--> Cerita, Skill, Dan Item Hero Mobile Legends: Bang Bang! - Rovylicious
w9vb7L0M7j9qO5VekXjh9f4upwh86ATk0lG5dKZM

Cerita, Skill, Dan Item Hero Mobile Legends: Bang Bang!

*copas = cantumkan sumber .
if u don't want someone to copy your content ,


so don't copy others and make it yours .
show your respect*



BANG BANG BANGGGG!!!! Game yang satu ini lagi hitz banget, mau muda atau tua semua main! (gue yg kategori muda ya, catet!). Buat yang tau game semacam League of Legends, Heroes of Newerth, Chaos Online, atau DOTA 2 pasti udah familiar lah ama game MOBA kayak Mobile Legends: Bang Bang ini. Yap, jadi 'MLBB' ini game yg masuk dalam tipe MOBA (Multiplayer Online Battle Arena) dan dimainkan dari Smartphone (Android / iOS) yg dirilis ama Moonton. Oh iya, MOBA juga biasa disebut dengan Action Real Time Strategy (ARTG), bahkan DOTA 2 waktu pertama kali rilis diperkenalkan Valve sebagai game tipe ARTG loh.

FYI, MOBA itu sendiri pada umumnya punya gaya bermain berupa 1 bangunan utama yang harus dihancurkan, tapi ya beberapa game MOBA juga ada punya pilihan yg beda" untuk nentuin kemenangan tim selain hancurin markas. Nah disaat kita lagi berupaya hancurin markas/bangunan utama, bakal ada musuh lemah tapi yg ganggu banget, namanya Creeps / Minion yg termasuk dalam unit Computer-Controled Unit (CCU).

Di MLBB ini sendiri gameplay-nya terdiri dari 2 tim yg masing" diisi 5 player. Ada 2 tipe map, yaitu 3 Lane (Classic/Ranked Mode) & 1 Lane (Brawl Mode). Control di game ini juga gampang, ada Virtual Pad yg memudahkan player untuk kendaliin Hero & skill"nya. Bahkan di Setting Control juga udah di sediakan beberapa opsi tambahan semacam Aiming Method, Targeting method, Last Hit Attack, atau Hero Lock Mode.

Nah jadi setelah sebelumnya gue udah ulas hero untuk game Clash of Clans DOTA 2, di kesempatan kali ini gue mau bahas satu persatu lagi hero yang ada di Mobile Legend: Bang Bang! Yaaa ini sih hasil ulasan browsing sana-sini, ama dari pengalaman gue bermain juga dari awal" ni game baru keluar wkwk (tapi masih tetep noob).. Dan ini gue bahas dengan ulasan yg sesingkat-singkatnya. Enjoy!


-=Assassin=-
Assassin itu hero yg mengkhususkan diri untuk membunuh/target 1 hero untuk dibunuh. Fokus mereka ke Infiltrasi, tipu", ama mobilitas. Assassin itu juga harus siap dalam posisi apapun untuk siap eksekusi target. Assassin harus nyerang di waktu yg pas, gak terlalu cepet gak juga terlalu lambat. Intinya eksekutor/finishing lah, jadi jangan heran kalo ada hero Assassin yg terkesan "nyampah" soalnya itu ya emang tugasnya kok.

Saber

History: Ilmuwan dari dunia lain berkumpul untuk mengumpulkan DNA dari ratusan ahli pedang dari ras yang berbeda, memakai teknologi canggih mereka punya tujuan untuk menciptakan pendekar pedang terkuat. Setelah diciptakan, mereka berhasil membuat pendekar yang dinamakan Saber. Pedangnya bisa nembus ruang & waktu, dia pendekar yang gak terkalahkan. Para penantang dari Tanah Fajar mau bertarung ama Saber, dan Saber menerima tantangan itu. Akhirnya dia menginjakkan kaki ke Tanah Fajar, untuk nyari lawan yang cukup layak jadi lawannya dia. Sombong bet~
Skill & Item: Salah satu hero Assasin nih, dan efektif banget buat jadi ganker (ngebokong). Kalau pake Saber, harus tau timing kapan harus maju/mundur. Soalnya dia ini juga hero yg enak buat dipake jarak jauh berkat skill 1-nya, dan jarak dekat buat spam ultimate-nya. Saber ini gak bisa dibilang hero carry juga sih, soalnya tunggu beberapa item penting jadi dulu. Yang penting sih banyakin item DPS aja buat Saber, trus jangan lupa selipin bbp item yg berfungsi untuk reduce cooldown. Dan gak perlu dipakein lifesteal atau item attack speed ya, cari item DPS aja.

Karina

History: Karina ini salah satu Peri Malam, dia lahir ke dunia kegelapan yg suram & bisa ngubah kepribadian mereka. Dengan kekuatannya, semua peri malam itu punya jasa sebagai pembunuh bayaran, salah satunya ada Karina ini. Dia peri malam paling menonjol diantara peri lainnya, karena membunuh targetnya tanpa kenal ampun! Parah, harusnya kenalan dulu yah ama ampun. HAHAHAHAHAHAHA *krik krik krik*
Skill & Item: Ini salah satu hero unik, agak susah" gampang juga makenya. Dia ini Assassin, tapi tipe serangannya magic loh. Trus dia agak sulit dibunuh ama physical attack, soalnya dia punya kemampuan 100% evasion! Semua skill-nya punya cooldown singkat, kecuali ultinya. Nah uniknya nih, kalo dia berhasil bunuh/assist, ultinya langsung ready lagi alias gak ada cooldown. Makanya enak banget pas war 5 musuh sekarat semua, itu Karina mah tinggal ulti aja semua udah bisa Savage! Wakakakakakak.. Untuk item, udah pasti gedein magic" attack aja ya.. Pakein Calamity Schyte, Magic Shoes, Guardian Relic, ama item" boosting damage lainnya deh. Trus bisa juga pakein Blood Wings di late game ya biar maks HP nya nambah.

Fanny

History: Jadi Fanny ini terlahir sebagai manusia biasa, gak punya kekuatan apa" juga. Tapi hal tersebut gak ngebuat dia nyerah untuk gapai cita"nya, yaitu BISA TERBANG! Agak nyeleneh emang ni anak. Gak terhitung udah berapa kali dia latihan di lingkungannya untuk bisa terbang. Tapi yang pasti dia terbang pake alat bantu, ya alat bantu dia ini semacam besi & tali gitu yang di pasang di tubuhnya. Akhirnya, dia berhasil membuktikan ke orang-orang yang udah ngejek dia bahwa gak mungkin manusia itu gak bisa terbang dari 1 tebing ke tebing lainnya. Dari itu, semua orang nyebut Fanny sebagai "Pedang Kebebasan (Blade of Freedom)".
Skill & ItemFanny, hero Assassin yang punya mobilitas paling tinggi. Dia bisa terbang pake tali, pindah dari lane bawah ke atas cuma hitungan detik aja. Dia juga bisa cepat untuk kill creep hutan, berkat skill 1 nya. Kalo dia terbang ke arah musuh dia juga otomatis bakal keluarin skill 1 nya itu tanpa pengaruhin cooldown. Untuk pemula, jangan coba" pake hero ini ya, ini hero dengan tingkat kesulitan paling tinggi di MLBB. Kalo main awal" pake Fanny sih, disarankan jadi jungler dulu aja.. Apalagi Fanny punya mobilitas tinggi, sekalian aja sikat semua creep hutan musuh. Untuk item lumayan recommended sih pake Haas's Claws, lumayan tuh lifestealnya. Selainnya paling ya pake yg boost damage aja kayak Blade of Despair, Malefic Roar (penting untuk late game nanti), trus ya selipin deh item" armor kayak Blade Armor ama Bloodthirsty King. Jangan lupa Immortality juga ya!

Hayabusa

History: Di kota yg bernama Iga, ninja terkuat bakal dikasih gelar "Ninja Bayangan" dengan tanggung jawab yang besar, harus siap untuk ngelakuin misi" yg berbahaya, jaga kota Iga dari serangan musuh, tanpa diketahui ama penduduknya. Dan "Ninja Bayangan" saat ini di kota Iga, Hayabusa, punya misi sulit berupa memangkap & membunuh generasi bayangan sebelumnya yg udah berkhianat serta membunuh temannya. Tapi sampai sekarang Hayabusa belum bisa menangkap ninja bayangan terhebat Iga selama berabad abad tersebut, karena Hayabusa sendiri masih terjebak dalam bayang-bayang mantan.
Skill & ItemHayabusa itu hero yg lumayan sulit, gak cukup sekali main pake ni hero. Butuh banyak match pake ni hero supaya bisa kuasain, dan banyakin match vs AI ya! Jangan jadi kanker di match up apalagi ranked kalo cuma buat belajar hero gaes.. Selain banyak match pake Hayabusa supaya bisa kuasain dia, jangan lupa harus punya item yg pas juga dong biar skill-nya pedis kayak mie abang adek. Hayabusa punya Quad Shadow, bisa pindah" ke 4 arah mata angin (cocok untuk kabur/ngejar). Habis Quad Shadow jangan lupa keluarkan Phantom Shuriken, trus bisa langsung pergi lagi ke salah satu bayangan Quad Shadow, jadi combo 2 skill ini emang enak bgt buat main hit and run. Kalo ada musuh sekarat, ya langsung ulti aja.. Kalo sama" sekarat jangan takut, langsung ulti aja soalnya selama Hayabusa ulti dia gak akan bisa di hit kok jadi dah pasti menang wkwk. Untuk item boleh deh pake Haas's Claws buat Lifesteal, Hunter Strike (WAJIB), atau Malefic Roar (kalo musuh banyak yg gedein armor). Item sisanya ya atur aja deh, yg penting item" yg naikin damage skill ya..


Natalia

History: Natalia dibesarkan di lingkungan Church of Light, dan disana dia dilatih untuk jadi Assassin yg berbahaya. Akhirnya dengan bakat yang dia punya dia bisa jadi Assassin terbaik di Church of Light. Tapi, suatu ketika waktu dia punya misi untuk membunuh, dia gagal sampai" Church of Light balik diserang & temen"nya semua mati. Natalia selamat berkat pertolongan Tigreal, tapi dia akhirnya mengasingkan diri ke daerah perbukitan yang jauh untuk menenangkan diri. Jelas aja, Natalia pasti terguncyangggg.. Tapi sekarang dia udah bangkit lagi, udah siap untuk misi yang lebih berbahaya. Siapa target Natalia selanjutnya? No one knows.
Skill & ItemSalah satu Assassin terbaik & efektif untuk dijadiin carry. Sebelum update yg sekarang, Natalia ini hero yg over power banget makanya ampe di nerf habis"an. Skill 1 Natalia ada Claw Dash, serang musuh secara langsung & kalo serangan pertama kena musuh skill ini bisa dipake 2x. Skill 2 enak nih, Smoke Bomb yg buat asap untuk area & bikin musuh slow 65% trus bikin Natalia & temen" tim bisa evasion semua basic attack musuh. Skill pasif Natalia ini sendiri bisa ngilang, tapi sembunyi gitu di semak sekitar 2 detik (tanpa kena damage). Abis ilang itu dia dapet tambahan movement 20% & next basic attack nambah 35% ekstra damage. Untuk item sekarang pake aja Windtalker untuk bantu" movement, Haas's Claws untuk lifesteal, trus jangan lupa di late game pake Blade of Despair untuk boost DPS.

Lancelot

History: Kalo aslinya, Lancelot itu nama dari cerita Arthurian dari Camelot. Dia ini salah satu ksatria meja bundar yg berpengaruh kuat dalam berdirinya kerajaan terkuat di Britania. Nah sedangkan di MLBB Lancelot ini pangeran dari keluarga Baroque yg sangat dikenal di Land of Dawn. Dari kecil Lancelot udah punya bakat main pedang anggar, sampai akhirnya dewasa dia jadi ksatria hebat. Tapi Lancelot ini doyan mabuk"an, dia juga sering lupa diri. Sampe akhirnya suatu hari tempat tinggal dia diserang ama suku" gaib, dan tanpa performa yg baik Lancelot bertempur lawan suku" itu. Tapi namanya jago, dia menang. Tapi itu di awal aja, karna lama kelamaan stamina dia habis, arogan gak mau mundur, dia teruskan pertempuran itu. Lancelot akhirnya hampir dikalahkan di pegunungan berkabut, tapi lagi" dia menang walau banyak luka yg parah & nyaris tewas. Dia jalan, bersender di sebuah pohon pinggir Swan Lake. Disitulah dia pertama kali ketemu Odette, putri kerajaan Swan Castle. Akhirnya dia hidup bersama Odette, trus dia juga sadar kalau selama ini dia cukup arogan & punya kebiasaan mabuk"an. Selama sama Odette dia berubah jadi lebih baik, dan banyak belajar ilmu sihir dari Odette yg dia aplikasikan lagi ke pedang-nya itu.
Skill & Item: Skill pasif dia namanya Soul Cutter, dia bisa identifikasi kelemahan target, dan dia keluarkan 20% damage tambahan ke target yg udah di identifikasi itu. Skill 1 Puncture, dia atatck lurus ke depan trus hasilkan 100 damage, coldoown reset lagi kalo diarahkan ke musuh yg gak ada tanda dari skill pasif-nya itu. Skill 2 namanya Thorned Rose, animasi skill yg keren ini hasilkan area bentuk segitiga yg ngasih damage 250 poin ke musuh yg ada di dalemnya trus kalo kena semua 3 attack bakal ngasih efek slow 70%. Skill ulti sendiri Phantom Execution mirip ama skill pertama, ini bisa diarahkan & ngasih 400 damage ke musuh. Untuk item pakein Bloodlust Axe untuk lifesteal tiap keluarin skill, Hunter Strike untuk reduce cooldown ama ngasi high damage, Dominance Ice untuk banyakin mana sama armor, Blade of Despair untuk gedein damage, ama trakhir paling Berserker's Fury buat damage + critical strike. Kalo optional ya paling Berserker's Fury ganti ama Immortal aja.

Helcurt

History: Di museum Land of Dawn, ada ras tiruan misterius yg dibuat ama Great Empire. Ras ini bisa telan cahaya & ngasih kegelapan di sekitarnya. Mereka juga bisa nembus dimensi & menyelinap diam-diam untuk nyerang musuhnya. Hal menakutkan lainnya, di ekornya itu ada racun mematikan yg bisa melumpuhkan musuhnya dalam hitungan menit. Tapi konon katanya, karena racun di ekor mereka itu juga lah yg buat ras mereka ini punah. Kayaknya mereka ketusuk sendiri pas lagi tidur. Dalam sejarah, gak ada satu buku pun yg bisa prediksi kapan ras ini bakal bangkit lagi. Yang jelas, manusia hidup makmur setelah ras ini punah. Dan ternyata oh ternyata salah satu dari ras ini masih hidup & menebar teror di Land of Dawn, Helcurt namanya. Dia bisa merobek merogoh dan menchocol manjah siapapun yg ada di depannya!
Skill & Item: Helcurt ini hero Assassin kedua di ML yg punya skill untuk silence. Dia punya skill pasif namanya Race Advantage, hero yg keluarin skill deket dia ini jadi silence 1.5 detik. Skill 1 Shadow Raid hilang & muncul di target yg udah di tentukan trus ngasih damage ke musuh juga. Skill 2 Deadly Poisoned Stinger, keluarin skill ke depan yg setiap blade itu ngasih musuh 200(+100% Ekstra Physical ATK) Point dari Physical Damage. Skill ulti dia keluarin Poisoned Blade ke arah depan, setiap blade ngasih efek ke musuh 10% point damage dari Physical Damage, efek lainnya tiap basic attack jadi ningkatin jumlah blade yg di keluarkan sampe 10% blade selama 65%. Untuk combo nih cobain deh skill 2 -> ulti -> skill 1. Kalo item, pakein Blade of the 7 Seas untuk nambah Physical Attack ama mov speed, Hunter Strike untuk P.Attack & reduce cooldown, Scarlet Phantom untuk P.Attack, Att.Speed, ama Crit. Chance.. Trus Windtalker, trakhir Blade of Despair deh untuk nambah damage lagi.

Gussion

History: Paxley Family salah satu keluarga penyihir di Land of Dawn yg terkenal berwibawa, kuat, dan cukup ditakuti. Setiap anggota keluarga ini dibesarkan untuk jadi mage yg terbaik & menjadi panutanque karena bagi mereka jalan menjadi penyihir itu hal yg sakral & paling mulia. Mereka nganggep, yg perang pake pedang itu cuma orang-orang lemah. Tapi Gussion, anak keempat dari kepala keluarga Paxley ini membangkang. Dari muda dia malah pamerkan skill bertempur dari gabungan elemen cahaya dengan pedang. Daripada habiskan waktu belajar sihir di buku, dia fokus untuk kontrol cahaya & dimasukkan ke dirinya. Suatu hari Gussion diberi tes terberat yg sudah jadi kebudayaan keluarga, ini tes penting menuju kedewasaan. Tes ini berupa ngelawan banyak musuh yg takluk hanya dengan ilmu sihir, tapi Gussion sanggup kalahkan semua musuh itu tanpa sihir sedikitpun. Elder kagum ama kemampuan Gussion, tapi karena para tetua yg masih kekeuh untuk lanjutkan tradisi penyihir itu, ngasih 2 pilihan ke Gussion: Buang teknik bertarungnya atau dibuang keluarga. Dan Gussion pilih pilihan kedua, dibuang keluarga. Tapi sebelum pergi, dia janji suatu saat namanya bakal terkenal di Land of Dawn dan semua orang bakal akui kehebatannya.
Skill & Item: Dari playstyle sih ni hero gabungan antara Lancelot, Helcurt, dan Hayabusa, dan bisa lincah banget ditangan para pemain yg fast hand. Kekuatannya mirip kayak Lancelot dari elemen & senjata, tapi Lancelot main di fisik kalo ini di magic. Skill pasif dia namanya Dagger Specialist, tiap dia keluarkan 3 skill utama basic attack dapet tambahan damage trus dapat tambahan HP. Skill 1 Sword Spike, lemparkan belati ke satu lokasi & kasih 200 magic damage ke target pertama yg kena belati itu. Kalau skill 1 di klik lagi, Gussion jadi nyerang ke arah belati tadi trus ngasih damage lagi ke musuh. Skill Shadowblade Slaughter, lemparkan 5 belati ke satu lokasi. Tiap belati ngasih 120 magic damage, kalau skillnya di klik lagi itu 5 belati kembali ke Gussion & hasilkan 80 magic damage kalau kena musuh lagi. Ulti dia namanya Incandescene teleport ke lokasi tertentu trus reset skill 1 & skill 2, dia juga bakal dapet mov. speed 30% selama 4 detik. Item pakein aja Calamity Reaper untuk nambah damage & basic attack, Concentrated Energy untuk spell lifesteal, Glowing Wand nambah damage lagi, Holy Crystal untuk gedein magic damage lagi, terakhir tentu aja Blood Wings untuk damage yg lebih tinggi di late game.

Hanzo

History: COMING SOON
Skill & item: COMING SOON

-=Tank=-
Tank, hero yang harus bertahan hidupnya lebih lama dari temen"nya! Haha.. Tapi inget, Tank juga gak bisa bertahan terlalu lama dari serangan musuh kalo carry di tim damage-nya oenyoe-oenyoe yaa. Carry gak ada damage, yg kasian Tank-nya pak. Yang jelas Tank harus ada di barisan paling depan, bisa jadi initiator (open war) & ngunci musuh. Bisa juga untuk ngelindungin temen" yg lemah (terutama di early game), pukul mundur musuh, trus tahan badan jaga tower selagi temen lagi jungle. Tank harus bisa pimpin tim, sering" quick communication (attack, retreat, gather, dll), dan harus pinter atur timing untuk mulai agresi. Jangan lupa sambil treak "THIS IS SPARTAAAAA!!!"

