--> Hormon Endorfin, Si Kunci Kebahagiaan yang Dimiliki Semua Orang - Rovylicious
w9vb7L0M7j9qO5VekXjh9f4upwh86ATk0lG5dKZM

Hormon Endorfin, Si Kunci Kebahagiaan yang Dimiliki Semua Orang

Hormon Endorfin
Image: makemomentsmatter.org
Setiap orang itu punya mood yang beragam, contohnya mood sedih atau bahagia. Kalau lagi sedih, seringkali ngelakuin hal negatif yang ngerugiin diri sendiri. Padahal, tiap orang punya hormon endorfin yang bisa bikin bahagia lho. Tapi si hormon ini emang harus dipicu.

Jadi hormon endorfin ini zat kimia yang diproduksi sama tubuh kita. Kayak opioid sama morfin yang bisa memicu perasaan senang, hormon ini bisa kurangin rasa sakit dan memicu perasaan senang atau bahagia. Hormon endorfin juga berfungsi sebagai penenang, ngurangin stress, nambah nafsu makan, ningkatin respon kekebalan tubuh dan bahkan ngelepas hormon seksual.

Hormon ini sendiri diproduksi di kelenjar hipofisis, dan yang perlu diketahui ada efek sampingnya juga ternyata kalau tubuh kita kelebihan atau kekurangan hormon endorfin.

Hormon Endorfin
Image: nytimes.com
Semua yang berlebihan itu gak baik, termasuk hormon endorfin. Kalau kelebihan endorfin, kita malah jadi orang yang selalu merasa terancam. Soalnya, tubuh kita bakal berfikir sesuatu yang buruk dan menyakitkan bakal dateng kalo sampe tubuh dibanjiri sama si hormon endorfin itu.

Sedangkan kalau kekurangan endorfin ini, lumayan berbahaya. Kita bakal lebih sering depresi, stress, dan bisa-bisa sampai gangguan kepribadian lho. Kalau kamu kekurangan hormon endorfin, kamu bakal nemuin beeberapa gejala orang depresi kayak susah tidur sama masalah di pola makan.

Trus, gimana cara memicu tubuh kita mengeluarkan hormon endorfin? Seenggaknya ada 5 cara mudahnya nih, yaitu:

1. Lakukan Apapun yang Kamu Suka

Hormon Endorfin
Image: flodance.com
Kamu suka nyanyi? Dance? Atau makan? Yaudah sering-sering aja lakuin hal-hal itu, intinya yang kamu suka aja apalagi lakukan sama orang-orang terdekat. Kadar endorfin bakal naik kalau kamu sering deket sama orang-orang yang kamu cintain, dan ngelakuin hal yang kamu suka. Makanya kalau ada orang lagi jatuh cinta, kadar endorfin naik drastis! Hahaha..

2. Banyak Ketawa

Hormon Endorfin
Image: slashfilm.com
Ketawa itu bisa picu pelepasan endorfin di wilayah tertentu di otak, alhasil suasana hati jadi lebih positif dan mendapatkan ketenangan. Lebih banyak ketawa, kadar endorfin terus naik dan kamu bisa lebih besar kemungkinan terhindar dari stress atau depresi.

3. Rajin Olahraga

Hormon Endorfin
Image: stack.com
Penting nih. Karena olahraga bisa ningkatin pernapasan sama aliran darah dan oksigen dalam tubuh. Olahraganya apa? Ini sebenernya gak ada rekomendasi khusus olahraga apa untuk ningkatin endorfin, yang penting lakuin aja olahraga yang kamu suka.

4. Konsumi Makanan Tertentu

Hormon Endorfin
Image: worldstrides.com
Salah satunya cokelat. Cokelat sudah terbukti bikin perasaan lebih tenang, karena cokelat memang makanan yang memicu tubuh untuk mengeluarkan hormon endorfin. Selain itu juga cabe nih, bisa memicu juga. Semakin pedas cabenya, semakin banyak juga hormon endorfin yang diproduksi tubuh.

5. Aktivitas Fisik

Hormon Endorfin
Image: goodhousekeeping.com
Aktivitas fisik itu gak harus olahraga kok. Kayak bersih-bersih rumah bahkan berhubungan seks itu udah termasuk aktivitas fisik. Sering kan ngerasa seneng habis bersih-bersih kamar karena kamar jadi bersih dan rapi? Sering juga kan ngerasa bahagia habis berhubungan seks? Ya karena aktivitas-aktivitas fisik kayak gini memang memicu hormon endorfin kok.

______________________________

Jadi buat kamu yang lagi sedih, gpp kok gak dilarang. Apalagi kalau sedihnya ada sebabnya. Yang jangan itu, sedih berkepanjangan sampai ganggu aktivitas harian kamu. Coba deh lakuin hal-hal simple kalo lagi sedih ya kayak makan cokelat atau yg pedes-pedes, olahraga, ngelakuin aktivitas fisik, dll.

Hormon endorfin, si kunci kebahagiaan yang dimiliki semua orang. Ya, itu tandanya setiap orang emang diwajibkan untuk terus bahagia dalam situasi dan kondisi apapun. Picu si hormon endorfin untuk bisa diproduksi tubuh, biar pikiran dan perasaan bisa lebih positif ya!

Hormon Endorfin
Image: countryliving.com
Related Posts

Related Posts

Post a Comment