--> Untuk Kamu Yang Lagi Ada di Fase Quarter Life Crisis - Rovylicious
w9vb7L0M7j9qO5VekXjh9f4upwh86ATk0lG5dKZM

Untuk Kamu Yang Lagi Ada di Fase Quarter Life Crisis

Quarter Life Crisis
Image: adrenalfatigue.org
Sebenernya soal Quarter Life Crisis (QLC) ini pembahasan yang lumayan rame beberapa waktu lalu, ada narasi yang beredar bahwa di umur 25 tuh idealnya sudah harus punya tabungan 100 juta, ini dan itu. Statement itu langsung heboh dimana-mana, dan ngebikin orang-orang yang lagi ada di sekitar usia segitu tapi belum punya apa-apa langsung insecure dan pastinya lumayan kena di mental juga. Jadi apa hubungannya Quarter Life Crisis dan umur 25?

Quarter Life Crisis itu istilah psikologi yang merujuk ke keadaan emosional orang-orang yang sudah masuk usia 20 - 30. Tapi biasanya paling 'kena' banget di usia 25, ya namanya juga krisis seperempat abad kan. Orang-orang di sekitar usia segini tuh kebanyakan udah mulai bingung. Banyak khawatirnya, penuh keraguan, gak pede sama kemampuan diri, dan kadang masih galau juga menentukan arah hidup serta masa depannya.

Di fase ini tuh biasanya pada mempertanyakan kembali ke diri sendiri kayak "Apa yg gue kerjain sekarang ini bener gak sih ya?" dan berbagai overthinking lainnya. Karena ya kadang mulai ngerasain jenuh sama pekerjaan, rutinitasnya itu-itu aja. Bahkan juga kadang udah jenuh sama kehidupan yang gitu-gitu aja, karena kayak cenderung jalan di tempat aja. Entah memang progres yang gak jalan, atau kurangnya rasa bersyukur.

Belum lagi kalau misal selama ini hidup kerjaannya selalu berusaha membahagiakan orang lain mulu, jadi cape sendiri kan. Cape di fisik cape di mental juga. Jadi seolah-olah kayak ngerasa jalanin hidup ini gak bahagia, padahal kebahagiaan orang lain selalu dijamin. Pokoknya pemikiran-pemikiran kayak gitu emang wajar, di usia yang dewasa itu krisis diri emang sering terjadi kok. Paling penting kita arahkan diri aja ke jalan yang bener-bener baik.

Mungkin kalau orang-orang tua atau yang masih muda banget gak terlalu concern kali ya sama Quarter Life Crisis ini. Karena fase ini emang paling banyak kenanya di milenial, berdasarkan penelitian dari The Guardian 86% milenial ngerasain semua. Kalau Gen-Z mungkin masih belum karena kebanyakan masih tanggungan orangtua dan belum nyari uang dan belum kepikiran soal nikah, gitu juga sama Baby Boomers yang jaman dulu tuh lebih ke jalanin hidup apa adanya aja gak terlalu mikirin yang gini-gini.

Quarter Life Crisis
Image: theguardian.com
Era 70-80an itu juga belum ada sosial media. Kayaknya sosial media ini juga berpengaruh besar sama Quarter Life Crisis. Salah satu contohnya nih lagi ada di usia 25, gak sengaja keliat temen yang seumuran umumin tanggal pernikahan dan calonnya cakep banget. Atau ngeliat temen lain yang seumuran juga, udah punya usaha sukses dan traveling ke luar negeri mulu bawa keluarga.

Sedangkan yang lagi ngeliat ini nih, di usia yang sama, gak punya pasangan trus masih sibuk bangun jam 6 pagi ngejar kereta ke kantor pas di kantor kerjaan seabrek, kena marah atasan, lembur, dah di rumah masih juga dichat sama bos ditanya soal kerjaan, weekend tetep kerja, dll. Ya kalau ngeliat hidup orang lain di sosial media yang kayaknya lebih enak gitu dari kita, makin berasa ke mental lah Quarter Life Crisis ini. Makanya banyak yang ngelakuin detoks sosmed, salah satunya menjaga kesehatan mental dari hal-hal kayak gitu.