Tigreal

History: Tigreal ini semacam knight, yang selalu ada di barisan terdepan di setiap pertempuran dan dia gak pernah ngalamin kekalahan. Bahkan, semua musuh-musuhnya Tigreal juga takut & gak berani kalau sudah berhadapan ama Tigreal. Pakai pedang besar yang selalu nemanin dia di setiap pertempuran, kerajaan penggila pedang besar yang bernama Otong Sanjaya Kingdom memberikan hadiah gelar terhormat untuk Tigreal yaitu Warrior of Light.
Skill & ItemIni hero yg cukup keras sih buat damage fisik/magic yg masuk, soalnya dia punya skill pasif Fearless yg ningkatin Physical/Magic Resist tiap dia hit. Kalo skil"nya sih, buat yg tau Magnus di DOTA 2 udah pasti bakal familiar banget ama skill nya Tigreal ini, karena semua skillnya sama persis hahaha.. Combo sih udah pasti ulti dulu (ngisep), trus dorong (ke arah tower/temen"), trakhir spam deh skill 1.. Trus itu ultinya work banget buat di combo ama temen yg punya skill ulti area juga, kayak Gord atau Nana. Untuk item sih recommended pake Bloodthirsty King untuk regen HP yg gede waktu habis kill/assist, Cursed Helmet untuk ngasih DPS ke semua musuh di sekitar (magic ressist juga), dan udah pasti Immortality. Sisanya ya paling pake sepatu armor, trus item" deff & resist. Gak usah maksa buat build damage item ya, cukup jadi tank aja, karena semua hero udah punya porsinya masing" gaes~

Akai

History: Akai ini panda yang suka makan & tidur, tapi dia punya mimpi yg keliatannya mustahil: JADI PETARUNG. Semua orang di desa dia, teman", bahkan orang tua semua ngeraguin Akai untuk jadi petarung. Tapi Akai gak berkecil hati, gak putus asa juga. Itu semua malah jadi cambuk dia untuk berlatih lebih keras. Sampai akhirnya, ada seorang biksu tua yg ngeliat Akai berlatih tiap hari dengan gigih. Akhirnya biksu tua itu bersedia jadi guru Akai. Di bawah bimbingannya, hari ke hari akhirnya Akai semakin kuat yg membuat dia berhasil untuk menjadi seorang petarung berkat berbagai ilmu sakti mandraguna yg diajarkan biksu tua itu.
Skill & ItemNah ini hero tanker yg agak lain daripada yg lain. Akai itu lincah, tank inisiator yg baik juga untuk tim. Dia punya skill pasif namanya Tai Chi, ngasih shield tiap dia ngeluarin skill. Skill 1 Thousand Pounder, Akai lompat ke target trus ngasih damage + efek slow ke musuh yg di sekitar lompatannya itu. Skill 2 namanya Blender, dia lempar skill (kodok) yg ngasih damage ke musuh. Musuh yg kena debuff skill ini, bakal dapet tambahan damage dari Akai. Ulti dia nih yg gak beda jauh ama Akai sebelum rework dulu, tetep sama mekanisme nya tapi beda animasi aja. Kalo Akai dulu ulti nya glundung", klo ini muter" kayak tornado. Namanya Hurricane Dance, ngedorong sama ngasih damage ke musuh yg lebih sakit kalo itu musuh udah kena debuff skill Blender. Untuk item sih paling umum Cursed Helmet yg nambah status HP + ngasih DPS ke musuh sekitar sebesar 2% dari maksimum HP, Bloodthirsty King buat nambah HP yg gede, sisanya ya paling item" yg nambah armor / HP aja. Pokoknya apapun itemnya pinter" aja pake ultimatenya dia ini ya, jangan fail  gulung"nya wkwk..

Franco

History: Franco tinggal di laut beku di negeri yg bernama Nost Gal. Tempat yg damai, terbuat dari es & salju dimana para pelaut bikin tempat tinggal mereka disana. Sampai akhirnya, Captain Bane (Raja 7 Lautan) hancurin kehidupan damai para pelaut itu, dan akhirnya Franco dkk bersatu untuk nentang kekuasaan Bane. Sang Ksatria Beku Franco mau menciptakan perdamaian kembali, dengan menyatukan kekuatan para pelaut dan bantuan makhluk mahakarya sang legenda dari negara kuvukiland, Mimi Peri.
Skill & ItemIni salah satu hero tank yg berperan amat sangat besar dalam kemenangan tim. Kenapa? Dia punya skill Iron Hook, bisa nyulik musuh satu persatu lewat hook-nya. Apalagi untuk deff enak banget, dari dalem culik satu persatu (kalo hook-nya GG loh ya), kill, tinggal counter attack deh. Sukur" kalo bisa Ace. Pelajaran pertama yg harus lu ingetin ya pake Franco, Hook-nya jangan pernah pake auto aim (tap Iron Hook tanpa di arahkan)! Soalnya kalo auto aim itu, Hook-nya dah pasti gak bener apalagi kalo yg mau di Hook gerak" mulu. Pokoknya pake Iron Hook itu harus percaya diri sendiri aja, percaya ama kemamppuan nyulik"nya haha. Trus kalo lagi jalan" itu juga siap" arahkan aja Iron Hook (tap tahan), biar bisa Hook spontan, musuh juga pasti bakal kaget. Dan yang ppasti, harus punya insting kuat, bisa perkirakan musuh bakal bergerak kemana. Misal musuh ada di posisi A & gerak", jangan Hook di posisi itu. Hook-nya di titik B, tempat pergerakan musuh selanjutnya. Sering" juga ngumpet di rumput buat nge-Hook, itu bisa ngagetin musuh juga. Untuk item, kalo gue udah pasti pake item" Team Buff kayak Dominance Ice yg bisa kurangin movement speed musuh di sekitar, trus juga reduce cooldown-nya itu yg cakep. Item lainnya ya paling Oracle, Demon’s Advent, Courage Bulwark, ama Bloodthirsty King atau Blade Armor.

Minotaur

History: Minotaur ini salah satu makhluk mitologi dari Yunani. Hampir sama kayak cerita aslinya, Minotaur pernah menjadi penguasa di seluruh kerajaan sampai akhirnya dia dikalahin ama pemuda dari negeri yg jauh & diasingkan ke dalam labirin. Habis kejadian itu, selama berbulan-bulan dia berlatih keras dalam labirin dengan harapan suatu saat bakal bisa kalahin pemuda yg udah ngalahin dia di kerajaan. Waktu dia berhasil keluar dari labirin, dia kaget ngeliat peradaban di dunia udah berubah. Akhirnya dia diam, merenung, sambil buka Gofood buat mesen Bacon & Cheese Whopper Sandwich dari Burger King. Nah, disaat nunggu orderan, ada suara bisikan dari dimensi lain. Minotaur akhirnya cancel orderan, dan dia langsung menuju ke suatu tempat yg bernama Dawn. Dan disanalah Minotaur bisa sepenuhnya melepas kekuatan serta amarahnya dari masa lalu.
Skill & ItemMinotaur ini punya skill pasif Rage Mode. Ningkatin armor, magic resist, dan banyak peningkatan lainnya. Skill 1 dia ini ayunkan palu-nya untuk ngasih efek slow ke musuh, dan kalo lagi mode rage area kena skill 1 ini jadi lebih besar. Kalo skill 2 itu healing, ngasih semangat buat temen"nya. Cakep! Kalo lagi mode rage, heal-nya jadi 2 detik & Minotaur regen waktu diserang musuh"nya. Ultimate-nya Minotaur ini usahakan keluarin pas dalam moode rage, bisa disable musuh. Kalo gak mode rage, ulti-nya unyu" banget. Nah, cara aktifin mode rage itu: keluarin damage lewat basic attack, skill, atau kena hit musuh. Kalo bar kecil warna merah dibawah HP udah full, itu berarti dia udah mode rage (di badannya juga jadi ada kayak aura merah blingbling manjahh). Untuk item sih gak perlu ribet, FULL TANK aja kayak Bloodthirsty King, Immortality, dll.

Lolita

History: Lolita lahir di desa kecil, namanya Elven. Desa itu tenang, damai, hidup bahagia, dan semua berubah sampai akhirnya perang terjadi. Desanya hancur gara" perang, dan semua tewas termasuk keluarga Lolita. Cuma Lolita yang berhasil selamat, sampai akhirnya dia ditemukan ama Rooney, ahli mesin dari City Scholars. Awalnya Lolita gak mau tuh. "gak mau! kata mamah, gak boleh pergi ama orang gak dikenal". Rooney jawab, "ayo ikut aja! nanti om beliin kuota 4G 12gb full time". "kuy lah! y x g kuy," ujar Lolita. Akhirnya mereka berdua pergi, ninggalin desa Elven yg udah hancur, menuju ke Eruditio. Untuk ucapin rasa terima kasihnya dibeliin kuota, Lolita gabung dengan pelindung kota (City Guard) & bersumpah mati demi bela kehormatannya. Sampai akhirnya Bruno (si pemain bola) kagum sama Lolita karena follower IG lebih banyak dari following, akhirnya dia minta teknologi kristal paling canggih yaitu Noumenon Energy Core di City Scholars dikasih ke Lolita. Inti energi yg kuat ini ngasih kekuatan ke Lolita berupa ledakan energi di tanah, bahkan dia bisa kontrol palu mekanik raksasa itu.
Skill & ItemJangan remehin badannya, ini salah satu tanker yg keras banget! Apalagi kalo dia udah aktifin shield, udah deh bener" nyusahin. Noumenon Energy itu skill pasifnya, dia jadi regen energi gitu. Kalo bar energy udah penuh, dia bisa ngasih shield ke semua temen' di sekitarnya, trus kalo bar itu penuh juga skill 1-nya (Energy Rocket) bisa dilempar 2x untuk kasih efek stun. Trus pertahanan terbaik dari Lolita buat tim ya itu, Protective Shield! Ini ngeselin. Protektif itu ngeselin banget emang, mau kemana disuruh kabarin. Mau makan, kudu kabarin. Like foto cewe lain di IG, di tanya"in. *sorry gagal fokus*. Shield dia ini bisa nge-block berbagai skill musuh. Contohnya aja skill Saber yg muter" itu, atau Hook-nya Franco. Ultimate Lolita juga ngerepotin apalagi pas war. Ngasih efek slow di tanah selama 2 detik, pas ulti itu lepas yaudah ngasih damage yg gede buat musuh yg kena. Tapi inget, ulti yg ada damage itu kalo energy bar full ya. Damage yg dihasilkan 350-945, kal gak ada damage ya seenggaknya ngasih 75% slow buat musuh. Untuk item sih paling ya Cursed Helmet, Bloodthirsty King untuk dapetin DPS juga, ama Dominance Ice buat ngasih efek slow ke musuh sekitar. Pokoknya banyakin item tank aja deh, itu aja kuncinya.

Johnson

History: Jadi Johnson ini cowok ganteng berbadan kekar unch unch dengan sejuta fans wanita. Dia pokoknya populer deh. Sampai akhirnya di suatu hari, waktu dia ngendarain truk, ada anak kecil mau nyebrang gak tengok kanan kiri (parah ni anak, gak di didik dengan baik). Untuk ngehindarin nabrak anak itu, akhirnya Johnson banting stir jadi make up artis. Eh, banting stir ke arah jurang yg mengakibatkan dia luka parah. Sukur" gak mati sih. Nah, waktu di kecelakaan itu ada keajaiban yg terjadi. Kepingan" truk yg dia kendarain, perlahan-lahan berbaur & menyatu ama tubuhnya Johnson. Oleh karena itu dia selamat dari kecelakaan fatal itu, dan jadi manusia baru yg bisa transformasi jadi mobil truk.
Skill & ItemIni Transformers dari Mobile Legend nih. Dia punya skill pasif namanya Electro-airbag, dimana kalo HP Johnson udah di bawah 30% dia bakal dapet shield yg besarnya sama kayak armor yg dia punya. Skill yg kece dari ni hero Missile Tackle, bisa di spam berulang-ulang tanpa pake mana. Misil yg dia keluarin dari skill ini ngehasilin damage yg lumayan, trus ngasih efek slw juga. Nah kalo ulti-nya unik nih, bisa berubah jadi truk untuk nabrak musuh trus ngasih stun haha.. Dan yg asik, kalo udah jadi truk & dia channeling mau cabs, temen yg  deket ama dia bisa ikut naik juga. Untuk item pake Dominance Ice aja buat ngasih efek slow, Bloodthirsty King, ama paling Immortality. Sama kayak Tanker lainnya sih, gedein HP sama Armor aja kalo Johnson mah.

Gatotkaca

History: Untuk cerita di game gak ada, tapi yg jelas Gatotkaca itu anak Bima & Arimbi dari Arcapada. Dari kecil dia memang sudah kuat, selalu berhasil untuk pukul mundur musuh" di tanah airnya. Gatotkaca punya julukan "Otot Kawat Tulang Besi", jadi salah satu yg terkuat dari Pandawa. Kekuatan supernatural itu sendiri dia dapat dari latihan terakhir di Candradimuka. Dengan baju besi Antakusuma & sarung tangan Brajamusti-Brajadenta, dia bisa terbang lintasin langit secepat kilat. Gatotkaca, Knight of Pringgadani, simbol keberanian & pengabdian yg juga dibuatkan komik berjudul "Garudayana" ciptaan Is Yuniarto yg terinspirasi dari wayang kulit tradisional Indonesia. Jadi, karakter Gatotkaca disini 100% diambil dari karakter Garudayana ciptaan Is Yuniarto itu mulai dari tampilan fisik sampai skill-nya. Di dalam game, Gatotkaca sendiri ditampilkan pakai tampilan khas Tanah Jawa, Caping Basunanda & lambang bintang di dada lengkap ama Kotang Antakusuma-nya. Gak lupa juga gauntlet tinju di tangan kanan & kiri, yg melambangkan ajian Brajamusti dan Brajadenta kebanggaannya.
Skill & ItemMirip kayak Johnson atau Lolita, Gatotkaca ini hero tank dengan magic damage. Kelebihan lainnya dia ini kayak Balmond atau Hilda, Tank - Fighter. Gatotkaca bisa jadi tank yg baik, trus ngehasilin magic damage & disable yg gak bisa dianggap remeh. Skill pasif dia ini Steel Bones, ngubah 4% HP yg kurang jadi Physical Defense (maksimal 250). Setiap 6 detik, dia bakal ngasih heal dari damage yg dia hasilkan ke hero yg punya HP lebih tinggi dari dia + 0,5x HP dari physical def-nya. Skill 1 namanya Blast Iron Fist, ngasih gelombang dari tanah itu ke arah depan yg hasilkan damage + efek slow ke musuh. Skill 2 ada Unbreakable, ini kalo di DOTA 2 mirip" ama skill Call dari Axe nih, kalo disini Gatot bikin kayak kubah lingkaran gitu trus 'manggil' musuhnya di area kubah itu untuk attack dia pake basic attack. Disini damage yg dikasih ke musuh bakal counter, jadi damage itu bakal kembali lagi ke musuh itu trus damage dari Gatot juga lumayan tuh. Semakin banyak yg ketangkep ama skill 2 ini, semakin gede juga damage yg dihasilkan. Ultimate Gatot sendiri namanya Avatar of Guardian, animasi skill-nya keren nih. Dia terbang, trus langsung mendarat kasar ke tanah sampe" musuh yg di tanah itu (di area lingkaran ulti nya) bakal keangkat semua trus ngasih efek stun. Biasa pengguna Gatotkaca selalu deh combo-nya ulti -> skill 2, trus temen" pada lanjut skill (biasa di combo ama Aurora). Untuk item, pakein yg bikin keras" aja kayak Athena's Shield, Cursed Helmet untuk ngasih damage ke musuh di sekitar, Thunder Belt, Bloodthirsty King buat nambah HP ama damage juga, ama paling ya Immortality.

Grock

History: Jauh di dalam pegunugan Land of Dawn, ada sebuah benteng kuno yang masih berdiri kokoh. Walau gak tau siapa pemiliknya, tapi banyak rumor beredar kalau mereka itu keturunan ras legendaris yg dulu pernah berkuasa di Land of Dawn (katanya, ras ini lebih tua daripada usia Bumi, jadi gak tau sebelumnya tinggal dimane). Mereka ini juga punya hubungan dekat ama makhluk di dalam benten itu, Stone Titans, raksasa dengan kekuatan besar yang tubuhnya semua batu. Mereka ini makhluk yang suka tidur, hibernasi bertahun-tahun, dan tiap kebangun bakal susah tidur lagi. Suatu hari, Stone Titans yg bernama Grock terbangun dari tidur panjangnya. Waktu kebangun dia ngerasa kesepian karena semua panjaga hutan udah lama punah. Dengan membawa hutan di pundaknya & tower sebagai senjata di tangannya, Grock berkelana untuk mencari keberadaan pemiliknya & kembali menemukan kampung halamannya yang dulu.
Skill & Item: Skill pertama Grock namanya Power of Nature, Grock nyerang berputar gitu ke area sekitar dengan damage 300 (+3) physical damage trus ngasih efek reduce movement speed selama 2 detik. Skill 2 namanya Guardian's Barrier, ini bisa dibilang 'sign skill' dari Grock. Skill ini ditembakkan ke depan semacam shockwave yg hasilkan damage ke musuh yg kena, trus di ujung shockwave ini bakal kebentuk semacam dinding batu yg halangin siapapun untuk gak bisa lewat (temen atau musuh). Jadi ati" pake skill 2 ini ya, salah dikit bisa blunder haha. Ultimate Grock sendiri namanya Wild Charge, dia nyeruduk ke depan trus ngehasilin damage 300 (+71) ke musuh trus kalo kena tembok / turret nih damage itu gede jadi 450 (+107). Dari ultimate dia ini juga, serudukan itu bikin musuh stun beberapa detik. Skill pasif Grock juga unik, damage ama deff dia naik kalo deket ama tembok / turret sendiri. Untuk item nih rekomendasi sih bikin cenderung tank aja, pertama pake Cursed Helmet buat bisa farming lebih mudah (lumayan ada 50% damage tambahan ke minion), trus Warrior Boots buat nambah armor + mov speed, Dominance Ice untuk cooldown reduction + tambahan mana, Bloodthirsty King untuk nambahin HP nya + 20% HP tiap kill/assist, Blade Armor untuk bantu" armor di late game, ama trakhir paling Immortality tuh wajib banget buat pertahanan di late game.

Hylos

History: Hylos ini Centaur. Dia dikutuk ama dewa" jadi Centaur gara" hal sepele, masukin rengginang ke kaleng Khong Guan. Akhirnya dia jadi salah satu ras kuno di sisi utara Land of Dawn, Ras Centaur. Ras ini punya tugas, yaitu ngejaga fountain (kolam) di puncak gunung bernama Fountain of Life. Tapi kadang Centaur" itu bete jagain kolam, padahal kolamnya gak kemana-mana. Menurut mitos nih, kolam itu sih ngasih kehidupan abadi untuk siapapun yg minumnya. Kaum Dark Force tuh nackal, mereka pengen banget kuasain fountain ini, tapi selalu gagal soalnya dihadang Centaur dulu. Seiring bertambahnya waktu, Centaur ini mulai cape. Kesempatan ini diambil Dark Force untuk nyerang, mereka kalah tapi untungnya ada bang Hylos yg kuat dengan perut roti sobeknya itu hantam mundur Dark Force. Hylos jadi sosok legenda yg terkenal di seluruh Land of Dawn. Kadang kalo gak ada war di Land of Dawn, Hylos menyempatkan diri untuk nge-Grab gak pake motor, langsung naik ke atasnya hehe.. *garing :)
Skill & Item: Skill pasif dia ini namanya Thickened Blood, setiap 1 poin Mana yang diterima dari equipment dan Mana Regen menjadi 1 poin Health Point. Kalo Hylos gak cukup mana buat keluarin skill, bisa tuh pake Health Point yg ada buat bisa keluarin skill. Skill 1 Law and Order, ngunci target trus ngasih efek stun. Skill 2 itu Ring of Punishment, ngasih magical damage ama debuff" lainnya gitu ke musuh. Ultinya Glorious Pathway, bikin jalan kayak lorong selama 6 detik untuk nambah Health Point Regen-nya sebanyak 4%-5%, dan kalo di jalan ini kebal dari efek slow. Untuk item Clock of Destiny buat Magic Power & Health Point, Oracle untuk deff & reduce cooldown, Ice Queen Wand untuk mov.speed & mana regen, Dominance Ice, ama Cursed Helmet  untuk nambah 920 Health Point + 50 point magic resist.

Uranus


History: Di atas langit Land of Dawn ada kota melayang bernama Celestial Palace, tempatnya para dewa sekaligus tempatnya kunci misterius yg bisa dipakai untuk kuasai dunia. Ribuan tahun lalu, penguasa" tempat ini ciptakan sosok Uranus dari teknologi ancients yg ditujukan untuk menjaga kota. Sampai suatu ketika, gerbang menuju Celestial Palace terbuka yg mengakibatkan pertempuran antara Dawn Zenith serta Dark Abyss mengganggu keseimbangan kota tersebut. Para hero dari 2 kubu ini keluarkan kekuatan terbesar sampai akhirnya sistem keamanan kota itu aktif, dan membangunkan Uranus yang siap untuk memenuhi takdirnya.
Skill & Item: Uranus punya skill pasif namanya Radiance, dia serap energi yg dihasilkan dari attack yg ditujukan ke dia, dapet 3 - 10 HP/detik untuk tiap stack selama 8 detik. Skill 1 Ionic Orbit, dia keluarkan semacam energi gitu di sekitarnya yg hasilkan 125-200 magic damage + kurangin magic power & physical attack sebesar 15%. Skill 2 Transcendent Ward, dia ciptakan shield untuk serap damage & kasih dia efek kebal untuk segala efek slow, trus nambah mov. speed juga. Kalau shield ini hancur, musuh kena 300-750 magic damage. Ulti Uranus namanya Consecration, hero musuh yg ditarget jadi gak bisa gerak & kasih efek 150-300 magic damage + ngumpulin 6 stack dari skill pasifnya. Abis musuh gak gerak, Uranus narik dirinya sendiri & target supaya mendekat, ngasih efek 300-600 magic damage. Untuk item rekomendasi pakai Clock of Destiny untuk HP + Mana, Oracle untuk HP & regen, Concentrated Energy untuk magic power, Demon's Advent untuk HP & Armor, terakhir paling Immortality ya. Untuk option lain bisa pake Wings of the Apocalypse Queen, Thunder Belt, Athena's Shield, atau Courage Bulwark.

