--> Yuk Kenalan Sama 'Segitiga Exposure', Ilmu Dasar di Dunia Fotografi - Rovylicious
w9vb7L0M7j9qO5VekXjh9f4upwh86ATk0lG5dKZM

Yuk Kenalan Sama 'Segitiga Exposure', Ilmu Dasar di Dunia Fotografi

Segitiga Exposure
Image: thoughtco.com
Jadi ceritanya selama pandemi ini gue lagi mengasah beberapa skill, salah satunya di bidang fotografi nih haha.. Ini semua efek #DiRumahAja nih, kerja juga kemaren sempet WFH berbulan-bulan kan, banyak gabutnya juga jadi mulai deh kemaren pengen mendalami dunia fotografi ini.

Sebenernya untuk pengambilan angle, cahaya, gimana caranya bokeh dll selama ini udah belajar tapi cuma pake smartphone kan, ya iseng-iseng lah, tau basic jepret dikit. Cuma beberapa waktu lalu akhirnya memutuskan untuk beli kamera mirrorless biar makin keliatan niat belajarnya hahaha..

Untuk beberapa bulan kemaren pas masa-masa belajar tuh, gue banyak belajar teorinya dulu sih. Salah satu pelajaran penting yang gue dapet, tentang Segitiga Exposure ini. Jadi Segitiga Exposure / Exposure Triangle itu tiga komponen dasar kamera yang saling berhubungan yaitu ISO, Shutter Speed, sama Aperture.

Nah tiga komponen inilah yang menentukan eksposure alias terang gelapnya sebuah foto. Masing-masing komponen itu punya hubungan erat sama cahaya, dan bagaimana cahaya masuk ke lensa kamera. Kalau kebanyakan cahaya hasilnya Over Exposure / OE (terlalu terang), kalau sedikit cahaya jadi Under Exposure / UE (terlalu gelap).

Kalau di tengah-tengah itu namanya Correct Exposure, jadi ini balance gak gelap gak juga terang. Tapi apakah Correct Exposure ini adala yang terbaik? Wajib selalu dalam posisi exposure ini saat ambil foto? Oh enggak, tergantung kondisi cahaya lagi. Nah karena itulah untuk seeting-setting semua ini, kamu dibantu sama si Segitiga Exposure yaitu ISO, Shutter Speed, sama Aperture.

ISO (International Organization for Standardization)

Segitiga Exposure
Image: boredpanda.com
Di dunia fotografi, ISO itu artinya ukuran sensitivitas kamera digital terhadap cahaya. Kalau non digital, ISO tuh ditentukan sama roll film, jadi di tiap roll film dah pasti berapa ISO-nya. Kalau di digital, ISO bisa diubah-ubah. Selain ISO ada juga standar ASA (American Standards Association), di Eropa pakai DIN (Deutsches Institut für Normung), kalau di Indonesia standarnya pake ISO ini.

Nah, ISO itu makin tinggi makin sensitif sensor kamera terhadap cahaya. Kalau makin sensitif, gambar juga jadi makin terang. ISO digedein lagi, makin terang lagi. Jadi kalau mau foto di tempat minim cahaya, ISO dinaikin aja. Tapi ada kekurangannya nih, semakin tinggi ISO semakin buruk juga hasil gambarnya, ini yang dinamakan 'Noise' tuh. 

Noise itu di hasil gambarnya kayak ada bintik-bintiknya, tau TV yg semutan? Nah kayak gitu deh kurang lebih. Jadi gambarnya terang, tapi noise. ISO diturunin lagi, noise berkurang tapi cahaya semakin turun juga. Tapi jangan salah ya, noise itu biasa dipake juga lho karena cukup estetik. Jadi kalau ngeliat foto orang noise, itu bisa jadi sengaja kok. Bahkan ada juga filternya, biasa namanya tuh 'Grain' (Di Lightroom).

