--> Gaji Numpang Lewat? Berlakukan 10 Kebiasaan Ini! - Rovylicious
w9vb7L0M7j9qO5VekXjh9f4upwh86ATk0lG5dKZM

Gaji Numpang Lewat? Berlakukan 10 Kebiasaan Ini!

*copas = cantumkan sumber .
if u don't want someone to copy your content ,
so don't copy others and make it yours .
show your respect*

gaji numpang lewat
Image: prweb.com
Ditunggu-tunggu sebulan, eh habisnya dalam sehari. Ya, gaji. Sedih gak sih, kalau gaji numpang lewat kayak gini? Gaji habis untuk bayar kreditan, lifestyle, dan yang tersisa cuma budget buat survive selama sebulan sampai ketemu gaji berikutnya. Mau sampai kapan kayak gini? Bisa distop dengan cepat kok, kuncinya ada di habit alias kebiasaan kamu dalam mengelola keuangan.

Jadi kunci gaji numpang lewat atau enggak ini ya semua bergantung sama kamu selaku empunya gaji, harus bisa mengontrol penuh semuanya. Seenggaknya, ada sekitar 7 kebiasaan untuk menghindari gaji numpang lewat ini. Wajib dibiasakan nih terutama untuk kamu yang belum kepalang tanggung udah terlilit hutang atau kreditan!

1. Jangan Kebanyakan Jajan

Gaji Numpang Lewat
Image: kayafm.co.za
Biasanya mentang-mentang baru gajian, banyak yang lapar mata nih. Kayak, "Ih pengen boba yang galonan ah" atau gak, "Duh BM nyemil sop konro nih", dan kepengen-kepengen lainnya. Jajan kayak gini biasa sepele, ahelah cuma 30k - 50k doang harganya. Tapi gimana kalo jajannya tiap hari dengan range harga segitu? Ya bochorr juga bang! Tanggal 15 keatas, mau beli Yupi pun sudah tak sanggup.

Biasa jajan ini lebih parah lagi kalau ketemu sama temen-temen nih, ya di kampus atau di lingkungan kerja. Biasa sore dah masuk jam-jam pengen jajan tuh. Kalo ada temen berwacana, "JAJAN YOK!", kasih liat dia foto-foto anak Afrika kelaparan yang jangankan mikir jajan, makan sehari-hari aja gak menentu. Boleh sih jajan, boleh banget! Tapi JANGAN SETIAP HARI, batasin maksimal seminggu berapa. Kalopun tiap hari ya paling yang goceng atau cebanan lah, inipun kalau bisa ya tahan juga aja.

2. Jangan Kalap Belanja Online

Gaji Numpang Lewat
Image: financialhaze.com
Biasa kalo lagi miskin liat-liat online shop sekedar wishlist-wishlist aja udah seneng gitu ya. Kalian gitu gak? Apa cuma gue nih? Fak. Oke (anggep aja) kalian semua pasti gitu juga ya. Bayangin nih udah berapa banyak barang yang udah kamu wishlist, dan pas udah gaji masuk langsung check out semuanya? Gila! Itu bisa habis jutaan, kecuali lu borongnya baso aci ya, baso aci ampe jutaan lu mau ngasih makan 3 panti asuhan?

Ingat sama prinsip beli barang yang kamu butuh, bukan yang kamu mau. Belanja online boleh dong! Ini reward atas jerih payah kamu bekerja selama sebulan. Tapi, sebelum check out semua, kamu kasih budget deh maksimal 500k misalnya. Nah juga dari barang-barang yang kamu wishlist itu, kamu pilah lagi kira-kira mana sih yang beneran bakal dibutuhin? Baru deh check out. Gimana kalo barang-barang itu kamu butuh semua? Ya prioritas aja, yang paling dibutuhin cepat yang mana? Sisanya, beli di gajian depan.

3. Berburu Promo dan Diskon

Image: moneyobserver.com
Mungkin ada diantara kamu yang pengeluaran per harinya lumayan berat di transportasi ojol nih, misalnya ya. Sebisanya, cari-cari deh promo atau apapun itu yang menguntungkan kamu dari segi pembayarannya. Kamu mungkin bisa nanya temen lagi ada promo apa, atau gak bisa juga cari di Google tuh biasanya banyak kok.

