--> Belajar Dari Wanda Maximoff Tentang 5 Tahap Kesedihan - Rovylicious
w9vb7L0M7j9qO5VekXjh9f4upwh86ATk0lG5dKZM

Belajar Dari Wanda Maximoff Tentang 5 Tahap Kesedihan

5 Tahap Kesedihan
Image: cheatsheet.com
5 Tahap Kesedihan atau 5 Stages of Grief ini dijabarkan Dr. Elisabeth Kubler-Ross dalam bukunya dengan judul 'On The Death and Dying' (1969). Intinya, di hidup manusia itu ada 5 tahapan keadaan kalau pas dilanda kesedihan, yang mana tahapan-tahapan ini gak selalu terjadi berurutan. Jadi bisa acak, tergantung dari tiap individu masing-masing.

Sebelum baca lebih lanjut, diharapkan kamu sudah nonton series WandaVision dan film Doctor Strange in the Multiverse of Madness biar feelnya lebih dapet! Tapi kalo gak ya gpp juga sih, karena point yg mau dibahas disini emang tentang 5 tahap kesedihan dengan mengambil contoh Wanda.

Biar lebih detail lagi, ini 5 tahap kesedihan yg dialamin sama Wanda Maximoff alias Scarlet Witch:

1. DENIAL

5 Tahap Kesedihan
Image: kino.de
Tahap awal di 5 tahap kesedihan ini adalah tahap penolakan atau menyangkal bahwa apa yg terjadi itu beneran terjadi. Kebanyakan orang pasti ada di tahap ini, dan mencoba untuk gak sedih karena ya kekeuh ngerasa gak ada apa-apa. Tapi ini normal, sebagai hasil dari reaksi syok.

Wanda keliatan banget ada di fase ini, terutama di series WandaVision dia bener-bener membangun 'dunianya' sendiri di Westview yg keliatan bahagia sama Vision & anak-anaknya. Padahal ini semua semu, tapi dia denial.

"Vision gak mati woe! Dia masih hidup, jangan ngasal ya kamu"

2. ANGER

5 Tahap Kesedihan
Image: flipboard.com
Kalau sudah nolak kesedihan di tahap denial, biasanya orang di tahapan ini jadi banyak keluarkan emosinya. Siapapun bisa kena marah, amukan, dan bahkan disalahkan sebagai penyebab kesedihannya. Walau kesannya negatif, tapi anger ini cukup penting biar emosi negatifnya gak dipendam.

Kemarahan Wanda di series WandaVision atau film Dr. Strange 2 keliatan disaat banyak orang yg mau halangin keinginan absurdnya dia untuk membangun dunianya sendiri bareng Vision ataupun anak-anaknya. Karena apa yg dimau dia ini, berimbas negatif ke kehidupan orang banyak. Tapi Wanda gak peduli, siapapun yg halangin bisa kena amarahnya.

"Coba kamu itu semua jangan kepo dan jangan terlalu ikut campur di Westview, kalau umurnya masih mau panjang!"

3. BARGAINING

5 Tahap Kesedihan
Image: theverge.com
Di tahap ini seseorang jadi kayak banyak bertanya-tanya, ngerasa putus asa, dan sudah mulai ada di fase sadar dengan apa yg terjadi. Juga jadi kayak tawar menawar atau berandai-andai terhadap berbagai kemungkinan yg bisa dilakuin kalau enggak atau ngelakuin sesuatu.

Keliatan dari penyesalan Wanda yg gak bisa selamatkan Vision di Avengers: Endgame. Dan juga ambisi Wanda untuk dapetin Darkhold di Dr. Strange 2, dia tau kalau dia kuasain Darkhold ini dia bakal dapat apa. Dia juga beberapa kali ngelakuin bargaining ke Dr. Strange, ya walau semua bargaining ini ditolak mentah-mentah.

"Andaikan waktu itu aku langsung potong kepalanya Thanos, pasti Vision masih hidup"

4. DEPRESSION

5 Tahap Kesedihan
Image: denofgeek.com
Depresi yg dimaksud disini bukan yg sampe kena gangguan mental, tapi lebih ke kayak 'ketidaksiapan' seseorang untuk kembali ke realita. Ngerasa jadi orang yg paling gak beruntung di dunia ini, selalu bertanya-tanya kenapa harus dapat kejadian itu, dsb. Orang di fase ini jadi lebih banyak diam, menyendiri, dan ngerasa hidup gak berwarna.

Menjelang episode-episode akhir WandaVision, Wanda sudah mulai keliatan apa adanya. Gak make up, gak ada pakaian bagus, dan dia sudah keliatan mulai lelah dari dunia halu yg dia ciptakan. Bahkan ada juga scene Wanda minum obat anti depresi gitu deh.

"Bakal gimana hidup aku tanpa Vision dan anak-anak??"

5. ACCEPTANCE

5 Tahap Kesedihan
Image: theverge.com
Tahap terakhir dalam 5 tahap kesedihan adalah acceptaance atau menerima. Ini tahap yang mana sudah menerima dengan apa yg terjadi dan mencoba berdamai dengan keadaan. Dan sadar bahwa hidup gak mungkin stuck karena satu kejadian itu, life must go on. Tapi bukan berarti sudah move on ya, lebih ke menerima bahwa kejadian itu lumrah terjadi di hidup manusia dan bisa diambil pelajaran berharga.

Paling keliatan nyata di endingnya Dr. Strange 2, dimana Wanda mulai tersadar dengan apa yg dia lakuin sejauh itu dan menerima kenyataan bahwa apa yg dia lakuin itu gak bener. Dia akhirnya ngelepas Chavez dan Dr. Strange, dan mengorbankan diri dengan terkubur di reruntuhan bangunan Wundagore.

"Kayaknya Vision dan anak-anak gak setuju dengan tindakan ini deh, aku harus terima kenyataan aja kayaknya"

-------------------------


Perlu digarisbawahi, kemungkinan gak semua orang ngerasain 5 tahap kesedihan diatas. Mungkin bisa jadi ada yg gak sampe tahap bargaining atau depression, tapi langsung acceptance aja gitu setelah anger. Dan kayak yg gue bilang juga di awal, bisa aja tiap orang ngerasain tahapan-tahapan itu tapi urutannya acak. Mungkin ada yg denial dulu baru depression abis tuh anger, dsb. Tapi yg jelas, tahap akhir dari semuanya itu adalah acceptance.

Acceptance atau menerima itu emang salah satu tahap yg paling penting dalam hidup, karena ya namanya hidup itu kebahagiaan & penderitaan pasti datang dan pergi kan. Kita gak bisa kontrol misteri hidup, tapi kita bisa kontrol kadar kebahagiaan / kesedihan itu sendiri.
5 Tahap Kesedihan
Image: Twitter - @MCU_Direct
Dan jangan malah terjebak di tahap depression, karena biasa orang kebanyakan terjebak di tahap ini dalam waktu yg super lama. Kalau terjebak di tahap ini terlalu lama sampai ganggu kehidupan, disarankan hubungi psikolog ya. Dan untuk yg sekarang lagi dilanda kesedihan, semangat berproses!

Thank you, see you on another article!
Related Posts

Related Posts

Post a Comment