--> [Movie Review] Spider-Man: No Way Home (2021) - Rovylicious
w9vb7L0M7j9qO5VekXjh9f4upwh86ATk0lG5dKZM

[Movie Review] Spider-Man: No Way Home (2021)

review Spider-Man: No Way Home
Image: indiatoday.in

--- SPOILER ALERT ---

Spider-Man: No Way Home ini bisa dibilang sebagai salah satu film yang hukumnya WAJIB banget ditonton tahun ini, terutama untuk fans Marvel / MCU ya. Ini salah satu film menakjubkan di akhir tahun, yang bikin penonton sebioskop (termasuk gue juga) tepuk tangan setelah dulu Avengers: Endgame!

Tangan dingin Jon Watts masih dipercayakan untuk mengemas Spider-Man: No Way Home semenarik mungkin, setelah sebelumnya dia juga yang ngebuild Spiderman: Homecoming (2017) sama Spiderman: Far From Home (2019).

Untuk cast yang tetap juga belum ada perubahan, Tom Holland si Peter Parker trus masih ada Zendaya sebagai MJ dan Jacob Batalon sebagai Ned. Dan tentu aja ada Marisa Tomei si Aunt May, dan beberapa pemain baru lainnya terutama di deretan villain ya.

Review ini mengandung spoiler, jadi kalo belum nonton dan gak mau kespoiler jangan lanjut baca ya.

Sinopsis Spider-Man: No Way Home

review Spider-Man: No Way Home
Image: kapanlagi.com
Film ini tuh dibuka dengan lanjutannya Spiderman: Far From Home, dimana identitas Peter Parker ini diketahui publik karena 'vlog' dari si Mysterio sebelum dia mati. Publik marah sama Peter karena kena hasut sama narasi lebay yang dibangun Mysterio.

Kemarahan publik makin tinggi pas berita itu digoreng lagi nih sama Jonah Jameson yg diperankan J.K Simmons, lewat Daily Bugle. Seperti yang udah diketahuin kan, Jameson ini emang karakternya kayak haters Spiderman gitu deh.

Nah, karena identitas Peter Parker yang ketahuan ini lah bikin si Peter pusing 7 keliling. Soalnya imbasnya bukan cuma ke dirinya sendiri, tapi ke temen-temennya juga terutama MJ sama Ned. Salah satunya soal mereka yang gak diterima di universitas impian, karena dianggap dekat dan 'terlibat' dalam segala sepak terjangnya Spidey.
review Spider-Man: No Way Home
Image: it.ign.com
Untuk ngakalin, Peter mau minta pertolongan Dr. Strange (Benedict Cumberbatch) buat bikin semua orang lupa soal identitas Spiderman yang sebenarnya. Dr. Strange sanggupin, tapi pas di tengah-tengah nyebutin mantra ada beberapa kesalahan gitu. Dan BOOM! Multiverse kebuka.

Villain-villain yang 'ingat' sama Peter Parker masuk ke dunia Peter Parker-nya Tom Holland termasuk Doc Ock (Alfred Molina), Green Goblin (Willem Dafoe), sama Sandman (Thomas Haden), villain Peter Parker versi Tobey Maguire. Masih ada 2 villain lainnya yaitu Lizard (Rhys Ifans) sama Electro (Jamie Foxx), villain Peter Parker versi Andrew Garfield.

Review Spider-Man: No Way Home

review Spider-Man: No Way Home
Image: vanityfair.it
Ini dari gue pribadi ya suka banget sama Spider-Man: No Way Home ini, bahkan menurut gue ini adalah film Spiderman terbaik sejauh ini! Gue udah ngikutin Spiderman zamannya Tobey & Andrew kok, dan sebenernya semua keren di jalannya masing-masing sih. Cuma kalau disatuin, gue paling suka sama yang ini.

Salah satu faktor kenapa gue ngerasa ini adalah film terbaik Spiderman so far, karena adanya elemen nostalgia. Yup, Peter Parker versi Tobey Maguire sama Andrew Garfield ada disini! Pas ngeliat mereka mata gue langsung berkaca-kaca dan ikut tepuk tangan sama penonton lainnya, terutama banget ya pas Tobey yang muncul.

Kayak yang kangen banget ngeliat Tobey pake kostum Spiderman, bayangin aja pertama nonton Spiderman dia ini di tahun 2004an lah kalo gak salah tuh pas baru mau masuk SMP! Trus bisa ngeliat dia lagi di Spider-Man: No Way Home, damnnn langsung kayak keflashback aja gitu. Dan gw jamin perasaan emosional kayak gitu pasti gak akan dirasain sama yang gak pernah nonton Spiderman-nya Tobey.

