--> Etika Komplain Kalau Dapet Pengalaman Gak Enak di Restoran - Rovylicious
w9vb7L0M7j9qO5VekXjh9f4upwh86ATk0lG5dKZM

Etika Komplain Kalau Dapet Pengalaman Gak Enak di Restoran

komplain restoran
Image: baamboozle.com
Pernah gak sih, di makanan atau minuman yang kamu pesen di sebuah restoran itu dalemnya ada benda/hewan tak diundang? Misalnya nih kayak semut, lalat, rambut, kunci inggris, atau kemeja erigo?

Gue pribadi beberapa kali ngalamin hal kayak gini, dan emang ngeselin sih apalagi kalo restorannya kayak nganggep enteng doang. Nah, kalo kita dah dapet pengalaman kayak gini, sebagai customer udah jadi hak banget untuk komplain. Tapi ada etikanya.

Komplain kayak ginian untuk segala hal, gak cuma karena ada benda/hewan tak diundang. Mungkin bisa kalo karena ada pelayanan yang kurang mengenakkan, kursi dan meja restoran kurang higienis, atau mungkin misal kayak menu di orderan ada yang kurang.

Nah beberapa waktu lalu, gue dapet pengalaman kayak gini, di meja restorannya ada kecoak kecil gitu. Cukup mengagetkan sih mengingat ini restoran lumayan famous dan banyak cabangnya. Mendadak nafsu makan turun drastis, padahal itu posisi lagi jam lunch dan emang laper. Kalo dapet hal-hal kayak gini, gue selalu menerapkan cara komplain yang sama entah case apapun itu.
komplain restoran
Image: personal asset
Dan sepertinya juga cara-cara komplain ini banyak yang nerapin kok, apalagi para food reviewer biasa udah ngerti deh yang gini-gini. Jadi, gimana sih cara komplain yang sopan dan sesuai etika kalo dapet pengalaman kayak gini-gini? Nih gue spill beberapa caranya, bukan mau menggurui, tapi lebih ke sharing aja ya biar kamu sebagai customer dan pihak restonya juga sama-sama enak.

1. Siapkan Bukti Yang Kuat

komplain restoran
Image: personal asset
Kalo nemu yang aneh-aneh jangan lupa jadikan bukti, bisa lewat foto atau video. Ini juga bikin gampang si restonya untuk ngelakuin tracking permasalahannya, selain itu juga bikin pendapat kita valid gak asal omdo aja kalo dah ada bukti.

Tapi bikin bukti gini juga jangan ngadi-ngadi ya, misal nih komplain karena ada rambut di makanannya, eh ternyata itu rambutnya sendiri sengaja ditaruh biar dapet compliment kayak voucher gitu. Hati-hati, CCTV selalu mengawasi.

2. Hubungi Personal Pihak Resto

komplain restoran
Image: upserve.com
Kalau sudah pegang bukti, GAK PERLU langsung koar sana sini. Kalo niatnya emang mau komplain (bukan pengen viral), hubungin pihak restonya secara personal. Kalo masih di resto, bisa panggil manager restonya. Kalo pesennya online, bisa kirim pesan ke sosial media restonya.

Kalo diumbar sana sini gak dapet solusi, biasanya makin runyam. Karena kalo beneran komplain, ya tujuannya kan dapet tanggapan dari pihak restonya langsung. Jadi better gak perlu diumbar dulu ya, bicarakan baik-baik aja dulu.

3. Komplain dengan Itikad Baik

komplain restoran
Image: anytimechefs.com.au
Ini masih relate sama point nomer dua. Jadi kalo komplain itu harus dengan itikad baik, salah satunya dengan menghubungi pihak restoran langsung, bukan dengan viralin sana sini. Kalau sudah kayak gini sih emang tujuannya pengen viral, bukan komplain.

Karena kalo keburu diviralin duluan tanpa ada diskusi sama pihak resto tuh serem juga sih, kalo lagi apes bisa kena pencemaran nama baik kalo brandnya disebut secara gamblang. Kalo brandnya disensor ya gpp, cuma ya itu, gak akan dapat solusi dan esensi dari komplain itu sendiri jadi gak ada.

