri-ngeri Sedap! - Rovylicious
w9vb7L0M7j9qO5VekXjh9f4upwh86ATk0lG5dKZM

13 Ciri-ciri Toxic People, Ngeri-ngeri Sedap!

Ciri-ciri Toxic People
Image: prevention.com
Kalau ngomongin ciri-ciri toxic people itu sebenernya banyak. Intinya apapun ciri-cirinya, orang yang toxic itu ya annoying dan berbahaya bagi kemaslahatan umat. Toxic people ini sendiri ada dimana-mana, bisa di lingkungan rumah atau sekolah dan juga pastinya tempat kerja 😏

Tapi kamu ngerasa semakin dijauhin orang-orang sekitar? Jangan nyalahin mereka atau keadaan, coba intropeksi diri karena jangan-jangan kamu yang malah toxic nih. Coba dipikir-pikir lagi, 13 ciri-ciri toxic people di bawah ini ada yang kamu banget gak nih? 😨

1. Egois Banget

Ciri-ciri Toxic People
Image: divethru.com
Orang yang toxic itu biasanya lumayan egois, mikirin diri sendiri doang dan gak terlalu peduli sama orang lain. Biasanya betah ngomong berjam-jam tentang cerita hidup atau pencapaiannya nih tapi bodo amat sama kisah orang lain. Pokoknya mau didenger doang, dianya gak mau dengerin.

2. Si Paling Bener

Ciri-ciri Toxic People
Image: ibelieve.com
Pokoknya gak boleh salah, harus selalu bener no tangkis! Sekali diketahui salah, selalu punya alasan ini itu. Manipulatif sekali pokoknya. Permasalahan selalu dinilai dari sudut pandangnya doang sampai mengalahkan akal sehat dan fakta kebenaran yang ada.

3. Suka Bikin Drama

Ciri-ciri Toxic People
Image: inc.com
Ciri-ciri toxic people lainnya tuh doyan bikin drama, hal apapun itu didramatisir sama dia dan dilebih-lebihkan. Bahkan sampe merugikan orang lain. Ya dia bodo amat, yang penting keinginannya tercapai. Biasa suka bikin drama gini juga karena kurang perhatian, jadi suka caper.

4. Sering Ngebual

Ciri-ciri Toxic People
Image: medium.com
Ngomongnya tinggi banget, sekali dua kali didengerin masih asik. Lama-kelamaan jadi mual, mungkin karena seneng selalu didengerin jadinya keterusan. Biasanya jadi flexing juga nih, pamer ini itu ke orang lain. Punya A, ngasih tau. Punya B, ngasih kabar. Seolah-olah semesta harus tau, padahal gak penting-penting amat dan gak ada efeknya ke perekonomian Indonesia.

5. Playing Victim

Ciri-ciri Toxic People
Image: thejakartapost.com
Nih orang udah jelas salah, tapi nyalahin orang lain yang harusnya itu jadi tanggung jawabnya sendiri. Kalau sudah dicecar, berubah jadi si yang paling tersakiti. Kalau cerita ke orang lain dia ini seolah-olah jadi pihak yang dizolimi, padahal faktanya gak kayak apa yang dia omongin. Serem nih, karena bisa menjurus ke fitnah.

6. Manipulatif

Ciri-ciri Toxic People
Image: guystuffcounseling.com
Ini bahaya nih. Ciri-ciri toxic people lainnya tuh jago mutar balikkan fakta, ngomong gak sesuai kenyataan, giring opini orang lain, menyimpulkan tanpa fakta valid, bahkan berani main fitnah yang penting apa keinginan dan tujuannya tercapai. Contohnya gak suka sama si A, dia bisa pengaruhin orang lain untuk ikutan gak suka sama si A ini dengan cara jelek-jelekin, jangan ditemenin, dsb.

7. Penyampaian Kata Yang Kurang Baik

Ciri-ciri Toxic People
Image: orangecountytribune.com
Kalau ngomong ke orang lain biasa tanpa dipikirin dulu, padahal omongan itu nyakitin. Jadi gak bisa mikir dulu atau pertimbangkan, apa yang mau diomongin itu bakal nyakitin apa enggak. Kembali ke point 1, orangnya egois, jadi bakal bodo amat itu nyakitin apa enggak.

