--> User Interface (UI) dan User Experience (UX), Apa Sih Bedanya? - Rovylicious
w9vb7L0M7j9qO5VekXjh9f4upwh86ATk0lG5dKZM

User Interface (UI) dan User Experience (UX), Apa Sih Bedanya?

*copas = cantumkan sumber .
if u don't want someone to copy your content ,
so don't copy others and make it yours .
show your respect*
UI UX
Image: medium.com
Mungkin kamu yang berkutat di dunia digital sering dengar atau familiar dengan istilah User Experience (UX) dan User Interface (UI) nih, ya gak? Sama-sama diperuntukkan ke user (pengguna), dua hal ini berbeda lho. Dari pengerjaan sampai hasil akhir, UI/UX itu emang beda. Tapi, keduanya saling berhubungan.

Website atau aplikasi yang menjual tuh biasanya menerapkan UI/UX yang baik, dan ini punya nilai jual tinggi dan meningkatkan ketertarikan user untuk website atau aplikasi itu sendiri.

Jadi UI/UX itu penting banget lho di masa sekarang ini, kesalahan rancangan bisa-bisa berbuah kegagalan untuk website atau aplikasi tersebut karena user gak nyaman dari segi UI/UX nya.

Misal nih ada aplikasi order makanan A sama B ya. Aplikasi A ini punya tampilan yang agak norak di mata, font sulit dibaca dan perpaduan warna gak nyambung, size font juga kekecilan.

Sulit pula ditemukan tombol-tombol pencarian, nah ini user pasti dah males nih lama-lama di aplikasi kayak gini. Akhirnya, ditinggalkan dan beralih ke aplikasi B yang ternyata lebih bagus dari segala aspek. Akhirnya, si A ya collapse.

Trus, apa sih bedanya User Interface (UI) dan User Experience (UX) ini?

User Interface (UI)

User Interface
Image: Indozone.id
Pernah gak, buka aplikasi atau website gitu deh yang punya tampilan visual atau design yang eye catching dan menarik untuk diliat? Pokoknya tampilannya keren deh, pertama buka kamu ngebatin, "Wah anjir keren bener ini desainnya". Nah, ini hasil kerja keras UI Designer yang bikin UI Interface itu. UI itu dibuat setelah adanya UX, umumnya kayak gitu ya (CMIIW).

Seorang UI Designer itu dituntut untuk bisa bikin website atau aplikasi biar keliatan menarik dari segi visual dan desain websitenya. Mulai dari bentuk layout (tata letak), visual design, icon-icon tombol di dalamnya, jenis font yang dipake, ini semua ada di tangan UI Designer.

Fokusnya ya di visualisasi, coloring, sama berbagai improvisasi kreativitas dari si UI Designer itu sendiri. Makanya harus jago riset pasar juga, UI yang lagi diminati itu yang kayak gimana.

User Experience (UX)

User Experience
Image: Indozone.id
Coba deh kamu kunjungin sebuah website atau sebuah aplikasi trus berselancar di dalamnya. Gampang gak untuk nemuin tombol-tombol misal kayak home, bar pencarian, categories, profile, dll? Atau nyaman gak baca dan liat-liat isi dari dalam website tersebut?

Atau kamu terganggu mungkin dengan warna template website dan beberapa tombol yang susah dicari? Nah, itulah yang namanya User Experience.

UX Design itu proses dalam meningkatkan kepuasan user di website atau aplikasi, supaya si user ini mudah menggunakannya. Jadi, UX Designer (si pembuatnya) wajib nih mengusahakan interaksi antara user sama website/aplikasi itu terjalin dengan baik. Ya website/aplikasi yang dibikin itu pokoknya jangan membingungkan deh navigasinya.

UX Designer juga dituntut untuk bisa 'memahami user',  tentang bagaimana impact dari produk itu bisa nyampe ke user. UX Designer juga harus tau bagaimana kebiasaan serta kebutuhan para user, jadi harus diperhatikan sama UX Designer dengan baik banget nih soal ini.

Proses UX Design sendiri gak sebentar, soalnya ada riset pasar dulu sebelum diimplementasikan ke interface. Jadi apa yang dibuat itu, harus riset dulu biar tepat sasaran.

Jadi riset pasar ini penting, biar UX Designer bisa tau juga gimana UX yang lagi rame atau menjual banget di pasaran. Penilaian untuk UX ini subyektif, soalnya bergantung sama persepsi dan pemikiran individu (user).

==============================

UI/UX adalah
Image: websolutions.com
Intinya, UI/UX itu bedanya ada di fokusnya. UI fokus di interaksi user, sedangkan UX fokusnya lebih ke pengalaman user. UI Designer juga ngedesain sesuai kebutuhan user, sedangkan UX Designer ngedesain sesuai pengalaman user. Dan ini semuanya udah pasti hasil dari riset, UI/UX di pasaran yang lagi diminati itu yang kayak gimana.

Masih bingung sama UI/UX? Oke last, kita main analogi deh, kebetulan gue lagi megang mouse nih. Gue punya mouse bentuknya Iron Man. Gue beli ini karena bentuknya menurut gue bagus, unik, keren, nah ini UI.

Trus pas gue klik kanan klik kiri tuh gak ada suara berisik 'klik klik klik', di tangan juga nyaman gitu pokoknya pas di genggaman, nah ini UX. Jadi UI itu apa yang di mata, UX itu apa yang dirasakan. Anjae anjae..

Semoga jadi ngerti apa itu UI/UX ya, thank me later.
Related Posts

Related Posts

Post a Comment