--> Sebelum Kasih ke Orang, Ketahui Dulu Makna Dari 15 Jenis Bunga Ini! - Rovylicious
w9vb7L0M7j9qO5VekXjh9f4upwh86ATk0lG5dKZM

Sebelum Kasih ke Orang, Ketahui Dulu Makna Dari 15 Jenis Bunga Ini!

*copas = cantumkan sumber .
if u don't want someone to copy your content ,
so don't copy others and make it yours .
show your respect*
Makna Dari 15 Jenis Bunga
Foto: Unsplash.com
Jenis bunga itu banyak, masing-masing dari bunga juga punya sejarah panjang. Salah satunya bunga mawar nih, yg udah dibudidayakan dari sekitar 5.000 tahun lalu di peradaban Mesir, China, Yunani, sama Romawi.

Selain mawar, di dunia ini juga banyak macam-macam bunga dengan sejarah yg berbeda pula. Tapi bukan mau bahas sejarahnya, di tulisan kali ini gue mau bahas makna dari 15 jenis bunga ini, termasuk bunga mawar juga.

Kayak yg gue bilang di awal, jenis bunga di dunia itu banyak, tapi disini gue ambil 15 jenis aja yg biasanya sering dikasih ke orang lain sebagai hadiah atau apapun itulah. Cekidot~

1. Bunga Mawar


Bunga Mawar
Foto: pinterest/nadyn.biz
Di bridging atas udah beberapa kali sebut mawar, jadi yg nomer satu kita bahas langsung deh ya. Bunga yg namanya sering dijadiin nama samaran korban tindakan kriminal ini biasanya paling lumrah dijadiin hadiah sebagai surprise baik itu ke pacar, gebetan, atau orang tua.

Nah, bunga mawar ini sendiri warnanya juga ada banyak, jadi gue jabarin makna berdasarkan beberapa warna ya. Khusus untuk mawar gue breakdown satu persatu gini, soalnya ini bunga yg paling umum untuk dikasih ke orang.

- Hitam. Salah satu warna yg sering dijadikan hadiah, padahal hitam itu simbol duka & kesedihan. Tapi gak selamanya gitu. Hitam itu bisa juga jadi penutup rasa duka, awal dari hal yg lebih baik. Diibaratkan juga kayak 'terlahir kembali', jadi orang yg lebih baik dan jalanin hidup lebih semangat pasca kesedihan mendalam yg pernah dirasain. Mawar hitam juga melambangkan kesetiaan, soalnya warnanya gak akan berubah walau dicampur warna apapun.

- Merah. Ini warna yg amat sangat banyak biasa dikasih buat hadiah nih, terutama buat orang yg disayang. Mawar merah artinya kasih sayang, keromantisan, keberanian, dan kemauan kuat untuk jaga pasangannya. Jadi kalau mau nembak gebetan nih atau ngasih surprise buat pacar kayak di moment valentine, mawar merah paling cocok deh.

- Pink. Artinya kebahagiaan, keromantisan, penuh kelembutan. Kalau pink tua itu lebih ke ucapan terima kasih mendalam untuk orang yg disayang atau yg pernah punya sumbangsih besar ke hidup kita, sedangkan pink muda lebih ke ungkapan kagum ke seseorang.

- Kuning. Mawar kuning juga sering dijadiin hadiah, tapi ini lebih cocok untuk dikasih ke sahabat. Artinya kegembiraan, ucapan sukacita, kehangatan, kepedulian. Mungkin ini cocok dikasih pas ada temen yg wisuda, atau sukses di project yg dia kerjakan.

- Oranye. Kurang lebih kayak mawar kuning, mawar oranye juga cocok dikasih untuk sahabat tapi kayak lebih deep lagi. Mungkin dikasih ke sahabat yg udah kenal dari kecil, selalu ada di susah atau senang. Artinya mawar oranye sendiri antusiasme, dan ngasih semangat gitu ke orang yg dikasih.

- Peach. Presentasi dari kehangatan, dan melambangkan kesopanan. Warna  peach ini juga bisa diartikan sebagai keseriusan untuk menjalin hubungan ke seseorang, kemurnian, kepolosan.