4. Jangan Kaku dengan Solusi

komplain restoran
Image: indifi.com
Nah biasanya tuh solusi dari pihak resto macam-macam. Ada yang minta maaf dan ngasih compliment, ada juga yang sekedar minta maaf doang. Kalo cuma minta maaf doang? Ya gpp dong terima aja, selama gak ada merugikan untuk kitanya.

Kecuali nih merugikan banget misal sampe jatuh sakit, kalo pihak restonya cuma minta maaf ya tampol aja. Tapi gue paling seringnya dapat voucher sih, jadi kunjungan berikutnya dapet potongan harga gitu. Tapi ada juga yang cuma permintaan maaf. Ya issoke, harus terima aja selama gak merugikan. Mereka minta maaf aja itu sudah bisa diapresiasi.

5. Tegas

komplain restoran
Image: stuff.co.nz
Kalo komplain usahakan jangan sambil emosi, karena negosiasinya bakal runyam. Jadi tetep calm down aja, tenang, tapi tegas. Nah tegas disini sih tiap case berbeda-beda ya, kalo misal case yang kamu dapetin itu kayak misal ada rambut di makanan, langsung minta ganti makanan yang baru aja. Ini pasti bakal diganti kok. Selesai.

Tapi case berat kayak ada pelayan yang kurang ajar, misal verbal abuse, bikin teguran resmi itu sah-sah aja. Bahkan mau ke jalur hukum atau diviralkan juga silahkan. Soalnya kalo pelayan kurang ajar, dia bisa lakuin ke banyak orang, jadi yang lain harus waspada. Tapi kalo rambut di makanan, kan gak mungkin semua piring customer ada rambutnya.

------------------------------

komplain restoran
Image: agfundernews.com
Ya kurang lebih itulah tata cara singkatnya kalo mau komplain di restoran dengan berbagai case. Komplain dengan cara yang kayak gini tuh win win solution kok, di kita enak dan di pihak restorannya juga enak, gak ada yang dirugikan banget.

Percaya deh kalo kita sebagai customer komplainnya dengan sopan dan beretika, itu biasanya pihak restonya respect banget. Tapi kalo komplainnya gak sopan apalagi koar-koar di sosmed duluan (gak sensor brand) tanpa hubungi pihak resto, ini pihak resto ngeliatnya sih si customer emang pengen viral tapi pengen dapet compliment juga.

Jadi kalo emang niat tulus komplain, lakuin dengan benar dan sopan ya. Ini semua berdasarkan pengalaman gue dari dulu ya, ada laaah beberapa brand-brand besar ngelakuin hal gak mengenakkan, tapi selalu case closed dengan aman dan nyaman, selalu dapat win win solution. Kalopun gue share ke sosmed, gue gak pernah spill nama brandnya, tertutup rapi. Dan tujuannya cuma lucu-lucuan aja karena pernah ada sekrup dalam nasi hahaha..

Nah kayak yang di awal gue kasih tau, beberapa waktu lalu nemu resto yang mejanya ada kecoak kecil gitu. Gue dah komplain di tempat tanpa didenger pengunjung lain yang lagi asik makan, jadi langsung ngobrol sama manager restonya dan responnya baik, meja langsung dibersihkan. Gue juga infoin tuh ke DM IG nya, karena IG ini yg kelola ownernya langsung. Ini di bawah tanggapannya, dan ini tidak menyenangkan karena gue dipanggil "Bu"! HAHAHAHAHA no no kidding..
komplain restoran
Image: personal asset
Terakhir nih, trus gimana sih kalo misal rasa gak sesuai sama yang dimau? Misal rasa makanannya terlalu asin, bisa komplain gak? Bisa! Seharusnya ini bisa minta ganti kok, kalo asinnya emang gak bisa ditoleransi. Tapi minta gantinya pas baru suapan pertama, jangan pas udah mau habis baru minta ganti, ini mah ngakalin.

Nah kalo misal makanannya kurang enak menurut pendapat pribadi? Ya ini gak bisa komplain ke restonya, karena soal rasa enak gak enak kan tiap orang beda-beda seleranya. Paling penting jangan menggiring orang lain untuk jangan cobain, jangan sampai menjatuhkan si resto cuma karena masalah selera.

Oke sekian dan makasih dah baca sampai sini, semoga bisa membantu, see you on another article!
Related Posts

Related Posts

Post a Comment