--> [Movie Review] Pawn (2020) - Rovylicious
w9vb7L0M7j9qO5VekXjh9f4upwh86ATk0lG5dKZM

[Movie Review] Pawn (2020)

review pawn
Image: viu.com
Gimana ceritanya nih penagih hutang yang dingin, cuek dan gila uang luluh sama anak kecil yang jadi jaminannya? Itu dia inti 'Pawn', film Korea yang rilis di tahun 2020 lalu. Jadi ini ceritanya 2 orang penagih utang yaitu Doo-seok (Sung Dong-il) sama Jong-bae (Kim Hee-won) yang di suatu hari nagih utang ke Myung Ja (Yunjin Kim) tapi lagi gak punya uang. Akhirnya nih anaknya, Seung-yi (Park So-Yi), diculik sama 2 orang itu buat dijadiin jaminan.

Myung Ja dikasih waktu buat lunasin semua utangnya, baru deh anaknya ini dibalikin. Tapi eh tapi, Myung Ja ini malah ketangkep petugas soalnya dia imigran gelap. Dideportasi deh ke China, dia kepisah sama anaknya dan mau gak mau ini Seung-yi jadi 'terjebak' sama 2 orang penagih utang itu. Apa Seung-yi betah? Awalnya ya takut sampai kabur-kaburan, tapi lama kelamaan Seung-yi malah betah sampai-sampai pas dewasa, Doo-seok dipanggil ayah sama dia.

review pawn
Image: hancinema.net
Pas Seung-yi masih kecil Doo-seok sama Jong-bae ini sayang, bahkan dibela-belain sampe Seung-yi pokoknya harus bisa sekolah. Walaupun ya awalnya Jong-bae gak setuju Doo-seok ini bawa anak orang sebagai jaminan, takut ada masalah baru dengan tuduhan penculikan.

Jadi sepanjang cerita pas Seung-yi itu masih kecil penonton dikasih liat nih bagaimana prosesnya yang dari awalnya Seung-yi itu takut, sampai lama kelamaan ngerasa aman dan nyaman sama 2 orang itu. Bahkan pas Seung-yi kena masalah, yang dicari ya 2 orang itu. Bukan Stockholm Syndrome juga sih ya, tapi ini lebih kayak ikatan anak sama bapak. Kebetulan juga 2 orang itu emang beneran baik, bahkan pas sama emaknya aja Seung-yi itu gak bisa disekolahin karena mereka imigran gelap dan gak ada biaya juga.

review pawn
Image: howardforfilm.com
Konfliknya dari film ini tuh pas mau menuju ending, pokoknya pertengahan ke ending itu udah jangan dilewatin karena mulai masuk ke berbagai konflik baru dan benang merah dari semuanya. Jadi pada akhirnya ya Seung-yi dewasa ini udah sampai dikuliahkan, tapi dia terpaksa harus pisah sama Doo-seok karena sebuah insiden. Mereka ini pisah dan gak ketemu lagi sampai 10 tahun. Pas endingnya nih kejawab semua pokoknya, siapin tisu untuk yang suka sulit nahan air mata ya.

Alur film Pawn ini tuh maju mundur, soalnya ceritain Seung-yi pas masih kecil ama pas udah dewasa (Ha Ji-won). Jujur gw di awal ekspek tinggi sama film ini lho, dan ternyata bener-bener sesuai. Alur ceritanya bagus, fresh, komedinya sesuai porsi (gak yang bikin ngakak banget tapi gak juga garing atau ganggu gitu). Premisnya sederhana, dan yang patut diacungin jempol tuh akting pemainnya.

review pawn
Image: koreatimes.co.kr
Yang jadi Seung-yi kecil ini aktingnya bagus banget, calon-calon aktris masa depan Korea! Chemistry dia sama Doo-seok juga beneran kayak anak sama bapak, padahal umur beda jauh. Kalau akting Doo-seok yang diperankan Sung Dong-il gak perlu diragukan lagi, ni orang emang dah legend di industri film Korea. Kim Hee-won sebagai Jong-bae juga kocak, biasanya ni orang kalo gak salah ya sering jadi antagonis tapi disini jadi sosok seorang bapak yang baik dan peka banget.

Pawn ini bukan film yang wow banget, tapi bisa hangatkan perasaan apalagi kalau nonton sama keluarga. Pawn ngajarin kita bahwa keluarga gak selalu sama yang ada ikatan darah, kadang malah didapat dari orang-orang yang gak pernah disangka. Arti keluarga bisa didapatkan dari siapa aja, yang penting harus bisa memaknai tiap orang yang hadir di hidup kita.

Nilai pribadi sih 8,6/10 ya, HIGHLY RECOMMENDED!

Related Posts

Related Posts

Post a Comment