--> Usia Masih 20-an? Investasi 10 Hal Ini, Biar Gak Nyesel - Rovylicious
w9vb7L0M7j9qO5VekXjh9f4upwh86ATk0lG5dKZM

Usia Masih 20-an? Investasi 10 Hal Ini, Biar Gak Nyesel

Investasi usia 20an
Image: itagroup.com
Pergantian tahun tuh bener-bener gak berasa, sekarang lagi di Januari nanti tiba-tiba udah Desember aja. Seiring tahun yang berganti ini, usia juga terus bertambah. Nah sebelum ada penyesalan, untuk yang usianya masih 20an wajib banget untuk mulai berinvestasi ya. Tenang, investasi gak melulu soal materi kok.

Investasi yang gue jabarkan disini lebih ke hal-hal baik yang bisa kamu lakuin sebelum terlambat. Kalau ngelakuin hal-hal ini lebih dini, nanti diri kamu yang di masa depan sana yang mungkin usianya dah 50an bakal berterima kasih karena sudah ngelakuin hal-hal ini di usia 20an, ibarat kata begitu lah.

Materi bakal ngikut kalau kamu ngelakuin hal-hal baik dan benar di usia 20an, makanya harus ada pondasinya dulu. Untuk yang usianya dah 30an bahkan 40an lebih juga masih bisa ngelakuin kok, gak ada kata terlambat. Cuma ya itu, lebih cepat lebih baik! Biar pas di usia segitu, gak ada terbesit kalimat, "Kenapa gak gini dari dulu ya," hahaha..

Kenapa investasi di usia 20an? Soalnya di usia ini tuh bener-bener krusial dan penting, ada masa pematangan yang nentuin arah hidup kedepan bakal gimana. Bahkan kesuksesan di masa depan bisa ditentuin di usia-usia segini. Dari sisi psikologis juga usia 20an itu udah bisa merencanakan, ambil keputusan, dan tau konsekuensi. Intinya, usia 20an adalah usia yang membentuk diri kamu kedepan bakal jadi apa.

Oke langsung aja, ini 10 investasi wajib untuk kamu yang usianya masih 20an, cekidot~

1. Baca Buku

Investasi  usia 20an
Image: prestigeonline.com
Buku itu jendela dunia, tapi jangan bandingkan sama Google ya. Karena ada perspektif lainnya yang bisa kamu dapat dari buku. Contoh kayak baca novel itu biasa jadi lebih dalam identifikasi karakter, masalah, pengalaman dan peristiwa lainnya yang siapa tau bisa kamu jadiin inspirasi di dunia nyata untuk hadapin masalah serupa.

2. Ikut Kelas Online / Offline

Investasi usia 20an
Image: analyticsinsight.com
Sekarang tuh udah era digital, mungkin kamu bisa bekalin diri dengan ilmu-ilmu dan skill yang relate juga sama dunia digital. Ya misal perdalam ilmu digital marketing mungkin atau design grafis. Banyak kelas yang nyediain kayak gini-gini, bahkan yang free dan dapat sertifikat juga banyak. Intinya asah terus ilmu dan skill lewat kelas-kelas online/offline ya.

3. Atur Pola Makan & Tidur, Olahraga

Investasi usia 20an
Image: mi-hub.com
Trust me, ini amat sangat berguna kelak nanti kalau kamu sudah berumur. Karena usia 40an keatas udah rawan sakit encok dan berbagai komplikasi lainnya, jadi investasi diri kamu yang masih muda dengan pola makan dan tidur yang sehat dibarengi olahraga rutin. Soalnya ini impactnya ke tubuh kamu sendiri, jadi lebih sehat dan fresh dari luar dan dalam. Tapi ya tinggalkan juga berbagai hal yang merugikan kesehatan kayak rokok & alkohol.

4. Cari Pengalaman Baru

Investasi usia 20an
Image: topcareer.id
Jangan pernah takut untuk cari pengalaman baru. Garap atau ikut project apa gitu misalnya, sekalipun belum expert di bidangnya. Tapi kan learning by doing. Contoh Jared Leto tuh, anak band tapi juga nyoba jadi aktor. Bahkan dia dirikan startup Vyrt, main juga ke dunia invest saham. Kalo gagal ya gpp, coba lagi. Kalo salah, ya dibenerin. Intinya jangan stuck di zona nyaman ya, banyak-banyak explore!