Belerick

History: Belerick merupakan pahlawan di kalangan ras manusia pohon. Dia ditakdirkan untuk menjaga perdamaian, dimana ada konflik disitulah dia membantu mereka yg lemah. Suatu hari, Belerick dapat bisikan ghoib dari leluhur untuk disuruh pergi ke padang pasir. Belerick beneran ke padang pasir, dan dia nemuin kerajaan Minoan yg udah hancur lebur. Untuk selamatkan bangsa Minotaur, Belerick korbankan dirinya untuk ciptakan oasis di tengah gurun. Kerajaan Minoan selamat, tapi Belerick harus istirahat panjang alias hiberrnasi soalnya dia udah keluarkan banyak kekuatan. Walau gitu, dia bahagia sudah nolong Kerajaan Minoan.
Skill & Item: COMING SOON


-=Fighter=-
Fighter, jenis hero yg punya skill untuk nyerang & juga bertahan. Bukan hero yg ngasih damage segede Assasin atau Marksman, tapi juga gak setebel Tank, pokoknya ada di batas rata-rata. Nah, tugasnya Fighter ini terus"an ngasih damage ke musuh sepanjang waktu war (intinya kayak nyicil damage terus deh). Fighter itu juga unik, mereka itu perpaduan lengkap antara mobilitas, damage, annoying, dan defensif. Senjata mereka kebanyakan kapak, gada, pedang, tombak, atau tangan kosong.

Balmond

History: Orc Bloodaxe, ras hasil dari perkawinan silang antara Blood Demon ama Demon yg biasa. Mereka ras yg haus darah & doyan perang. Dan yang terkuat dari ras ini ya Balmond, yg dapat julukan "Sang Pengamuk". Pakai senjata kapak, gak ada yg bisa menghindar dari serangan Balmond. Balmond juga punya rambut yg halus, lembut, tak berketombe. Rahasianya? Pantene. Pernah coba shampo lain? Belum. Hotel? Trivago aja. HAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHA diam!!!
Skill & Item: Ini hero Fighter yang paling keras deh kayaknya, makanya gak heran kalo banyak yg pake Balmond tapi build Tanker, soalnya kalo di build attack malah jatuhnya nanggung. Sekalipun build Tank, jangan remehin damage Balmond loh, terutama untuk ultimate-nya yaitu Lethal Counter yg amat sangat sakit kalo di target ke musuh yg HP-nya dikit / sekarat. Untuk item, bikin Blade Armor aja untuk balikin damage fisik yg diterima (cocok buat 1 vs 1), Cursed Helmet untuk nambah HP supaya bisa hasilin damage yg gede juga ama item ini, Bloodthirsty King, Dominance Ice, ama Immortality.


Alucard

History: Orangtua Alucard ini dibunuh ama iblis, trus dianya dipenjara ama iblis itu selama berbulan-bulan. Sampai akhirnya, dia selamat & dibesarkan sekaligus dilatih ama pemburu iblis. Dari muda dia udah dilatih untuk bisa jadi petarung & pemburu iblis juga, trus ngelakuin 4 sumpah untuk jadi pemburu iblis yg kuat yaitu: 1. Bersumpah untuk gak setia ama prajurit apapun, 2. Gak ampunin iblis/setan yg udah ditangkap, 3. Jangan pernah stop lakuin misi, 4. Jangan selingkuh ama istri-nya iblis, karena selingkuh itu tidak baik.
Skill & ItemIni Fighter greget, bisa boost lifesteal sampe 100%! Jadi gak heran kalo liat Alucard udah sekarat, di keroyok lebih dari 2, tapi masih bisa survive bahkan nge-kill semua musuh yg udah keroyokin haha. Tapi yang pasti, untuk dapet lifesteal 100% itu ya Alucard harus punya item yg emang cocok buat dia. Mainin Alucard ini simple, trus bisa nyamperin musuh juga dengan cepat. Selain itu juga mau farming ni hero termasuk cepet. Untuk item, udah pasti pake Haas's Claws untuk lifesteal-nya yg lebih besar. Trus Hunter Strike untuk kurangin cooldown skill, Berserker Fury, Scarlet Phantom, ama Malefic Roar. Intinya main Alucard jangan takutan deh, percaya aja ama Lifesteal. Kalo gak punya mental maddog jangan main ni hero!

Bane

History: Beberapa tahun yang lalu, Kapten Bane ini rutin keliling lautan pake kapalnya yg dia kasih nama Black Pearl, panggilannya Blacky. Di setiap pertempuran laut Bane gak pernah kalah, makanya dia dapat julukan Raja Tujuh Lautan (Lord of The Seven Seas). Dan sekarang dia sudah bangkit lagi untuk kembali memperbaharui pemerintahannya, dengan tubuh terkutuk dan Black Pearl yang udah tua.
Skill & Item: Ini pusher sejati, salah satu hero ngeselin juga. Kalo dia udah depan tower, udah pasti dia bakal ulti & gak akan ada yg bisa hentikan ultinyahhh!! Skill 1 dia namanya Shark Bite, setiap 6 detik sekali damage fisik Bane nambah 60%, ada damage splash 100% yg ngasih efek slow ke musuh. Skill 1 Crab Claw Cannon, Bane nembakin kayak peluru meriam gitu yg hasilkan 225 (+160% ekstra serangan fisik). Skill 2 Rum, Bane minum arak trus nambah HP dia 260 (+200 magic power) ama mov. speed 30%. Gak cuma untuk heal, skill ini juga bisa disemburkan ke musuh yg hasilkan damage juga. Ulti dia namanya Deadly Catch, keluarkan pusaran air di tanah trus hasilkan damage fisik sebesar 80 (+50% ekstra serangan fisik), damage ke tower 15%. Untuk item awal pakein Blade of the 7 Seas dulu untuk kurangin armor musuh, Oracle, Dominance Ice, Corrosion Scythe, ama Athena’s Shield aja. Intinya banyakin item yang ngurangin armor aja, plus debuff" untuk musuh & tower.

Zilong

History: Dia ini anak dari Naga Besar (Great Dragon). Zilong bersumpah untuk ngebantu semua penguasa bijaksana di dunia ini. Setiap ada raja bijaksana yg butuh bantuan, dia bakal datang untuk ngehabisin semua musuh" yg nentang raja. Dia punya senjata tombak yg sakti mandraguna, tombak yg udah diberkahi ama Great Dragon.
Skill & ItemZilong ini tokoh yang diambil dari Zaman Tiga Negara (Samkok), zaman Dinasti Han waktu Tiongkok pecah jadi tiga negara yang saling bermusuhan (simple-nya, DYNASTY WARRIOR!!!). Ini hero yg enak banget buat gank, soalnya dia punya Spear Flip yg bisa nyungkit musuh trus ngasih efek slow. Apalagi kalo Zilong udah combo ama Nana atau Franco, udah deh gak bisa kabur haha.. Ultimate Zilong bikin dia jadi lari kenceng, gak ada efek slow apapun yg bisa masuk ke dia. Tapi inget, masih bisa di disable juga kok. Untuk item jadiin item" carry aja kayak Haas's Claws, Berserker Fury untuk dapetin damage yg sakit banget, Blade Armor supaya gak cepet mati & cocok jadi initiator, Scarlet Phantom, ama wajibnya Blade of Despair.


Freya

History: Di daerah utara Nost Gal, ada sebuah legenda: Kalau ada prajurit gugur di medan perang, Dewi Perang Freya bakal turun dari surga. Dia nyium roh yg jauh, trus mengarah ke Temple of Heroes dimana semua mantan prajurit bisa punya kehidupan baru. Freya prajurit yg emeyzing, dia bisa attack & defense pakai pedang ama perisainya. Dan di saat yg kritis di pertempuran, dia bisa jadi petarung hebat yg hancurin formasi musuh.
Skill & ItemIni salah satu hero GG, tapi gak semua bisa punya soalnya doi hero premium yg bisa dapet kalo udah beli diamond berapapun. Walau premium tapi Freya masih bisa di counter kok ama beberapa hero non-premium, bahkan ama Nana aja Freya udah bisa di atasi. Ini hero da real initiator, pake Wings Of Faith lompat buat ngumpulin musuh trus hit 3x (aktifin skill 2) buat nge-stun musuh secara area. Trus ultimate-nya itu Valkyrie, untuk naikin smua stats dia trus bikin slow effect juga untuk musuh sekelilingnya. Kalo item-nya Freya ini tepat, dia bakal jadi hero yg mematikan terutama di late game. Udah pasti sih pakein Haas's Claws untuk lifesteal, Berserker Fury untuk hasilin damage di atas rata", trus Scarlet Phantom, Hunter Strike untuk reduce cooldown, ama Malefic Roar. Kalo udah punya item" itu, dijamin Freya udah jadi hero yg OP deh.

Chou

History: Chou lahir dalam keadaan miskin, di sebuah daerah kumuh yg terpencil. Tapi Chou ini orang yg baik hati & ramah, dia juga ngerawat orang tuanya dengan baik. Dan waktu itu, ada gejolak di Land of Dawn yg menyebar ke seluruh daratan & akhirnya daerah Chou ini juga kena imbasnya. Suatu hari, di saat gejolak itu, Chou berhasil selametin Biksu waktu lagi dikejar" ama penculiknya. Chou akhirnya rawat biksu itu, dan sebagai imbalannya Biksu itu ngasih ilmu ke Chou berupa Kung Fu Asia Kuno. Biksu itu juga bilang bahwa dunia butuh pahlawan sejati untuk bisa akhirin kekacauan. Dan akhirnya Chou bertekad keras untuk jadi pahlawan, sampai akhirnya dia berhasil memenangkan turnamen Mobile Legend se-Jabodetabek *lah
Skill & ItemDiadaptasi dari karakter Bruce Lee, ini hero yg gak bisa diremehkan kalo 1 vs 1 soalnya dia bisa bikin musuh jadi gak gerak ama stun + ultimate-nya. Dia punya skill pasif berupa stun + damage tambahan tiap dia jalan 8 langkah. Ni hero juga combo-nya asik banget, tinggal stun musuh trus ulti & ulti-nya sebisa mungkin arahin ke tower biar musuh itu di hit ama tower juga. Untuk item udah pasti Haas's Claws buat lifesteal, Hunter Strike untuk reduce cooldown, Brute Force Breastplate untuk tambahan HP & armor yg gede (biar bisa tahan lama kal 1 vs 1), sisanya yaa item" untuk boost attack aja. Dan perlu dicatet ini agak" sulit, gak cocok buat pemula.

Sun

History: Sun, terlahir dari batu karang yg besar di bawah kaki gunung. Disana dia terjebak, terpenjara, gak ada wifi, gak bisa kemana-mana. Akhirnya waktu demi waktu berlalu dengan cepat, Sun tumbuh dewasa dan dia berhasil bebas serta melarikan diri. Sekarang, Sun udah ada di Land of Dawn untuk ngeramein pertempuran dimana jiwa monyet satu ini udah gak terikat apapun lagi, dan dia akan memulai legenda tentang dirinya dari pertempuran di Land of Dawn.
Skill & ItemSun, hero yang diambil dari karakter Monkey King dalam novel Journey To The West. Sun punya skill pasif clone dirinya sendiri untuk 5x hit. Trus dia punya Golden Cudgel Strike, yg hantam tanah pake tongkat trus ngasih musuh damage + slow effect. Ultimate Sun agak ngerepotin, Clone Techniques yg bisa clone diri dia jadi 2 ke level maksimum. Jadi biasa combo-nya nih: hit 5x (clone dari skill pasif), ulti, skill 2 (Sun & clone-nya Dash ke musuh), skill 1. Itu kemungkinan besar musuh udah gak bisa lepas deh haha.. Untuk item kayak biasa ya lifesteal-nya Haas's Claws, Berserker Fury, Blade of Despair, trus sisanya kalo mau item" tank aja biar makin ngerepotin.

Alpha

History: Sehabis Saber pergi, Laboratorium 1718 "melahirkan" Alpha & Beta. Mereka diciptakan ama ilmuwan gila di lab ini, yg pakai tubuh manusia untuk jadi bahan percobaan biologi, dan Meteorlit ruang angkasa untuk kerangka logam armor mereka. Alpha diciptakan ama Beta, atau dikenal juga ama Flesh Weapon yg bisa manfaatkan kekuatan supernatural yg ada dimana mana, tapi keberadaannya misterius (datang dan pergi oh begitu saja). Tapi, Beta masih punya rasa kemanusiaan yg nolak untuk membunuh. Dan suatu hari atas bantuan Saber, Alpha & Beta bisa kabur dari Laboratorium 1718. Tapi dalam perjalanan, Beta hancur. Yang bisa diambil Alpha dari Beta cuma beberapa bagian, yg dirakit lagi ama Master Machinist Rooney (yg beliin Lolita kuota 4G) untuk bisa terus jalin kerjasama ama Alpha dalam bentuk pesawat terbang mini.
Skill & ItemIni hero terbanyak yg gue pake, udah 370-an win rate 61%.. Bisa cetak 2 Savage dari hero ini, tapi semua berubah semenjak beberapa bulan lalu kena nerf & akhirnya udah amat sangat jarang make :( Alpha pake senjata spear, bisa ngasih true damage ke musuh tiap sukses serang 2x pake skill ke target yg sama. Alpha ini hero yg cakep banget buat initiator alias buka war, apalagi kalo udah combo ama Freya. Ulti, skill 2 untuk ngasih slow + att. speed, skill 1, pukul". Untuk item sih Alpha bisa jadi pure carry atau initiator - semi tank. Tapi kebanyakan sih jadi initiator - semi tank. Gue sendiri kalo pake Alpha jadi pure carry, apalagi kalo udah ada lifesteal enak banget. Untuk item initiator - semi tank sih, recommended pake Haas's Claws untuk lifesteal, Hunter Strike untuk reduce cooldown, Malefic Roar, Blade Armor, sama Immortality paling.

Ruby

History: Dulu, ada kakek pemburu yg berhasil selamatkan Ruby si Little Red Hood & neneknya dari serangan serigala di hutan. Dan serigala itu nyimpan rasa dendam, karena dia gak pernah lupain luka" di tubuhnya waktu si kakek pemburu ini nyerang dia. Suatu malam, serigala bernama Haas yg merupakan raja dari semua kawanan serigala itu memimpin pasukan untuk nyerang desa. Kakek pemburu & nenek terbunuh di penyerangan itu, dan ini semua terjadi di depan mata Ruby. Ngeliat itu semua Ruby jadi brutal, dia ambil senjata sabit untuk lawan semua serigala itu dengan gila, trus jantung serigala" itu dia makan mentah". Sehabis ngebantai semua serigala & ngubur keluarganya, dia akhirnya pergi menuju Tanah Fajar & bersumpah akan ciptakan akhir yang bahagia untuk setiap cerita.
Skill & ItemRuby punya skill pasif namanya Let’s Dance!, abis pake skill apapun dia bisa langsung lompat ke arah depan/belakang. Kalo dia step ke belakang dia dapet buff armor, kalo ke depan ngasih efek slow ke musuh yg ada di dekat dia. Kalo ulti Ruby namanya I’m Offended!, ngasih damage + disable ke musuh yg berhasil dia tarik. Ni juga asik banget buat combo ama hero" ulti area lainnya kayak Nana, Freya, atau Alpha. Untuk item sih recommended build tank aja Dominance Ice, Bloodthirsty King untuk HP regen yg gede, Blade Armor, Heart of Steel, ama sisanya ya paling Immortality.


Hilda

History: Di Gurun Megalith, daerah yang tanahnya subur tapi cuma ditumbuhi ama batu" raksasa & juga semak belukar. Karena keadaan geografis yg kayak gitu, semua orang disana termasuk Hilda jadi pemburu brutal demi bisa dapatkan daging. Pokoknya disana yg sangat berharga itu ada 3, daging - colokan - wifi. Terlahir dengan kekuatan yg luar biasa & udah terlatih, Hilda ditunjuk jadi ketua untuk pimpin perburuan. Dan dalam suatu hari di perburuan hewan, ada yg aneh. Soalnya, hewan" itu gak kayak biasanya, mereka udah kena sihir ilmu hitam yg bikin mereka jadi lebih kuat, ganas, dan sampai bisa membantai kelompok Hilda ini. Akhirnya mereka mundur, trus Hilda curcol ama pendeta suku di desanya. Kata pendeta itu, desa udah dikutuk & harus dihentikan secepatnya kalau gak mereka akan punah. Pergilah Hilda ke Land of Dawn untuk nemuin tempat tinggal baru bagi sukunya & untuk dirinya sendiri. Tapi apes, bukannya nemu tanah baru, di Land of Dawn malah lagi ada tawuran mobel lejen bengbeng. Ikutan deh Hilda, ngeramein. "Kuylah!", ujarnya.
Skill & ItemHilda punya skill pasif namanya Blessing of Wilderness, dimana kalo dia masuk ke dalam rumput" Hilda bakal dapet shield 10% dari jumlah maks HP & regen HP, tapi kalo HP Hilda dibawah 25% regennya jadi lebih tinggi lagi. Skill 1 namanya Combat Ritual untuk nambah mov. speed 30% trus kalo tekan attack dia langsung ngasuh bonus damage ke musuh 200 poin + slow effect, skill 2 Art of Hunting yg bisa ngasih damage 3x ke musuh, ultinya Power of Wildness yg ngasih tebasan mematikan nih. Bisa hasilin 700 poin physic attack ke target + ngasih mini stun. Nah, ultinya ini tiap kita kill / assist bakal ningkatin damage-nya 40 poin, kalo bisa bikin stack ampe 10x itu damage per stack jadi 80 point. Makanya pake ulti Hilda kalo stack banyak aja, kalo udah mid - late game mah gak di stuck udah geli" banget ultinya. Untuk item pakein item tank aja kayak Blade Armor, Cursed Helmet untuk ngasih HP & magic ressist, Bloodthirsty King, Brute Force Beastplate untuk nambah HP ama armor yg gede, trus pakein Immortaliti juga biar kalo mati trus idup langsung lari ke semak" biar dapet shield dari Blessing of Wilderness (kalo sempet).


Lapu Lapu


History: Di sebelah selatan Land of Dawn, ada banyak pulau" kecil. Disana tanahnya subur, iklimnya bagus, makanan berlimpah, gak kayak tanahnya Hilda!!! Cacad loe Da! *fokus. Disana kehidupannya damai & bahagia, sampai akhirnya suatu hari ada sekelompok penyerbu yg lewatin tanah yg damai ini & ganggu kehidupan bahagia masyarakat. Kepala Pulau Makadan, Lapu-Lapu, salah satu orang yg nolak untuk jadi budak dari kelompk penyerbu ini. Dia memotivasi sukunya, "Musuh memiliki tombak besi, kita memiliki hati yang berani!". Lapu-Lapu ngambil pedang & pisaunya, trus pimpin rakyatnya untuk perang. Mereka menang, dan dapat rasa hormat dari musuh, kembali hidup damai. Dari sini Lapu-Lapu sadar, bahwa diluar sana emang gak aman & banyak musuh yg lebih kuat lagi yg bakal datang di kemudian hari. Dengan niat asah kemampuan lagi, Lapu-Lapu kemasi barangnya & mulau menjelajah dari satu negara ke negara lain untuk belajar lebih banyak tentang dunia ini.
Skill & Item: Cerita aslinya, Lapu-Lapu ini pahlawan rakyat Filipina yg berhasil ngehabisin pasukan Spanyol waktu jaman dulu. Dia punya senjata namanya Kampilan, pedang yg matanya melebar di ujung. Nah untuk di game, Lapu-Lapu ini hero yg pake 2 pedang (Light Mode), tapi kalo dia udah pake ultimate 2 pedang itu jadi menyatu (Heavy Mode) yg dipegang ama satu tangan. Tapi movement speed Lapu-Lapu jadi agak lebih lambat kalo pedang di Heavy Mode ini. Jadi total skill yg dia punya 6, karna di Light Mode ama Heavy Mode masing" ada 3 skill. Untuk item jadiin doi tank - attacker aja pake Cursed Helm, untuk nambah magic ressist + HP, Bloodlust Axe untuk reduce cooldown, Athena’s Shield untuk nambah HP ama magic ressist juga, trus Bloodthirsty King.

