--> [Movie Review] Doctor Strange in the Multiverse of Madness (2022) - Rovylicious
w9vb7L0M7j9qO5VekXjh9f4upwh86ATk0lG5dKZM

[Movie Review] Doctor Strange in the Multiverse of Madness (2022)

Doctor Strange in the Multiverse of Madness
Image: Twitter - @Marvel

 SPOILER ALERT 

Berakhir sudah penantian, akhirnya Doctor Strange in the Multiverse of Madness tayang di Indonesia mulai 5 Mei kemarin! Film ini dieksekusi langsung sama sang maestro film horor, Sam Raimi. Dari trailer pertama dulu nih udah penasaran banget gimana film MCU ada sentuhan horornya haha..

Untuk cast sendiri masih tetep ya ada Dr. Strange yang diperankan Benedict Cumberbatch, Wong (Benedict Wong), Christine Palmer (Rachel McAdams), dan ada tambahan Wanda Maximoff (Elizabeth Olsen) sama America Chavez (Xochitl Gomez), dll. Trus juga ada beberapa cameo lainnya ya termasuk Profesor X (Patrick Stewart).

Doctor Strange in the Multiverse of Madness ini sendiri per 7 Mei rating di IMDb 7,6/10 sama Rotten Tomatoes 76%. Dan kalo gw baca-baca review di internet sih ya beragam, ada yang suka banget dan gak sedikit juga yang gak puas. Mungkin karena ekspektasi yang terlalu tinggi atau entah gimana ya, pendapat tiap orang emang berbeda-beda.

Btw review gw ini mengandung spoiler, buat yang gak suka spoiler dan belum nonton jangan lanjut baca ya. Tapi kalo belum nonton dan pengen spoiler, ya lanjut aja gpp.

SINOPSIS

Doctor Strange in the Multiverse of Madness
Image: in.mashable.com
Film ini dibuka sama aksi kejar-kejaran Dr. Strange dari universe lain bareng America Chavez, yang mana mereka berdua ini dikejar sama monster iblis pas mau dapetin Kitab Vishanti di sebuah ruang dimensi. Tapi varian Dr. Strange disini kewalahan ngelawan monster iblis itu, sampai harus mati demi ngelindungin Chavez.

Nah pas lagi kepepet banget, tiba-tiba aja Chavez yang punya kekuatan yang gak bisa dikontrol, ngebuka sebuah portal yang ngebawa dia sama varian Dr. Strange itu ke universe Dr. Strange yang kita kenal selama ini. Tapi di universe ini lanjut nih Chavez masih dikejar monster iblis itu, sampai akhirnya diselamatkan sama Dr. Strange dan Wong.

Jadi Chavez ini punya kekuatan super untuk bisa pindah-pindah multiverse dengan mudah, nah kekuatan dia inilah yang mau dicuri sama seseorang. Siapakah dia? Yup, Wanda Maximof yang udah jadi Scarlet Witch, yang mau pindah ke universe tempat dia bisa hidup tenang bahagia bareng 2 anaknya. Jadi caranya Wanda untuk dapetin kebahagiaan dia sendiri itu salah, ditentang sama Dr. Strange dll, jadilah perpecahan.

REVIEW

Doctor Strange in the Multiverse of Madness
Image: bamsmackpow.com
Another masterpiece, Doctor Strange in the Multiverse of Madness is one of the best comic book superhero movies ever made!! Semua cast mainkan role dengan perfect, alur story dan karakter Wanda Maximoff bener-bener brilian dan steals the show!

Ini juga konsepnya beda bener ama film MCU yang lain, tapi bedanya itu ya bagus. Bedanya itu ada di elemen horornya sih, berasa banget pokoknya apalagi ada tambahan jumpscare beberapa kali juga. Horornya dapet, storynya juga not bad, scoring bagus banget, dan fan servicenya mantep.

Wanda sebagai villain disini sadis sih, tapi kesadisannya ya gak ditampilin secara eksplisit, cuma tetep aja semuanya memuaskan. Komedinya juga seru dan gak cringe, as always ya celotehan sarkasnya Stephen selalu bikin gregetan.
Doctor Strange in the Multiverse of Madness
Image: nerdist.com
Sam Raimi ini sih kacau emang, MCU baru pertama kali ini dapet sentuhan elemen horor dan bener-bener sukses dibuatnya sama sang maestro horor ini. Mungkin kalo dulu mikir ya, masa MCU ada elemen horornya, gw pun dulu sempet sedikit skeptis lho. Dan ini diimplementasikan di film ini, sukses. Sungkem sama Sam Raimi!

