--> Gejala dan Pencegahan Virus Corona (Covid-19) - Rovylicious
w9vb7L0M7j9qO5VekXjh9f4upwh86ATk0lG5dKZM

Gejala dan Pencegahan Virus Corona (Covid-19)

*copas = cantumkan sumber .
if u don't want someone to copy your content ,
so don't copy others and make it yours .
show your respect*
Virus Corona
Foto: cnn.com
Novel coronavirus (Covid-19) atau Virus Corona ini jenis baru dari coronavirus, belum pernah teridentifikasi. Bukan cuma nyerang manusia, virus ini juga bisa nyerang hewan lho. Untuk di manusia sendiri, virus ini bikin flu dan yg paling parah sebabkan MERS sama SARS.

Dan kemarin Senin, 2 Maret 2020, 'akhirnya' Indonesia jebol sama Virus Corona nih. Tepatnya ada dua orang, ibu (64) sama anak (31) yg tinggal di Depok. Sekarang mereka berdua dikarantina di Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Sulianti Saroso, Jakarta Utara. Kronologinya, virus ini awalnya dibawa orang Jepang yg ternyata emang dah positif kena.

Dia masuk Indonesia lewat Malaysia, trus dia konsumsi obat penurun demam sampe akhirnya di Bandara Soekarno-Hatta gak terdeteksi thermo scanner gara-gara minum obat ini. Nah, dia ini ketemuan deh sama dua orang ibu sama anak yg sekarang positif ini, karena emang kerabat gitu deh. Jadi begitu kronologis tertularnya.

Data dari worldometers, sampai 3 Maret 2020 jam 15:30 WIB ini sudah ada sekitar 90 ribu++ kasus orang positif Virus Corona di dunia. Paling banyak di Tiongkok trus Korea Selatan, Italia, Iran, dst. Dari jumlah 90 ribu++ kasus ini, ada 3 ribu++ yg meninggal.

Sedangkan yg sembuh ada 48 ribu++ dan terus bertambah, yg masih dalam perawatan sekitar 39 ribu++. Ya, kabar baiknya seenggaknya jumlah yg sembuh lebih besar ya daripada yg meninggal. Biar kamu juga bisa terjaga dari serangan Virus Corona ini, kamu juga harus banyak tau tentang virus ini mulai dari gejala sampai pencegahannya nih guys.

Gejala Virus Corona

Virus Corona
Foto: vox.com
Untuk orang yg positif kena Virus Corona, gejala yg dirasain ini beragam. Gejala yg dirasain sendiri mulai dari ringan sampai berat. Untuk yg ringan ini yg agak bahaya sih, soalnya mikir 'ah flu biasa' gitu. Akhirnya terabaikan, dan berakhir buruk. Gejala-gejala ini harus selalu diwaspadain ya, apalagi untuk kamu yg habis bepergian dari negara yg udah banyak kasus Virus Corona.


Virus Corona
Foto: trtworld.com
          • GEJALA RINGAN

○ Ingusan: Yak, idung meler. Ini biasa nganggepnya cuma pilek biasa aja, tapi alangkah baiknya lebih berhati-hati walau 'cuma' ingusan.
○ Sakit kepala: Akhir-akhir ini jadi lebih sering sakit kepala tanpa sebab? Kalo biasanya sih nganggep ya kecapean, kurang istirahat, dll. Tapi disaat mewabahnya Virus Corona, kalo lagi sakit kepala tanpa sebab mending periksa deh.
○ Batuk: Batuk juga jangan dianggap remeh, jangan nganggep minum obeha kombi dah bisa sembuh. Pokoknya kalau sudah idung meler, sakit kepala, batuk-batuk, mending periksa deh ya daripada kenapa-kenapa.
○ Sakit tenggorokan: Biasanya kalau sudah sakit tenggorokan, imun tubuh langsung turun drastis. Mendadak lemes, badan panas menjurus ke demam, dan bawaannya pengen tidur.
○ Demam: Kalau udah sakit tenggorokan trus demam dan badan bener-bener gak enak, kayaknya dah jadi alasan kuat kenapa kamu harus periksa ke dokter ya.
○ Merasa gak enak badan: Ini bahaya nih, kadang diremehkan soalnya cuma 'ah kecapean nih'. Jadi kalau sudah gak enak badan ditambah ada beberapa kombinasi gejala diatas, kamu udah harus berhati-hati.

