--> Call of The Void, Fenomena Aneh Yang Mendorong Celakai Diri - Rovylicious
w9vb7L0M7j9qO5VekXjh9f4upwh86ATk0lG5dKZM

Call of The Void, Fenomena Aneh Yang Mendorong Celakai Diri

call of the void adalah
wbur.org
Coba deh kamu liat gambar di atas. Takut? Wajar, terutama untuk yang fobia sama ketinggian, ngeliat gambar gitu aja bikin merinding karena takut jatuh. Tapi ngeliat gambar itu juga, kamu malah pengen nyoba untuk lompat gak? Nah, perasaan itu namanya Call of The Void. Ya semacam miskomunikasi di otak lah.

Kamu tau resikonya kalau lompat, ya bakal mati. Tapi gak tau kenapa kayak pengen nyoba aja gitu, nyobain gimana rasanya. Contoh lain nih, pernah gak pas lagi asik bawa kendaraan trus dalem otak kayak iseng pengen banting stir mendadak? Kayak penasaran sama sensasinya aja.

Atau pengen banget megang api dengan tangan kosong? Lompat di rel pas kereta mau dateng? Hahaha.. Cuma ya semua itu gak dilakuin, karena tau resikonya. Kedengarannya emang kayak aneh, psikopat, mengada-ngada, tapi ini ya emang salah satu misteri dari sekian banyak fenomena aneh otak kita.

Apa itu Call of The Void?

Call of The Void adalah
thebubble.org.uk
Call of The Void ini disebut juga L'Appel du Vide, yang artinya dorongan untuk menjatuhkan diri ke dalam kehampaan. Simplenya, tanpa disadarin biasa muncul pikiran untuk celakain diri sendiri dan ini di manusia ternyata sebuah hal yang NORMAL dan umum terjadi. Tapi, gak semua orang mau bahas hal ini ke orang lain karena ngerasa gak terlalu penting, dan mikirnya ini cuma terjadi ke diri sendiri.

Studi yang eksplor lebih dalam tentang fenomena Call of The Void ini mulai dilakuin di tahun 2012, dan faktanya fenomena ini tuh gak ada hubungannya sama sekali dengan bunuh diri. Karena sebagian besar orang yang ngerasain justru gak realisasikan keinginan berbahaya itu, ya karena itu tadi, kalau ngelakuin masih bisa berfikir dengan jernih nih resikonya apa.

Walau keliatannya berbahaya, tapi Call of The Void ini ternyata salah satu bentuk kita menghargai hidup lho, walau keliatannya nyeleneh. Ini pernah diungkapkan sama Assistant Clinical Professor at Department Psychology of Florida State University, Jennifer Hames, yang bilang Call of The Void itu suatu pemikiran yang aneh untuk menghargai kehidupan.

"Orang yang mengalami pemikiran seperti itu, belum tentu ingin mengakhiri hidupnya. Sebaliknya, pemikiran tersebut mencerminkan bahwa adanya keinginan untuk hidup," kata Jennifer.

Dia juga pernah wawancara 431 mahasiswa di Florida State University, dan menarik satu kesimpulan:

"Call of The Void bukan pikiran bunuh diri, melainkan sinyal dari otak untuk memberitahukan seseorang sedang dalam kondisi berbahaya"

Perlu Khawatir Sama Call of The Void Gak Sih?

Call of The Void adalah
aboutmybrain.com
Menurut para ahli gak perlu dikhawatirkan, soalnya Call of The Void tuh cuma datang sepintas aja abis tuh pergi. Gak sampe 2 detik deh. Kenapa gue tau? Soalnya gue juga kadang ngalamin Call of The Void kok! Hahaha..

Paling sering kalau di stasiun, pas kereta mau datang kayak pengen gitu 'iseng' lompat ke rel. Tapi tenang, gak direalisasikan kok, cuma kayak sepintas doang perasaannya. Bahkan badan juga gak bereaksi apapun, masih terkontrol aja.