Tapi tetep lah ya gak luput dari yang namanya kekurangan. Kalo menurut gw pribadi, kekurangan pertama di film ini tuh ada di CGI yang beberapa kali miss. Salah satunya waktu jubah Dr. Strange nangkep Chavez di jalanan, itu gak halus banget. Selebihnya memanjakan mata kok. Selanjutnya di efek kejut di beberapa scene sedikit hilang sih, soalnya udah terlalu banyak dimunculin di trailer/tv spot.

Storyline juga terlalu sat set sat set, tensinya udah dibikin naik pas baru 30an menit lho. Berasa udah kayak mau ending hahaha.. Cuma maklum sih, durasi asli 2 jam 40 menit dipangkas jadi 2 jam 6 menit. Karena ini juga mungkin susunan storylinenya agak 'berbeda' dari biasanya.
Doctor Strange in the Multiverse of Madness
Image: Complex.com
Sama cameo nih, ada kelompok Illuminati yang dikenalin Mordo dari universe lain ke Dr. Strange. Ada Profesor X, Captain Carter (Hayley Atwell), Black Bolt (Anson Mount), Captain Marvel (Lashana Lynch), sama Mr Fantastic (John Krasinski). Ekspek tinggi banget sama kelompok ini, tapi easy kill sama Wanda 👀

Tapi ya mungkin sengaja kali ya dibikin gak begitu dominan, biar porsi karakter Dr. Strange gak ketutupan sama cameo-cameo ini. Tapi ya kenapa sih fightnya gak dibikin lebih greget gitu, terutama Blackbolt ama Mr Fantastic itu lho hahaha.. Cuma fightnya Wanda ke Captain Marvel sama Captain Carter lumayan sengit sih, agak ketolong.

Nah trus kata orang-orang kan di film ini tuh Wanda terlalu dominasi, harusnya judulnya jadi 'Wanda in the Multiverse of Madness' haha.. Menurut gw bener sih, Wanda disini terlalu mendominasi banget. Cuma kalo judul ya masih oke aja sih, mungkin ini cuma jadi jembatan aja untuk menuju ke sekuel lanjutan Dr. Strange. Sekalian menyudahi pergulatan batin Wanda selama ini. Dr. Strange sebagai 'tuan rumah' di film ini udah bener-bener baik ngasih porsi segitu banyak untuk villain.
Doctor Strange in the Multiverse of Madness
Image: frpnet.net
IMO ya sebelum nonton ini udah pasti dong nonton Dr. Strange yang pertama, What If optional aja, Spiderman No Way Home atau Loki gak terlalu perlu sih kecuali kalo pengen tau banget gimana konsep multiverse. Nah yang paling core tuh nonton WANDAVISION dah, hukumnya wajib. Karena akar konfliknya tuh ada disini, sakit hatinya Wanda bakal berasa di series ini, nah pas di film Dr. Strange ini baru bakal berasa emosionalnya.

Btw jujurly gue nonton Doctor Strange in the Multiverse of Madness ini gak naroh ekspektasi tinggi banget, karena masih berasa hype Tobey & Andrew di No Way Home haha.. Jadi saran sih turunin ekspektasi ya, karena pasti ada beberapa hal yang bikin kecewa sih.

Dan seperti biasa jangan langsung keluar dulu, ada 2 credit scene. Credit scene pertama itu ngasih liat Clea (Charlize Theron) yang ngajak Dr. Strange untuk 'menjelajah' dimensi lagi. FYI, Clea itu partnernya Dr. Strange di komik, dia ini keponakannya Dormammu. Kayaknya Clea bakal jadi karakter penting di sekuel lanjutan Dr. Strange nih.
Doctor Strange in the Multiverse of Madness
Image: techiazi.com
Untuk credit scene kedua gak begitu penting sih, cuma ngasih liat yang bapak-bapak penjual Pizza Poppa itu terus-terusan nampar mukanya. Silahkan kalo betah nungguin ya tungguin aja, tapi kalo gak sabar yaudah sih liat di Youtube aja dah banyak kok bocorannya hahaha..

Overall ini Dr. Strange seru, tapi gak yang sampai 'wah' banget. Seenggaknya suka deh sama konsep MCU dengan bumbu horor gini, apalagi aktingnya Elizabeth Olsen itu perfect banget gilak. Gue kasih 8,3/10 untuk Doctor Strange in the Multiverse of Madness, HIGHLY RECOMMENDED!

"I LOVE YOU IN EVERY UNIVERSE"

Related Posts

Related Posts

1 comment

  1. Wawww keren banget kak rovy review nya

    ReplyDelete