Intinya, fase kayak gini amat sangat wajar, jangan merasa sendiri ya. Gue pribadi pun pernah ada di titik terendah Quarter Life Crisis di beberapa tahun lalu, tapi untuk detik ini Alhamdulilah Puji Tuhan udah lebih ke enjoy dan nikmatin hidup aja. Tetep ada goal yang dituju, angan-angan yang bakal diraih, tapi berkutat di prosesnya itu yang lebih dibawa happy dan senyumin aja. Ya bisa dibilang sudah bisa berdamai dengan kondisi.

Untuk tanda-tanda Quarter Life Crisis itu sendiri banyak lho. Salah satunya kayak yang udah gue sebutin diatas, ngerasa bosan sama rutinitas yang ada ya mungkin di kerjaan, kuliah, atau apapun itu. Kayak patternnya ya gitu terus tuh tiap hari, gak ada something new. Gue pernah ada di titik kayak gini juga nih, jadi menyibukkan diri dengan aktivitas baru, tapi anehnya malah kecapean sendiri kayak gak ada gairah.

Tanda-tanda lainnya kayak selalu cemas dengan masa depan, suka minder ngeliat pencapaian orang lain, mental breakdown dan takut untuk mencoba lagi disaat rencana gak sesuai harapan, banyak pencapaian tapi kayak ngerasa gak cukup aja dan gak ngerasa bahagia-bahagia amat dengan semua pencapaian itu, dsb.

Quarter Life Crisis
Image: hbr.org
Termasuk kayak ngerasa pertemanan makin sedikit. Dulu zaman sekolah atau kuliah nih jumlah temen di real life atau sosmed gak bisa dihitung, dimana-mana ada. Tapi makin kesini temen-temen kayak udah berkurang, kayak udah punya kehidupan masing-masing, bahkan kadang kayak merenung sendiri, "Temen-temen gue yg dulu pada kemana ya", dsb. Sekarang mah jumlah temen bisa dihitung, kadang lebih mentingin quality juga daripada quantity. Kalau kamu ngerasain hal-hal ini semua, kamu berarti emang lagi di fase Quarter Life Crisis.

Semua itu kuncinya ada di diri sendiri sih, harus kenal sama diri sendiri lebih dalam. Kalau sudah kenal sama diri sendiri, pasti bakal tau kedepannya goal apa aja yang bakal diraih dan pasti kamu bakal nemuin tujuan hidup. Perencanaan hidup juga jadi lebih tertata. Set goalnya apa aja, dan nikmatin prosesnya. Let it flow. Dan gak kalah penting juga, percaya sama diri sendiri dan jangan compare atau bandingkan diri kamu dengan orang lain.

Mungkin kamu liat temen-temen dah pada nikah, dah pada sukses, punya usaha sendiri, traveling terus sama keluarga, ya itu gpp. Kamu juga harus sadar bahwa di dunia ini banyak yang hidupnya lebih beruntung dari kamu kok, dan itu normal. Solusinya ya tingkatkan kualitas diri kamu, dan jangan bandingkan kesuksesan hidup orang lain dengan kamu.

Nah kalau sudah ngomongin soal kesuksesan ini nih juga gak jauh-jauh sama yang namanya Hustle Culture, hati-hati terjebak di ini. Hustle Culture tuh artinya gaya hidup yang mendorong seseorang untuk kerja terus gak kenal waktu dimanapun kapanpun, karena nganggep semakin lama dan banyak kerja semakin cepat dan dekat dengan kesuksesan.

Padahal nih ya sukses itu bukan berarti siapa yang paling pertama nyentuh garis finish, konsepnya gak gitu kok, kalem. Kalau kamu terus bandingin diri kamu sama orang lain, itu krisis kepercayaan diri bisa makin parah dan bisa berujung ke gangguan mental yang sampe di titik butuh bantuan psikolog lho. Percayalah tiap orang punya zona waktu masing-masing, tiap orang punya waktu bersinarnya sendiri.

Quarter Life Crisis
Image: evidentlycochrane.net
Hustle Culture tuh emang menguntungkan sih kadang, disaat banyak orang lebih milih rebahan tapi mereka ini kerja terus ampe nguras tenaga dan pikiran. Seenggaknya bisa dibilang 1 langkah di depan sama yang doyannya cuma rebahan. Tapi ya gitu deh, semua yang berlebihan itu gak baik, apalagi Hustle Culture ini punya pola pikir semakin banyak bekerja semakin cepat sukses. Ini salah besar.