Argus

History: Dulunya, Argus ama Rafaela ini 2 malaikat surga yg hidupnya damai sampe akhirnya suatu hari mreka berdua memutuskan untuk turun ke Land of Dawn untuk stop pertempuran mobel lejen disana. Argus tugasnya membasmi yg jahat, Rafaela menyembuhkan yg sakit. Nah dalam basmi kejahatan ini, Argus jadi lupa langit (bukan lupa daratan lagi). Karena terus"-an bertempur tiada henti, dia malah terobsesi ama kekuatan sampe akhirnya jadi lupa ama tugas utamanya apa. Suatu hari, Argus denger bisikan setan dari makhluk Ancient. Gak lama abis denger bisikan itu, Argus langsung hilang kendali & lupa diri trus treak "AING MAUNG!!!!". Jiwanya jadi rusak, dia ngerusak Seal of the Ancient trus manggil Blazing Demonic Blade. Argus korbankan jiwanya demi pedang itu, supaya bisa dapat kekuatan yang lebih besar lagi. Sekarang Argus berkelana keliling dunia, memicu adanya konflik & perang supaya dia bisa makan jiwa" yg hidup lewat Blazing Demonic Blade. Itulah Argus, malaikat surga temen duet Rafaela yg turun dari langit malah jadi Agus yg lupa diri karena hawa nafsu.
Skill & Item: Ini hero yang bisa dibilang OP nih, di awal keluarnya aja dah banyak yg terguncyanggg sampe minta ni hero dihapus aja dari MLBB wakakakakak.. Dia punya skill pasif namanya Wamonger, bar merah di bawah HP nya itu yg bakal keisi kalo ngehit atau di hit. Makin sedikit HP Argus, makin cepet juga itu ngisi bar nya. Fungsinya? Kalo bar itu dah full, Argus ngelakuin 2x basic attack & attack ini bakal sakit banget kalo HP musuh sedikit (dibawah 50% deh). Skill 1 dia namanya Demonic Grip, kayak ngelempar rantai ke depan yg ngasih efek stun + 175 physical damage ke musuh trus Argus lompat ke ujung rantai itu juga (bagus buat engage & escape). Skill ini bisa di klik 2x, serangan ke dua ngasih 125 physical damage. Untuk skill 2 ada Meteoric Sword, serangan pake pedang yg ngasih 400 physical damage + kasih efek bleeding 5 detik (kayak shadow di tanah ngikutin pergerakan musuh). Kalo jejak bleeding ini diikutin Argus, dia bakal dapet movement speed. Ultimate Argus namanya Eternal Evil, dia gak akan bisa mati selama durasi ulti ini (5 detik) dan malahan 20% dari attack yg dia dapet itu berubah jadi HP untuk dia. Jadi kalo dia dah ulti mending jangan di hit! Diemin aja! Semakin di hit semakin nambah banyak HP nya. Kalo yg main DOTA 2, pasti udah tau kan ama ulti Abaddon, itulah ulti Argus ini haha.. Untuk item sih wajib udah pasti Haas' Claw biar bisa bertahan di lane lewat lifesteal + nambah physical damage, Scarlet Phantom buat att. speed ama critical, Hunter Strike untuk untuk coldoown reduction sampe 20% (biasa di kombinasikan ama Magic Shoes nih untuk ngambil coldoown reduction itu), Berserker Fury untuk critical chance, trakhir paling Immortality aja.


Jawhead

History: Berdasarkan sejarah di Land of Dawn, ada Organisasi Clandestine yg sudah ada sejak dahulu kala. Salah satu dari organisasi ini Profesor Henry & istrinya, bekerja untuk Dawn Council yg tugas mereka itu sediakan & ciptakan teknologi" canggih untuk pemerintah atau klien misterius. Suatu hari mereka berhasil bikin SMART-01, robot kuat & terpintar, gaka da satupun robot lainnya secanggih ini yg bisa bergerak sesuai apa yg ada di pikiran si pemilik. Pemimpin Dawn Council ngeliat potensi dari robot ini yg bisa dipake untuk perang, akhirnya SMART-01 diproduksi massal. Tapi si suami istri ini nolak, akhirnya mereka suruh SMART-01 untuk hancurkan semua data penelitian & mereka semua menghilang entah kemana. Suatu hari, ada anak kecil namanya Alice ketemu ama SMART-01 ini. SMART-01 akhirnya ngelindungin Alice dari kerasnya hidup di Land of Dawn, dan SMART-01 dijuluki Alice tuh 'Jawhead', sesuai ama julukan dari ayah Alice untuk dirinya. Berpetualang bersama Jawhead, Alicee berkelana untuk mencari kedua orang tuanya, dengan petunjuk jam saku peninggalan ayahnya.
Skill & Item: Skill pasif dia namanya Mecha Suppression, tiap musuh kena damagenya dia ngeluarin lapisan Compression selama 3 detik (maksimal 10 lapisan). Nah, tiap lapisan ini ningkatin basic attack Jawhead sampe 6%. Skill 1 namanya Smart Missiles, nembakin 12 misil dan targetnya random. Skill 2 Ejector, dapet perisai & mov.speed, kalo dipencet sekali lagi ngelempar orang yg ada di deketnya dia (musuh atau temen sendiri, kalo ke musuh ngasih efek stun kalo ke temen kagak). Skill ulti Unstoppable Force, nyerang musuh yg udah dikunci trus ngasih efek stun + 400 (+250% extra physical attack) physical damage. Musuh" sekitarnya jadi kena knock back gitu waktu dia ulti. Untuk item pakein pertama tuh Haas's Claws untuk tambahan physical attack + lifesteal, Berserker's Fury untuk attack + critical, Scarlet Phantom, Blade of Despair buat physical attack + att.speed, trakhir Immortality.

Martis

History: Martis berasal dari Klan Shura, kaum prianya dikenal sebagai petarung tangguh dengan perut roti sobek ulala di jagad raya & para wanitanya punya kecantikan yg luar biasa. Tapi di Klan Ashura punya legenda soal Three Thousand Worlds, legenda tentang 3000 dunia rahasia yg dimana kalau ada yg masuk ke dalamnya, harus melewati berbagai ujian mental & fisik seperti tidak disediakan coffe shop, akses internet, dan indomie. Mereka yg bisa lewatin semua ujian di 3000 dunia ini, dianggap manusia setengah dewa dan dapat gelar sebagai Ashura. Beribu tahun gak ada yg bisa selesaikan semua ujian dari 3000 dunia itu, kebanyakan gugur karena tidak adanya indomie saat tanggal tua. Sampai akhirnya ada babang tamvan bernama Martis, berlatih terus tiap hari dan tanpa lelah bergerak dari satu dunia ke dunia lainnya. Semua iblis penjaga di dunia itu berhasil dikalahkan, berkali-kali juga martis gagal tapi dia bangkit lagi dan gak menyerah, "Gas terooooos", dalam hatinya. Berkat kegigihannya, para iblis di dunia terakhir berhasil dia kalahkan dan akhirnya Martis dikenal sebagai King Ashura, pemimpin lebih dari 10 juta calon Ashura.
Skill & Item: Skill pasif Martis namanya Ashura's Wrath, cuma naikin attack speed. Di early-mid game biasa aja, tapi kalo udah di late game dan udah banyak item, attack speed doi udah nggilani. Skill 1 Ashura Aura, terjang ke arah musuh trus yg kena jadi ketarik ke dia, mirip ama skill si Zigong. Eh, Zilong. Skill ke 2 namanya Mortal Coil (jangan kebalik i sama l, pokoknya jangan!), ini terjang musuh ke arah depan juga trus bikin serangan otomatis. Kalo skill dipencet sekali lagi, musuh jadi kena efek disable airborne. Damage yg dihasilkan juga mayan sakit dari skill ini. Ulti dia sendiri namanya Decimate, mayan overpower nih. Kalau berhasil kill musuh pake skill ini, cooldown dari skill otomatis reset & bisa dipake lagi. Ini bagusnya buat finishing move sih. Untuk item nih, fokus ke damage aja soalnya attack speed udah lumayan dari skill pasif dia. Rekomendasi standar untuk item Martis pake aja Haas’s Claw, Swifts Boots, Corossion Scythe, Rose Gold Meteor, Wings of Apocalypse Queen trus terakhir Blade of Despair ya.

Aldous

History: Menurut legenda ada labirin misterius di area barat padang pasir Kerajaan Minoan. Di dalam labirin itu, ada patung Minotaur raksasa yg dipercaya sebagai area suci. Kerajaan Minoan punya penghasilan dari batu giok, seluruh warga sejahtera. Sampai akhirnya warga" ini jadi lupa diri dengan semua kemewahan, mereka mabuk"an dan jadi serakah juga bahkan penjaga labirin juga kayak gitu. Tapi, ada 1 penjaga labirin yg serius banget namanya Aldous gaes. Dia gak mau mabuk"an dan mabok harta, karena dia tau di dunia ini hanya sementara sedangkan akhirat adalah kekekalan. Suatu hari, Kerajaan Minoan dapat hidayah dari dewa. Kekuatan cahaya sekaligus kegelapan ngehancurin seluruh kerajaan sampe gak ada yg tersisa, kecuali Aldous dan beberapa bangsa Minotaur. Kekuatan cahaya & kegelapan ini merasuki badan Aldous. Seluruh kulitnya jadi bebatuan & tangan kanannya jadi besar serta kuat. Dia sama bangsa Minotaur memutuskan untuk tetap jaga labirin yg sudah tersegel ama kekuatan misterius, sedangkan beberapa Minotaur lain pergi ke Land of Dawn untuk cari jawaban atas kehancuran Kerajaan Minoan. Berita tentang labirin yg tersegel kekuatan misterius terdengar sampai ke Abyssal Kingdom. Demi dapat energi misterius itu, Selena bawa Abyssal Demon untuk menuju ke labirin Minioan itu dan akan melakukan pertempuran. Apa sebenarnya isi dari labirin tersebut? Menurut mitos, isinya adalah kartu internetan gratis unlimited seumur hidup 4G 24 jam.
Skill  & Item: Skill pasif namanya Transform. Tiap 2 serangan, 100% damage yang dihasilkan dari attack Aldous berikutnya diubah jadi perisai selama 3 detik. Skill 1 Soul Steal, ngasih tambahan 50 physical damage untuk attack berikutnya. Kalau skill ini sampe ngebunuh hero/unit, tambahan damage-nya jadi nambah 40/20 poin secara permanen. Skill 2 namanya Explosion, dia aktifin mode bertahan selama 2 detik yg bikin dia kebal dari attack & damage lainnya di reduce ampe 30%. Kalau shield ini meledak, ngasih efek stun ke musuh sekitar + 200 physical damage. Skill 3 Chase Fate, ulti yg cukup unik nih di ML. Kalau sekarat, jangan heran gak bisa recall, mungkin karen di ulti ama Aldous. Ulti ini bisa dipakai Aldous untuk target musuh dimanapun, dia terbang gitu kayak kuyang, pas udah kena ngehasilin 400 Physical Damage. Untuk item pake aja Cursed Helmet untuk HP & magic resist, Dominance Ice, Wings of the Apocalypse Queen untuk Physical Attack + HP, Bloodthirsty King untuk tambahan HP lagi, ama terakhir paling Immortality aja. Jadi alangkah baiknya dibikin keras aja, soalnya damage dari skill udah sakit sih.

Leomord

History: Dia ini Ksatria dari kerajaanya Vexana, Fortress of Despair. Dia setia ama kerajaan, sampe akhirnya Vexana mau uji doi dengan ngubah semua orang di kerajaan jadi zombie. Leomord kecewa, dan gak disangka dia malah bunuh diri. Please guys, kalau ada orang sekitarmu yg depresi, dampingi dan minta untuk ceritakan semua bebannya. Kalau dia gak mau karena malu, sarankan aja curhat ke intothelight.email@gmail.com ya (ini serius), jangan sampai ada Leomord lainnya. Singkat cerita, kerajaan Vexana diserang ama Warrior of Light yg dipimpin ama Tigreal. Vexana langsung bangkitkan Leomord untuk minta bantuan, soalnya Leomord ini ksatria yg amat sangat perkasahhh.. Roh Leomord kuat, Vexana gak bisa kendalikan. Vexana cuma bisa bilang bahwa para zombie yg sedang bertempur dulu adalah kompatriotnya. Akhirnya Leomord tunduk ama Vexana, bareng ama kudanya yg dinamakan Barbiel dia bertekad untuk pertahankan kerajaan dari serangan Tigreal.
Skill & Item: Skill pasif Leomord namanya The Oath Keeper, hit dia jadi Burst Damage kalo ada musuh di deket dia yg HP-nya di bawah 40%. Ini sakit banget, bahkan walau tanpa item. Untuk skill aktif dia ini kebagi 2, yg pas gak pake kuda sama pake kuda. Kalo yg gak pake kuda skill 1 dia namanya Momentum, dia nyerap damage sekaligus nyerang yg ngehasilin physical damage. Skill 2 Decimation Assault, terjang musuh ke arah yg ditentukan & ngehasilin damage + efek slow. Skill ulti namanya Phantom Steed, manggil kuda dia yg namanya Barbiel itu. Pas ulti, Barbiel langsung masuk ke area tempur gitu yg ngehasilin physical damage. Kalo udah mode Leomord tunggangin Barbiel, skill 1 ama skill 2 lain lagi. Skill 1 Phantom Stomp, Barbiel lompat ke depan yg ngehasilin physical damage + efek slow. Trus skill 2 Phantom Charge, Barbiel terjang ke arah yg ditentukan trus ngasih physical damage + pukul mundur musuh. Leomord naik Brbiel selama 15 detik, bisa hit sambil gerak, trus nambah mov. speed ama physical/magic damage 40 poin. Untuk item pakein aja Haas's Claws untuk lifesteal-nya, Berserker's Fury untuk P. Attack ama critical, Demon's Advent untuk ambil HP + armor, Wings of the Apocalypse Queen, ama udah pasti Blade of Despair untuk naikin P. Attack dia lagi.

Thamuz

History: Ada suatu daerah pegunungan yg diselumti sama kegelapan. Gak ada KFC, indihome gak bisa masuk, pokoknya suram bet dah. Satu"nya cahaya yg ada cuma lava yg mengalir di retakan" pegunungan itu. Di pegunungan itu sendiri ada banyak iblis yg memuja will of the abyss di kedalaman gua. Salah satu suku terkuat yaitu fire demon jadi penguasa, dengan seseiblis bernama Thamuz yg diangkat jadi raja. Thamuz bersama pasukannya berpetualang kesana kemari untuk bersama taklukkan underworld. Bagi Thamuz, musuhnya semua itu cuma sampah yg tidak berharga! Bahkan Thamuz nyinyir-in Alice, dia nganggep Alice itu gak cukup berharga untuk pimpin perang & terlalu lemah. Hanya tinggal menunggu waktu sampai akhirnya Thamuz masuk ke Land of Dawn & menaklukkan semua musuhnya.
Skill & Item: Thamuz punya skill pasif namanya Grand Lord Lava, damage yg dihasilkan Thamuz ngasih efek scorch (semacam burn) & physical damage tiap detik. Efek ini bakal terus makin sakit kalo musuh gerak, apalagi kabur gitu. Jadi kalo HP sekarat parah, udah kena hit Thamuz, dah pasti die. Skill 1 namanya Slaughterous Scythe, dia ngelempar sabitnya ke arah yg dituju. Musuh yg kena bakal dapat efek burn, slow, sama physical damage. Kalau Thamuz deketin 9ambil) sabitnya ini, cd bakal di reset. Jadi tiap lempar, ambil, itu cd bakal reset terus. Skill 2 Chasm Leap, lompat ke musuh untuk kasih efek slow. Ini combo sama skill 1, kalo Thamuz pake skill ini sabit skill 1 langsung kembali ke dia, trus bisa langsung lempar lagi. Ulti dia namanya Cauterant Inferno, manggil lahar di sekitar Thamuz selama 9 detik. Selama durasi skill, dia dapet naikin HP tiap ada hasilin damage dari hit / sabit. Untuk item recommended pake Bloodlust Axe, Endless Battle untuk ambil unique passive-nya yaitu naikin damage basic attack setelah pake skill, Blade of Despair, Sky Guardian Helmet untuk HP + HP regen, sama Wings of the Apocalyse Queen.

Minsitthar

History: COMING SOON
Skill & Item: COMING SOON


-=Mage=-
Mage itu hero" yg bergantung ama skill / spell, karna serangan basic mereka gak ngasih damage yg signifikan. Biasanya mage harus pake kombinasi emblem, skill, ama item untuk late game & jangka panjang. Karena, mage itu di awal game biasa di cuekin aja, tapi kalo udah di late game jangan main" ama mage. Skill yg semua berguna & gaya bermain fleksibel, mage salah satu hero yg sangat berpengaruh di anggota tim lewat berbagai macam debuff, disable, ama spell-nya.

Alice

History: Ribuan tahun lalu, manusia berhasil kalahkan Blood Demon & ratunya yg bernama Alice dipenjara di jurang kegelapan. Tapi lambat laun Land of Dawn harus hadapi masalah serius, karena segel penjara yg kurung setan" itu perlahan-lahan melemah dan akhirnya mereka bisa kabur. Imbasnya, Alice juga jadi bebas. Disaat keluar dari penjara itu Alice ngamuk, dia hisap darah manusia" untuk balas dendam.
Skill & ItemIni hero yg agak mirip ama Puck di DOTA, terutama ama skill Flowing Blood yg bisa ngasih damage & teleportasi. Uniknya, skill pasif Alice yg namanya Blood Ancestry bisa memungkinkan Alice untuk jadi mage yg cukup keras & nge-tank. Soalnya, Alice dapet HP 6 poin tiap ada creep mati di sekitar dia. Trus ulti-nya Blood Ode juga cukup imba, nyerap darah & damage ke hero tiap 0,5 detik selama 4 detik. Kalo misal Alice udah ulti di tengah" war & kena ke 5 musuh, wah udah deh susah banget kill nya. Jadi combo yg enak tuh skill 1 trus teleportasi (pencet lgi skill-nya), skill 2 untuk stun AOE, ulti deh. Niscaya temen" juga langsung ikut gebukin musuh. Untuk item

Nana

History: Nana lahir di dalam hutan ajaib, dia peri kucing yg punya kekuatan luar biasa. Tapi terkadang Nana susah untuk kontrol sihir yg dia punya. Entah kenapa, dia pernah ngamuk & kekuatan sihirnya timbulkan ledakan yg hanguskan separo dari hutan ajaib. Sampai suatu hari, Miya dari bangsa peri bulan datang untuk kendalikan & redam amarah Nana. Miya juga ajarkan Nana gimana cara kontrol sihirnya. Skill 1 lempar bumerang, skill 2 kutuk musuh, ultinya bikin musuh keangkat tuing tuing. Ya, begitu. Dan untuk membalas kebaikan Miya, Nana akhirnya ngikutin Miya kemanapun Miya pergi, termasuk ke Land of Dawn.
Skill & ItemNana, kucing kecil imut yg tingginya sepantaran Cyclops tapi kalo maeninnya bener bisa jadi mimpi buruk buat lawan. Nana punya skill pertama semacam bumerang gitu, klo bener" kena musuh bisa 2x hit bolak balik tuh. Skill 2 bisa kutuk musuh jadi kucing kecil lagi, kayak boneka gitu deh. Kalo udah dikutuk gini musuh gak bisa apa" ya selain jalannya jadi lambat & gak bisa mukul/spam skill. Ultinya Dragon Cat Summon, crowd control yg bagus banget buat gank / ancurin formasi musuh waktu war. Ini pokoknya hero efektif banget buat gank atau di bagian belakang waktu war, ngerepotin parah! Untuk item sih paling ya Ice Queen Wand buat nambah mov.speed kita trus slow effect ke musuh, Glowing Wand untuk mov.speed ama reduce magic resist, Guardian Relic, Devil Tears, ama kebanyakan biasa pakein Immortality. Oh iya, gak jarang juga banyak yg jadiin Nana semi marksman loh, biasa lah mau dibuat meta gitu. Udah pernah nyoba Nana jadi semi MM & lumayan work pake item Windtalker, Feather of Heaven, Fleeting Time, Devil Tears, ama Blood Wings.

