--> Teknik FORD, Metode Ampuh Kalau Kehabisan Bahan Obrolan - Rovylicious
w9vb7L0M7j9qO5VekXjh9f4upwh86ATk0lG5dKZM

Teknik FORD, Metode Ampuh Kalau Kehabisan Bahan Obrolan

Teknik FORD
Image: cambridge-express.ch
Pernah gak sih, lagi ngobrol sama orang trus jadi kayak awkward gitu karena gak tau mau ngomong apa lagi alias kehabisan bahan obrolan? Ujung-ujungnya jadi utak atik hp biar gak jadi canggung. Biasanya ini tuh sering terjadi sama orang yang baru kita kenal, atau gak sama gebetan nih. Ya mungkin aja gitu kan lagi meet up sama yang baru kenal dari Tinder, bayangin gak enaknya pas baru pertama ketemu udah ada moment awkward hahaha..

Sebenernya untuk ngatasin kehabisan bahan obrolan ini ada tekniknya lho, namanya itu Teknik FORD. Masing-masing hurufnya ada kepanjangannya yaitu Family, Occupation, Recreation sama Dream. Jadi intinya 4 topik pembicaraan obrolan mengenai keluarga, pekerjaan, obrolan ringan dan impian itu diklaim gak akan ada habisnya. Bakal ngalir terus, bakal bercabang terus dan akhirnya jalannya waktu gak akan berasa.

Langsung aja nih kita breakdown dikit bareng-bareng ya si Teknik FORD, Metode Ampuh Kalau Kehabisan Bahan Obrolan.

1. F - Family

Teknik FORD
Image: psiloveyou.xyz
Percayalah, tiap orang tuh paling suka kalau ngomongin dirinya sendiri dan kita sebagai pendengar. Mungkin kamu bisa pancing-pancing dikit ngebahas soal keluarga, kayak cerita lucu apa gitu. Ini bisa jadi kayak pemicu obrolan, dan lawan bicara juga bakal excited nyeritain soal diri dia dan keluarga juga. Paling work itu kalau ada selipin cerita lucu sih, baru deh kamu lempar balik pertanyaan, "Keluarga kamu gitu juga gak sih?".

Nah sisanya paling ya bisa ngobrolin si lawan bicara ini anak ke berapa, enak apa enggak jadi anak tunggal, suka duka punya banyak saudara, dll. Sesekali kamu bisa nimpalin kayak, "Ih sama banget tuh gue juga gitu", dll. Dengan topik pembahasan tetep di jalur keluarga ini, itu obrolan kemungkinan besar bakal lanjut terus dan berkembang. Tapi inget ya gak perlu sampe detail banget, jangan ada yang berhubungan sama hal privasi salah satu contohnya kayak penyebab ortu cerai (Kecuali diceritain duluan).

2. O - Occupation

Teknik FORD
Image:philstar.com
Yang usianya masih produktif tuh waktu sebagian besar banyak habis di tempat kerja, per minggu aja 40 - 60 jam di tempat kerja. Jadi pastinya cerita di tempat kerja tuh banyak banget, gak mungkin gak ada. Mungkin bisa buka obrolan di topik ini nanya "Di kerjaan sebagai apa?", lanjut dengan "Itu jobdesknya apa aja ya?", pas udah dijawab gpp belagak sok tau aja "Woalaaah iya iya I see" hahaha.. Dan biasanya kayak gini pasti ditanya balik kok, dan kamu bisa juga ceritain suasana kerja di kantor gimana, lingkungan dan bosnya gimana, dan lawan bicara pasti bakal kepancing buat ngomong juga tuh.

Ohya O ini emang spesifik untuk bahas pekerjaan, tapi kalau lawan bicara kamu itu masih kuliah bisa juga pakai tips ini. Tanya aja kuliahnya jurusan apa, susah apa enggak di jurusan itu, masuk jurusan itu kemauan sendiri apa ikut temen atau disuruh orangtua, dll. Dan kamu juga bisa bahas dikit pengalaman-pengalaman soal kuliah, paling asik buat cairin suasana tuh perbanyak cerita lucu aja pokoknya deh. Tapi cerita lucunya yang beneran lucu, jangan yang garing nanti malah krik krik krik moment.