Ungu. Biasa sih disangkutpautkan sama 'warna janda' nih. Tapi sebenernya bukan kok. Mawar ungu itu punya arti kemewahan, keagungan, dan daya tarik. Ini warna yg cocok kalau mau dikasih ke atasan di kantor, kolega, klien, dll. Selain itu, mawar warna ungu ini juga cocok kalau kamu jadi seorang pemuja rahasia.

2. Bunga Hydrangea


Bunga Hydrangea
Foto: Almanac.com
Ini bunga dengan spesies terbesar di Asia Timur meliputi Jepang, Korea, sama China. Warna bunga ini sendiri ditentukan sama tingkat keasaman tanah, kalau rendah warna Hydrangea jadi biru terang tapi kalau tinggi jadi cenderung pink.

Bunga Hydrangea tuh melimpah mewah, tapi bijinya dikit. Jadi kadang bunga ini diartikan sebagai kesombongan. Tapi Hydrangea juga mengartikan ungkapan rasa syukur dan tulus dari pemberi atas pengertian si penerima bunganya.

Hydrangea ada beberapa warna juga dengan makna yg berbeda-beda pula. Merah muda itu melambangkan cinta & pernikahan, biru artinya permintaan maaf atau ungkapan penyesalan, putih artinya kesombongan diri atau kesucian, ungu melambangkan keinginan untuk memahami seseorang (si penerima) lebih dalam lagi.

3. Bunga Baby's Breath


Bunga Baby's Breath
Foto: heyweddinglady.com
Bunga ini tuh sering banget jadi pendamping bunga lainnya, yg sering gue liat ya di florist gitu. Tapi gak sedikit juga kok Baby's Breath ini jadi bunga utamanya. Mekarnya Baby's Breath ini mayan panjang, dari awal musim panas ke musim gugur awal.

Baby's Breath paling umumnya ada dua warna, putih sama pink. Bentuknya cantik, bahkan walau dalam keadaan sudah kering. Untuk maknanya sendiri, Baby's Breath melambangkan cinta yg sejati dan gak akan pernah berakhir.

4. Bunga Matahari


Foto: Gilmour.com
Siapa nih yg pernah ngasih pasangannya bunga matahari? Bunga Matahari atau Sunflower ini dikasih nama gitu soalnya selalu menghadap ke matahari. Makanya, bunga satu ini diartikan sebagai bunga simbol ketulusan dan kesetiaan.

Jadi kalau ke pasangan atau orang yg disayang dikasih bunga matahari, itu artinya kamu menunjukkan kesetiaan ke dia. Ibaratnya, dia itu mataharinya kamu, pusat hidup kamu. Mayan juga nih bunga matahari kalo dah kering, bisa jadi kuaci rebo.

5. Bunga Anggrek


Foto: pinterest/Magda
Anggrek ini punya makna yang cukup dalam. Gak sembarangan, bunga ini lebih sering (harusnya) untuk orang yg disegani atau dihormati. Ya bisa dibilang, kasih anggrek ini untuk 'orang VIP' gitu lah, apalagi mengingat harganya juga gak murah.

Ini kejadian di tahun 1961, waktu itu Soekarno ngasih anggrek ke Kim Il-sung dari Korut waktu ke Kebun Raya Bogor. Anggrek itu akhirnya dikasih nama sama Soekarno 'Kimilsungia'.

Untuk warna masing-masing Anggrek juga punya makna berbeda. Pink artinya kasih sayang murni, kuning artinya keanggunan, putih artinya kelembutan dan kebaikan, merah artinya semangat, biru artinya kekuatan dan stabilitas.

6. Bunga Ranunculus


Foto: eBay/misszt1983
Sepintas ini mirip mawar, tapi bukan mawar. Ranunculus kelopaknya lebih banyak dan padat, biasanya cocok nih untuk jadi karangan bunga pernikahan. Warnanya juga banyak ada putih, kuning, oranye, dll.