Eudora

History: Eudora, murid di sekolah sihir yg belajar ilmu sihir petir & selalu bikin kagum guru"nya. Dia selesaikan sekolah sihir itu dalam waktu yg singkat, dan akhirnya dia memutuskan untuk menginjakkan kaki di Land of Dawn dengan harapan bisa belajar banyak hal baru disana.
Skill & Item: Ini hero Mage yg amat sangat mematikan di late game, 1 shoot 1 kill! Gak heran, Eudora salah satu hero yg punya burst damage tinggi di game ini. Dia punya skill yg semuanya listrik, pertama ada Forked Lightning yg bisa petir"in musuh secara AoE, skill 2 Electric Arrow yg kasih efek stun, ultimate-nya yg WOW banget namanya Thunderstruck. Tips nih, sebelum kasih skill yg lain mending kasih Forked Lightning dulu. Soalnya, skill 1 dia ini ngasih efek Superconductor yg bikin magic resistance turun drastis. Apalagi klo mau ultimate-nya, jangan lupa kasih skill 1 dulu. Sayangnya ni hero walau mematikan, pertahanannya gak bagus banget kecuali pake battle spell Flicker, ama stun yg dia punya (cuma 1,5 detik). Kalo diuber Zilong sih biasa udah gak ada harapan lgi wkwkwk. Item sih burst magic damage aja kayak Glowing Wand yg ngehasilin DPS tiap keluarin skill (semakin dikit darah musuh, DPS makin gede). Item lainnya paling ya Enchanted Talisman buat reduce cooldown & nambah mana, Ice Queen Wand, Dominance Ice buat reduce cooldown juga ama kasih efek slow musuh, ama paling wajib Blood Wings.

Gord

History: Gord dari awal lahir dia sudah bisa manipulasi sihir, jadi sihir itu ibarat oksigen buat dia. Waktu mulai beranjak dewasa dia makin suka ama hal" yg berbau sihir & mistik, sampai akhirnya dia bisa kuasain beberapa mantra terdalam di dunia sihir. Sekarang dia punya kekuatan energi sihir yg sangat kuat, energi mistik itu meresap ke dalam kulit & tulang yg sampai" mengubah penampilannya jadi kayak sekarang.
Skill & ItemHero mage lainnya yg punya burst damage tinggi. Skill pasif dia ini lumayan serem sih, tiap dia habis ngasih damage skill ke musuh, si musuh ini bakal kena efek negatif berupa 10% damage ekstra kalo kena skill dari temen"nya Gord! Efek ini juga bisa di stack ampe 10x seelama 5 detik. Lumayan serem ya kalo pas war, apalagi kalo ada 2 mage di tim kayak Gord ama Eudora, kelar idup lo kena skill" pasif mereka haha. Skill 1 Gord ini Mystic Projectile, ngelempar kayak bola gitu ngasih efek slow ke musuh yg kena di pinggir", kalo kena pas di tengah ngasih bonus damage 30% + stun. Skill 2 Mystic Injunction, ngasih lingkaran di tanah yg ngasih damage per 0,5 detik. Ultimate-nya cukup bahaya juga nih kalo war, Mystic Gush berupa laser yg ngasih damage gede & efek slow ke musuh. Combo GG sih skill 1 (stun), skill 2, ulti, dan kudu fast finger! Item sih paling ya Fleeting Time yg reduce cooldown sebesar 20%, Ice Queen Wand, Glowing Wand untuk DPS, Dominance Ice ngasih slow, ama Devil Tears yg ngasih magic resis musuh turun ampe 40%!!

Kagura

History: Kagura punya kekuatan Onmyuji Master, kekuatan Yin & Yang yg dikendalikan penuh ama ruh Yin & Yang itu sendiri. Keluarga Kagura ini yg paling kuat & tertua dari Onmyuji, yg disebut Onmyuji Master. Kagura sendiri yg punya potensi tertinggi dari Onmyuji, bibit unggul gitu lah ibaratnya. Dia punya artefak generasi Yin & Yang yg punya kekuatan mistis, Payung Seimei. Konon katanya nih, Payung Seimei itu dihuni ama seratus ruh yg punya kebijaksanaan & kehidupan sendiri, dan cuma pemiliknya yg bisa kontrol ruh" itu. Dan saat ini Kagura yg membawa Payung Seimei ke Land of Dawn, untuk diselamatkan dari tangan" usil yg mau ngerusak payung itu.
Skill & ItemKagura ini mage lincah, trus dia punya skill AOE yg tinggi. Dia juga mage yg cocok loh untuk ditaroh di mid, soalnya harassing dia ini ganggu banget. Dia punya skill pasif Yin Yang Gathering, dimana kalo payungnya kembali, dia dapet shield 300 poin + ngasih stun ama slow ke musuh" yg deket dia. Skill pertama dia namanya Seimei Umbrella Open, gerakin payung ke arah musuh yg ngasih damage + efek slow. Skill ini deh yang bikin ni hero ngeselin bener kalo soal harass. Skill ke 2 ada Rasho Umbrella Flee, kalau lagi pegang payung trus pake skill ini Kagura bakal hilangkan semua debuff trus dia lompat ke arah lain. Tapi kalo lagi gak pegang payung pake skill ini, dia lompat ke arah payung trus ngasih damage + stun ke musuh di sekitar payung itu. Ultimate dia namanya Yin Yang Overturn, pas pegang payung pake ulti Kagura bakal pukul mundur musuhnya yg ngasih efek damage + slow. Tapi kalau pake ulti pas gak pegang payung, dia bakal munculin semacam link energi yg hubungkan dia ama si payung selama 6 detik (ngasih damage). Ulti ini juga langsung reset skill Seimei Umbrella Open, trus dia bisa sambil gerak"in payung itu pake skill 1 sambil masih terhubung ama link energi-nya. Ini hero agak ribet emang, gak gampang makenya haha. Untuk item sih rata" orang pake Clock of Destiny untuk nambah magic power + HP & MP, Guardian Relic, Enchanted Talisman untuk cooldown yg lebih cepet + mana gak boros, Devil Tears, ama Blood Wings. Kalo sepatu bebas tapi paling enak pake Rapid Boots aja buat nambah movement speed.

Cyclops

History: Cyclops itu RAKSASA dengan satu mata! Ya, raksasa untuk di tempat kelahirannya. Dari awal, Cyclops udah terobsesi ama bintang & planet di angkasa. Tiap siang sampe malam, dia selalu ngeliat pergerakan benda" langit itu sampe akhirnya dia menemukan kebenaran bahwa planet" itu selalu bergerak sepanjang waktu. Dan dari pergerakan itu, bisa menciptakan sebuah kekuatan mistis yg luar biasa. Akhirnya Cyclops buat artefak semacam jam pasir untuk kontrol kekuatan mistis ini, dan dia jadi dikenal dengan sebutan "Starsoul Magician" di tanah kelahirannya. Planet" selalu bergerak dan gak pernah berhenti, disitu juga kekuatan Cyclops gak terkalahkan. Tapi dari semua yg dia dapatkan, dia ngerasa kesepian & sendiri. Sampai akhirnya waktu dia lagi ngelakuin perjalanan antariksa, dia mampir bentar ke Land of Dawn. Di Land of Dawn akhirnya Cyclops merasa tertantang, karna disana banyak musuh yg nunggu dia untuk dikalahkan. Cyclops berkata ,"I come, I see, I conquer!". Fix lah, akhirnya Cyclops ikutan maen mobel lejen bengbeng.
Skill & ItemKalau ini, hero mage yg semua skill-nya bertipe spamming. Semua skill ini juga di dukung ama skill pasif dia, Starlit Hourglass yg ngurangin cooldown semua skill-nya setiap skill" itu kena musuh. Skill 1 dia Stardust Shock, ngasih semacam energi bintang ke musuh di depannya. Tiap Stardust Shock kena musuh, cooldown skill-nya jadi kurang 0,5 detik. Jadi kalo kena 2 musuh, cooldown berkurang 1 detik. Lain lagi ama Planets Attack, ciptain 5 bola bintang yg kalo semua bola itu kena 1 musuh rasanya pedih pedih gimanaa gitu. Skill ini juga bisa reduce cooldown, trus ngasih movement speed juga ke Cyclops. Ultimate dia namanya Star Power Lockdown, kayak semacam bola gitu yg ngejar 1 musuh trus bakal diiket gak bisa gerak selama kuang lebih 2 detik. Untuk item, biar GG pakein Fleeting Time untuk ngurangin cooldown skill lagi. Trus pake Ice Queen Wand untuk nambah mov speed + ngasih efek slow ke musuh, Glowing Wand, Concentrated Energy, sama Winter Truncheon untuk item survive yg ngasih efek slow ke musuh sebesar 80% disaat HP mu di bawah 30%.

Aurora

History: Aurora, lahir dengan kekuatan yg bisa kendalikan es & salju ini merupakan ratu dari Northernmost Land atau yg biasa disebut Nost Gal (tempat tinggal Franco), yg mendominasi Frozen Sea & penjaga Land of Dawn. Tapi walaupun tinggal di tanah yg sama, Aurora gak pernah tertarik untuk ikut campur konflik antara Franco ama Bane. Dia terlahir kuat & luar biasa, sebagai salah satu dari penjaga Land of Dawn dia punya tanggung jawab untuk melindungi dunia dan juga perbatasannya dari semua monster" jahat. Dalam suatu pertarungan, Aurora kehilangan satu tangan. Habis dari kejadian itu Aurora jadi lebih dingin, murung, dan lebih serius.
Skill & ItemAurora punya kekuatan untuk bikin musuh freeze. Supaya musuh freeze ama skill-nya, dia harus penuhin bar yg dia punya (di bawah HP & MP) sampe full 4 bar atau berubah jadi warna merah gitu. Cara naikin br itu, tiap 1 skill yg dia keluarkan hasilin 1 bar. Kalau bar full, skill apapun yg dia keluarkan udah pasti bikin musuh beku. Skill 1 dia sendiri namanya Frost Shock, lempar bola es yg hasilin damage ke arah depan. Ini lumayan bisa jadi skill spam, soalnya cuma punya cd 4 detik aja (tapi arahin susah, musuh juga bisa menghindar). Skill 2 Bitter Frost, musuh yg kena udah pasti gak bisa kabur soalnya pake sistem lock skill. Skill ini juga ngasih efek slow ampe 80% ke musuh selama 1,5 detik. Ultimate dia namanya Coldness Destroy, meteor es yg warbyassah damage nya apalagi kalo di keluarin waktu bar dia full, musuh bakal beku semuanya. Selain ngasih damage, ulti dia juga ngasih efek slow. Enak banget nih combo ama GatotKaca. Untuk item pakein aja Clock of Destiny, semakin lama match item ini semakin berguna banget untuk bikin Aurora jadi keras + magic power jadi besar. Item lainnya Glowing Hand, Ice Queen Wand untuk bikin musuh slow, Holy Crystal untuk boost magic power jadi makin besar, ama untuk late game wajib Devil Tears biar defense magic musuh bocor ampe 70%!

Vexana

History: Dahulu kala ada negeri kecil dengan raja & ratu bijaksana, dihargai ama rakyatnya. Di bawah perlindungan God of Light, hidup mereka damai sentosa. Tapi jauh di dalam tanah, ada penguasa jahat yg punya rencana untuk serang negeri kecil itu. The Dark Lord kirim Vampire Queen, Alice, untuk goda raja-nya. Jadi disini Alice jadi hello kitty nih, antagonis perusak kerajaan tangga orang lain. Akhirnya raja itu jadi aneh, gesrek, dan gak sayang lagi ama istrinya. Dengan pengkhianatan suaminya, si ratu terbakar api amarah & cemburu trus mau coba memenangkan lagi hati suaminya. Si ratu jadi kalap, dia malah buat perjanjian terlarang ama The Dark Lord untuk bisa kembalikan masa muda & kecantikannya. Akhirnya setiap hari di kerajaan gadis" muda & cantik itu semua hilang, dan semua orang jadi panik. Mereka gak tau kalo itu semua efek dari perjanjian terlarang si ratu ama penguasa bawah tanah yg jahat. Negeri sekaligus kerajaan itu makin lama jadi makin lemah, dan berbagai macam pengorbanan yg diminta The Dark Lord dari si ratu juga jadi bertambah & makin parah. Sampai akhirnya, kerajaan runtuh karena udah gak ada lagi pengorbanan dan si ratu jadi makin tenggelam dalam kekuatan kegelapan yg sebabkan dia berubah jadi menakutkan. Beribu ribu tahun berlalu, dan negeri kecil sekaligus kerajaan ini hilang dimakan sejarah, hanya tersisa cerita tentang si ratu yg disebut sebagai Demon Queen. Siapa Demon Queen? Orang" di Land of Dawn sendiri selalu menghubungkan Necromancer Vexana itu ya Demon Queen ini. Lagipula, itu cerita yg udah lama banget. Trus gimana kelanjutan nasib sang raja? Ya main mobel lejen lah, pake Vexana buat balas dendam ngekill Alice.
Skill & ItemIni hero yang punya burst damage tinggi banget. Skill pasif dia namanya Necromancy Spell, yg bikin efek musuh meledak kalo mati trus ngasih damage juga dari ledakan itu ke musuh lain di sekitarnya. Skill 1 dia sendiri namanya Charmed Specter, keluarin energi setan berupa tangan gitu ke arah depan trus kalo musuh kena nih, musuh gak bisa kontrol pergerakan tapi malah mendekat ke arah Vexana. Skill 2 namanya Nether Snare, kekuatan ledakan di tanah yg damage-nya gak waras. Ini skill andalan Vexana untuk nge-kill, biasa di combo skill 1 -> skill 2. Ultimte dia Cursed Oath, yg kena ke musuh bakal terus"an kena DPS. Kalo musuh itu mati, bakal jadi anak buah Vexana yg kekuatannya jadi 70% dari kekuatan hero aslinya waktu hidup. Paling work ultimate marksman musuh sih, soalnya kalo kena ke mage dll percuma karena si 'mayat hidup' itu gak akan ngeluarin skill. Untuk item bisa pake Enchanted Talisman untuk spamming skill yg lebih maksimal, Holy Crystal, Fleeting Time untuk reset cooldown, Devil Tears unttuk tembus magic resist musuh, ama pakein item pertahanan aja kayak Demon’s Advent.

Harley

History: Harley, pesulap terkenal di Lion Academy yg ada di kota Magical City. Walau masih muda, dia punya berbagai trik sulap yg luar biasa karena diberkati oleh Magical Goddess. Tidak seperti teman" pesulapnya yg lain, Harley memiliki mantra yg dibuatnya sendiri yaitu, "tolong dibantu yaa.. siiim salabim jadi apa prok prok prok," gitu. Dia bintang di sekolahnya, pokoknya sosok pesulap yg genius banget lah, apalagi dia bisa belajar berbagai ilmu sihir menakjubkan dengan cepat.Dan akhirnya pada suatu malam, Harley beserta teman" pesulapnya yg lain masuk ke sebuah hutan. Mereka melakukan perjalanan bahaya disana, karena di dalam hutan itu ada organisasi konspirasi jahat bernama Dark Wizard! Harley yg pemberani mau hentikan kejahatan itu, akhirnya dia & teman"nya mau lapor ke kepala sekolah. Tapi ceroboh, di ruangan kepala sekolah itu Harley gak sengaja tekan tombol yg ngebuka sebuah portal untuk pindah ke suatu tempat secara instan. Sejak saat itu, Harley jadi pindah ke sisi lain dari Land of Dawn. Disana Harley makin tumbuh jadi sosok yang ahli dalam gunakan ilmu sihir. Bareng robot Rooney, Harley juga dibantu ama Lolita, Bruno, Alpha, ama Saber untuk ke Magical City. Mereka akhirnya berhasil untuk hancurkan pusat dari Demorte, penguasa Dark Wizard. Tapi Harley gak mau kembali tinggal di Magical City, dia masih mau asah ilmu lebih tinggi lagi, maka dari itu dia memutuskan mau berlatih lebih dalam lagi di Land of Dawn. Lalu bagaimana nasib teman" pesulap Harley yg waktu main bareng di hutan itu? Macem", yg gak ada rambutnya sekarang udah aktif jadi MC & bikin Vlog. Yang satu lagi, kemaren sempet ikut ajang pencarian bakat di luar negeri.
Skill & ItemHarley, hero mage yg punya daya rusak tinggi nih. Selama ini mage gak punya skill atau mekanisme melarikan diri yg baik ya? Moonton menjawab lewat Harley ini. Sebenernya Kagura juga lincah sih kayak belut, susah ditangkep, tapi seenggaknya Harley ini lebih gampang dipake daripada Kagura wkwkwk.. Skill 1 Harley ini bikin dia ngelempar kartu bertubi-tubi gitu, kartu itu juga nyebar ke jarak yg lumayan lebar trus magic damage yg dihasilkan lumayan besar. Skill 2 dia bisa teleportasi lewat topinya itu, tiba" udah ada deket musuh aja trus nyerang tiba". Dia bisa kembali ke topi kalo ada count cooldown warna biru di ikon skill 2 itu (jadi skill 2 ini bisa di klik 2x). Ultimate nya targetin 1 hero musuh, bakal ada kayak efek shield api tapi gak bikin langsung mati. Matinya kayak di pending dulu, setelah beberapa detik baru ada damage ledakan besar. Untuk item pakein Enchanted Talisman untuk reduce skill cooldown & nambah MP, Feather of Heaven, Blood Wings, Calamity Schyte, ama Devil Tears untuk tembusin deff magic musuh.

Odette

History: Ada daerah pedalaman jauuuuh dari Land of Dawn namanya Moniyan. Disana banyak gunung, berkilau kayak batu safir & berkabut. Di tengah" pegunungan itu ada danau namanya Swan Lake, diambil dari nama penguasa kastil bernama Swan Castle yg terletak jauh dari pinggir danau itu. Kastil ini dibangun ama Regina Family, mereka lari dari kerajaan ke danau Swan Lake untuk hindarin konflik politik di dalam kastil dan akhirnya bikin kastil serta kerajaan kecil baru berbentuk angsa di deket danau Swan Lake itu. Ada legenda, katanya kalau keturunan generasi ke 13 lahir maka kawanan angsa bakal hormati dia. Putri Odette, sebagai keturunan ke 13 digambarkan punya senyum yg menawan & semua orang terpana sama senyumnya. Putri Odette hits & selebgram di kerajaannya, semua orang sebut dia itu dewi berwujud manusia. Nah, dia mau omongan semua orang itu jadi kenyataan, akhirnya dia belajar ilmu sihir tingkat tinggi & berhasil kuasain ilmu sihir itu. Walau Odette itu hits, dia selalu merasa kesepian. Akhirnya dia ketemu sama laki" namanya Lancelot, yg terluka parah di inggir danau Swan Lake. Selama masa pemulihan Lancelot ini, tumbuhlah benih" cinta diantara mereka. Ciye odet ciyeeeee!!!!
Skill & Item: Skill pasif dia namanya Lakeshore Ambience, tiap keluarin skill bakal ada efek memantul di basic attack (sama kayak Estes, tapi ini pantulannya lebih banyak). Skill 1 Avian Authority, animasi skill berupa angsa terbang ke depan yg ngasih magic damage + efek slow buat musuh yg kena. Skill ke 2 Blue Nova, tembakkan semacam bola energi ke depan yg ngasih damage + efek bind (ngiket) selama 1 detik. Kalo bola yg dilempar udah capai jarak maksimum, bola itu bakal kepecah jadi 2 yg pecahannya itu bisa ngiket 2 musuh. Ulti Odette namanya Swan Song, dia kayak nyanyi trus ngeluarin energi kuat gitu di sekitar. Magic damage dari ulti ini per detik lumayan sakit, trus damage yg dia terima turun 60% selama channeling pake ulti ini. Ini ulti kayak Maiden di DOTA 2, dan kalo Odette ini gerak ulti nya jadi selese juga. Dan gampang banget di batalin ama hero" yg bisa disable kayak Nana, sungkitan maut Zilong, atau ulti Cyclops, jadi selama dia ini ulti emang bener" harus di cover deh. Untuk item pakein aja Lightning Truncheon untuk ambil tambahan 150% damage, Winter Truncheon untuk ambil 50% tambahan damage + efek slow ke musuh yg HP di bwah 30%, Enchanted Talisman untuk magic power ama 20% reduction cooldown, Glowing Wand, ama Blood Wings untuk boost magic power doi.