Pada dasarnya semua tuh ada batasnya. Emangnya mau nih kerja terus demi (katanya) cepat sukses sampai bikin stress berat, burnout, kena penyakit fisik dan kesehatan mental yang terganggu? Kerja itu harus dengan optimal dan efektif, biar dapat hasil terbaik tanpa harus menyiksa diri. Bikin batasan antara pekerjaan sama kehidupan pribadi, jangan dicampur adukkan. Kalau bisa, udah dirumah yaudah lepas semua beban pekerjaan. Hari libur, tanggal merah, ya quality time dan rehat dulu dari pekerjaan.

Hustle Culture nih terjadi karena kamu terlalu sering membandingkan diri sama orang lain, biarin orang lain bahagia / sukses duluan karena ya itu berarti emang sudah zona waktu mereka. Temen-temen pada nikah, buka usaha, traveling sana-sini beli barang ini itu yaudah gpp jangan bandingkan sama mereka, tapi jadikan motivasi juga bahwa kamu suatu saat bisa kayak gitu juga. Tanamkan dalam diri kamu, bahwa kamu gak harus punya segalanya di dunia ini kok.

Ya, gak harus punya segalanya di dunia ini termasuk temen yang banyak. Harus sadar tentang konsep 'people come and go', kayak soal pertemanan makin sedikit yang gue singgung diatas. Kita semua dituntut harus bisa dewasa, dan gak bisa membendung waktu. Kita gak bisa nuntut semua orang harus ada terus sama kita sampai dewasa dan selamanya, gak akan bisa. Mereka semua punya mimpi yang harus dikejar juga dengan berbagai struggle, sama kayak kita ya.

Sama paling soal konsep nikah nih, mungkin kena mental karena temen-temen seumuran dah pada nikah. Jadi ya IMO menikah itu bukan lomba lari yang berdefinisi siapa paling cepet dia menang. Gak ada istilah telat nikah. Butuh kematangan emosi, butuh komitmen, karena nikah tuh gak kayak beli hape sekali rusak beli baru. Nikah juga bukan selalu tentang seks, seneng-seneng, cuddling, atau anjuran agama. Nikah itu harus siap berkorban termasuk waktu dan ego.

Quarter Life Crisis
Image: abcnews.go.com
Ya itu, semua ada zona waktu masing-masing. Ada yang nikah 10 tahun belum punya anak, nikah 1 tahun dah punya anak, nikah di usia 20, dan kamu ya gak mesti kayak mereka gitu juga. Kalau ada yang nyinyir kenapa gak nikah-nikah, percayalah kebenaran di diri mereka yang mereka anggep benar, gak bisa jadi standar kebenaran untuk kamu dan orang lain. Gak semua satu cerita sama mereka kok, gak ada yang tau perjuangan masing-masing tiap orang.

Nikah itu karena siap, bukan karena takut kehilangan atau omongan orang. Nikah karena takut zina, takut omongan orang, ngerasa materi dah cukup, itu salah banget. Nikah juga gak cukup sama pondasi agama / materi doang, tapi juga harus diiringin sama kedewasaan. Makanya jangan ada doktrin nikah muda / nikah tua. Nikah itu ya siap, siap di mental, spiritual, finansial. Dan paling penting, harus ada calonnya dulu lah!

Dan terakhir ya paling kamu jangan iri sama orang-orang yang sudah sukses atau mendapatkan segalanya duluan ya, jangan cuma liat kulitnya. Dibalik gaji temen yang fantastis, kamu gak tau mungkin dia berjuang bayarin hutang keluarganya. Ada yang kerjaan dan jabatan bagus, tapi selalu nangis di belakang karena waktu yang kurang untuk keluarga. Ada yang udah nikah duluan, di belakang kesulitan beli susu anak dan bayar berbagai cicilan rumah tangga. Kita semua ada di laut yang sama, tapi beda kapal dan ombaknya aja.

Kembali dikit lagi ke soal umur 25 harus sudah punya tabungan 100 juta. Apakah sekarang gue punya tabungan dengan nominal tersebut? Ya enggak lah! Tapi lagi otw hahaha.. Tapi seriusan sekitar umur segitu bener-bener kena mental banget QLC ini, bahkan kena hustle culture juga. Gue waktu itu mikir semakin keras kerja, uang semakin banyak, kesuksesan semakin cepat diraih. Panik juga karena temen-temen seumuran kok keliatannya dah pada sukses semua. 