3. R - Recreation

Teknik FORD
Image: jakartanotebook.com
Ini untuk spesifiknya kamu bisa bahas soal kayak tempat-tempat destinasi wisata yang keren. Tanya aja "Suka traveling gak sih? Pernah kemana aja", atau gak "Suka mendaki gunung atau chill di area pantai?", dll. Apalagi kalau kamu emang anaknya traveling banget, refrensi destinasi wisata keren cukup banyak, kamu bisa kasih suggestion tempat-tempat yang wajib didatangin. Jangan lupa selipin juga sama cerita-cerita unik selama di perjalanan, biar lawan bicara ini juga excited untuk terus dengerin.

Selain bahas spesifik soal destinasi kayak gitu, Recreation ini juga mencakup obrolan-obrolan ringan. Misalnya nanya kalau weekend atau hari libur biasa kemana, trus hobinya apa. Dari hobi ini aja bisa berkembang jauh banget topik obrolannya, kamu bisa tanya "Mahal gak sih hobi gitu?", "Kenapa kepikiran punya hobi gitu, emang udah suka ya?", dll. Orang ya kalau udah ngomongin soal hobinya, excited banget nih pas cerita karena mereka tuh kayak pengen "Ayo deh lo cobain juga pasti bakal suka". Jadi jangan potong pembicaraannya, tetep jadi pendengar yang baik!

4. D - Dream

Teknik FORD
Image: unsplash.com
Yang terakhir di Teknik FORD itu Dream. Kalau ngomongin soal mimpi atau impian tuh jarang emang orang ungkapin kesana kemari, tapi kalau udah dipancing untuk ngebahas ini percaya deh pasti bakal keluar semua tuh apa aja mimpi dan impiannya ke depan. Salah satu triknya mungkin kamu jangan langsung to the point nanya ke dia, tapi ceritakan dulu dari diri sendiri dengan buka "Btw aku punya deh mimpi, blablabla". Habis itu baru deh lempar "Kalau lo nih, sekitar 5 atau 10 tahun kedepan punya mimpi apa sih? Apa yang dikejar?", dll.

Ngomongin soal mimpi dan impian ini gak jarang bakal jadi obrolan berkesan walau serius, terlebih lagi kalau ternyata mimpi dan impian kamu itu kurang lebih mirip lah sama si lawan bicara ini, siapa tau kedepan bisa kolaborasi. Kalau punya mimpi yang sama dengan gebetan, wah mantep tuh bisa-bisa bakal jodoh haha.. Ya mungkin 5 - 10 tahun kedepan udah pengen punya anak, beli rumah, dll. Gitu juga kalau bahas mimpi dan impian ini sama orang yang satu visi di bidang bisnis, ini chance yang bagus banget buat kolaborasi, jangan dilewatkan.

__________

Teknik FORD
Image: englishradar.com
Yah jadi itu deh Teknik FORD, Metode Ampuh Kalau Kehabisan Bahan Obrolan. IMHO teknik kayak gini sih kayaknya ampuh untuk obrolan yang informal ya, kan aneh aja gitu lagi meeting bahas soal keluarga ampe nanya anak ke berapa dll ke klien? Hahaha.. Jadi ya Teknik FORD ini bisa sesuaikan sikon aja, liat siapa lawan bicaranya. Beda cerita sama temen yang udah lama kenal ya, apalagi yang udah tau bobroknya satu sama lain, kayaknya awkward moment kehabisan bahan obrolan itu mah udah gak ada lagi.

Teknik FORD ini emang bener-bener ampuh untuk yang baru pertama ketemu sama orang (non formal), salah satunya gebetan. Gak cuma untuk obrolan dua arah, pas lagi rame-rame kayaknya juga asyik kok ngebahas masing-masing topik dari FORD ini, jadi bisa sharing satu sama lain apalagi di bagian Dream tuh.

Selamat mencoba!

Related Posts

Related Posts

Post a Comment