Terlebih lagi pas scene mau menjelang akhir tuh, Doc Ock ketemu Tobey.. Doc Ock senyum trus nanya "How are you?", trus Tobey jawab "Trying to do better", gila euy air mata nih gak ampe netes tapi udah di ujung banget, ketiup angin dikit mungkin bakal netes! Ngeliatnya kayak reuni anak sama bapak, menghangatkan hati sekali pokonya sih parah.
review Spiderman: No Way Home
Image: gamesradar.com
Beda lagi sama Andrew nih. Bikin gw hampir nangis (bahkan orang sebelah gw dah sampe usap air mata), pas scene yg MJ-nya Tom jatuh dari ketinggian tuh dan Tom gak sanggup nolong soalnya dia kena pukul Green Goblin duluan. Tapi untungnya Andrew sempet nyelametin, yang seolah-olah kayak dia gak mau lakuin kesalahan yang sama gitu.

Kayak yang kita semua tau, pas di Amazing Spiderman 2 itu pacarnya Andrew si Gwen jatuh juga dari ketinggian tapi Andrew gak sempet nyelametin dan akhirnya Gwen meninggoy. Pas Andrew selametin MJ-nya Tom itu dia langsung mewek, dan penonton juga dibuat mewek hahaha..

Dari 3 Spiderman ini juga punya kesedihan mendalamnya masing-masing. Kalo Peter Parker-nya Tobey, Uncle Ben meninggal. Andrew, Gwen yang meninggal. Nah di Spider-Man: No Way Home ini, Aunt May yang meninggal. Itulah persamaan mereka ya, sama-sama nyelametin dunia tapi gak dengan dunia mereka sendiri.

Sampai sejauh ini juga Tom dikasih liat ke kita, bagaimana konflik terus menerus bikin dia makin dewasa dan tumbuh dengan kuat sebagai Spiderman. Disini juga dia belajar, dia harus berkorban untuk kebaikan yang lebih besar. Karena endingnya, Tom rela untuk dilupakan semua orang termasuk MJ sama Ned.
Spiderman: No Way Home
Image: greenscene.co.id
Trus juga chemistry antara Peter, Ned sama MJ itu makin kesini makin kuat. Kita penonton juga jadi kayak kebawa suasana sama keakraban mereka, ngebantu satu sama lain, ditambah lagi sama jokes-jokes ringan yang sering keluar dari Ned dan ini yang bikin dialognya gak hambar. Gitu juga akting dari pemeran lain ya, semua oke dan gak ada kekurangan.

Masuk ke visual nih, wah ini gila sih keren parah. Terutama pas scene yang berantemnya Peter sama Dr. Strange tuh yang di dimensi cermin, mata penonton dimanjain banget sama visualnya yang super keren nan mindblowing! Gw bener-bener ampe diem sambil kagum pas ngeliat scene ini.

Untuk di 30an menit pertama sih film ini tuh masih agak berasa flat, belum panas. Pas mulai pertengahan menjelang akhir tuh, udah mulai tegang dan bikin terharu. Trus ada juga sih sebenernya dialog-dialog gak begitu penting, mungkin tujuannya untuk filler waktu aja tapi malah kesannya jadi kayak dipaksakan.

Trus gw juga agak ngganjel sama awal konfliknya sih, cuma karena masalah perkuliahan sampe minta tolong Dr. Strange dan efek dominonya jadi sebesar itu. Ada juga yang tiba-tiba Tobey & Andrew langsung kepikiran serum apa buat sembuhin villainnya, kayak yang terlalu cepet aja gitu. Tapi ini semua gak jadi masalah sama sekali sih, ketutup aja ama semua kelebihannya. Ohya salah satu 'kelebihan' lainnya nih Matt Murdock ya, si Daredevil yang diperankan sama Charlie Cox. Cuma sayang sih porsinya dikit banget hahaha..
review Spider-Man: No Way Home
Image: heroichollywood.com
Overall ini film yang oke banget. Banyak pesan moral yang bisa diambil, yaitu merelakan dan menghargai apa yang dimiliki. Kita juga bisa belajar dari Peter tentang kemampuan diri sendiri dalam menghadapi kenyataan hidup. Harus sadar disaat terpuruk, bantuan terbesar itu adalah rasa percaya diri.

Tobey nemenin masa-masa gw waktu masih kecil. Andrew nemenin pas masa-masa remaja. Dan Tom nemenin di masa-masa dewasa ini dengan berbagai strugglenya yang cukup relate ama real life juga haha.. Karena hal inilah gw anggep ini film Spiderman terbaik, karena isi dari kemasannya komplit. Bukan karena ceritanya, tapi karena MOMEN yang brilian banget. Bring back to my old memories.


Terima kasih Jon Watts untuk Spider-Man: No Way Home ini. Selain film Spiderman terbaik menurut gw pribadi, ini juga salah satu film dengan surprise & fan service terbaik!

Buat yang belum nonton jangan lupa seperti biasa ya, pas habis jangan pulang dulu karena ada 2 credit scene di akhir. Scene pertama itu symbiote Venom yang ketinggalan di bar, scene kedua itu trailernya Doctor Strange in the Multiverse of Madness. Siap-siap nih karena perjalanan Tom Holland sebagai Peter Parker bakal masih panjang! Kalo gak salah masih ada trilogi lagi lho.
review Spider-Man: No Way Home
Image: marvel.com
Related Posts

Related Posts

Post a Comment