Gue kerja sampe sering drop karena ambil freelance sana sini, kerja full time, kurang tidur, waktu me time kurang. Boro-boro self reward, yang ada nabung terus biar cepet sukses! Sampai akhirnya gue sadar tentang definisi dari sukses itu sendiri, bahwa kesuksesan orang lain itu gak bisa jadi standar kesuksesan untuk kita juga. Mereka sukses di usia 20, ya bagus banget. Sukses di usia 30 - 40 keatas, ya keren juga.

Quarter Life Crisis
Image: theladders.com
Sukses versi gue sendiri tuh untuk saat ini, bisa bahagia jalanin apa yang gue mau. Udah bukan di fase kerja sampe hampir tipes yang mana sebenernya yang dikejar ini tuh masih jauh, karena gue sempet kerja keras bukan kerja cerdas. Percayalah sukses gak harus melulu soal materi dan kamu bakal ngerasa lebih bahagia, free, fisik dan mental sehat kalau kerja sesuai porsinya, banyak berbagi yang bikin orang lain bahagia, selalu tebar kebaikan, no hate speech di sosial media, sering ketawa sama pasangan / temen-temen, dsb.

Sedangkan mimpi yang harus diraih, yang literally sukses itu, kamu jalanin dengan lebih santai dan kalem aja. Sekali lagi percayalah, setiap manusia punya zona waktu masing-masing. Gak punya 100juta di usia 25 ya gak masalah, seenggaknya punya niat untuk meraih itu bahkan lebih. Mungkin inti dari yang gue bilang ini lebih ke nikmatin prosesnya aja, jangan berlebihan. Kesehatan fisik dan mentalmu itu penting, biar umur panjang juga.

Perlu digaris bawahi, dengan tulisan ini gue bukan berarti menganjurkan kamu yang sedang ada di fase ini harus santai-santai aja, nanti malah jadinya Toxic Positivity. Percuma mau dengerin 1000 motivasi kalau gak ada take action dari kamu. Karena kunci perubahan hidup tuh ya ada di diri kamu sendiri. Fase Quarter Life Crisis ini jalaninnya harus kalem, tapi harus juga ada tujuan dan niat. Kalau cuma kalem doang tapi gak ada tujuan dan niat, mau sampe umur 50 ya hidupmu gitu-gitu aja.

Gak ada salahnya juga untuk perbanyak income untuk ningkatin penghasilan, tapi please jangan sampai istirahat kurang. Gak selamanya kerja itu harus keras, tapi juga bisa dengan cara kerja cerdas. Pokoknya kalau kamu jam 11 malam keatas masih kerja, itu harusnya udah gak beres (kecuali super duper urgent dan kredibilitas pribadi/perusahaan taruhannya). Perbanyak investasi termasuk investasi skill, pengalaman dan networking! Karena ini penting untuk masa depan. Kurangin pengeluaran gak penting juga, ubah gaya hidup hedon jadi lebih sederhana. Kalau belum dapet jodoh, ayok perbaiki kualitas diri!

So untuk kamu yang lagi ada di fase Quarter Life Crisis, tenang aja kamu gak sendirian. Nikmatin prosesnya aja, dan set gol serta tujuan kedepan apa. Hilangkan berbagai overthinking di urusan kerjaan, keluarga, asmara, pertemanan, dll. Fokus untuk banyak-banyak buka pintu kesempatan, biar makin mudah juga jalan kamu untuk meraih gol dan tujuan. Sukur-sukur kalau punya support system untuk selalu dukung jalan hidup kamu.

Quarter Life Crisis
Image: ravishly.com
Jangan lupa selalu happy, enjoy jalanin hidup karena hidup itu perjalanan bukan perlombaan, olahraga rutin, asupan dan vitamin dijaga, sarapan jangan kelewatan karena pura-pura bahagia juga butuh tenaga~

Stay true to yourself and all things shall work together for your good! Thank you sudah mampir! Jangan lupa share ke pejuang Quarter Life Crisis lainnya ya.
Related Posts

Related Posts

Post a Comment