--> Perbedaan Green Tea dan Matcha, Sudah Tau Belum? - Rovylicious
w9vb7L0M7j9qO5VekXjh9f4upwh86ATk0lG5dKZM

Perbedaan Green Tea dan Matcha, Sudah Tau Belum?

Perbedaan Green Tea dan Matcha
Image: klikdokter.com
Sama-sama warna hijau, perbedaan green tea dan matcha ini sepertinya sampai sekarang masih jadi perdebatan deh. Masih ada yang bilang sama, padahal nyatanya beda. Bahkan dulu inget banget temen pernah bilang, matcha itu bahasa Indo dari green tea hahaha..

Jadi sebenarnya green tea sama matcha itu beda, walau sama-sama dari tanaman Camellia Sinensis. Perbedaan green tea dan matcha paling mencolok tuh ada di teksturnya, matcha tuh tekstur halus dari si green tea. Sedangkan green tea ini biasa ya bentuknya dalam kemasan teh pada umumnya aja gitu.

Produksi Green Tea dan Matcha

Perbedaan Green Tea dan Matcha
Image: medicalnewstoday.com
Perbedaan green tea dan matcha pertama itu dari cara pembuatan yang beda. Produksi green tea lebih lama, karena ada proses daun yg dikeringkan di bawah matahari. Pas udah mau panen baru deh dipindah ke tempat yang lebih teduh.

Nah untuk matcha, ini habis dipanen itu langsung dibakar trus daunnya didinginkan, digulung, dikeringin. Kalau dah dingin dan kering itu digiling deh sampai jadi bubuk halus pake batu granit.

Perbedaan Warna Hijaunya

Perbedaan Green Tea dan Matcha
Image: ebrightskin.id
Nah sebenernya green tea sama matcha itu sama-sama warna hijau, tapi hijaunya beda. Hijaunya matcha itu lebih cerah soalnya lebih banyak klorofil, sedangkan green tea lebih gelap dan kusam.

Matcha juga pas digiling itu batang sama vena (yg kayak urat) dari daunnya dibuang, kalo green tea enggak makanya warnanya lebih gelap. Penggilingan green tea pake bilah logam itu juga ngaruh ke warna, sedangkan matcha pake batu.

Gimana Rasa dan Teksturnya?

Perbedaan Green Tea dan Matcha
Image: livejapan.com
Perbedaan green tea dan matcha selanjutnya bisa diliat dari rasa sama teksturnya. Kalo pernah cobain dua-duanya pasti tau bedanya deh. Green tea itu rasanya lebih soft, dan ya kayak teh pada umumnya aja sih sebenernya. Pas pertama kena lidah juga ada rasa manisnya dikit.

Nah kalo matcha nih walau warnanya lebih soft, tapi enggak dengan rasanya. Rasa matcha lebih padet, creamy, manis, tapi kadang ada juga yg rasanya sedikit pait di lidah. Matcha juga tekstur di lidah lebih creamy, gak kayak green tea.

Perbedaan Harga Green Tea dan Matcha

Perbedaan Green Tea dan Matcha
Image: istockphoto.com
Untuk harga jelas ada perbedaan. Pada umumnya, matcha itu biasa selalu lebih mahal. Soalnya pembuatan matcha itu emang lebih effort, butuh tenaga sama waktu yg lumayan. Daun yg dipilih juga yg gak bertangkai sama gak berurat.

Nah sedangkan green tea, ini biasanya gak lebih mahal daripada matcha, kayak teh pada umumnya aja. Tapi beda cerita misal green teanya dimacem-macemin ya misal kayak Starbucks jadiin Green Tea Latte, itu sih jadi lebih mahal dibandingin kayak Matcha Espresso Fusion doang.

Cara Penyajiannya

Perbedaan Green Tea dan Matcha
Image: fona.com
Pada umumnya nih, green tea itu paling sering diseduh sama air panas trus ada di acara-acara formal gitu deh. Sedangkan matcha ini paling sering dimacem-macemin karena dari sananya yg udah punya tekstur creamy, jadi sering disajikan dingin.

Walau cara penyajian green tea sama matcha beda-beda, tapi tenang aja keduanya ini punya kalori yg rendah. Yg penting pure green tea dan matcha ya, gak dijadiin latte dan sebagainya hahaha..

Manfaat Green Tea dan Matcha Untuk Kesehatan

Perbedaan Green Tea dan Matcha
Image: thestylemate.com
Manfaat keduanya ini kurang lebih aja, yg jelas sama-sama menyehatkan. Dari jurnal European Journal of Preventive Cardiology nih ungkapin kalau green tea dan matcha itu paling besar impactnya untuk jantung.
 
Sifat antioksidan keduanya juga tinggi, ngelindungin tubuh dari stress oksidatif dan penyakit kronis serta sebagai minuman yang bermanfaat sebagai pencegah kanker.

Yang Mana Paling Difavoritkan?

Perbedaan Green Tea dan Matcha
Image: scrubbing.in
Kalau di Jepang sana sih green tea sama matcha ini peminatnya gak beda jauh, sama-sama difavoritkan. Kalau dari kacamata sotoy gue nih, di Indo biasa green tea tuh favoritnya baby boomer dan matcha lebih ke milenial & gen-z hahahaha..

Kalo gue pribadi suka dua-duanya, tapi lebih suka matcha. Green tea paling suka Green Tea Frappuccino-nya Starbucks, kalo matcha suka punyanya Dum Dum sama Animo!

==============================


Oke itu dia beberapa perbedaan Green Tea dan Matcha. Semoga bisa membantu, semoga bisa menjawab kalo ditanya orang apa bedanya green tea sama matcha ya hahaha..

Btw paling suka yg mana nih, green tea atau matcha?
Related Posts

Related Posts

Post a Comment