Virus Corona
Foto: nytimes.com
          • GEJALA BERAT

○ Demam yg tinggi: Kalau ngerasa cuma 'demam biasa' dan masih gak mau periksa, jangan sampe deh pas lagi ada di fase demam yg tinggi masih gak mau periksa juga ke dokter. Ini gejala berat yg bener-bener beresiko banget misal gak diperiksa.
○ Batuk berlendir: Salah satu tanda gejala berat dari positif Virus Corona ini batuk berlendir. Jadi misal kamu udah batuk-batuk, ditambah lagi batuknya berlendir gitu, harus waspada deh.
○ Sesak napas: Pernah ngerasa sesak napas padahal gak ada riwayat asma, atau biasanya gak pernah sesak napas? Ini bisa jadi tanda dari gejala berat kamu udah terpapar Virus Corona. Bahkan kalau punya riwayat asma, tetep aja wajib make sure ke dokter. Sesak napas ini biasa terjadi pas lagi mau napas sama batuk.
○ Nyeri dada: Mendadak nyeri dada dan sebelumnya gak pernah kayak gini, jadi salah satu alasan kuat juga kenapa kamu harus segera periksa. Apalagi kalau sudah ngerasain beberapa kombinasi di gejala ringan.

Cegah Virus Corona

Virus Corona
Foto: instagram/weimankow
Sebenernya cara pencegahan supaya gak kena virus ini simple lho, gak yg high effort atau keluarkan biaya besar. Jadi ini intinya tergantung dari kemauan individu masing-masing aja untuk mencegah, jadi gak lupa ya mereka dan kita semua wajib tau apa aja pencegahannya.

Jangan malas cuci tangan pakai sabun: Ini terutama sebelum makan, atau sehabis jalan. Mungkin kan di jalan gak sadar ada megang eskalator, lift, kendaraan umum, dan lain-lain. Minimal selalu bawa hand sanitizer ya!
Jangan sentuh muka: Terutama pas tangan masih belum steril. Amat sangat wajib hindari pegang hidung, mulut, mata, dll kalo tangan belum dicuci pake sabun atau pake hand sanitizer.
Jangan terlalu deket sama orang yg sakit: Bukannya mau memutus silaturahmi nih monmaap, tapi ini salah satu langkah untuk memutus rantai penyebaran.
Rajin bersihkan benda yg sering dipakai: Salah satu contohnya itu smartphone kamu atau dompet. Percuma kalau tangan dah dicuci bersih, tapi ternyata benda-benda yg sering dipake masih kotor.
Asupan yg bergizi: Sebisanya jauhin dulu makanan-makanan yg kurang higienis kayak gorengan atau apapun itu yg dijual di pinggir jalan. Untuk jaga imun tubuh terus baik, konsumsi banyak sayur sama buah-buahan ya. Minum susu, vitamin penjaga daya tahan tubuh, dan lain-lain.
Tutup mulut pakai tangan pas batuk atau bersin: Ini biar orang lain juga gak risih, dan siapa tau kamu (amit-amit) positif, dengan cara tutup mulut pas batuk atau bersin ini seenggaknya gak nularin ke orang.
Jangan keluar rumah pas lagi sakit: Terutama kalau kamu ngerasain gejala-gejala ringan atau berat kayak diatas, mending istirahat aja dirumah. Tapi jangan cuma diem, wajib periksakan diri ke dokter.
Pakai masker: Ini terutama untuk kamu yg lagi sakit, wajib. Jadi sebenernya masker gak perlu digunakan untuk kamu yg sehat, karena Virus Corona sendiri nyebarnya lewat cairan bukan lewat udara. Jadi buat yg sehat, gak perlu ya borong-borong masker segala, kasian mereka yg bener-bener ngebutuhin malah kehabisan. Jadi buat yg sehat gak dilarang juga pake masker, tapi ya jangan sampe ngeborong apalagi dijual lagi dengan harga mahal.

Jangan Panik Sampai Borong Masker & Sembako!

Virus Corona
Foto: instagram/al_bert17
Dan agak sedikit mengecewakan sih disaat ada Virus Corona gini malah banyak oknum yg manfaatkan keadaan, salah satunya dengan jual masker dengan harga selangit itu, sampe jutaan! Fix, Indonesia sekarang ini bukan cuma ada wabah Virus Corona, tapi juga virus keserakahan.

Denger ada virus masuk, langsung borong masker sama sembako yg belum tentu ada gunanya banget, paling juga ditimbun. Kasian untuk mereka yg bener-bener butuh, giliran mau beli malah kosong. Sekali ada, harganya dimahalin.