Zhask

History: Dulunya ada peradaban Bangsa Kastiyan yg punya daya tahan tubuh tinggi trus juga agresif. Mereka ini punya kekuatan magic kayak time space warping & psionic mind untuk taklukkan bangsa yg lemah, dan mereka ngelakuin ini semua untuk kesenangan. Setelah mereka ini populasinya makin banyak, mereka memanipulasi jiwa" serangga Domorey atau dikenal dengan nama Nightmaric Spawns. Jiwa" itu bisa muncul di manapun, ngehancurin segala jenis perlindungan fisik ataupun magic. Sehabis mereka ini kembali ke planetnya, mereka masukkan jiwa" itu ke dalam tongkat yg dipegang ama King of Kastiyan. Zhask ini salah satu Kastiyan yg udah nyerang banyak dunia, dia bisa memperbudak pikiran suatu bangsa. Salah satu pikiran yg dia perbudak itu Argus. Dan saat ini Zhask sudah sampai ke Land of Dawn untuk dominasi, bunuh dan siksa.
Skill & Item: Skill pasif sang Dominator ini Eradiction, Nightmaric Spawn ngasih efek true damage ke musuh. Skill 1 Nightmaric Inception, 'tanam' bentuk fisik Nightmaric Spawn ke lokasi yg ditentukan. Summon-an dia ini gak bisa gerak, cuma attack yg deket ama dia aja dan tiap 2 basic attack bakal nembakin laser ke musuh. Skill 2 Nightmare Invasion, Tembakkan proyektil energi transparan ke target & ngasih 400 Magic Damage. Skill tambahan Hivemind Duplicates, tembakkan beberapa Nightmatre Spawn ke arah yg dimau, kalo gak kena musuh bakal kubur diri sendiri & kalo diinjek meledak yg ngasih efek slow. Ulti Zhask sendiri namanya Dominator Befall, ningkatkan semua status Nightmare Spawn dengan drastis dan bentuknya jadi lebih gede gitu. Untuk item nih, pertama pake Clock of Destiny aja untuk magic power, Concentrated Energy untuk lifesteal, Feather of Heaven untuk Att.Speed, ama kasih 2 Blood Wings aja buat banyakin Magic Power & HP. Tapi kalo kebanyakan mamti, 1 Blood Wings ganti Imoortal aja biar gak kebablasan nge-feed nya.


Pharsa

History: Askati Forest, ras manusia gagak yg merupakan salah satu ras tertua di Land of Dawn. Mereka bersatu di bawah pimpinan Crow King Osana, yg punya sihir Arts of Sky & sangat disegani. Mereka ini bisa terbang tinggi dengan pake sihir awakened blood, dan bisa intai musuh dari jarak yg jauh banget. Bisa intai mantan gak? Bisa.. Terserah Aliando aja deh maunya gimana. Salah satu dari ras ini, Putri Fasha, tipe darahnya gak diketahui & punya potensi besar. Tapi sayangnya, gak ada satupun yg tau gimana caranya aktifkan kemampuan besar dari potensi itu. Banyak juga yg mau curi darah Fasha ini karna dianggap spesial, jadi kadang ya Fasha juga terancam nyawanya. Di saat umur Fasha ke 23 dia menikah, dan bertepatan di hari itu juga Alice nyerang Askati Forests. Disitu Alice ngebantai ras ini, bahkan raja gagak Osana juga tewas ama dia. Fasha yg ngeliat itu semua jadi emosi, potensi terbesar dalam dirinya keluar. Gitu dong, emosi. Mata Fasha jadi gelap, rambutnya separo jadi putih, teriak kencang ke langit & seketika Alice dipukul mundur ama serangan magis itu. Bantuan dari Anak Langit kah? Tidak ada yg tahu. Alice udah ngerusak segalanya, dan ini waktunya Fasha untuk balas dendam. Apa yg dilakukan Fasha? Dia membentuk group band bernama Unyu, Fasha Unyu. Dia hanya ingin membuktikan pada Alice bahwa dia bisa bangkit walau sudah dijatuhkan. Balas dengan prestasi, pikirnya. Tapi sayang Unyu sudah bubar karena kesibukan masing" personil, dan Fasha sekarang ikutan war beng beng di Land of Dawn. Trus kekasih dia yg namanya Verri, itu jadi burung putih yg terus bersama dia, nemenin Fasha kemanapun pergi.
Skill & Item: Ini hero yg bagus untuk poke (serang musuh dengan aman dari jauh), soalnya jangkauan ulti dia ini jauh banget ditambah lagi ama skill 1 dia yg bisa buat kabur. Skill pasif dia namanya Spiritual Unity, Verri (burung putih) jadi mode berburu yg ngasih damage & efek slow ke musuh. Skill 1 Wings by Wings, Fasha jadi kabut selama 5 detik untuk nembus tembok dll, tapi masih bisa kena attack kok. Skill 2 Energy Impact yg nembakin laser merah dalam satu garis lurus, ngasih damage magic ke musuh yg kena. Ulti dia sendiri namanya Feathered Air Strike, dia terbang trus jatuhin serangan semacam meteor gitu ke lokasi yg udah ditentukan. Ulti ini kayak Odette, gak boleh gerak. Untuk item pakein Lightning Truncheon buat magic power + mana regen, Concentrated Energy, Feather of Heaven buat magic power + att.speed, Glowing Wand buat magic power, magic penetration ama mov.speed, dan trakhir tentu aja Blood Wings untuk gedein magic power juga.

Valir

History: Namanya lucu ya, Valir. Jangan ketawa.. jangan ketawa.. tahan gue.. tahan.. Oke jadi Valir ini murid dari Gord, tapi dia mage pengendali api. Diceritakan di sebuah gurun barat ada negeri indah, disana asal Valir. Dia dari kecil emang udah punya kekuatan api ini, dia sering ngasih liat ke orang-orang soal kekuatannya. Sebagai sesepuh di daerah situ, Gord tertarik untuk ngangkat Valir sebagai murid. Fatalnya, Gord ngajarin ilmu paling rahasia dari ilmu arcane. Dipenuhi rasa ingin tahu, Valir menggabungkan kekuatan asalnya ama kekuatan dari ilmu arcane itu, dan akhirnya di tubuhnya dipenuhi ama aura negatif. Ngeliat itu, Gord gak bisa tinggal diam. Dia mau stop perbuatan Valir, sampai akhirnya keduanya ini berantem. Separuh negeri itu hancur gara-gara ni anak bedua, terbakar ama ilmu sihir mereka. Dan hasilnya, Gord kalah trus Valir pergi. Gord akhirnya ciptakan alat yg bisa terbang untuk berkelana cari murid baru yg pantas untuk terima ilmu arcane darinya.
Skill & Item: Valir punya skill pasif namanya Arcane Flame, cukup unik nih soalnya efeknya setiap 20 detik sekali skill Burst Fire atau Searing Torrent bisa dikeluarkan tanpa ada cooldown! Skill 1 Burst Fire, ngasih efek slow ke musuh 80%. Skill 2 Searing Torrent, semburkan api ke arah depan yg bikin musuh knockback. Ultimate Valir namanya Hellfire, efeknya bikin letusan api random gitu di sekitar dia. Musuh yg dalem area ini bakal kena damage 300+130 persen dari magic damage Valir. Untuk item pakein aja yg gedein magic kayak Lightning Truncheon, Arcane Boots, Glowing Wand, Holy Crystal, Devil Tears, ama Blood Wings.

Selena

History: Di kerajaan yg bernama Moniyan, ada jurang (abyss) yg gak ada dasarnya dan di dalamnya ada iblis kuno yg nyeremin gitu. Orang" nyebut jurang ini: Shadow Abyss. Jauh di dalam jurang ini, ada lagi iblis yg lebih horor & tersegel yaitu Abyss Dominator. Mitosnya, iblis ini lebih menyeramkan daripada jomblo yg malam minggu gak kemana-mana + kuota habis. Seiring berjalannya waktu, segel ini mulai melemah & iblis itu makin kuat. Para iblis di dalam jurang ini merayu manusia" untuk terus ngasih tumbal Abyss Devil, monster yg terbentuk dari kegelapan. Selena, dark elf muda yg akhirnya jadi tumbal gegara kaumnya udah ngebet pengen punya energi kegelapan. Tapi pas Selena udah siap dimangsa, muncul cahaya biru di badannya & membaur dengan cahaya kegelapan itu. Kekuatan The abyss & Moon God mengalir di tubuh Selena, menciptakan keseimbangan yg sempurna. Para iblis lainnya yg ngeliat tercengang & speechless, ngeliat Abyss Devil bisa jinak ama Selena. Selena akhirnya terlahir kembali, dengan para iblis & Abyss Devil di sekelilingnya. Bahkan Blood Magic, Alice, terkesima ama kekuatan Selena. Btw, Selena ini adek dari Karina.
Skill & Item: Skill pasif Selena namanya Symbiosis, ini efek dari kekuatan Moon God & Abyss. Kalo dia lagi mode Elven trus attack, bakal ngasih Abyss Mark. Kalo pas mode Abyssal, Abyss Mark itu jadi ngasih Magic Damage tambahan 390-600. Nah untuk skill aktif kebagi 2 nih, ada di mode Elven (pas jadi mage) ada yg mode Abyss (pas jadi setan/assasin). Untuk skill 1 di mode Elven namanya Abyssal Trap, summon Abyssal Devil untuk diarahkan ke musuh, ngasih efek magic damage + slow. Skill 2 Abyssal Arrow, Abyssal Devil di summon juga jadi bentuk kayak arrow gitu yg ngasih magic damage + efek stun juga. Skill 3 atau ulti namanya Primal Darkness, ngubah Selena jadi Abyssal + ngasih mov. speed beberapa saat, trus ngebuka skill lainnya (kayak Roger danuarta). Untuk skill di Mode Abyssal ini skill 1 namanya Soul Eater, nambah damage di basic attack untuk attack selanjutnya trus bikin kayak shield juga. Skill 2 Garotte, nyerang musuh ke depan & ngasih magic damage ke semua musuh di are itu. Kalo kena ke musuh yg ada Abyssal Mark, skill ini cooldown-nya ilang. Skill 3 Blessing of the Moon God, Selena jadi mage lagi kalo dia udah cape jadi setan nguber" anak orang. Untuk item bisa pakein Calamity Reaper untuk magic power + mana + cd reduction, Holy Crystal untuk nambahin magic power juga, Concentrated Energy untuk magic power + HP + spell vamp (lifesteal), Devil Tears, ama paling penting Blood Wings biar magic power-nya tumpeh" lagi.


Lunox

History: Diceritakeun, Lunox itu penyihir yg punya kekuatan cahaya sekaligus kegelapan. Dia juga bisa keluar masuk dunia mimpi, trus ngejebak orang lain untuk masuk ke dalamnya. Waktu keseimbangan dunia sudah terancam karena banyaknya perang, dia sadar bahwa dia yg harus berkorban untuk kembalikan lagi keseimbangan itu. Akhirnya Lunox masuk ke dalam dunia mimpi & jadi bagian Twilight Orb, untuk seimbangkan ketentraman & kekacauan.
Skill & Item: Ini hero agak sedikit rumit soalnya dia punya skill cahaya & kegelapan, Darkening sama Brilliance. Skill pasif dia namanya Dreamland Twist, kalo bar bawah HP & MP dia itu warnanya hitam, jadi Magic Penetration. Kalo kuning, nambah Double Resist. Kalo pake skill 1 tanda kuning nambah, pake skill 2 jadi reset trus yg keisi warna ungu (Bingung gak? Percayalah, bingung itu awal dari mengerti). Skill 1 Starlight Pulse, Lunox keluarin kayak tembakan bintang gitu trus ngeheal dirinya sendiri kalo tembakan itu kena musuh/creep hutan. Mirip kayak skill Hayabusa, tapi ini cooldown-nya cuma 2 detik. Skill 2 Chaos Assault, nembakkin sesuatu ke musuh gitu yg ngehasilin magic damage + efek slow. Btw kalo skill 1 atau dipake, mereka sama-sama cooldown. Skill 3 Cosmic Fission, keluarin energi ke depan yg ngasih efek magic damage + efek slow. Skill 4 alias ultimate namanya Order & Chaos. Kalo Lunox make ulti yg kuning, dia jadi immune (gak bisa di attack), kalo make ulti yg hitam ngehasilin true damage. Mau keluarin ungu atau kuning, semua tergantung ama bar yg di bawah HP & MP dia itu. Untuk item recommended pake Enchanted Talisman untuk banyakin mana, Holy Crystal, Devil Tears untuk magic penetration, Ice Queen Wand untuk efek slow + spell vamp (bisa ganti Winter Truncheon kalo jarang pake skill 1), terakhir Blood Wings untuk magic power + HP.


Vale

History: Vale ini adeknya Valir, tapi dia penguasa angin. Mereka lalui banyak kenangan di Fire Kingdom & Valley of the Winds, sampai akhirnya Valir memutuskan untuk pergi setelah terjadi kerusuhan di Fire Kingdom. Gak ada satu orangpun yg tau dengan kekuatan Vale, karena Vale cuma mau menunjukkan kekuatan dia itu di depan Valir, seperti yg sudah dia janjikan sebelumnya. Kalau diibaratkan sama Anime, Vale sama Valir ini hubungannya sama kayak Naruto ama Sasuke deh.
Skill & Item: Skill pasif dia namanya Windtalk, tiap Vale naikkin skil ulti, dia bisa bikin lebih kuat salah satu skillnya. Skill 1 Wind Blade, Vale manggil kayak pisau angin gitu yg nyerang dari kanan ama kiri di area itu trus ngehasilin magic damage. Abis naikin skill ulti, Vale bisa milih mau ningkatin damage skill ini atau perbesar areanya. Skill 2 Windblow, ngasih angin topan ke depan yg ngehasilin magic damage ke musuh. Tiap Vale ningkatin skill ulti, dia bisa milih untuk skill ini mau nambah efek stop-on-hit atau efek knock-up. Ultinya Windstom, ngirim badai angin ke arah yg ditentukan, pas udah 1 detik badai itu meledak & ngehasilin magic damage yg cukup besar. Tiap ningkatin skill ulti, Vale bisa milih mau nambah damage atau ngasih tambahan efek crowd control untuk skill ini. Item recommended pertama Enchanted Talisman, untuk magic power + cooldown reduction. Trus Glowing Wand untuk magic power + HP, Holy Crystal, Concentrated Energy untuk magic power + spell vamp, terakhir udah pasti Blood Wings untuk gedein magic power lagi & tambahan HP.

Harith

History: COMING SOON
Skill & Item: COMING SOON

Kadita

History: COMING SOON
Skill & Item: COMING SOON


-=Marksman=-
Marksman itu hero" yg korbankan deff mereka (deff lemah) demi bisa ngasih kerusakan yg besar untuk ke musuh / bangunan. Biasanya kemampuan hero" Marksman ini fokusnya ama serangan dasar (hitter), dan skill" mereka kebanyakan untuk tingkatkan kerusakan yg lebih besar. Senjata mereka macam", ada panah, pistol, tombak, dll.

Miya

History: Miya lahir di Kuil Bulan, dari kecil dia disana udah belajar keras supaya layak mengabdi ke Dewa Bulan. Tapi waktu perang antara ras manusia & Orc sampe ke tempat dia juga, Miya akhirnya jadi pemimpin bangsanya dari penyerbu asing. Walaupun udah usaha keras, tapi akhirnya Miya ama peri bulan lainnya tertangkap ama penyerbu & disuruh untuk berdiri depan kuil + berdoa untuk terakhir kalinya sebelum di eksekusi. Disini keajaiban terjadi, Dewa Bulan jawab doa Miya & dia diberkati ama busur panah kuno yg punya kekuatan luar biasa. Miya tembakkan anak panah dari busur itu yg berubah jadi roh elang dengan kekuatan bintang, membelah tentara musuh. Miya akhirnya berhasil bawa bangsanya melarikan diri, musuh semua mati karena dari busur itu dia bisa turunkan hujan panah bintang. Berhasil, manusia & orc dipukul mundur. Miya diakui Dewa Bulan sebagai pemimpin bangsa peri bulan, dan atas perintah Dewa Bulan dia berkelana ke Land of Dawn dengan harapan menemukan seorang raja yg bisa membawa perdamaian kembali untuk dunia ini.
Skill & ItemMiya! Salah satu hero yg gampang banget buat cetak Savage haha.. Skill 1 dia ini bisa serang beberapa musuh sekaligus, anak panah dia mencar (kebagi 3). Trus skill 2 anak panah dia jadi kayak shower, turun dari langit yg sekitar beberapa detik kemudian bakal bikin musuh freeze kalo terus"an berdiri dibawahnya. Ultimate dia bagus, ngasih efek invis beberapa detik trus bisa hilangin stun, slow, atau efek lainnya. Miya salah satu MM yg punya mekanisme pertahanan terbaik, tapi sayang hero ini ketergantungan ama item. Di awal game gak ada apa"nya, tapi kalo item udah mulai jadi 3 nih minimal, ati" aja ama dia di mid - late game. Item pertama Haas's Claws udah pasti jadi kewajiban untuk lifesteal di awal". Trus pakein Berserker Fury aja, supaya enak farming trus nambah critical juga. Trus selanjutnya sepatu Swift Boots, Scarlet Phantom untuk critical chance, Windtalker, ama Malefic Roar untuk jebolin armor musuh. Kalo item udah GG gitu, tergantung kalian deh gimana playstylenya. Item GG + playstyle kece = ez Savage.

Bruno

History: Lahir di desa yg kumuh, Bruno ini dikenal sebagai pemuda yg lemah. Nah di suatu hari, Bruno ini kehilangan 2 kakinya waktu nyelamatin temennya dari sebuah kecelakaan. Bruno hampir nyerah untuk hidup, sampe" dia tiap hari gak make internet, gadget, wifi, gak beli kuota dengan tujuan sekarat dan akhirnya dia mati perlahan. Tapi untungnya, para ilmuwan dari Eruditio ngerasa kasian ama Bruno. Mereka juga kagum ama keberanian Bruno yg nyelamatin temen sampe" 2 kakinya yg jadi korban. Akhirnya, para ilmuwan ini bikin sepasang kaki palsu berteknologi canggih buat Bruno. Bruno ngucap terimakasih buat para ilmuwan itu, karna udah bisa bikin dia berdiri lagi & lari secepat angin. Untuk ucapkan rasa terimakasih, Bruno berjanji bakal lindungin kota Scholars sampe nafas terakhirnya. Dengar janji Bruno, ilmuwan" itu juga nyiptain senjata bola energi yg cocok ama kaki mekanik Bruno itu. Mulai dari hari itu, siapa aja yg berani ganggu warga Eruditio bakal berhadapan ama Bruno. Orang" akhirnya manggil Bruno dengan sebutan "Sang Pelindung (The Protector)".
Skill & ItemBruno punya skill spam yg bagus namanya Volley Shot. Nah, tiap bola dari volley shot ini "dipungut", entah Bruno atau temen tim yg pungut bola itu bakal dapet reset cooldown di semua skill. Bruno sendiri combo-nya skill 1, Flying Tackle buat stun musuh, kalo bola dari Volley Shot itu dapat sehabis Flying Tackle, combo itu bakal diulang ulang sampe akhirnya musuh kena stun berkali kali haha.. Ultimate dia ini juga work banget waktu war, lempar bola trus bola-nya mantul" ke tim musuh. Item awal bisa dipakein Windtalker untuk movement speed ama critical chance nih, selanjutnya Haas's Claws buat lifesteal, Berserker Fury, Scarlet Phantom buat nambah damage, trakhir paling Malefic Roar untuk nembusin armor musuh.

Clint

History: Clint, Gelandangan Gurun. Dia dapat julukan itu karena hidupnya dihabiskan dengan jadi gelandangan di gurun, dan gak ada satupun yg tau dia ini asalnya darimana. Tapi, yg lahir di Wasterland pasti udah tau kalo dia ini satu"nya pembela keadilan yg ada di daerah itu. Bahkan, pencuri kelas kakap aja gak berani ama Clint. Gak ada penjahat yg berani ama dia, karena tembakan secepat kilat Clint akurasinya gak ada yg bisa saingin lagi. Dia cuma tarik pelatuk pistolnya dengan keyakinan, tapi gak ada satupun penjahat yg bisa lolos darinya.
Skill & ItemClint, salah satu hero MM yg punya burst damage yg baik. Dia punya skill pasif namanya Quick Draw, dimana sehabis dia keluarin skill, basic attack selanjutnya jadi nembus musuh di belakang (penetration, bisa kena 2 hero). Skill 1 ama 2 dia namanya Blind Smoke dan Heel Rope, skill" yg enak banget buat di spam ke musuh. Ditambah lagi ama ultimate-nya Howtizer, skill pasif dia ini jadi enak banget keluar mulu. Kalo udah mid game gak dianjurkan by 1 ama Clint deh, apalagi kalo item dia bener. Untuk item, biasa kebanyakan orang pake Endless Battle nih tapi beli item turunan dia yg lifesteal itu aja dulu, soalnya Endless Battle di early game gak begitu guna. Mungkin bisa jadiin Endless Battle ya di item ke 3 atau ke 4 deh. Item lainnya bisa Windtalker buat movement speed, Berserker Fury, Blade of Despair untuk boost damage jadi lebih GG, ama wajib di late game Malefic Roar buat bocorin armor musuh.

