--> 10 Nama Produk Adobe Beserta Fungsinya - Rovylicious
w9vb7L0M7j9qO5VekXjh9f4upwh86ATk0lG5dKZM

10 Nama Produk Adobe Beserta Fungsinya

Nama Produk Adobe
Image: Youtube/humtog
Adobe merupakan perusahaan aplikasi/software yang bergerak dalam bidang grafis, animasi, video bahkan sampai ke pengembangan web. Adobe didirikan tahun 1982 sama John Warnock dan Charles Geschke, mantan pekerja di Pusat Penelitian Palo Alto (PARC) Xerox.

Perusahaan ini sendiri banyak bikin software terkenal. Salah satunya, Adobe Photoshop. Bisa dibilang ini tuh aplikasi sejuta umat orang-orang yang mau edit foto. Gitu juga sama Premiere dan After Effect, buat yang mau edit-edit video.

Termasuk Photoshop, Premiere dan After Effect, masih ada sekitar puluhan lebih aplikasi/software dari perusahaan ini lho, dan mungkin masih banyak juga yang asing di telinga kamu bahkan gak tau produk tersebut kegunaannya untuk apa. Beberapa diantaranya nih, 10 Nama Produk Adobe Beserta Fungsinya.

1. Adobe Photoshop

Adobe Photoshop
Image: nscad.ca
Kayak yang gue singgung diatas, ini aplikasi sejuta umat dalam urusan editing foto/gambar sekaligus pembuatan efeknya, ibaratnya market leader untuk urusan ini lah. Photoshop ini sering dipake fotografer digital, soalnya pemakaiannya simple.

Walau simple, tapi tools Photoshop ini ajib banget. Mau belajar otodidak juga bisa, cobain aja satu persatu tools-nya secara rutin. Versi ke 8 software ini Photoshop CS (Creative Suite), dan sejauh ini versi paling update-nya yang ke 13 itu Photoshop CS6.

2. Adobe After Effects

Adobe After Effects
Image: blog.coursesity.com
Kalau yang satu ini dipakai untuk kebutuhan video atau perfilman. Rata-rata editor film Hollywood juga pakai software AE ini. Berbagai efek visual khusus bisa dibuat di AE, jadi ngebantu editor untuk bikin efek-efek yang spektakuler.

Kebutuhan Motion Graphic Design juga bisa dibuat disini. Ada sekitar 50 efek standar yang bisa ubah atau animasikan objek. Bikin animasi juga bisa pakai AE, bahkan ada banyak kode script (Expression) untuk pergerakan animasi yang lebih dinamis.

3. Adobe Illustrator

Adobe Illustrator
Image: cheops.cc
Selanjutnya ada Adobe Illustrator (AI), produk Adobe lainnya yang banyak peminatnya. Ini normalnya paling sering dipake untuk ngolah atau ngedit vektor. Walau sama-sama untuk ngedit gambar, tapi AI ini sedikit beda sama Photoshop.

Kalau AI itu ngolah gambar vektor, kalau Photoshop ngolah gambar raster / bitmap. Bedanya kalau pas di-zoom, kalau gak pecah itu berarti vektor, kalau rada pecah berarti raster. Versi terakhir AI ini CS6, generasi keenam belas.

4. Adobe Premiere Pro

Adobe Premiere Pro
Image: toolfarm.com
Adobe Premiere ini fokusnya untuk editing video, didukung dengan banyak plug-in untuk memudahkan pengeditan. Adobe satu ini sebenernya produk yang ada di dalam Adobe Creative Suite, tapi bisa dibeli terpisah.

Dulunya produk Adobe Premiere ini cuma ada di Windows, tapi CS3 udah mendukung untuk di Mac OS X juga. Selain untuk editing video, Adobe Premiere juga kadang dipakai untuk pengembangan aplikasi web lho.

5. Adobe Audition

Adobe Audition
Image: thedigitalbridges.com
Dulu namanya Adobe Audition ini Cool Edit Pro, gunanya untuk editing audio. Penggunaannya juga simple dan gampang dipelajarin, makanya untuk orang-orang yang punya kepentingan untuk editing audio sebagian besar pada milih Adobe Audition ini.