Bentuk bunganya kecil, harganya juga gak terlalu mahal. Untuk maknanya sendiri, Bunga Ranunculus melambangkan pesona. Jadi misal mau ungkapin ke seseorang "Kamu menarik," bisa kasih Bunga Ranunculus ini.

7. Bunga Anyelir


Foto: Yates.com.au
Anyelir atau Carnation, ini disebut sebagai 'Bunga Para Dewa'. Nama Carnation sendiri berasal dari kata 'Corone' (karangan bunga) atau 'Coronation' yg artinya penobatan soalnya dulu sering dipake di upacara pemberian mahkota zaman Yunani Kuno.

Untuk makna dari Anyelir ini sendiri dibedakan berdasarkan warna juga. Putih artinya cinta yg murni dan kesetiaan, pink artinya cinta yg gak pernah mati dari seorang wanita atau cinta abadi dari ibu, merah artinya rasa kagum dan persahabatan, kuning artinya kebencian dan kekecewaan.

8. Bunga Gardenia


Foto: tietheknot.co.za
Ini bentuk bunganya cantik, kelopaknya elegan. Trus wangi juga, aromanya fresh. Gardenia ini juga bunga yg cocok untuk dijadiin dekorasi pernikahan, option lainnya selain bunga mawar dll.

Gardenia sendiri melambangkan kecantikan, cinta yg tulus, sama cinta yg gak pernah padam. Makanya bunga ini cocok untuk jadi hiasan pas di acara pernikahan, lebih cocok daripada dalam bentuk buket gitu.

9. Bunga Chamomile


Foto: 123rf.com
Selain jadi bunga untuk dikasih ke orang lain, Chamomile juga dijadikan teh. Chamomile erat kaitannya sama nuansa yg tenang, makanya teh Chamomile itu cocok untuk nemenin pas lagi santai.

Di abad ke-19, Bunga Chamomile ini sebagai lambang energi dalam satu kesatuan. Selain itu, Chamomile juga melambangkan kelembutan, kebaikan, kebijaksanaan, dan juga kemurnian.

10. Bunga Lily


Foto: Unsplash.com/matty10
Kelopak bunga dari Lily ini cantik, kayak terompet trus ada putik yg tumbuh kayak korek api gitu. Daunnya hijau terang, ditopang sama tangkai ramping yg panjang. Bunga Lily asalnya dari Asia Barat & Mediterania, aromanya juga wangi.

Bunga Lily sendiri ngasih kesan yg halus, indah, elegan, feminim juga. Umumnya bunga ini jadi buket pernikahan, atau bunga hias di dalam ruangan rumah. Untuk maknanya sendiri juga berdasarkan warna.

Ada yg warna merah muda ini artinya kemakmuran & kekayaan, kuning artinya riang gembira, putih artinya suci & murni, oranye artinya kesombongan dan kebencian. Hati-hati nih, jangan salah kasih warna.

11. Bunga Melati

Bunga Melati
Foto: arsianews.com
Melati, kalo sama Suzzanna udah dimakan nih. Tapi tenang, kamu juga bisa kok ngasih melati ke orang yg kamu sayang. Umumnya sih melati ini dipake pas di acara pernikahan, jarang juga sih kalo dikasih dalam bentuk buket gitu.

Melati sendiri punya arti sebagai kesucian, keanggunan, ketulusan, keindahan, dan juga kerendahan hati. Dan melati ini kebanyakan selalu warna putih ya, makanya itu jadi simbol kesucian. Aromanya melati juga khas, wangi plus elegan.

12. Bunga Daisy


Foto: Amazon.com/AmyHomie
Bunga Daisy ini diambil dari bahasa Inggris Kuno, 'Daes Eag', artinya mata sebuah hari. Kalo bunga ini yg warna merah dikasih ke orang terdekat, itu artinya cinta yg diam-diam. Artinya juga kecantikan, ketulusan, kesederhanaan.

Sedangkan kalau warna oranye itu artinya kegembiraan, semangat, kehangatan. Terlepas dari warna, untuk keseluruhan Bbunga Daisy itu melambangkan kesucian dan kemurnian.

