--> Third Wave Bogor, Tempat Ngopi Asik yang Homey & Peaceful - Rovylicious
w9vb7L0M7j9qO5VekXjh9f4upwh86ATk0lG5dKZM

Third Wave Bogor, Tempat Ngopi Asik yang Homey & Peaceful

Third Wave Bogor
Image: personal assets
Beberapa hari lalu nih tepatnya pas weekend, abis jalan-jalan dari Botani Square melipir dikit ke Third Wave Coffee Co yang lokasinya gak begitu jauh dari Botani. Sebenernya tau tempat ini sudah agak lama, cuma baru kemaren nih keturutan buat mampir. Gak tau kenapa pengen aja padahal gak ada firasat apa-apa.

Lokasinya ini gampang dicari kok, pas di depan pintu keluar IPB. Kalau jalan dari jalanan besar itu juga ke dalamnya gak begitu jauh, sekitar 50an meter aja dari jalan utamanya. Kalo jalan kaki juga asik ke tempat ini, soalnya jalan ke dalamnya itu kanan kiri pohon besar nan rindang dengan para penunggu yang ramah.

Third Wave Bogor ini sendiri sudah ada dari tahun 2017an, yang ikut ngeramein dunia perkopian di Indonesia terutama di Kota Bogor. Seperti yang kalian semua tau ya, di tahun-tahun 2017an itu ya tahun dimana coffe shop menjamur di seluruh Indonesia. Dan ya Third Wave Bogor ini salah satunya yang berhasil untuk eksis sampai sekarang, sugoy!

Ambience

Third Wave Bogor
Image: instagram/thirdwavecoffeeco
Gile broh, ambience ni tempat saik parah. Kayak yang gue bilang, homey & peaceful place! Tempatnya ada indoor dan outdoor, dengan red door yang eye catching. Nah kemaren gue di outdoor tuh, soalnya pengen ngerasain ngechill santuy sambil ngeliat pohon rindang plus udara sejuk Bogor.

Seriusan, bahkan kalau lobang idung kamu kecil, bisa bernafas lega disini karena asupan oksigen yang bagus banget di outdoor-nya. Ya wajar, dikelilingin pohon besar. Dan minim kendaraan. Pokoknya kamu gak akan denger suara banyak motor/mobil yang lewat apalagi klakson gitu. Gak-akan-ada. Paling yang banyak lewat truk peti kemas tuh. Haha gak, canda!

Selain pohon rindang dan sejuk ini, tentu aja design tempat secara keseluruhan yang mendukung ya. Tampilannya vintage, rustic, modern, minimalis tapi classy, dan lagi-lagi di halaman outdoor-nya ada taman hijau kecil yang asri welas.

Third Wave Bogor
Image: personal assets
Super duper cozy with many Instagrammable spots, you you pada bisa cekrek-cekrek disini untuk kebutuhan konten sosmed yang a e s t h e t i c. Tapi jangan halangin jalan keluar - masuk, harus pesen menu juga, dan jangan nyaplok makanan pengunjung lain ya karena tidak ada riwayatnya nabi mengajarkan mencuri.

Selain untuk foto-foto cantik, di Third Wave Bogor ini juga cocok deh buat ngerjain tugas bareng temen-temen gitu. Ya selebihnya cocok untuk nongkrong sambil ngobrol bareng geng kamu, dan tentu aja bisa banget untuk kesini bareng pasangan ya, apalagi kalo pas ada live music di tiap Sabtu tuh, makin asik lagi.

Overall the ambience was so nice yah, didukung dengan WiFi dan suasana yang nyaman tuh bikin gak mau pulang. Kemaren gue ampe pengen ngekost aja nih di sampingnya, biar tiap bangun pagi langsung duduk-duduk di outdoor. Hm wait, agak creepy sih tapi ya.

Menu

Third Wave Bogor
Image: personal assets
Awkayy kemaren kesini sama temen-temen, dan ada beberapa menu yang kita pesen mulai dari main course, dessert, dan tentu aja kopinya. Oh iya FYI baru tau kemaren ada main course ya, soalnya di buku menu di Zomato itu cuma light meal & beverages aja. Akhirnya yaudah deh, nongks sekalian makan aja. Oiya lidah tiap orang beda ya, yang gue rasa biasa aja belum tentu di kalian biasa juga.