Beberapa kemudahan yang bisa didapatkan lewat Adobe Audition ini kayak record suara, benerin kualitas suara, nambahin efek-efek suara dan collabs beberapa track suara jadi satu.

6. Adobe Lightroom

Adobe Lightroom
Image: blackxperience.com
Kalau orang-orang yang sudah terbiasa utak atik visual berupa foto, pastinya udah gak asing lagi sama Adobe Lightroom ini. Jadi Lightroom ini saudara deket Photoshop. Kalau Photoshop untuk edit sama retouch foto, Lightroom ini lebih dikhususkan untuk retouching foto kayak tone dan warna. Jadi kalau mau lebih mudah retouch tone dan warna, paling enak pakai Lightroom ini.

Fitur-fitur di dalamnya relatif lebih gampang dipakai dibandingkan retouch pake Photoshop. Makanya, karena simplenya ini Lightroom juga available versi mobile di Android & iOS. Banyak banget kayak selebgram dsb gitu pakai Lightroom ini untuk edit foto feed Instagram mereka, dan biasanya pada berkreasi dengan preset. Preset ini sendiri juga banyak yang jual, implementasinya juga mudah.

7. Adobe Fireworks

Adobe Fireworks
Image: sdgwebdesign.com
Ini dari Macromedia juga, dulu namanya Macromedia Fireworks. Produk ini dibuat untuk web designer, jadi bisa dengan cepat bikin prototipe website sama application interface. Adobe Fireworks ini sendiri dikembangkan pakai bagian dari Macromedia xRes, yang didapatkan Adobe tahun 2005.

Yang bikin beda produk ini dibandingkan program design lain kayak photoshop atau illustrator ya karena fitur di dalamnya lebih memudahkan para web designer.

8. Adobe Flash

Adobe Flash
Image: bloopanimation.com
Kalau Adobe Flash itu untuk bikin animasi sama bitmap, untuk bangun web yang interaktif dan dinamis. Tau game-game Facebook kayak Ninja Saga? Atau game-game di browser web? Nah itu bikinnya rata-rata pakai Adobe Flash ini.

Berkas dari produk ini .swf, trus bisa diputar kalau browser penggunanya sudah ada Adobe Flash Player sebagai pemutarnya. Tapi sayang, per 31 Desember 2020 kemarin Adobe resmi matiin Adobe Flash Player. Jadi udah gak ada update-an lagi, dan disarankan untuk uninstall aja.

9. Adobe InDesign

Adobe InDesign
Image: megacursos.com
Untuk pembuatan brosur, poster, koran atau majalah dan buku pakainya produk ini. Adobe InDesign itu software desktop publishing (DTP) yang memang punya tugas pelayoutan, dan sebenernya ini software penyempurna dari Adobe Pagemaker.

Dan tentunya dengan berbagai fitur baru yang mudah digunakan pula. Pekerjaan di bidang layout pokoknya dimudahkan deh sama Adobe InDesign ini.

10. Adobe Dreamweaver

Adobe Dreamweaver
Image: dotugo.com
Kalau untuk edit halaman web, pengguna Adobe biasa pakai Adobe Dreamweaver ini. Fitur-fiturnya menarik, bagus, dan penggunaannya juga gak terlalu sulit. Dulu namanya Adobe Dreamweaver ini Macromedia Dreamweaver, keluaran dari Macromedia. Trus dibeli sama Adobe Systems.

Keluaran terakhir dari Macromedia itu versi 8, trus versi terakhir dari Adobe sekarang versi 12 yang masuk dalam Adobe Creative Cloud juga.

______________________________

Sebenernya masih banyak produk Adobe lainnya sih kayak Adobe Soundbooth, Adobe PageMaker, Adobe Director, bahkan kalo gak salah sampe 50 lebih produk! Nanti kapan-kapan bikin part 2 deh, untuk sementara 10 Nama Produk Adobe diatas ini dulu aja hehe.

Paling sering pakai produk Adobe yang mana nih?
Related Posts

Related Posts

Post a Comment