5. Belajar Skill dan Ilmu Baru

Investasi usia 20an
Image: softskillsguide.com
Mungkin kamu expert di bidang copy writing misal. Tapi terbesit gak sih, pengen lebarin sayap untuk belajar ilmu design grafis? Jangan cuma terbesit, take action! Wajib ada self improvement. Berawal dari iseng-iseng, siapa tau malah ternyata itu passionnya dan jadi cuan sebagai bonus. Nah ini relate sama nomor 2, kalo mau belajar ke skill dan ilmu baru langsung sama ahlinya ikut aja kelas online/offline yang untuk pemula.

6. Self Love

Investasi usia 20an
Image: goodtherapy.org
Yup, mencintai diri sendiri. Harus bangga sama apa yang dicapai sama diri. Karena self love itu bisa dibilang merupakan pondasi yang memungkinkan kamu untuk bisa menjalani hidup dengan baik, bagaimana caranya mengejar mimpi, merasa bangga sama yang udah dicapai, baik untuk kesehatan mental, dan punya hubungan yang sehat sama orang lain.

7. Ketemu / Kenal Orang-Orang Baru

Investasi usia 20an
Image: forbes.com
Jangan males atau malu, karena dari orang-orang baru ini siapa tau kamu bisa bangun networking. Bangun networking itu penting kalau kamu mau kejar mimpi, terutama kalau mau jadi pebisnis. Dari orang lain kamu juga bisa dapat banyak insight. Mulai juga deh bangun lingkungan kamu dengan orang-orang positif ya, karena kalau kamu mau hidup positif ya kamu juga harus dikelilingi sama orang-orang yang positif.

8. Bilingual

Investasi usia 20an
Image: betranslated.com
Percayalah, belajar bahasa asing itu penting. Apalagi kalau kamu kelak kamu kerja di perusahaan asing yang bakal menuntut banyak meeting sama orang yang gak bisa bahasa Indonesia. Bahasa Inggris PALING WAJIB. Kalau kamu suka bahasa Spanyol tapi gak bisa Bahasa Inggris, belajar Inggris dulu mending ya. Karena bahasa satu ini adalah bahasa global. Kalo kamu bisa, hidupmu akan amat sangat enak. Trust me.

9. Sering-Sering Intropeksi Diri

Investasi usia 20an
Image: philosophytalk.com
Kalau kamu tuh orangnya sok asik, becanda sama orang baru kelewatan, sering bohong, menjilat atasan, suka pamer dan berbagai sifat jelek lainnya itu bakal bikin kredibilitas kamu jelek dan gak ada yang mau temenan sama kamu. Kalaupun ada itu cuma di depan, di belakang mah dighibahin. Jadi yang terbaik untuk versi diri kamu sendiri aja ya! Dengan begitu relasi, temen-temen sampai networking yang baik semua bakal deket sendiri kok.

10. Belajar Kelola Uang & Investasi

Investasi usia 20an
Image: profinancetips.com
Nah ini juga wajib sih dilakukan sedari dini. Kalau dah dari muda tau gimana kelola uang, nanti pas dewasa jadi lebih bijak atur pengeluaran biar bisa merdeka finansial lebih cepat! Haha.. Trus investasi disini literally investasi ya kayak invest saham, emas, deposito atau reksadana. Sekarang dah banyak banget kok aplikasi yang memudahkan kamu untuk invest kayak gituan, gak pake ribet. Modalnya bisa sisihkan jajan aja, top up di apps saham cuma 10.000 aja sekarang dah bisa.

—————————————————

Okelah itu dia 10 investasi wajib untuk kamu yang usianya masih 20an. Sebagian itu gue lakuin di usia under 25, sebagian lagi baru sekarang-sekarang. Contohnya kayak investasi saham tuh, gue nyesel kenapa gak dari dulu banget! Soalnya baru juga dari awal 2021 kemarin haha.. Jadi kamu lakuin kalo masih awal-awal usia 20 deh, biar gak nyesel.

Sebenernya masih banyak lagi investasi-investasi yang bisa dilakuin di usia 20an, nanti seiring berjalannya waktu kamu bisa dapat dan mikir sendiri kok invest apa yang baik untuk masa depan, misal kayak bangun personal branding atau jadi blogger. Tapi seenggaknya, jalanin deh 10 investasi diatas karena menurut gue sendiri itu cukup basic banget dan mudah dilakuin tapi efeknya besar.


Semangat ya! Dan masih agak relate sama usia 20an nih jangan lupa mampir → Untuk Kamu Yang Lagi Ada di Fase Quarter Life Crisis ðŸ‘€
Related Posts

Related Posts

Post a Comment