8. Sadar, Tapi "Dinikmatin"

Ciri-ciri Toxic People
Image: tinybuddha.com
Orang toxic tuh sebenernya tau kalo dia salah, dia memanipulasi, dsb. Tapi dia malah nikmatin, karena perhatian orang-orang ada di dia. Bahkan jadi public enemy sekalipun disukain. Bukannya berubah dan intropeksi apa yang salah, dia semakin melancarkan "aksinya" dengan manipulasi ini itu. Hati-hati!

9. Jago Sabotase

Ciri-ciri Toxic People
Image: crosswalk.com
Toxic people tuh sering mengelak dari sebuah sikon yang gak dia mau. Pinter dalam permainan mind control, nutupin kekurangannya sendiri, manipulasi keadaan dan sampai sabotase siapapun yang halangin maksud serta tujuannya.

10. Perlakukan Orang Seenaknya

Ciri-ciri Toxic People
Image: blog.hubspot.com
Biasanya toxic people itu memperlakukan orang seenaknya, apalagi ke orang-orang yang menurutnya "di bawah standar" dia banget. Kayak becandaan seenaknya padahal nyakitin hati, obrolan yang terlalu offensive, dll.

11. Narsistik

Ciri-ciri Toxic People
Image: prevention.com
Toxic people itu gak pernah bosan untuk selalu memuji dirinya sendiri termasuk pencapaian yang sudah didapatkan. Bahkan bisa sampai membandingkan pencapaian dia dengan orang lain. Dan biasanya, pujian untuk dirinya sendiri itu diceritain ke banyak orang. Orang kayak gini kayaknya cocok dibuatin patung dan lagu kebangsaan.

12. Selalu Negative Thinking

Ciri-ciri Toxic People
Image: themindfulword.org
Semua hal dipandang negatif, bahkan sampe di titik dia khawatir sama segala kemungkinan yang bakal terjadi sama hidupnya. Negative thinking ini juga bisa sampe ke mandang orang lain itu negatif mulu, gak ada baik-baiknya. Kalo deketan ama orang kayak gini, percayalah produktivitas hidupmu bakal menurun.

13. Kritik Yang Destruktif

Ciri-ciri Toxic People
Image: medium.com
Kritik itu gpp selama membangun, bisa jadi feedback juga kan untuk kedepan lebih baik. Tapi toxic people ini kritiknya beda, lebih ke kritik destruktif. Dan kritik destruktif itu lumayan menghancurkan mental, jadi sebaiknya buruan jauhin aja orang-orang kayak gini ya karena gak akan membangun hidupmu sama sekali.

-------------------------------

Itu dia 13 ciri-ciri toxic people. Kembali ke pertanyaan awal, kamu ngerasa semakin dijauhin orang-orang? Coba intropeksi deh siapa tau beberapa ciri-ciri toxic people di atas ada di kamu. Jangan malah nyalahin keadaan atau orang lain ya, harus sadar sendiri 😗

Nah, kalau kamu nih yang punya kenalan dengan ciri-ciri toxic people di atas, mending segera jauhin karena akan selalu bawa negative vibes untuk diri kamu sendiri. Gak ada benefitnya, gak ada faedahnya. Kebetulan, menjauhi toxic people itu salah satu resolusi 2022 gue juga lho hahaha 😜

Tapi ini semua tergantung tingkat toleransi kamu terhadap toxic people itu sendiri ya. Misal nyaman-nyaman aja di depan dia (walau pas di belakang dighibahin ke orang lain,) ya fine-fine aja. Yang penting jangan ganggu produktivitas hidup, dan kalo bisa imbangin sama perbanyak lingkungan dengan orang-orang berpositive vibes biar otaknya tetep jernih 😂


Maaciw dah mampir, see you! 💁
Related Posts

Related Posts

Post a Comment