Gitu juga sama makanan, kalo emang lagi pengen banget pesen makan di aplikasi ojol, berburu promo dulu aja jangan langsung asal pesen. Kan lumayan tuh misal ada promo free ongkir misalnya. Atau belanja online juga di e-commerce, cari dulu aja diskonan, biasa dapet potongan harga. Percaya deh, dengan berbagai promo dan diskonan itu bener-bener membantu banget.

4. Budayakan Cashless

Gaji Numpang Lewat
Image: medium.com
Ini penting banget, dan amat sangat efektif! Biasa karena di dompet ada cash nih, jadi seenaknya aja gitu ngeluarin beli ini itu, termasuk salah satunya jajanan ya. Tapi kalau di dompet cuma seadanya aja, ngepas atau bahkan gak ada sama sekali, jadi gak bisa deh ngeluarin buat hal-hal yang gak terlalu penting banget.

Tapi tetep ya jaga-jaga, harus punya cash. Gue biasa di dompet ada kantong tersembunyi yang ada kancingnya, nah disitu gue masukin duit 100k, jaga-jaga misal sewaktu-waktu ada hal urgent baru deh itu dikeluarin. Kalo gak begitu penting, itu gak akan gue pake sama sekali duitnya, jadi lebih banyaknya cashless aja. Dengan cashless ini, pengeluaran lumayan sih jadi lebih bisa terkontrol juga.

5. Split Gaji

Gaji Numpang Lewat
Image: analisafundamental.com
Ini tuh jadi intinya bagi gaji kamu trus pisahkan berdasarkan kebutuhan. Misal gaji 5 juta nih, kamu dah wajib pisahkan pengeluaran paling prioritas misalnya bayar-bayar tagihan atau kreditan. Prioritas kedua mungkin bayar kost, prioritas ketiga kira-kira pengeluaran sebulan berapa untuk kebutuhan pokok, dst. Sukur-sukur kalo kamu bisa lagi untuk kasih orang tua ya, jangan lupa juga yang punya tuntutan zakat profesi dll untuk ditunaikan.

Nah setelah dana-dana prioritas dah selesai, split juga deh ke berapa harus nabung, berapa budget untuk hiburan (belanja, ngemall, jajan, dll), dst. Kalo bisa kayak nabung itu taroh di buku rekening bank lain, ATM-nya gak usah dicetak biar gak tuman ngambil-nganbil duit tabungan. Dengan strategi split gaji gini, semua bakal terbudget dan pengeluaran kamu gak akan bablas. Terutama di budget hiburan tuh, sering banget kebablasan kan.

6. Ubah Lifestyle

Gaji Numpang Lewat
Image: freepik.com
Sesuaikan lifestyle sama pendapatan kamu. Jangan besar pasak daripada tiang demi gengsi semata, atau ke tempat-tempat kongkow hits demi Instastory yang a e s t h e t i c. Ibaratnya nih, lebih baik punya dompet seharga 50 ribu tapi isinya ada 500 ribu, daripada harga dompet 500 ribu tapi isinya cuma 50 ribu. Kalau cuma ngikutin lifestyle yang wow apalagi hidup di kota Jakarta, percaya deh itu gak akan ada habisnya.

Beda cerita kalo kamu anak sultan, mau nongkrong tiap hari di tempat hits sampe kamu hafal silsilah keluarga ownernya mah ya silahkan! Tapi kalo cuma karyawan yang tiap bulan bertahan berharap dari gaji, banyak bayar kebutuhan pokok apalagi misal ada kreditan, lifestyle usahakan yang sederhana aja. Cari temen-temen pergaulan juga yang sederhana aja, sepantaran kamu, jangan berburu teman anak-anak Senoparty.

7. Lacak Semua Pengeluaran

Gaji Numpang Lewat
Image: thebalance.com
Jadi habis gajian, semua pengeluaran coba dah dicatet aja sebagai pengingat. Kalau mau enak coba catat di Microsoft Excel. atau terserah deh dimana yang penting enak aja. Banyak juga kok aplikasi smartphone yang fungsinya untuk melacak pengeluaran bulanan kayak gini. Nah dengan pelacakan pengeluaran ini, bisa tumbuh kesadaran di diri kamu deh.