• Carbonara Katsu with Butter Rice
Third Wave Bogor
Image: personal assets
Ini favorit gue dari keseluruhan nih, butter rice-nya adala koentji! Ada semacam Bon Cabe di atas si Katsu walau gak ngefek apa-apa di rasa, cuma memoles visual aja. Untuk rasa si Carbonara-nya ini bener-bener kaya rasa. Gurih, creamy, dan siramannya di katsu itu juga gak pelit tapi gak ampe banjir juga, itulah kenapa gak sampe eneg.

Potongan Chicken Katsu-nya juga gede, si chicken dibalut dengan sempurna dan rata oleh si tepung sehingga tidak ada bagian yang kedinginan. Dan gue pada dasarnya pecinta butter rice, dan butter rice disini beneran gurihnya seenak itu ampe mau meninggoy! Fix sih, Carbonara Katsu + Butter Rice = Deadly combination.

• Katsu Teriyaki
Third Wave Bogor
Image: personal assets
Kalau yang tadi carbonara, nah kalau yang ini teriyaki. Jadi gak langsung dilumerin, kita yang siram sendiri saus teriyakinya ke katsu. Sebelum lumerin, gue cicip dulu tuh katsu yang masih ori, belum ternodai teriyaki. Dan ternyata beneran enak sih, so tasty. Gue katsu + nasi putih ama krupuk aja kayaknya dah seneng deh.

Pas udah tuangin saus teriyaki ke katsu, rasanya ya jadi makin kaya lagi. Asin, gurih, manis, semua langsung medok kerasa di suapan pertama sampai ke after taste-nya. Dan gue jamin sih ini kayaknya bukan saus teriyaki yang sachet-an ya, beda kualitas. Ini bener-bener fresh sih, cakep.

• Chicken Dinner
Third Wave Bogor
Image: personal assets
Kayaknya si owner Third Wave Bogor ini doyan main PUBG ya, sampe menu aja dikasih nama Chicken Dinner nih haha.. Oke jadi Chicken Dinner ini tuh ya potongan ayam yang dibalut sama tepung, trus ada sensasi gosongnya yang agak pait. Cuma ini reasonable, karena adanya kriminalisasi. Canda sayang, maksudnya karamelisasi.

Persis kayak Pisang Madu Bu Nanik nih, dan ini gak tau kayaknya olesan di tepungnya madu juga deh, soalnya ada rasa manisnya juga. Yang cakep nih, menu ini ada Chinese Chilli Oil-nya dong wicis gue suka banget ini. Kalo makan di Wee Nam Kee, satu tempat chilli oil-nya bisa gue habisin hahaha.. Untuk menu ini tuh di gue, kayak cuma sekali nyoba aja. Kalo next kesini lagi, menu ini kayaknya akan gue skip (kecuali ini menu main course terakhir yang tersisa).

• Gyu Seiko Don
Third Wave Bogor
Image: personal assets
Jadi, Gyu Seiko Don ini jenis donburi juga yang di atasnya ada toping diced beef, telur mata sapi setengah mateng (kuningnya pas ditusuk langsung nyesss ahhh), sama veggie. Untuk si diced beef-nya gue suka, terutama teksturnya yang gak alot. Tapi menurut gue pribadi agak kurang seasoning, rasanya flat.

Jadi si beef berasa tasty-nya kalau di sendok barengan ada nasi, telur sama si veggie. Kalau beef-nya doang, gak ada rasa terutama di bagian dalamnya. Kalau bagian luar ada, tapi dikit banget dan begitu cepat perginya rasa itu. Tapi gue suka sama teksturnya, pertahankan. Untuk telurnya perfect, veggie diolah dengan baik karena masih ada tekstur kriuknya dan berasa.

• Poffertjes
Third Wave Bogor
Image: personal assets
Pernah nyobain Poffertjes gak? Jadi ini kue khas Belanda gitu, kayak panekuk tapi lebih kecil trus adonannya manis dan lembut banget. Di Third Wave Bogor ini sendiri Poffertjes mereka made by order lho, jadi masih anget-anget empuk gitu.

Ada dua pilihan sauce ya, chocolate sama caramel. Kemarin gue kebetulan pesen dua porsi, jadi bisa nyicip dua sauce berbeda ini. Di atas si Poffertjes ada Vanilla Ice Cream, tinggal tuang deh sauce-nya. Sedikit saran, untuk si caramel tuang dikit-dikit aja soalnya kalo kebanyakan manisnya agak nusuk tenggorokan. Trus nikmatin ice cream-nya dulu sebelum cair ya!