Segitiga Exposure
Image: personal asset - With LUMIX GF9
ISO itu angkanya ada di 100, 125, 160, 200, 250, 320, 400, 500, 640, 800, 1000, 1250, 1600, dst. Nah biasanya nih, kata beberapa fotografer yang gue baca dan tonton tips & tricknya, untuk hindari noise tuh mereka ngasih mentok ISO di 1600, kalau diatas itu biasanya si noise udah cukup ganggu hasil gambarnya. Jadi misal kamu pake mode auto, boleh dicoba sih dibatasin aja ISO mentoknya di 1600.

Oke jadi intinya semakin rendah ISO maka cahaya yang ditangkap kamera cuma dikit, semakin tinggi ISO maka cahaya yang ditangkap jadi banyak alhasil gambar makin terang. ISO rendah ini cocok dipake di luar ruangan yang kaya akan cahaya, dan dengan ISO rendah ini juga cocok untuk ngambil gambar yang banyak detail. Kalau ISO tinggi cocok di dalam ruangan atau sikon yan
g minim cahaya, cuma inget ya bakal ada noise juga.

Shutter Speed (Kecepatan Rana)

Segitiga Exposure
Image: boredpanda.com
Shutter Speed ini rana atau penutup (shutter) di kamera yang nutupin permukaan atau sensor foto. Shutter Speed paling rendah biasanya 1/2, 1/4, 1/8, 1/15, 1/30, 1/60, 1/125, 1/250, 1/500, paling tinggi bisa di 1/1000 dst. Angka-angka ini durasi rana ngebuka trus nutupnya. Semakin lama buka (tinggi), cahaya yang masuk makin banyak jadi fotonya lebih terang. Semakin cepat nutup (rendah), berlaku sebaliknya.

Sebenernya Shutter Speed ini lebih berpengaruh banyak di movement sih, itu yang membedakannya sama ISO. Jadi gini, misal kamu pake Shutter Speed 1/4, kalau ngefoto objek yang bergerak itu hasilnya bakal kayak shake gitu. Tau konsep foto 'Light Trail'? Ini ngefoto cahaya bergerak, biasanya kalau kendaraan di jalanan tuh difoto pake Shutter Speed rendah hasilnya kendaraan-kendaraan itu yang keliatan cuma lampunya aja, dan cahayanya jadi kayak flash.

Segitiga Exposure
Image: personal asset - With LUMIX GF9
Nah kebalikannya nih, kalau pake Shutter Speed tinggi itu fotonya jadi freeze banget. Ini cocok misal kamu mau foto percikan air dan di gambar pengen keliatan jelas percikannya, Shutter Speed wajib tinggi. Untuk di kegiatan-kegiatan olahraga juga tuh misal kayak berenang, pas perenangnya lagi di permukaan untuk ambil nafas, itu biar dapet momentnya ya harus Shutter Speed tinggi.

Jadi intinya Shutter Speed itu semakin rendah semakin terang foto tapi ada efek shake, sedangkan Shutter Speed yang semakin tinggi maka intensitas cahaya yang masuk ke sensor lebih sedikit jadinya foto gak begitu terang tapi ngasih efek freeze yang bakal bagus untuk objek yang bergerak. Semua tergantung kebutuhan aja, coba-coba aja foto objek bergerak/gak bergerak pakai Shutter Speed rendah dan tinggi, pasti berasa deh bedanya.

Aperture (Bukaan Diafragma)

Segitiga Exposure
Image: boredpanda.com
Yang terakhir ada Aperture alias bukaan diafragma, ini ukuran seberapa besar diafragma lensa kebuka. Aperture sendiri satuan ukurannya pake f-number, jadi bukaannya itu paling rendah ada f/1.4, f/2.0, f/2.8, f/4.0, f/5.6, f/8.0, dst. Semakin rendah Aperture misal di f/1.4, bukaan lensanya makin besar. Jadi jangan salah persepsi ya! Di f/1.4 itu bukaannya besar, di f/2.0 dst itu malah makin mengecil.