Tapi ada beberapa kasus katanya nih badan bereaksi, misal Call of The Void muncul dan pengen nyobain lompat dari ketinggian, tiba-tiba kaki 1 langkah ke depan. Laporan kayak gini tapi jarang banget, dan kalau sampai badan ada bereaksi itu sebisanya tetep fokus aja dan pas Call of The Void usahakan langsung menjauh aja. Disarankan para ahli sih begitu.

Apa Sih Pemicu Call of The Void?

Call of The Void adalah
scarymommy.com
Untuk pemicunya sendiri sih, para ahli sepakat kalau fonemena ini disebabkan karena banyak hal. Beberapa diantaranya karena kecemasan dan keingingan / naluri untuk terus hidup.

Untuk kecemasan itu biasa karena adanya kesalahan sinyal / miskom antara otak sama tubuh, orang-orang yang biasa cemas berlebihan pasti kayak gini. Misal, jantung yang detaknya cepet biasa udah parno dan mikir itu sakit jantung, padahal enggak.

Nah untuk keingingan / naluri untuk terus hidup ini beda lagi. Kalau lagi di tempat tinggi atau sungai yang alirannya deras, otak tuh langsung ngasih sinyal "Mundur!" dengan cepat, dan secara naluri kita langsung beneran mundur.

Tapi disaat yang bersamaan kita juga mikir / bayangin akibatnya kalau beneran lompat, ini justru sinyal dari otak malah salah kita artikan. Jadi peringatan keselamatan malah berubah jadi dorongan untuk mencelakai diri sendiri walau ini gak terealisasikan. Ajaib kan? Itulah otak.

Bukan Impulsif, Tapi Intrusif

Call of The Void adalah
instaiq.org
Call of The Void tuh bukan tindakan impulsif. Kalau impulsif itu sudah sampai di titik beneran nyelakain diri sendiri dan orang lain, bahkan sampai membunuh. Sedangkan Call of The Void itu intrusif.

Intrusif itu memang jenis pikiran yang muncul tiba-tiba di hidup, tapi datang cuma pas lagi ada dalam situasi yang berbahaya kayak contohnya berdiri dekat jurang atau pas lagi berkendara. Untuk Call of The Void, kita yang pikirannya masih sehat nanggepinnya sebagai sinyal bahaya. Tapi untuk yang pikirannya gak sehat, nanggepinnya sebagai 'dorongan' dan ini sudah menjurus ke impulsif.

Jadi misal kamu tiba-tiba muncul nih Call of The Void-nya, kalau langsung cepat respon dan menghindari bahaya itu, berarti naluri untuk bertahan hidup kamu itu memang masih tinggi kok dan ini bagus.

Perlu Hubungin Dokter Gak?

Call of The Void adalah
goqii.com
Call of The Void memang agak mirip sama tindakan mau bunuh diri, tapi keinginan itu gak terjadi secara terus menerus apalagi dalam waktu yang deketan. Tapi kalau perasaan Call of The Void muncul terus dalam waktu berdekatan, sampai bikin depresi bahkan sempet nyakitin diri sendiri, disarankan konsultasi sama dokter ahli. Trus paling baik juga cerita ke orang lain tentang fenomena yang kamu alami ini, biar lebih lega.

Di gue jujur Call of The Void ini gak selalu muncul, tapi setiap bulan ya ada aja. Tapi gak mengganggu sama sekali, bahkan pas tiba-tiba muncul kayak nyengir sendiri aja. Tapi emang sih, pas sharing ke orang-orang deket dan temen tentang fenomena ini, jadi lebih lega dan bahkan ada beberapa yang juga ngalamin tapi selama ini cuma diem karena mikirnya cuma ngalamin hal kayak gitu sendirian doang haha.. Gue pun juga kaget pas awal tau, ternyata fenomena gitu emang ada dan ada namanya juga.

__________

Yak itulah penjelasan singkat ya tentang fenomena Call of The Void. Kalau kamu punya / pernah ngalamin fenomena satu ini gak usah panik, kalem aja karena bukan suatu hal yang berbahaya banget selama masih bisa kontrol. Kalau pikiran kamu masih sehat, Call of The Void itu bentuk sinyal bahaya, bukan dorongan yang sebenarnya 😂
Related Posts

Related Posts

Post a Comment