Layla

History: Layla hidup di dunia yg penuh ama kekuatan unik yg disebut Malefic Energy. Energi itu sendiri punya kemampuan liar yg bisa bikin seseorang yg kena radiasi-nya bakal jadi hilang akal & berubah jadi ganas. Tapi akhirnya energi ini malah ngehancurin dunia Layla, sampe akhirnya suatu hari ayahnya berhasil nemuin alat yg bisa serap Malefic Energy ini. Bahkan saat penemuan itu, ayah Layla ini harus kehilangan nyawa juga karna kekuatan besar dari Malefic Energy. Sehabis semua Malefic Energy terserap penuh di alat itu, Layla akhirnya pakai alat itu sebagai senjata yg sekarang ini disebut Malefic Gun.
Skill & ItemLayla ini hero range yang punya serangan paling jauh daripada hero range / MM lainnya. Skill pasif dia nih soalnya, semakin jauh musuh dia tembak semakin sakit juga damage nya. Jadi kalo pake Layla tembak dari titik terjauh ya pas di war. Dia ini juga nuker gila, semua skill nya punya damage yg gak kecil damage nya. Farming pake Layla juga enak, gak perlu hemat"in mana, creep hutan langsung aja di skill 1 skill 2 trus kembali lagi ke lane buat habisin creep lane. Ultimate dia ini juga damage nya sakit banget, keluarin laser yang jaraknya cukup jauh. Tapi sayangnya Layla ini MM yg punya pertahanan rendah banget, dari skill aja gak ada yg bisa dipake kabur, sekali diuber Hayabusha atau Roger mah udah gak berkutik. Makanya satu"nya pertahanan buat Layla pake battle spell Flicker deh, abis Flicker dipake ya main safe banget aja sambil nunggu cooldown Flicker selese. Untuk item pertama udah pasti pake Haas's Claws nih untuk lifesteal, Windtalker buat mov + att. speed, Berserker Fury, Scarlet Phantom untuk boost attack, ama Malefic Roar untuk jebolin armor musuh ampe 40%. Ini hero yang gak jarang juga sering cetak Savage, intinya main Layla jangan pernah kejauhan dari tim karna ini hero emang dari early sampe late butuh perlindungan tim banget. Tapi sebanding, Layla itu salah satu hero kunci kemenangan tim.

Yi Sun-shin

History: Untuk penjelasan di game asal Yi Sun-shin ini gak ada, tapi yg jelas Chungmugong Yi Sun-shin itu seorang jendral perang yg terkenal di kerajaan Asia Timur. Waktu wilayah Asia Timur dalam bahaya (perang Jepang - Korea), dia ini bangun angkatan laut kuat trus ciptain kapal penyu lapis baja yg bener" berkontribusi dalam perang & gak akan pernah terlupakan dalam sejarah Kerajaan Korea. Di bawah kepemimpinannya, angkatan laut Korea berhasil mengalahkan lebih dari 330 kapal perang musuh cuma dengan 12 kapal dari Korea. Dari sini mereka dapat kemenangan besar dari perang yg dikenal dengan nama "Pertempuran Myeongnyang" (lawan Jepang). Sampai hari ini, legenda jenderal Asia ini masih hidup di hati orang-orang Korea sana. Kalo penasaran ama cerita dia di pertempuran itu, tonton deh film Korea yg judulnya Admiral (2014).
Skill & ItemYi Sun-shin ini hero yang cukup balance dari serangan sama pertahanannya. Dia juga unik, bisa serang musuh secara dekat pake pedang trus bisa jarak jauh pake panah. Skill 1 dia namanya One-wave Sweep, ngasih semacam wave ke depan ngasih damage + efek slow trus Sun-shin mundur ke belakang, salah satu skill yg bagus buat kabur atau mau ngejar musuh sekarat. Trus dia ini punya kapal yg bisa ditemuin di samping base, munculnya tiap beberapa menit sekali. Kalo pas naik kapal trus pake skill 1 ini, kapal itu bakal dorong ke depan & ngasih efek stun ke musuh. Kalo naik kapal ini juga movement speed Sun-shin jadi kenceng. Skill 2 ada Blood Floods, charging anak panah yg semakin lama di charge semakin jauh jarah anak panahnya. Ultimate dia yg lumayan ngerepotin kalo war namanya Mountain Shocker, jatuhin semacam peluru meriam yg asalnya dari base, trus targetin ke semua musuh di 1 map. Dari ultimate ini bakal ada stack, semakin banyak stack nya semakin sakit damage bleeding yg diterima (skill pasif Bleeding aktif di skill 2 ama ultimate). Untuk item di awal bisa pakein Berserker Fury untuk ningkatin DPS secara drastis. Trus next pake Haas's Claws untuk lifesteal, Scarlet Phantom, trus pake 2 Blade of Despair! Kenapa? Soalnya, item ini ngasih damage tambahan 10% waktu musuh dalam keadaan debuff apapun, jadi cocok banget kan ama skill pasif bleeding dari Yi Sun-shin.


Moskov

History: Moskov ini merupakan pemimpin selanjutnya dari klan Wildsand, dan mereka cinta damai + dihormati banyak orang. Moskov ini dikenal paling pinter pake tombak, bisa buat perang atau bisa juga buat cari ikan kerapu. Nah, nama Moskov jadi terkenal waktu dia ikut pertarungan di Dhamu Tournament, disaat itu dia berhasil ngalahin semua petarung hebat disana. Karena kemenangan Moskov itu, klan Wildsand jadi terkenal dimana-mana ampe masuk infotainment lokal. Nah tapi, pada suatu hari pemimpin dari klan Tornwolf merasa terganggu ama keberadaan Moskov beserta klan Wildsand ini. Akhirnya dia & klannya niat mau hancurkan desa klan Wildsand pas Moskov lagi gak ada (lagi mancing), yaudah deh rencana itu berhasil. Desa klan Wildsand udah hancur lebur terbakar, ngenes pokoknya lah. Dari sisa" api yang membakar desanya, Moskov kembali bisa senyum dikit karena api itu bisa dipake buat bakar ikan kerapu hasil pancingannya. Finally, dengan amarah yang meluap-luap Moskov niat mau bales dendam. Tapi sayang, emosinya itu yang malah buat dia jatuh ke dalam kegelapan Abyss of Shadow, dan dia jadi bawahan Queen of Doom. Kalian tau siapa Queen of Doom? Ya, saya juga tidak tahu. Sekarang Moskov jadi prajurit kegelapan yg disebut The Spear of Quiescence, dan tubuhnya jadi kayak makhluk" Undead gitu.
Skill & Item: Sama kayak marksman lainnya, Moskov juga wajib pake item Lifesteal. Malahan wajib banget, soalnya skill pasifnya yg bisa nyiptain "percikan" damage bikin dia gampang banget buat creeping. Kalo combo, situasional.. Pas kebetulan ada musuh lagi dempetan ama temennya atau gak lagi deket dinding, langsung aja di skill 2 (dorong) trus itu skill 1, pas kira" stun dah mau selese baru ulti.. Tapi bisa juga buka combo skill 1 dulu buat ngagetin, musuh mau kabur skill 2 (kalo bisa arahin skill 2 ke dinding).. Kadang skill 2 malah nguntungin musuh, dorongnya kedepan jadi lebih jauh deh buat ngejar. Jadi skill" Moskov ini pake secara wise aja.. Untuk item pakein Windtalker untuk biar cepet farming di awal, Haas's Claws untuk lifesteal, Berserker Fury, Blade of Despair untuk damage, ama udah pasti Malefic Roar supaya armor musuh jadi sampah.


Roger


History: Roger tinggal di hutan gelap daerah Megalith Wasteland. Di daerah hutan itu banyak hewan" berbahaya yg tinggal, dan yg paling ditakutkan itu serigala tua "White Tooth" yg jadi pemimpin gerombolan serigala kuat. White Tooth ini demi menambah kekuatan di dirinya, dia selalu memangsa apapun yang lewat termasuk manusia. Akhirnya, Roger berencana untuk menyingkirkan White Tooth ini. Dia mamu membunuh, sebelum dibunuh. Roger berhasil bunuh White Tooth, dia robek perut si serigala tua ini. Tapi apes, ternyata aura jahat White Tooth malah merasuk ke Roger. Ada pepatah di daerah itu yg mengatakan, "Bahkan hati yang paling murni, pria yang tidak pernah lupa mengucapkan doanya di malam hari tidak akan bisa terhindar dari werewolf di bawah bulan purnama". Tepat di bawah bulan purnama, Roger berubah jadi manusia serigala. Supaya dia gak kehilangan akal sehat dengan melukai keluarga, akhirnya Roger memutuskan diri untuk melarikan diri jauh dari rumahnya.
Skill & ItemRoger, hero yg lupa pada jati diri. Dia bingung sebenernya MM atau fighter :( Tapi dia emang kombinasi 2 itu, dia bisa jadi manusia untuk serang jarak jauh pake senjata api, bisa berubah jadi serigala untuk bertarung jarak dekat. Tapi kebanyakan Roger dijadiin Fighter soalnya lebih GG, jadi kalo main Draft Pick trus di atas udah ada Roger jangan jadiin dia MM utama, pilih aja MM lain lagi. Kalo mode human, Roger larinya lebih cepat untuk tangkap musuh (bisa juga buat kabur). Lewat skill Human Roger, musuh bisa slow ampe 20% loh. Kalo di mode Werewolf, Roger dapat penambahan attack speed, movement speed, def, ama bonus damage yang efektif banget buat ngejar musuh dengan HP rendah. Kalo ada di depan dia musuh dengan HP rendah, dia dapet lagi bonus damage trus movement speed yang lebih tinggi lagi. Untuk item pertama biasa orang" pake Berserer Fury nih, untuk nambah critical chance + critical damage. Trus Haas's Claws untuk lifesteal, Scarlet Phantom, Demon Hunter Sword yg kebalikan dari stats mode Werewolf Roger, dimana kalo pake item ini musuh dengan HP lebih tinggi damage yg dihasilkan jadi semakin gede juga. Jadi kalo di mode Werewolf kal dah pake item ini, mau musuh HP rendah / tinggi semua damage yg masuk bakal sakit. Dan terakhir paling pake Blade of Despair aja untuk nambah attack, critical chance, ama attack speed.

Karrie

History: Alaghat, sebuah kota sekaligus kerajaan misterius berteknologi tinggi. Disana hidup bangsa humanoid bernama Yasson, berbentuk manusia tapi punya kaki yg cacat (kayak kancil). Mereka tangkas, pinter bertarung, salah satunya Karrie. Walau masih kecil, Karrie cukup berbakat & terlatih untuk jadi pemimpin pejuang yg baik, tapi sombong. Dalam waktu yg sama, dia akhirnya terjatuh dalam kesombongannya itu dan pikirannya lambat laun menghilang, dia berubah jadi mesin. Akhirnya dalam suatu pertempuran, dia terluka serius & kehilangan kesadaran. Tapi untungnya ada Prophet yg nolong dia, yg suntikkan kesadaran ke dalam otaknya. Sejak saat itu kesadarannya perlahan-lahan pulih, dan dia dikasih peringatan ama Prophet itu bahwa bangsa Yasson akan musnah kecuali kalau Karrie yg bisa mengubah semua takdir itu. Awalnya Karrie gak percaya, tapi akhirnya dia pergi jauh dari Alaghat dan ke Land of Dawn untuk menemukan takdirnya demi selamatkan bangsa Yasson.
Skill & ItemSejauh ini Karrie hero yg punya attack paling cepat dari semua hero di ML, soalnya dalam mode ulti sekali attack dia keluarin 2 hit sekaligus. Karrie ini hero anti tank, pokoknya tank gampang banget deh di kill ama ni hero. Dia punya skill pasif Lightwheel Mark, kalo berhasil hit target yg sama sebanyak 5 kali bakal ada efek meledak trus ngasih efek true damage 7% - 13% dari HP maksimum, that's why hero tank gak ada apa"nya di mata dia. Skill 1 dia namanya Spinning Lightwheel, ngelempar kayak sejenis cakram gitu ke arah depan trus ngasih efek damage + slow. Ini skill yg enak nih buat farming. Trus skill ke 2 namanya Phantomstep, Karrie bisa lompat ke arah tertentu lewat skill ini trus ngelempar kayak shuriken gitu ke musuh terdekat dari dia (kasih damage + efek slow). Kalo pas lagi dalam kondisi ultimate trus pake skill 2, shuriken yg dilempar jadi 2. Ultimate dia namanya Speedy Lightwheel, selama 6 detik dia bisa attack 2x lewat bassic attack. Jadi skill pasif dia work banget kalo udah pake ulti gini, true damage yg dihasilkan jadi lebih sering. Untuk item recommend pertama pake Demon Hunter Sword, lewat ini tiap hit Karrie dapet bonus damage 10% dari current HP musuh. Trus untuk lifesteal pake Endless Battle aja soalnya ni item bisa ngasih true damage lebih banyak lagi, trus next pake Windtalker, Berserker’s Fury untuk ambil critical-nya, trakhir Blade of Despair deh untuk boost attack, att. spped, ama critical.

Irithel

History: Waktu kecil, Irithel ditinggalkan orang tua-nya gara" Irithel suka melet" kayak anjing di snapchat. Akhirnya di bawah bimbingan & perlindungan God of Jungle, Irithel di adopsi ama Smilodon Betina (Smilodon itu kucing besar bergigi pedang yg hidup di daerah Amerika Utara & Selatan). Smilodon Betina ini punya anak, Smilodon kecil yg namanya Leo. Waktu terus berjalan, Irithel ama Leo diajarin Smilodon Betina itu untuk berburu, bertahan, dan tumbuh kayak binatang. Sampai suatu hari terjadilah pertempuran yg melibatkan manusia di hutan itu, dan Smilodon Betina (ibu angkat Irithel) terluka parah. Irithel ama Leo gak bisa berbuat apa" kecuali pergi ke kota minta bantuan. Pas lagi dalam perjalanan, mereka berdua ini ditangkap ama budak" karna dituduh sebagai anak Smilodon. Nana, penyihir kucing yg ngeliat kejadian itu gak tinggal diam. Nana nyelametin Irithel & Leo dari budak" itu, dan akhirnya mereka bertiga kabur. Tapi semua sudah terlambat, pertempuran di hutan itu ngebuat semua Smilodon mati termasuk ibu angkat Irithel itu. Dengan bantuan Nana, Irithel dibantu cara bicara pake bahasa manusia & keterampilan untuk perang, sementara itu Leo tumbuh menjadi Smilodon dewasa yg kuat. Tapi Irithel tetap benci manusia, dan dia percaya satu" teman terbaiknya cuma Leo, yg udah dia anggap saudara juga. Dan akhirnya juga, Irithel punya temen untuk melet" kayak anjing di Snapchat, yaitu Leo.
Skill & Item: Ini hero overpower (OP), kandidat lainnya hero dengan mudah untuk Savage. Dia juga saingan Karrie nih, attack speed-nya luar biasa apalagi kalo udah pake battle spell Inspire jadi gampang banget kill-nya. Skill pasif dia ini namanya Jungle Heart, dia bisa attack selagi gerak. Tiap bassic attack nambah 3 heavy arrow, tiap panah ngasih 45% physical damage. Skill 1 namanya Strafe, nembakin kayak arrow shower gitu dari atas yg ngasih 250 physical damage secara area, trus ngurangin 15 physical deff musuh selama 3 detik. Skill 2 Force of The Queen, Leo teriak ngasih 200 physical damage secara area trus ngurangin mov speed 80% selama 2 detik. Ultimate-nya Heavy Bow, itu dia lompat ke depan trus ngasih basic attack 140% physical damage ke musuh yg dekat selama 15 detik. Jadi ultimate dia ini ini ningkatin damage bassic attack (hit), makanya build item cocok boost damage ama critical aja. Untuk item sih sejauh ini kebanyakan orang" pake itu dibikin full damage kayak Windtalker untuk att. speed, mov. speed, ama critical chance. Trus Berserker Fury untuk critical & physical attack, Endless Battle buat ambil unique passive-nya yaitu naikin damage basic attack setelah pake skill, trus terakhir boost damage pake 2 Blade of Despair! Extra damage yg di dapat dari 2 item ini jadi 30%, itu udah OP banget. Atau kalo mau 1 BoD, 1-nya pakein Scarlet of Phantom aja. Trus kalo pengen pake lifesteal Endless Battle ganti aja ama Haas's Claws. Untuk combo, rajin" pake skill 3-2-1 ya trus main pake lock hero.

Lesley

History: Lesley dibesarkan ama Vance Family, keluarga bangsawan yg dulunya dijaga ama bokap Lesley. Pas ada serangan dari rival keluarga ini, bokap Lesley mokat masa :( Lesley dendam, akhirnya gabung tim penyerang dari keluarga bangsawan ini. Dia pake senapan laras panjang punya bokapnya, sambil ngehabisin rival Vance Family itu sesekali air mata dia jatuh. Lesley akhirnya diadopsi Vance Family, sekaligus jadi penjaga dari pewaris tunggal keluarga itu, Harley. Harley emang terkenal bandel, tapi dia bisa dikontrol dengan baik ama Lesley, akhirnya Harley yg bisa nguasain ilmu magic ini nganggep Lesley sebagai kakak sendiri. Mereka akhirnya sempat pisah cukup lama, soalnya Harley berkelana di Lion Academy untuk berlatih sihir. Lambat laun, Lesley denger kabar kalo Harley udah berkelana sampe Land of Dawn yg berbahaya itu, karna banyak bocah" suka ngomong kasar kalo kalah war trus nyalahin tim. Akhirnya mereka berdua ini ketemu di Land of Dawn, tapi Leesley cuma pantau dari jauh. Yang deketi Harley, di sleding. Tiap monster yg kena sihir Harley, pasti ketembak peluru hitam juga. Tersebarlah kabar sepenjuru Land of Dawn, kalo Harley itu diikuti ama sniper bayangan misterius. Ini Harley asli gak seneng, soalnya tiap dia mau kill di sampahin ama Lesley.
Skill & Item: Dia ini marksman assassin yg gak terlalu OP banget tapi bakalan sakit bener di tangan orang yg bener & item yg bener juga. Skill pasifnya Lethal Shot, dia dapet kayak energi tiap hit musuh. Kalo dalam 5 detik dia gak nerima hit, dia dapet attack tambahan + bonus damage + range buat nembak. Skill 1 Master of Camouflage, ngilang gitu trus nambah mov speed, ya agak mirip ama skill pasif Natalia deh. Skill 2 Tactical Granade, nembakin peluru shotgun yg ngelempar musuh trus Lesley langsung kedorong ke belakang juga, skill cocok buat kabur nih. Ultinya Ultimate Snipe, kunci 1 hero trus nembakin 4 peluru dari jarak jauh banget & peluru itu bakal ngejar kemanapun si target pergi. Ulti yg bagus banget buat narget Fanny atau Hayabusa haha.. Untuk item pake Hunter Strike & Berserker’s Fury buat nambah damage, Blade of the 7 Seas untuk damage yg lebih sakit & att.speed, Windtalker untuk att.speed + ekstra magic damage, ama pastinya Blade of Despair untuk tambahan physical attack yg ajib banget.

Hanabi

History: Hanabi dapat ajaran Scarlet Shadow dari Grandmaster paling tinggi di sekte ninja, dari kecil dia udah pamerkan kekuatannya tersebut sampai akhirnya dia bertemu ama ninja muda bernama Hayabusa. Bagaimanapun caranya, setiap bulan purnama Hanabi selalu cari cara untuk mancing Hayabusa untuk ngelawan dia. Biasa lah, kalo jatuh cinta jadi caper. Dan sampai kapanpun dia juga gak pernah bisa ngalahin Hayabusa yg gabungkan spiritualisme ama teknik bayangan. Pada akhirnya mereka tumbuh bersama, Hanabi tau tugas utama Hayabusa yaitu bunuh Shadow Iga yg udah berkhianat ama klan. Dalam perjalanan tumbuh bersama ini muncullah benih-benih cinta dari Hanabi ke Hayabusa. Hanabi selalu envy dan hatinya terpercik cemburu kalo ngeliat Hayabusa maen ama Kagura. Merasa cinta tak disambut ama Hayabusa dan Hanabi denger isu soal Hayabusa bakal jadi Shadow selanjutnya di klan, dia akhirnya pake nama Scarlet trus dari lemari besi Grandmaster dia ambil senjata terlarang di sektenya yaitu Higanbana. Hanabi bertekda untuk bunuh Shadow Iga sebelum ditemukan Hayabusa.
Skill & Item: Skill pasif dia namanya Equinox, di HP 100% efek dari Lifesteal berubah jadi perisai sampai 20% dari maksimal HP. Skill 1 Petal Barrage, keluarkan skill kayak pedang yg ngarah ke musuh trus hasilkan physical damage. Skill 2 Soul Scroll, lemparkan kunai ke musuh yg hasilkan 300 physical damage + kena slow 60%. Ultimate namanya Higanbana, lemparkan bunga Higanbana ke musuh yg hasilkan 400 physycal damage & musuh gak bisa gerak selama 2 detik. Abis itu bunganya bakal nyebar ke musuh terdekat, ngasih efek yg sama. Untuk item pakein aja Scarlet Phantom untuk physical attack + attack speed, Endless Battle, Berserker’s Fury untuk physical attack ama critical, Windtalker untuk att. speed ama mov. speed, ama terakhir paling Malefic Roar untuk physical penatrion.

