--> Sejarah Lagu Bella Ciao Dari Serial Money Heist! - Rovylicious
w9vb7L0M7j9qO5VekXjh9f4upwh86ATk0lG5dKZM

Sejarah Lagu Bella Ciao Dari Serial Money Heist!

Bella Ciao Money Heist
Image: cinemablind.com
Siapa yang nonton serial Netflix Money Heist nih? Selain topeng Dali yang jadi ciri khas, ada satu hal lagi yang lumayan erat hubungannya sama serial ini. Yup, lagu Bella Ciao. Di Money Heist sendiri lagu ini beberapa kali diputar, dinyanyikan sama geng perampok dan pernah juga sama Berlin & Professor pas mereka lagi makan malem.

Sejarah awal dari lagu Bella Ciao yg artinya "Selamat Tinggal, Cantik" ini dimulai sekitar akhir abad ke-19, tepatnya dari para petani perempuan di Italia Utara. Petani perempuan alias 'Mondinas' ini kerja nanam dan panen padi, kerja keras hampir gak kenal waktu dan istirahat yang kurang. Tapi mereka diupah kecil, gak sebanding sama penderitaannya.

Nah, sebagai bentuk perlawanan, mereka ini bikin lagu judulnya "Alla Mattina Appena Alzata (Di suatu pagi, aku terbangun)", isi liriknya ya keluh kesah atas kerja yang gak sesuai sama upah yg layak itu. Jadi lagu ini cikal bakal lagu Bella Ciao, judul dan isi lirik dari lagu ciptaan dari para Mondinas ini juga beda sama lagu Bella Ciao yang dikenal sekarang ini.

Mondinas Bella Ciao
Image: criterion.com
Bella Ciao tercipta dari para 'Partigiano', kelompok perlawanan Italia yang anti fasisme. Ini semua berawal dari era fasisme Italia tepatnya di saat-saat Perang Dunia II, sekitar 1922 – 1945. Waktu itu Italia dipimpin Benito Mussolini, yang lagi mesra-mesranya sama Adolf Hitler. Pasukan NAZI Jerman menduduki Italia, jadilah rezim fasis dibawah Mussolini dan ini ditentang rakyatnya.

Trus, apa sih fasisme itu? Jadi intinya fasisme tuh paham yang berdasarkan prinsip kepemimpinan dengan otoritas yg mutlak/absolut, jadi pemimpin gak bisa dibantah dengan alasan apapun. Ultranasionalisme pondasi dari fasis ini, yaitu cinta negara yg terlalu ekstrim sampai-sampai rakyat pun gak segan-segan untuk dikorbankan dan gak memperdulikan kepentingan
bangsa lain.

benito mussolini adolf hitler
Image: theguardian.com
Nah, karena diktator Mussolini yg berpaham fasisme inilah tercipta kelompok perlawanan dari rakyat yg bernama Partigiano itu. Mereka memberontak, bikin perlawanan atas pendudukan NAZI Jerman di Italia dan juga menentang kepemimpinan dari Mussolini itu dengan nama 'Italian Resistance'. Mereka rela mengorbankan nyawa sendiri demi terbebasnya Italia dari fasisme, 80.000 nyawa melayang dalam perlawanan ini.

Selama perlawanan inilah bergema di seluruh Italia lagu Bella Ciao yang diciptakan Partigiano, hasil ganti judul dan ganti lirik dari Alla Mattina Appena Alzata-nya Mondinas. Bella Ciao dijadikan lagu perjuangan, membakar semangat, dengan isi lirik pemuda yg ninggalin kekasihnya trus gabung Partigiano lawan fasisme. Dan berpesan kalau mati sebagai Partigiano, kuburkan di gunung di bawah bayangan bunga-bunga yg cantik.

Partigiano bella ciao
Image: beijoeciao.com
Sampai sekarang lagu Bella Ciao sudah tersebar ke seluruh dunia dengan diubah ke sekitar 32 bahasa, tapi dipakai untuk satu tujuan: melawan penindasan dan ketidakadilan. Lagu ini pernah dinyanyikan demonstran Chile dan Kolombia yg melawan neoliberalisme, demonstran anti-Brexit di Inggris, Mouvement des Gilets jaunes di Prancis sampai bergema juga di Palestina atas penindasan Israel.

Related Posts

Related Posts

Post a Comment