• Malabar Blackhoney
Third Wave Bogor
Image: personal assets
Wah ini strong banget! Hahaha.. Tingkat keasaman si Malabar udah diatas medium, punya aroma sama cita rasa yang tajam tapi gak ninggalin pait di after taste. Nyunyur ini setelah sekian lama gak pernah nyicip Malabar lagi, dan ini menurut gue Malabar yang rasanya suangat nampol! Gak direkomendasikan untuk yang lambungnya gak kuat ya, disini gak ada asuransinya.

• Black and White
Third Wave Bogor
Image: personal assets
Ini secangkir Espresso dan Cappucino. Rasa kopinya standar, gak terlalu strong dan pahit juga. Habis minum Black and White ini dijamin kamu akan langsung pandai bermain kata. "Ingatlah, setiap jengkal kebahagiaan dan ragam sorai yang kamu dapatkan hari esok, rayakan dengan kopi". Gitu contohnya, masih kebawa nih di gue. Hahahaha..

Untuk pecinta kopi wajib cobain ini, gue gak bisa bilang ini enak banget atau gak enak, karena kalo dah ngomongin soal kopi dan rasanya tuh bakal banyak muncul komentar yang beda-beda dari para pecinta kopi yang lainnya. Tapi dari gue pribadi, ini worth to try lah.

• Malabar Sunkist
Third Wave Bogor
Image: personal assets
Ini Malabar juga tapi bedanya ada cita rasa sunkist di dalamnya. Nah ini masih 'friendly' nih dari segi rasanya, cenderung ringan jadi recommended buat yang lambungnya gak kuat kopi tapi pengen nyobain kopi. Kemarin pas kesini temen gue ada yang lambungnya gak kuat kopi, direkomendasiin baristanya ini, pesen, dan fine-fine aja sampai sekarang. This one is so damn good.

Service

Third Wave Bogor
Image: instagram/thirdwavecoffeeco
Untuk pelayanan disini bagus, ramah dan gercep. Dan sopan-sopan banget, dari cara ngomong dan gesture-nya. Sepertinya mereka ini keturunan keraton yah. Selain itu juga sabar untuk ditanya-tanya perihal menu, dan menguasai product knowledge dengan baik. So helpful. Semoga untuk service yang oke ini gak cuma sekali ya, di next time gue kesini lagi masih tetep bertahan high quality service-nya.

Price

Third Wave Bogor
Image: personal assets
Untuk harga-harga menu disini ya relatif terjangkau banget lah ya terutama untuk anak-anak mahasiswa. Per orang bawa 100k udah kenyang deh sama main course. Apalagi kalo cuma ngopi dan snack doang, kurang lebih bawa 50k dah aman aja. Paling murah disini tuh es batu, 3k. Asik tuh nongkrong sambil gigitin es batu.

Trus untuk main course itu range harga di sekitar 40k-an sekian deh, minuman sama light mealnya 20k - 40k. Pokoknya affordable sih disini, gak bikin kantong jebol. Kalau lagi ultah atau mau traktir temen, bisa nih disini biar kantong gak jebol-jebol amat hahaha..

______________________________

Third Wave Bogor
Image: personal assets
Lantas, bagaimanakah pengalaman aing secara keseluruhan di Third Wave Bogor? I'll definitely going back here, wicis itutuh artinya gue suka sama tempat ini secara keseluruhan dan bakal kesini lagi kalau main-main ke Bogor! 

Inituya one of the best coffe shop in Bogor, so kamu-kamu sangat diharamkan untuk gak mampir kesini kalau lagi main ke Bogor. Apalagi untuk yang stay di Bogor, cobain deh mampir kesini dan semoga dapat pengalaman yang asik juga kayak gue.

Dan di masa-masa Covid-19 kayak gini, tenang aja karena semua yang disini wajib pakai masker (kecuali kalau mau makan/minum ya), penjagaan protokol kesehatan juga sangat baik. Di area luar disediakan wastafel sama hand sanitizer, jadi gak bisa masuk sebelum cuci tangan dulu. Thanks Third Wave Coffee Co Bogor, keep up the good work!

Klik link ini untuk panduan menuju ke lokasi, GrabFood, GoFood, Shopee, Tokopedia, dll ya: linktr.ee/twcoffee .
Related Posts

Related Posts

Post a Comment