Trus apa gunanya bukaan lensa yang gede dan kecil ini? Semakin besar bukaan lensanya (f-number yang kecil), makin banyak juga cahaya yang masuk dan hasil gambarnya makin terang, gitu juga sebaliknya. Analoginya kayak jendela aja, makin lebar jendela rumah dibuka cahaya yang masuk makin banyak kan.

Selain jumlah cahaya yang masuk, Aperture ini berpengaruh juga sama Depth of Field. Makin besar bukaan lensa, Depth of Field makin sempit dan background foto objek kamu jadi ada efek blur atau bokeh gitu. Berlaku sebaliknya juga. Kalau mau dapet foto yang efek bokeh, ya main di Aperture f/1.4. Tapi kalau backgroundnya lebih tajam kayak mau foto pemandangan gitu, kecilin bukaan lensa yang kira-kira di Aperture f/8.0 gitu.
Segitiga Exposure
Image: personal asset - With LUMIX GF9
Oh iya Aperture ini juga berpengaruh sama Shutter Speed. Semakin kecil f-number Aperture (bukaan besar), Shutter Speed jadi makin cepet. Misal Aperture ada di f/1.4, Shutter Speed yang didapatkan bisa aja di 1/1000s. Kalau Aperture di f/8.0, Shutter Speed bisa ada di 1/30s. Tinggal sesuaikan sikon dan kebutuhan aja sih, kalau mau main bokeh atau landscape luas yang tajam main di Aperture ini.

Oke jadi intinya Aperture itu f-number makin kecil makin banyak cahaya yang masuk dan ngasih efek bokeh, makin besar angka f-number cahaya yang masuk semakin sedikit tapi ngehasilin background tajam misal kalau mau foto landscape yang luas.

______________________________

Pokoknya kalau sudah kenal sama tiga komponen utama Segitiga Exposure ini, dijamin seterusnya bakal enak deh. Tinggal pinter-pinter dan kreatif aja kombinasiin ketiga komponen ini agar tercipta harmonisasi eksposyur anjae. Kalau sudah tau banget soal ISO, Shutter Speed sama Aperture, pasti di sikon apapun kamu bakal tau harus ngelakuin apa.

Misal nih kamu mau foto objek yang backgroundnya jadi bokeh, berarti pake Aperture dengan bukaan terbesar dulu misal di f/1.4. Cahayanya udah cukup? Yaudah ISO di 100 aja, biar gak noise juga. Kalau si objek ini diem, Shutter Speed bisa di kira-kira 1/60. Cahaya kurang? Naikin ISO aja, jangan turunin Shutter Speed, soalnya mending ada noise karena masih bisa kebantu Photoshop buat hilanginnya. Kalau turunin Shutter Speed fotonya jadi kayak shake/ngeblur, susah diedit buat dibenerin.

Beda lagi mau foto pemandangan yang luas, pake bukaan kecil Aperture ya yaitu di angka f/22 misalnya. Kalau foto pemandangan gini enaknya pake tripod, soalnya makin besar f-number Aperture jadi makin kecil juga si Shutter Speed, rawan shake. ISO juga yang rendah aja, biasanya fotografer-fotografer pemandangan pake ISO rendah biar gak ada noise, soalnya foto pemandangan itu harus tajam.

Segitiga Exposure
Image: marvingrey.com - Exposure Triangle
Yah sikon-sikon kayak gini pasti bakal kamu temuin, dan harus kreatif aja, yang penting udah kenalan sama si Segitiga Exposure jadi tau harus apa. Kalau sudah tau teorinya, emang paling enak langsung praktek pake kameranya langsung deh seriusan hahaha.. Biasanya gue pake kamera temen gitu asal jepret aja, gak ngurusin soal eksposyur atau apa lah. Dan ternyata pas udah belajar gini trus praktek langsung, sumpah asik banget karena bisa langsung eksperimen.

Berhubung masih nubie, boleh tulis di kolom komentar misal ada kesalahan di penulisan ini ya. Dan buat yang masih sama-sama belajar kayak gue juga, yok bisa yok semangat ya! Hehehe 🙏
Related Posts

Related Posts

Post a Comment