Claude

History: Nama Claude sudah gak asing di Land of Dawn. Punya skill mencuri yg handal, Claude berpendapat bahwa mencuri itu adalah seni, bukan kriminal. Seni ndasmu. Uniknya nih, sebelum mencuri dia pasti ngasih tau ke pemilik benda itu bahwa dia bakal datang untuk mencuri. Tapi walau udah kasih info gitu, Claude selalu berhasil untuk curi objek yg jadi targetnya. Kabar terakhir, Claude lagi pantau penelitian terbaru Dr. Rooney tentang alat yg bikin penggunanya bisa bebas pindah tempat kemanapun dia mau & bisa ciptakan ilusi. Kapten penjaga, Bruno, sudah siap siaga pasang berbagai alat pantau di setiap sudut kota. Waktu Claude ketangkap, dia dimasukkan ke penjara berteknologi tinggi di kota. Semua orang mikir ini akhir karier Claude, tapi ternyata dia punya rekan dari luar yg nolong dia untuk keluar dari penjara. Gak cuma keluar aja, alat Dr. Rooney juga berhasil dia ambil. Dan waktu dia lagi lari ternyata plot twist, di alat itu Claude nemu kertas dengan tulisan "Semoga kamu menggunakan alat ini dengan baik. Jika kamu memiliki ide untuk penyempurnaan alat ini, beritahu aku! - Rooney"
Skill & Item: Skill pasif Claude namanya Battle Side by Side, Dexter (monyetnya) nyerang bareng Claude yg ngehasilin 20% damage dari damage Claude ke musuh yg udah kena serangan Claude. Skill 1 Art of Thievery, Claude nyuri mov. speed sama att. speed musuh dalam target area, trus ngehasilin physical damage. Claude juga dapet bonus mov. speed ama att. speed selama 6 detik, besarnya tergantung jumlah musuh yg kena skill ini. Skill 2 Battle Mirror Image, munculin duplikat Dexter yg nyerang ke musuh sekitar selama 5 detik, trus Claude bisa pake skill ini lagi untuk tukar tempat ama duplikat itu. Skill 3 Blazing Duet, Claude ama Dexter serang musuh bertubi-tubi yg ngehasilin damage ke musuh sekitar. Ini ultinya mirip ulti pertama Clint dulu nih, sebelum diganti ama yg sekarang. Untuk item pake aja Haas's Claws untuk physical attack + lifesteal, Berserker's Fury untuk physical attack + critical, Scarlet Phantom untuk physical attack + att. speed + critical, Windtalker, ama paling Malefic Roar untuk physical attack + physical penetration.

Kimmy

History: COMING SOON
Skill & Item: COMING SOON

-=Support=-
Support, hero yg tugasnya untuk jadi pendukung anggota tim baik pas lagi farm, defend, atau attack. Hero support biasa hero yg berbasis ama spell / skill" heal, stun, atau disable lainnya. Support biasanya ngasih keuntungan & kesempatan untuk anggota tim supaya bisa manfaatkan situasi sebelum war. Minusnya, sebagian besar support itu punya basic attack yg lemah. Senjata mereka kebanyakan tongkat, sisanya ya paling buku.

Rafaela

History: Rafaela ini Peri yang secara ajaib bisa sembuhkan apapun kecuali luka tak berdarah dari mantan. Tetapi walaupun sembuh, bekasnya akan masih ada. Disaat Rafaela muncul, semua rasa sakit bisa hilang & sembuh, semua kejahatan juga hilang kalau ada Rafaela. Hingga akhirnya dari atas langit dia turun ke Land of Dawn, dengan harapan kekuatan ajaibnya bisa digunakan untuk mendatangkan kedamaian dan juga ikutan jambak"an di mobel lejen bengbeng.
Skill & ItemSupport yg cukup baik untuk bisa ngelindungin tim waktu war atau farming di lane, soalnya doi punya skill untuk Holy Healing untuk heal temen. Selain itu dia juga punya Light of Retribution, cocok juga buat ganggu musuh yg farming di lane. Selain ngasih sedikit damage, bisa ngasih efek slow juga. Ulti-nya yg kece nih, Holy Baptism, ngasih serangan AOE ke depan trus yg paling penting ada efek stunnya. Makanya setelah ada Estes, Rafaela gak bisa tergantikan posisinya soalnya dia punya skill heal, slow, ama stun area. Untuk item pakein aja Enchanted Talisman untuk nambah mana + regen, Dominance Ice untuk ngasih efek slow ke musuh sekitar, ama gedein HP + armor pake Heart of Steel ama Bloodthirsty King, trakhir pake Immortality.


Estes

History: Ada sebuah tempat legenda namanya Emerald Woodland, ini tempat yg rahasia bahkan gak ada di Google Maps. Konon katanya di tempat ini-lah lahirnya para Elf generasi pertama di dunia. Raja Elf terakhir, Estes, luka parah waktu perang & dia koma gak bangun". Imbasnya, Emerald Woodland jadi rentan serangan dari luar (gak ada yg bisa jaga). Akhirnya waktu perang manusia - orc yang besar berlangsung, Emerald Woodland juga jadi ketahuan & ikutan diserang ama dunia luar. Gak tinggal diam, salah satu Elf disana yaitu Miya sang Moonlight Archer jadi pelindung sementara Emerald Woodland. Tapi kekuatan gelap lebih kuat, Emerald Woodland jatuh. Apalagi ditambah lagi ada serangan dari Blood Queen, Alice, banyak Elf muda yg gugur. Sehabis Emerald Woodland udah hancur, Estes bangun dari tidur panjangnya. Bersenjatakan Code of Moonlight di tangannya, disitu dia janji bakal balas dendam atas semua yg udah terjadi.
Skill & ItemEstes punya skill pasif namanya The Code of Moon Elves, dia dapet 1000 poin hasil dari charge yg kalo point itu full next attack dia dapet magic damage tambahan + ada efek pantulan ke musuh di deketnya yg ngasih 225 magic damage. Skill 1 namanya Moonlight Immersion, ngasih heal ke tim 200 point trus ngasih link juga ke tim untuk regen 250 point selama 3 detik. Skill 2 Domain of Moon Goddess untuk ngasih damage + efek slow AOE ke musuh, ultimate Blessing of Moon Goddess yg ngasih heal langsung + link dari skill Moonlight Immersion ke anggota tim selama 8 detik. Selama itu juga dia bisa regen HP sebanyak 1080 point. Untuk item standar aja kayak Enchanted Talisman, Dominance Ice, ama Guardian Relic untuk boos magic damage, sisanya pake Winter Truncheon untuk reduce cooldown, boost magic power ama ngasih bonus armor. Selain sepatu, sisa 1 item paling Immortality aja.

Digger

History: Ada kota yg jauh namanya Antoinerei, tempat pelajar & para ahli filsafat dari seluruh dunia berkumpul. Di sana juga, Digger yg terabaikan tinggal. Digger disana diremehkan, soalnya bentuknya kecil & gak bisa apa". Sampe suatu hari akhirnya Digger ngelakuin penelitian Chronoscience, dimana dia bisa manipulasi waktu & membentuk sebuah alat berbentuk jam yg dinamakan Time Nest. Gara" itu, orang" mulai ngelirik Digger & dipanggil Diggie. Digger percaya, bahwa dalam jam Time Nest itu tersimpan banyak rahasia & banyak yg masih bisa dijelajahi. Dengan Time Nest itu juga, Digger bisa kontrol waktu di masa lalu atau masa depan. Dan walau kecil nih jangan coba" untuk pancing amarahnya kalo gak mau kena "Hoot-hoot Time Bomb" punya dia.
Skill & Item: Skill pasif dari hero ini cukup terbilang unik & belom pernah sama sekali ngeliat di game lain. Namanya Young Again, Digger bakal kembali jadi telur kalo mati & dapet 3 skill baru. Selama dia mati ini gak bisa di hit sama sekali bahkan tower & fountain sekalipun. Dia bakal kembali jadi Digger lagi setelah respawn mati udah selesai, dan respawn ditempat terakhir kali pas jadi telur itu. Skill 1 itu Time Bomb, ngelempar jam alarm ke tengah" yg beberapa detik kemudian meledak ngasih 300 damag + 1,2 detik efek stun. Untuk biki nmeledak skill-nya harus ditekan lagi, kalo gak itu musuh cuma dapet efek slow. Skill 2 ada Reverse Time, ngunci target trus ngasih efek slow. 4 detik kemudian, sejauh apapun pergi musuh jadi kembali ke posisi awal & kena 200 magic damage. Ultimate dia namanya Time Journey, selama 2,5 detik ngasih immune dari serangan apapun, ngelindungin secara area untuk dirinya & tim. Untuk item yg umum pake aja Cursed Helmet (walau Digger mati, efek pasif item ini masih work), Ice Queen Wand untuk bikin musuh slow (bahkan saat DIgger udah mati juga), Holy Aegis untuk cooldown reduction, Courage Bulwark untuk nambah 10% att. power & deff ke tim (iteem support terbaik), ama Disaster Truncheon untuk dukung mage di tim (nurunin magic resist musuh).

Angela

History: Dokter Gogh penemu laboratorium 1718, institusi yg dibuat demi perdamaian dunia. Tapi dia pergi dari situ karena ilmuwan lain fokus ke eksperimen manusia bersenjata. Dokter Gogh ciptakan lain daripada yang lain, yaitu ciptakan manusia boneka dengan mechanical skeleton, jaring boneka, dan kulit sintetis. Dia yakin bahwa cinta & harapan adalah penemuan terbaik manusia untuk mencapai kedamaian, makanya dia ciptakan penemuannya itu dengan hati yg baik & penuh cinta. Suatu hari, ciptaannya itu Peace Android Prototype 1 bangun kemudian diberi nama Angela. Di bawah pengawasan Dokter Gogh, Angela banyak belajar tentang dunia. Sayangnya, para ilmuwan gila dari laboratorium 1718 denger rumor ciptaan Dokter Gogh ini. Mereka nganggep Dokter Gogh berkhianat. Dokter Gogh & Angela lari, tapi masih bisa terkejar ama ciptaan Dokter Gogh sendiri yaitu Alpha & Beta. Angela diletakkan dalam kapsul terbang & instruksikan Angela untuk bertemu ama teman baiknya, Rooney.
Skill & Item: Angela punya kekuatan utama dalam regen. Skill pasif dia namanya Smart Heart, tiap keluarkan skill dia dapat tambahan mov. speed selama 4 detik. Skill 1 Love Waves, keluarkan sejenis energi ke lokasi yg ditentukan trus ngasih 200 magic damage & ada Lover's Mark ke musuh yg kena. Tiap musuh kena 1 Lover's Mark, musuh yg kena hit dapet tambahan 10% damage dari hit temen setim Angela & reduce mov speed juga. Skill 2 Pupper-on-a-String, keluarkan benang & iket ke musuh yg efeknya ngasih 300 magic damage trus kalau benang masih terhubung selama 3 detik, musuh jadi gak bisa gerak selama 2 detik & dapet 450 magic damage. Yang cukup unik sih ultinya nih yaitu Heartguard, dia masuk ke tubuh temennya trus jadi kayak perisai. Perisai itu serap sampai 1200 damage. Untuk item kebanyakan orang sih pake Enchanted Talisman (Magic), Glowing Wand (Magic), Lightning Truncheon (Magic), Dominance Ice (Defense), ama Ice Queen Wand (Magic).

Kaja

History: Ada tempat yg bernama The Celestial Palace, dijaga ama para Nazar Guardians. Kalo ada iblis jahat yg mau deketin kota suci ini, mereka gak akan bisa sampai masuk soalnya udah kena cambuk listrik mematikkan dari para Nazar Guardians, ksatria dewa. Pemimpin ksatria ini namanya Kaja, punya kekuatan cambuk petir paling cetar & ngasih kerusakan yg besar ke musuh. Setelah berabad-abad para dewa selesaikan pembangunan kota kemudian pergi, kota perlahan-lahan jadi reruntuhan karena banyak peperangan. Disaat yg bersamaan juga, Uranus bangkit. Ngeliat hal ini pemimpin Celestial Palace perintahkan pasukan Nazar Guardians termasuk Kaja untuk hancurkan semua iblis & kembali untuk bangun Celestial Palace.
Skill & Item: Skill pasif Kaja namanya Eye of the Storm, Kaja dapet 40% mov. speed tiap diserang ama musuh. Skill 1 Ring of Order, Kaja keluarkan semacam ring listrik gitu secara area, hasilkan magic damage + efek movement slow ke musuh yg kena. Skill 2 Gale Force, Kaja nabrak ke arah yg ditentukan & ngasih efek magic damage ke semua musuh yg kena tubrukannya. Skill ulti namanya Divine Judgement, Kaja ngiket hero musuh (trus bisa ditarik)yg ngehasilin magic damage & bikin gak bisa apa-apa selama 2 detik. Untuk item pake aja Cursed Helmet untuk HP + magic ressist, Demon's Advent, Dominance Ice untuk mana + armor + critical reduction, Sky Guardian Helmet untuk HP + HP regen, ama terakhir paling Immortality.

Chang'e


History: Chang'e ini murid paling muda The Great Dragon, sekaligus adik angkat Zilong. Dia cepet belajar sihir yg baru dikenalkan, bahkan di usianya yg masih muda dia sudah bisa pelajari teknik rahasia The Great Dragon yaitu Sacred Satellite. Tapi, kecintaan Chang'e sama alam kadang bikin The Great Dragon pusing. Akhirnya, The Great Dragon putuskan untuk gak ngajarin Chang'e apa-apa lagi dan serahkan dia ke anak angkatnya, Zilong. Zilong ngerawat Chang'e dengan baik, selalu setia nemenin Chang'e belajar dalam hal apapun. Sampai akhirnya Second War of Planes pecah, Zilong diperintahkan tuannya untuk nemenin Wise Rulers of the Land. Zilong merasa kehilangan jauh dari Chang'e, gitu juga ama Chang'e yg kangen berat ama Zilong, gak ada temen mabar lagi. Waktu Chang'e tau kalo Zilong ada di Land of Dawn, Chang'e diam-diam ngambil senjata rahasia The Great Dragon dan langsung cabut gitu aja untuk susul Zilong di Land of Dawn.
Skill & Item: Skill pasif dia namanya Lucky Bunny, dapat stack Moon Rabbit's Blessing tiap hit musuh. Tiap stack Blessing itu, ngasih 50 tambahan magic attack untuk Chang'e. Skill 1 Let the Moonlight Shine! yg dimana dia manggil kayak hologram gitu ke lokasi yg ditentukan, yg efeknya terus-terusan ngurangin mov. speed musuh yg ada di dalemnya. Setelah beberapa detik, Chang'e narik musuhnya ke tengah yg kena skill ini ke tengah area skillnya, yg ngasih efek magic damage. Skill 2 BIU! BIU! BIU!, dia nembakin 5 bola energi ke depan yg masing-masing ngehasilin magic damage. Kalo 1 musuh kena 3 bola, bakal kena stun selama 1 detik. Ulti dia namanya Bunny Bomb, Chang'e ngeluarin roket kelinci ke depan yg ngehasilin magic damage ke musuh pertama yg kena. Abis itu, roket pecah jadi 6 yg kembali ngejar targetnya & masing-masing ngehasilin magic damage. Untuk item recommended pake Enchanted Talisman untuk magic power + HP, Glowing Wand untuk magic power + HP, Holy Crystal Concentrated Energy untuk magic power + HP + spell vamp, terakhir Blood Wings untuk gedein magic power lagi ama HP.

===================================================

Okehh itulah dia kumpulan tokoh" dari Mobile Legend beserta skill & item-nya. Dan ada beberapa point disini yang harus kalian ingat ya:

1. History & Skill gue lansir & translate dari Official Web Mobile Legends, dan semua becandaan just kidding just for fun ya.
2. Item sendiri gue ambil dari website official juga, ngeliat item" pemain top dunia yg dipampang disana & ada beberapa juga item rekomendasi dari gue sendiri / ngeliat pemain" GG pas ketemu di game. Dan gue jarang kasih sepatu recommended, soalnya biasa kebanyakan player sih sepatu itu sesuka hati aja yg penting ngerti sepatu A buat apa, B buat apa dst wkwkwk. Dan kalo ada yg mau suggest item lain juga welcome banget, nanti gue tambahin di atas (jangan lupa kasih alasan juga ya). Dan soal item ini kalian juga bisa pake item lain kok, coba", dalam dunia game gini gak ada salahnya nyobain sesuatu yg baru & lain daripada yg lain.
3. Item rekomendasi di atas itu sendiri gak 100% work banget, terkadang ada beberapa item situasional yang emang mesti dipake contohnya pake Deadly Blade kalo di musuh ada Estes (DB item untuk nurunin regen HP). Selain itu juga banyak item situasional kok, tergantung musuh"nya apa aja. Tapi kalo gak mau ribet, ya pake aja yang udah di rekomendasiin kayak di atas sebagai acuan aja.
4. Kalo item udah bener, hero berpotensi bencana untuk musuh (misal Miya), tapi susah ngekill malah jadi ATM, kenapa? PLAYSTYLE. Kalo di DOTA 2 atau di MOBA lainnya nih, mau hero secupu apapun kalo playstyle-nya emang bagus, mau pake item apa aja udah pasti bakal jadi bencana buat musuh. Makanya, kalian harus bener" nguasain 1 hero yg jadi soulmate banget, udah hafal mati deh situasi A harus ambil langkah apa, situasi B langkah apa. Kalo udah kuasain 1 hero itu, baru deh cobain hero lainnya & bener" kuasain lagi supaya di kondisi apapun, musuh pake hero apa kalian bisa counter ama hero yg emang untuk nge-counter (kuasain minimal 5 hero dari berbagai role!).
5. Seiring berjalannya waktu dari pihak developer gak jarang update beberapa skill hero atau item", jadi berhubung gue gak mantengin 24 jam berita tentang Mobile Legend, kalo ada skill / item yg keterangannya beda ama yg tertulis di atas (ada perubahan di update) silahkan tulis di comment atau kirim email ya! Kritik & saran juga diterima. Gue kadang jadi puyeng sendiri ama ini game, keseringan di improve dari skill hero ampe item wkwkwkwk

Yang mau mabar ini add aja ya 'Moonfang', gak jago" banget nih cuma doyan main aja wkwk.. Thank you dah mampir, see you! (bakal terus update, sepanjang ada hero" & update-an baru). Cuma sayangnya sekarang udah amat sangat jarang main nih karena berbagai kesibukan, dan lagi seneng main Lineage 2 :(

Related Posts

Related Posts

24 comments

  1. Rov, kontak gw ilang, abis jual akun ML (akun Gmail gw kasih soalny), kontak/chat WA gw dong, mau skalian minta no yg lain...

    ReplyDelete
  2. Woi ceritanya yg bener dong masa bahasanya bahasa gaul

    ReplyDelete
  3. Mantap om. Nice artikel.. untuk panduan penjelasan tentang item-item di game Mobile Legends kalian bisa mengunjungi blog saya http://itsuga15.blogspot.com

    ReplyDelete
  4. ijin save buat panduan ya bang

    ReplyDelete
  5. om mau nanya kalo item buat jungle gitu yang naikin exp 30% itu berfungsi juga ga buat creep di lane? atau cuma buat monster dihutan trims

    ReplyDelete
  6. Kocak wkwk, tapi masih sejalan ama cerita aslinya, nice

    ReplyDelete
  7. Tolong bahasanya lebih di sopankan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. penulisnya emang gitu,itu yang bikin ga bosen baca..mau yg sopan pantengin mario teguh aja

      Delete
    2. lu pikir ini revisian skripsi?

      Delete
  8. nice work. ngakak, tapi tetap di lajurnya

    ReplyDelete
  9. Goood bangsat love 10 gw kash deh

    ReplyDelete
  10. Mantap tulisannya bang . Keep update .
    Btw add gue di ml yah "StoneBiscuit721"

    ReplyDelete
  11. Sumpah lucu 😂

    ReplyDelete
  12. Buat yang mau baca tanpa jokes, mending baca di wiki sana wkwk

    ReplyDelete
  13. Ngakak sumpah, si hayabusa katanya gak bisa lepas dari bayang2 mantan wkwk

    ReplyDelete
  14. Ceritanya clylcops ama raflea pas akhir cerita ehh main mlbb :v

    ReplyDelete
  15. min tambahin lagi ya, udh banyak hero2 baru sama banyak hero2 yg di revamp, aku tau kok kamu sibuk, tapi masalah "informasi" itu sangat fatal, thx!

    ReplyDelete
  16. mobile legend keluaran dari negara mana ya

    ReplyDelete
  17. wkwkwk lucu bang apalagi lolita dibeliin kuota 4G

    ReplyDelete