13. Bunga Tulip


Foto: indiamart.com
Nah, banyak yg ngira kalau bunga ini tuh berasal dari Belanda. Padahal, faktanya Tulip itu asalnya dari Asia Tenggara lho, ditemukan dari ratusan tahun yg lalu. Trus akhirnya Tulip dikenalkan ke Turki sampai jadi bagian penting untuk budaya lokal disana.

Tulip ini sendiri artinya 'sorban' di bahasa Turki, soalnya bentuknya Tulip yg emang kayak sorban. Tulip banyak warnanya kayak putih, ungu, oranye, sama merah. Masing-masing warna ini punya arti masing-masing juga nih guys.

Putih itu artinya kesucian, penghormatan, kerendahan hati, cocok dipake pas acara pernikahan atau ngasih ke orang untuk tunjukkan rasa simpati. Kalau merah artinya cinta yg dalam, kasih sayang yg sempurna.

Oranye artinya kebahagiaan dan kehangatan, keberuntungan juga. Kuning persahabatan, ungu artinya elegan dan kesempurnaan, trus biru artinya ketenangan dan perdamaian.

14. Bunga Peony


Foto: flower-meanings.com
Mungkin banyak yg gak familiar sama bunga satu ini. Bukan, bukan Leony Trio Kwek Kwek. Yak, Peony ini emang paling umumnya jadi bunga hias sih, tapi gak jarang juga untuk dikasih ke orang terdekat. Bunga ini banyaknya di China, Eropa Selatan sama Amerika Utara.

Bagian akar bunga ini kalo di China sering dipake untuk pengobatan tradisional, katanya sih bisa hilangin rasa sakit sama nurunin panas badan, untuk cegah infeksi juga. Sedangkan bunganya, sering juga dipake untuk hiasan di bidang ornamen.

Kalau dikasih ke orang nih, Peony ini punya simbol yg bagus. Artinya keberuntungan, jadi kalau ngasih ini ke orang kita berharap orang itu bakal dapat keberuntungan. Selain itu, Bunga Peony juga melambangkan kemakmuran dan juga kehormatan.

Bunga Peony sering dikaitkan sama pengundang jodoh, jadi kalau ada temen yg kelamaan jomblo bisa nih dikasih ini. Kalau dipake di ornamen pernikahan, melambangkan keabadian pernikahan.

15. Bunga Gerbera


Foto: gardengatemagazine.com
Sepintas bunga ini tuh mirip sama Bunga Matahari, tapi beda kok, cuma sepintas aja. Nama bunga ini diambil dari Traugott Gerber, dokter Jerman teman dari Carolus Linnaeus. Sedangkan budidayanya dimulai akhir abad ke-19 di Inggris sama Richard Lynch, kurator di Kebun Raya Cambridge, Inggris.

Bunga ini amat sangat jarang dikasih ke orang dalam bentuk buket, paling sering tuh cuma 1 tangkai trus ditaruh di dalam pot bunga yg cantik, taruh di meja kerja atau meja kamar. Jadi ini tuh emang bunga potong, gak umum dijadiin dalam bentuk buket.

Bunga Gerbera ini melambangkan cinta yg udah lama terikat, cocok dikasih untuk pasangan yg mana hubungan kamu sama dia itu sudah lama. Selain itu, Gerbera juga melambangkan kesetiaan dan ngasih tau nih ke pasangan kalau kamu bakal terus ada di sisi dia sampai maut memisahkan.

------------------------------

Itu deh, Makna Dari 15 Jenis Bunga yg biasa dikasih ke orang entah itu dalam bentuk buket atau sebagai penghias meja. Sebenernya masih banyak banget cuy jenis bunganya! Tapi seenggaknya udah punya deh ya 15 refrensi jenis bunga apa yg mau dikasih ke seseorang.

Thanks and see you on another article, bye!

Refrensi:
1. www.goodhousekeeping.com - 50 Beautiful Flower Meanings That Will Surprise You
2. www.theflowerexpert.com - Flower Meanings
3. www.ftd.com - Flower Meanings and Symbolism
Related Posts

Related Posts

Post a Comment