Mungkin selama ini kamu gak sadar, "Duit gue kok tiba-tiba habis dan gak keliatan buat apa aja ya?", kalo dah catat pengeluaran niscaya pertanyaan-pertanyaan ghoib kayak gini pastinya akan terjawab. Biasa keliatan tuh duit tiba-tiba habis ternyata kebanyakan jajan, kebanyakan ngemall, kebanyakan senja kopi senja kopi promag, kebanyakan belanja online terus, dll.

8. Tambah Sumber Penghasilan

Gaji Numpang Lewat
Image: freepik.com
Salah satu cara mengantisipasi gaji yang numpang lewat mulu, susah banget mau nabung, ya tambah sumber penghasilan aja. Terutama kalau kamu punya skill mumpuni ya di era digital ini kayak copywriter, design grafis, dan berbagai skill lainnya, mungkin bisa coba mulai jadi freelancer aja. Tapi jangan sampai freelance ini ganggu pekerjaan utama kamu ya, harus pinter bagi waktu.

Dan kembali lagi nih ke point 6, lifestyle. Jangan penghasilan nambah, eh pengeluaran malah ikutan nambah juga karena merasa, "Ah gue dah punya tambahan ini", jangan deh. Harus inget apa tujuan utama punya sumber penghasilan lain ini, yang jelas bukan untuk malah foya-foya. Option lain nih kalau bisa biaya survive kamu sebulan dari gaji pekerjaan utama, dan dari freelance ini sepenuhnya ditabung aja.

9. Hindari Hutang dan Kartu Kredit

Gaji Numpang Lewat
Image: cnbc.com
Ini bener-bener sebuah warning buat kamu, jangan coba-coba deh main sama kartu kredit kalo gak pinter manage pengeluaran dan pendapatannya. Kalau berantakan, ini beneran kayak lingkaran setan! Bahkan setan aja takut kali pake kartu kredit. Sebisanya juga hindari hutang-hutang yang gak penting, jangan berhutang kalau gak urgent banget.

Kalau sampai berhutang dalam jumlah besar cuma untuk beli sepatu bermerk yang diskonannya cuma hitungan jam, atau berhutang untuk traveling dan memenuhi lifestyle, fix kamu psikopat. Untuk kartu kredit, silahkan punya tapi harus hati-hati makenya ya. Kartu kredit juga ada beberapa fungsinya kok, dia jadi lingkaran setan tergantung pemegangnya aja, dia gak pernah salah.

10.  Minta Dukungan Orang Terdekat

Gaji Numpang Lewat
Image: thrivefamilysupport.org
Terakhir yang gak kalah penting nih. Ini tuh jadi kayak tumbuh perasaan malu gitu misal kita udah mulai keliatan boros. Jadi kalo bisa ya kasih tau ke orang tua, istri/suami, pacar (kalo punya), sahabat, kamu udah mau mulai menerapkan kebiasaan-kebiasaan yang baik biar gaji gak cuma numpang lewat. Mau manage keuangan lebih baik, dan berjanji gak akan boros.

Biasa kalo dah berjanji gini, jadi motivasi tuh kalo dah kumat mau boros, malu diliat mereka kalo sampe ketahuan boros lagi dan manage keuangan gak bener. Ini tips yang sama kayak orang yang mau berenti ngerokok. Kasih tau ke orang terdekat juga kalau mau berenti ngerokok, jadi pas pengen ngerokok dan ada orang terdekat kamu yang tau kamu dah niat berenti, kamu bakal malu dan urungkan niat untuk ngerokok.

==========

Itu dia 10 kebiasaan yang bisa ngebantu keuangan kamu biar gajinya gak cuma numpang lewat. Kunci dari semua tuh sebenernya: NIAT. Percuma kalau dah cape-cape browsing "Tips biar gaji gak numpang lewat" tapi niatnya gak ada sama sekali, cuma pengen doang. Semua kembali ke diri kamu masing-masing, seberapa kuat niatnya mau menerapkan kebiasaan-kebiasaan ini.

Sebenarnya bahkan masih sangat banyak lho kebiasaan baik biar gaji gak numpang lewat, tapi 10 kebiasaan diatas yang sebagian besar gue terapkan juga sekarang-sekarang ini and totally work! Jadi semangat ya buat yang kerja tiap hari digaji sebulan sekali~
Related Posts

Related Posts

Post a Comment