Trus juga agak lucu sama yg panikan ini, langsung pada borong sembako ampe stock mie di minimarket aja banyak kosong dong, kasian anak kost nih woy! :( Panik ini tercipta karena masyarakat kita yg emang udah terpengaruh sama stigma negatif gitu kali ya. Padahal Menkes Terawan aja nanggepin Virus Corona ini dengan santuy dan berusaha nge-calm down masyarakat biar gak terjadi chaos, tapi masyarakat aja dah kayak gini duluan.

Flu burung dulu gak gini-gini amat deh di Indonesia, Flu Babi juga gitu kan. Soalnya dulu emang media juga gak gini banget, dulu juga berita HOAX kayaknya cuma dikit. Sekarang semua lebih diperparah sama dua hal ini, ditambah lagi ada aja oknum yg 'nunggangin' Virus Corona untuk jelek-jelekin pemerintah di social media. Pemerintah dibilang kecolongan, lelet, apalagi Menkes Terawan yg dibully juga karena nganggep Virus Corona ini sepele. Padahal, beliau yg lebih ngerti dibandingkan netizen yg berasa lebih dokter daripada dokter.

Kalo gue pribadi, lebih takut sama sel kanker :( Sel ini ada di tubuh tiap orang, obatnya pun gak ada dan nyebarnya juga cepet di tubuh. Tetep aja kadang makan sama pola hidup yg kurang sehat. Belum lagi yg pada ngerokok, malah lebih berani. Corona bisa dicegah & dihindari, kalo kayak kanker gitu gimana cara hindarinnya? Hidup sehat aja kadang gak menjamin 100% lho. Rokok bisa dihindarin dan di kotaknya ada tulisan 'rokok membunuhmu', tapi masih banyak yg gak mau lepasin, takutnya malah sama Virus Corona yg punya death rate kecil :(

Intinya kita semua butuh dorongan positif biar gak terlalu panik ngehadapin wabah gini. Nah yg susah ini kalo ada yg panik trus takut, emosi yg dirasain ini bisa berpengaruh ke orang lain juga. Panik itu juga bakal nurunin sistem daya tahan tubuh, apalagi kalo sampe stress ini berpengaruh banget sama tingkat imunitas.

Yak, Virus Corona ini kuncinya kekebalan tubuh. Pointnya jaga kesehatan mulai dari segi makanan, istirahat, kebersihan, dan lain-lain. Jadi gak perlu deh sampe borong sembako segala ya, soalnya juga mulai dari sekolah sampe perkantoran gak ada yg diliburkan jadi kalo masih tetep keluar-keluar rumah, ngapain borong gitu segala.

Tingkat Kematian Lebih Tinggi MERS & SARS

Virus Corona
Foto: marketwatch.com
Selain pencegahannya yg simple, ada hal lainnya yg memperkuat keyakinan kamu bahwa gak perlu panik berlebihan sama Virus Corona ini. Dunia juga pernah kena wabah Middle East Respiratory Syndrome (MERS), death rate alias tingkat kematian dari orang yg positif MERS ini 34%. Dunia pernah juga ngehadapin Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS), death rate dari sini 12%.

Dan death rate Virus Corona? Sekitar 2%. Bahkan nih berdasarkan data yg diambil dari Business Insider, Virus Corona ini dianggap lebih ringan daripada H1N1 atau Flu Babi. Virus H1N1 pertama kali mewabah di AS tahun 2009 dengan 1.632.258 kasus dan sekitar 289.500 orang meninggal, death ratenya 17%. Flu Burung H5N1 tahun 2013, death rate 39%. Bahkan untuk Virus Corona, mayoritas yg meninggal itu umur 50 tahun keatas dengan yg udah punya penyakit komplikasi di tubuhnya. Sedangkan untuk anak-anak aja sejauh ini belum ada kasus yg positif kena virus ini.

Tapi emang diakui, penyebaran dari Virus Corona ini bisa dibilang cepet banget. Oleh karena itu, antibodi/imun sejauh ini 'obat' yg paling manjur untuk pencegahan, dimulai dari diri sendiri. Covid-19 tuh nular via droplet, bukan airborne/udara. Nularnya lewat percikan droplet penderita, dan ini bisa dihilangkan dengan jaga kebersihan tangan salah satunya ya cuci tangan. Pastikan tangan kamu selalu steril terutama sebelum pegang-pegang area wajah ya.

Semoga wabah ini bisa teratasi dengan baik, selalu jaga kesehatan diri sendiri guys karena itu pencegahan terbaik sejauh ini. Stay safe!
Related Posts

Related Posts

Post a Comment